Rekap Babak Qualifier SELEKDA Esport 2022 Sumatera Utara

1073
Rekap Babak Qualifier SELEKDA Esport 2022 Sumatera Utara

Kejuaran SELEKDA Esport 2022 Sumatera Utara tengah berlangsung sejak 26 November 2022 hingga 2 Desember 2022 mendatang. Dalam ajang kompetitif yang didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan dan Garena ini, terdapat 5 nomor olahraga elektronik yang dipertandingkan.

Ke-5 nomor tersebut tidak lain adalah: Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Free Fire, PUBG Mobile, eFootball (Console) dan Lokapala.

Dalam membuka kejuaraan ini, Ketua ESI Provinsi Sumatera Utara, Bapak Brigjen TNI Asep Jauhari turut menyampaikan sambutan dan motivasinya kepada para peserta.

“Selamat mengikuti seleksi daerah olahraga esports. Semoga kita dapat mencapai prestasi yang tinggi dalam rangka mempersiapkan atlet-atlet esports Provinsi Sumut pada pekan olahraga nasional yang akan datang. Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas. Salam Olahraga,” ucap Ketua ESI Provinsi Sumatera Utara.

Dalam pelaksanaannya, babak Qualifer SELEKDA Esport Sumut 2022 ini memiliki 2 metode pelaksanaan, yaitu secara online dan offline. Qualifer online dilaksanakan hanya untuk 3 nomor pertandingan saja, yaitu Mobile Legends, Free Fire dan PUBG Mobile.

Sedangkan untuk nomor eFootball (Console) dan Lokapala, babak kualifikasi hanya dilaksanakan melalui pertandingan offline.

Seluruh kegiatan Qualifier online dilaksanakan pada 26-27 November 2022. Sedangkan untuk Qualifier offline berlangsung di tanggal 2 Desember 2022 mendatang bersamaan dengan gelaran Final dari nomor yang telah melakukan Qualifier online.

Lokasi berlangsungnya SELEKDA Esport Sumut 2022 ini akan digelar di dua lokasi. Lokasi pertama bertempatan di Warung Kudeta Cik Ditiro yang beralamat di Jl. Teuku Cik Ditiro No.128 Madras Hulu, Kec. Medan Polonia.

Lokasi kedua pada gelaran SELEKDA Sumut 2022 yaitu di Rental PS4 Gamenations Tasbi 2 yang beralamat di Komplek Tasbi 2 Blok 1 No.10, khusus untuk nomor pertandingan eFootball (console).

Rekap Babak Penyisihan Online SELEKDA Esport Sumatera Utara 2022

Nomor Pertandingan Mobile Legends 

Disiarkan secara langsung pada tanggal 26 November 2022, babak penyisihan online yang menggunakan format BO2 (Best of 2) ini menayangkan pertandingan sengit antar tim ESI Sibolga, ESI Tanjung Balai, ESI Medan 1, dan ESI Medan 2. Berikut adalah rekap keseruannya.

ESI SIBOLGA VS ESI MEDAN 2

Pertandingan pertama sekaligus menjadi game pembuka pada divisi Mobile Legends di penyisihan online SELEKDA Sumut 2022 mempertemukan ESI SIBOLGA melawan ESI MEDAN 2.

Pertandingan ini sendiri berhasil dimenangkan oleh ESI MEDAN 2 dengan skor yang meyankinkan yaitu 2-0 tanpa balas.

Pada match 1 antara ESI SIBOLGA melawan ESI MEDAN 2 berlangsung cukup sengit. Di mana kedua tim ini saling trade kill dengan total keseluruhan kill mencapai 54 kill.

ESI MEDAN 2 berhasil mendapatkan 31 kill sedangkan ESI SIBOLGA 23 kill dengan durasi permainan mencapai 22:59 menit waktu in game.

Pada match 2 ini permainan agresif diperlihatkan oleh ESI MEDAN 2 yang cukup membuat tim dari ESI SIBOLGA kewalahan. Tekanan demi tekanan terus diberikan ESI MEDAN 2 yang membuat tim ESI SIBOLGA harus puas mengalami kekalahan kedua mereka.

Pertandingan kedua ini dimenangkan oleh ESI MEDAN 2 dengan hasil yang meyakinkan. ESI MEDAN 2 berhasil memperoleh 21 total kill dan ESI SIBOLGA hanya puas mendapatkan 6 total kill.

Atas kemenangan ini, ESI MEDAN 2 berhasil mengambil poin dari ESI SIBOLGA setelah berhasil mengalahkannya dengan skor 2-0.

ESI MEDAN 1 VS ESI TANJUNG BALAI

Pertandingan kedua pada divisi Mobile Legends di penyisihan online SELEKDA Sumut 2022 mempertemukan ESI MEDAN 1 melawan ESI TANJUNG BALAI.

