Esports & K-Pop! Tencent Tunjuk Lisa Blackpink Jadi Juru Bicara Brawl Stars

0
107

Tahun 2020 merupakan eranya berkolaborasi. Seperti halnya dalam dunia gim, perusahan developer gim tidak ragu untuk bekerja sama dengan seorang public figure untuk mempromosikan gim yang telah dibuat. Hal ini terlihat pada Tencent yang menunjuk Lisa dari girlband Korea Blackpink untuk mengambil peran dalam gim Brawl Stars.

Saat ini gim Brawl Stars memang tengah menunjukan perkembangan yang positif dengan jumlah penggunanya yang terus bertumbuh. Wajar jika Tencent memilih Lisa dari Blackpink untuk menjadi brand ambassador-nya.

Hubungan kerja sama ini dinilai sangat strategis mengingat popularitas Lisa dari Blackpink yang kian berprestasi di industri hiburan dan seni, serta kekuatan fans-nya yang masif.  Sederhananya, Lisa adalah salah satu public figure yang paling populer di dunia saat ini.

Siapa Itu Lisa Blackpink?

Lisa Blackpink

Wanita cantik yang terkenal di Korea Selatan ini ternyata kelahiran Thailand. Sejak kecil ia memiliki nama asli Pranpriya Manoban, hingga akhirnya mengubah namanya menjadi Lalisa. Ia merupakan seorang dancer, lead rapper, sub-vokalis, dan juga maknae yang saat ini begitu terkenal di Korea Selatan.

Lisa sudah tergabung dengan Blackpink sejak tahun 2016 sampai sekarang. Popularitas yang ia miliki membuat siapapun tidak ragu untuk bekerja sama dengannya.

Di Instagram sendiri, ia sudah memiliki lebih dari 36,2 juta followers, sementara di YouTube ia punya lebih dari 3,63 subscriber. Ini benar-benar menunjukan bahwa Lisa memang punya basis penggemar yang besar di seluruh dunia.

Hubungan Mesra K-Pop dengan Industri Gim

KPOP Game

Kerja sama antar sesama pelaku hiburan dari industri K-Pop dan game sebenarnya bukan hal baru. Ada beberapa gim yang memang dikhususkan untuk para penggemar K-Pop, atau Kpopers.

Sebut saja misalnya BeatEVO YG. Gim ini menyajikan permainan yang berbasis lagu dari berbagai grup maupun penyanyi yang tergabung dalam YG Entertainment. Kemudian, ada juga SuperStar SMTOWN yang merupakan kerja sama antara SM dengan Dalcomsoft. Untuk memainkan gim ini, kalian hanya perlu menekan tombol sesuai urutannya yang mengikuti irama lagu.

Selanjutnya ada gim EXO Run, yang dikeluarkan oleh SM Entertainment. Dalam gim ini, karakter yang bisa dimainkan merupakan seluruh anggora EXO. Ini akan membuat para penggemarnya merasa lebih dekat dengan sang idola. Meskipun hanya dengan bermain gim dengan karakter yang mereka sukai.

Pada bulan Februari 2020 kemarin juga diumumkan akan ada kerja sama antara Woollim Entertainment dengan Dalcomsoft. Keduanya akan bekerja sama untuk menggarap gim SuperStar Woollim. Dalam keterangannya, gim ini merupakan permainan mobile rhythm yang akan memakai lagu dari artis yang bernaung di Woollim Entertainment.

Dolcomsoft sebenarnya sudah bekerja sama cukup lama dengan perusahaan hiburan tersebut. Berbagai gim pernah mereka rilis seperti SuperStar SMTOWN, JYP Nation, BTS, Pledis, dan SuperStar Starship.

Dengan basis penggemar yang besar, setiap gim yang dirilis pasti mendapat respon yang tinggi. Apalagi setiap gimnya dirilis universal, dan mudah dimainkan oleh penggemar dari berbagai negara.

Sementara di industri esports, ada Niel yang merupakan personel Top Teen yang pernah tergabung dalam tim esports, O2 Blast di tier 2. Ia bergabung untuk masuk ke dalam divisi Overwatch, karena ia memang ia hobi dan mahir dalam memainkan gim ini

Dan yang paling menghebohkan, tentu kerja sama antara Tencent dengan Lisa dari Blackpink. Tencent memilih Lisa untuk menjadi brand ambassador dari gim miliknya bernama Brawl Stars. Kerja sama ini diprediksi akan berlangsung lama, karena melihat perkembangan gim mobile esports ini yang terus meningkat.

