SMAN 26 Jakarta Hadirkan Esports Sparctix High School League Challenge

0
4
Esports Sparctix High School League Challenge
Ad

Esports Sparctix High School League Challenge – Melihat situasi pandemi yang banyak memberi dampak negatif kepada berbagai sektor industri, termasuk pendidikan; keadaan ini justru tidak melunturkan semangat siswa-siswi SMAN 26 Jakarta untuk tetap menyelenggarakan ajang kejuaraan sekolah yang bertajuk Sparctix.

Sparctix adalah event tahunan dari SMAN 26 Jakarta yang terletak di Jl. Tebet Barat IV No.7, RT.7/RW.2, Tebet Barat, Kec. Tebet, Jakarta Selatan, yang bertujuan sebagai wadah para murid SMAN 26 Jakarta dan sekolah lain untuk mengasah bakat di berbagai bidang.

Hadir dengan berbagai kategori minat bakat, baik itu dalam bidang olahraga, seni dan kompetisi sains; ada inovasi baru dalam pagelaran tahun ini. SMAN 26 Jakarta bekerja sama dengan Yamisok mempersembahkan kompetisi esports untuk pelajar tingkat SMA/SMK di seluruh Indonesia dalam acara Esports Sparctix High School League Challenge, sebuah kompetisi esports tingkat nasional pertama yang diselenggarakan oleh siswa-siswi sekolah menengah tingkat atas.

“Menurut saya, acara ini menjadi sebuah ajang yang positif bagi anak-anak. Di saat kondisi pandemi yang menghentikan beberapa aktivitas seperti sekarang ini, bersyukur para siswa/siswi dari SMAN 26 Jakarta mampu memperoleh solusi di tengah ketidakmungkinan dan memanfaatkannya menjadi peluang baru yang positif,” ungkap Ibu Kepala Sekolah SMAN 26 Jakarta Dra. Hj. Sri Sariwarni, M.Pd.

Event esports Sparctix kali ini mempertandingkan dua gim yaitu Mobile Legends dan PUBG Mobile. Sparctix mempertandingkan kedua gim tersebut karena dapat meningkatkan skill kerja sama tim, kekompakkan, strategi, sportivitas, disiplin, dan juga decision making.

Turnamen akan dijalankan dengan sistem online, dimana tahap kualifikasinya sudah dimulai dari tanggal 31 Oktober 2020 dengan grand final yang diadakan pada tanggal 5 Desember 2020.

Sistem yang dipakai untuk pertandingan Mobile Legends adalah bracket single elimination, dimana yang menang di tahap kualifikasi nantinya akan berlanjut ke tahap selanjutnya dan yang kalah dalam kualifikasi akan gugur.

Di samping itu, cabang PUBG Mobile memakai sistem yang membagi 80 tim menjadi 4 grup, yang nantinya dari masing-masing grup akan diambil 4 tim terbaik untuk bertanding di grand final.

Kompetisi ini diikuti oleh 128 tim Mobile Legends dan 80 tim PUBG Mobile yang mewakili sekolahnya masing-masing dari seluruh Indonesia, mulai dari Aceh Tenggara, Pekanbaru, Batam dan Cilegon sampai Bandung, Palangkaraya, Makassar, dan Sorowako, serta masih banyak lagi.

Saat ini turnamen Mobile Legends sudah memasuki pada kualifikasi 16 besar dan turnamen PUBG Mobile sudah berada di tahap kualifikasi grup terakhir.

Event esports Sparctix memiliki prizepool yang tidak main-main yaitu sebesar 30 juta rupiah untuk kedua gim yang dipertandingkan. Berikut adalah breakdown hadiah untuk per gimnya:

  • Juara 1 : IDR 7.000.000
  • Juara 2 : IDR 4.500.000
  • Juara 3 : IDR 2.500.000

Kerja sama antara panitia Sparctix dengan PT Yamisok Platform indonesia akan menambah wawasan dan kematangan siswa-siswi SMAN 26 Jakarta yang menjadi panitia Sparctix karena turun langsung menangani semua bagian event esports, mulai dari menjadi caster hingga public relations dan lainnya.

Di sisi lain, kerja sama ini juga menjadi kesempatan siswa-siswi SMAN 26 Jakarta untuk lebih mengenal industri dan ekosistem esports secara keseluruhan

Semua kegiatan ini dapat diikuti di kanal YouTube Yamisok Live dan Sparctix 26, jadi jangan sampai kelewatan acara pembukaan event esports nasional pertama yang diadakan oleh SMAN 26 Jakarta, serta keseruan kompetisi Mobile Legends dan PUBG Mobile di Esports Sparctix High School League Challange!

Esports Sparctix High School League Challenge

Esports Sparctix High School League Challenge