Brawl Stars dan Turnamen Esports-nya

Turnamen Esports Brawl Stars

Brawl Stars sebenarnya merupakan gim yang dirilis oleh Supercell, game developer yang juga membangun Clash of Clans dan Clash Royale. Tapi semenjak perusahaan itu diakusisi oleh Tencent, tentu berbagai hak-hak diambil alih, dan salah satunya adalah gim Brawl Stars ini.

Advertisement

Dalam permainannya, terdapat beberapa jenis brawlers mulai dari Common, Rare, Super Rare, Epic, Mythic, Legendary hingga Chromatic. Total ada puluhan brawlers yang bisa dimainkan, meskipun di awal permainan hanya disediakan beberapa saja.

Perkembangan Brawl Stars tidak hanya sebatas jumlah penggunanya yang meningkat. Karena gim ini sudah merambah ke dalam industri esports yang tengah berkembang ini. Melalui laman https://esports.brawlstars.com/, penggemar Brawl Stars bisa melihat berbagai informasi mengenai turnamen esports-nya.

Di Indonesia sendiri sudah ada tim esports yang memiliki divisi Brawl Stars. Mulai dari Alter Ego hingga WAW Esports. Pada Supercell Gamers Day 2019 lalu, Alter Ego dan WAW Esports bertanding sampai babak Grand Final.

Ketika di akhir pertandingan, Alter Ego berhasil keluar menjadi juara dan nantinya akan menjadi wakil Indonesia untuk berangkat ke turnamen G-Star di Korea.

Lisa Jadi Juru Bicara Brawl Stars

Tencent Tunjuk Lisa Blackpink

Penujukan Lisa Blackpink oleh Tencent untuk menjadi brand ambassador Brawl Stars tentu memiliki tujuan yang jelas, khususnya untuk merangkul sejumlah pemain yang berasal dari kalangan para penggemar Lisa.

Dengan jumlah pengikut Lisa yang besar, kelebihan ini akan sangat membantu memperkenalkan gim ini mulai dari pembaruan hingga turnamen yang akan diadakan.

Salah satu ekspansi besar yang dilakukan oleh Tencent adalah dengan membawa gim Brawl Stars untuk masuk ke Tiongkok. Negara ini memiliki penduduk yang begitu banyak, sehingga peluang Brawl Stars untuk tumbuh akan semakin besar.

Di Tiongkok sendiri, Brawl Stars baru diperkenalkan pada 9 Juni 2020 dan langsung menempati posisi 3 di top grossing iOS pada waktu itu. Dalam kerja samanya ini, Lisa akan turut mengambil peran ke lapangan ketika diadakan event promosi di negara tersebut.

Lisa juga memiliki banyak penggemar di negara Tiongkok. Perannya akan begitu penting untuk memperkenalkan keseruan gim ini untuk beberapa waktu ke depan.

Kabar Lisa menjadi brand ambassador Brawl Stars juga diketahui dari tweet Daniel Ahmad. Pria ini merupakan seorang Senior Analyst di Niko Partners, dan mengerti betul mengenai pasar gim di Tiongkok maupun Asia.

“LISA from BLACKPINK (K-pop group) was named the official spokesperson for Brawl Stars in China. There will also be promotional events run by her including exclusive in game packages. Tencent working with a popular celebrity that can appeal to a younger player base.” 

Perkembangan Brawl Stars di Tiongkok Begitu Cepat

Brawl Stars Rilis Di China

Di awal peluncurannya di Tiongkok, Brawl Stars mampu menghasilkan 17,5 juta dolar Amerika atau kisaran 243 miliar rupiah di minggu pertama. Jumlah pengunduhnya juga mencapai lebih dari 4,8 juta unduhan. Data ini menunjukan bahwa Brawl Stars memiliki metode penetrasi pasar yang cukup baik di Tiongkok.

Selain kekuatan pengaruhnya, Lisa juga memiliki sejumlah pengalaman menjadi brand ambassador untuk berbagai gim mulai dari Candy Crush hingga Ragnarok. Pengalamannya di dunia gaming tentu menjadi modal tersendiri.

Hal ini jelas membuat Lisa sama sekali tidak kesulitan untuk menjadi juru bicara produk gim online.

Secara resmi, Tencent menunjuk Lisa Blackpink sebagai brand ambassador Brawl Stars pada bulan Juni 2020 lalu.

Peran Lisa sebagai brand ambassador memang memberikan banyak perkembangan. Gim Brawl Stars yang juga populer di Indonesia ini, diprediksi akan menjadi salah satu gim unggulan beberapa waktu ke depan menyaingi Mobile Legends, Arena of Valor, dan juga Lokapala.