Pada match 1 ESI MEDAN 1 menjadi salah satu tim yang memegang kendali pada net worth di early game maupun perolehan kill. ESI TANJUNG BALAI cukup kerepotan menahan gempuran demi gempuran yang diberikan pemain ESI MEDAN 1.

Permainan yang apik diperlihatkan oleh pemain dari ESI MEDAN 1 yaitu Kennzyygod dengan menggunakan Lesley mampu memperoleh Maniac sebelum menit 10:00 dalam in game. Atas perolehan tersebut membuat tim ESI MEDAN 1 menjadi sangat diunggulkan.

Hal yang cukup mengejutkan pada akhir pertandingan. ESI TANJUNG BALAI mampu membalikkan keadaan dengan memperoleh kill demi kill hingga mendapatkan Lord pertama dan kedua.

Saat Lord kedua yang dimiliki tim dari ESI TANJUNG BALAI membuatnya mampu mengamankan match 1 dengan comeback yang cukup cantik.

Pada match 2 terjadinya pergantian pemain dari ESI MEDAN 1. Yam was left masuk menggantikan KELZLZ. Pergantian tersebut cukup efektif dimana ESI MEDAN 1 berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kemenangan ESI MEDAN 1 pada match 2 ini tergolong apik. Mereka berhasil comeback setelah susah payah mempertahankan base.

Saat bertahan menuju akhir permainan, pemain dari ESI TANJUNG BALAI melakukan blunder saat ingin melakukan push terhadap turret utama. Hal itu berhasil dimanfaatkan dengan sangat baik yang membuat pemain dari tim ESI MEDAN 1 melakukan straight push.

Kemenangan ESI MEDAN 1 pada match 2 ini membuatnya harus puas untuk saling membagi poin dari tim ESI TANJUNG BALAI yang sebelumnya berhasil memenangkan pertandingan pada match 1.

Nomor Pertandingan Free Fire 

Pada nomor pertandingan Free Fire SELEKDA Esports Sumut 2022, terdapat 3 match yang masing-masing di dalamnya mencakup 2 grup yang dimana tiap grup ini terdiri dari 10 tim. Tiap grup akan bertanding selama 3 match. Adapun medan perang atau map yang dimainkan adalah: Bermuda, Kalahari dan Purgatory.

Grup Pertama – Map Bermuda

Pada map Bermuda tim yang berhasil mendapatkan Booyah ialah tim Medan. Pemain dari tim Medan yaitu MEDAN-Xedill berhasil mendapatkan gelar MVP di map Bermuda. Tim Medan mampu memperoleh 25 score dan juga 13 eliminations.

Daftar Ranking

  1. MEDAN mendapatkan skor 25
  2. SIBOLGA1 mendapatkan skor 18
  3. GUNUNGSITOLI 1 mendapatkan skor 10
  4. P SIANTAR mendapatkan skor 9
  5. SERGAI mendapatkan skor 11
  6. ASAHAN I mendapatkan skor 10
  7. ESI PALAS 1 mendapatkan skor 8
  8. LANGKAT 2 mendapatkan skor 4
  9. DELI SERDANG 2 mendapatkan skor 3
  10. BINJAI 2 mendapatkan skor 2

Grup Pertama – Map Kalahari

Pada map Kalahari tim yang berhasil mendapatkan Booyah ialah tim DELI SERDANG 2. Pemain dari tim DELI SERDANG 2 yaitu TWExFZNST berhasil mendapatkan MVP pada map Kalahari. Tim DELI SERDANG 2 mampu memperoleh skor 22 dan juga 10 eliminations.

Daftar Ranking

  1. DELI SERDANG 2 mendapatkan skor 22
  2. MEDAN mendapatkan skor 19
  3. GUNUNGSITOLI 1 mendapatkan skor 21
  4. LANGKAT 2 mendapatkan skor 13
  5. SIBOLGA1 mendapatkan skor 7
  6. ESI PALAS 1 mendapatkan skor 6
  7. BINJAI 2 mendapatkan skor 4
  8. P SIANTAR mendapatkan skor 3
  9. ASAHAN I mendapatkan skor 4
  10. SERGAI mendapatkan skor 1

Grup Pertama – Map Purgatory

Pada map Purgatory tim yang berhasil mendapatkan Booyah ialah tim ESI PALAS 1. Pemain dari tim ESI PALAS 1 yaitu ESI Azi|Hsb berhasil mendapatkan gelar MVP pada map Purgatory. Tim ESI PALAS 1 pun berhasil mencetak skor 18 dan juga 6 eliminations.

Daftar Ranking

  1. ESI PALAS 1 mendapatkan skor 18
  2. MEDAN mendapatkan skor 16
  3. SERGAI mendapatkan skor 18
  4. P SIANTAR mendapatkan skor 12
  5. ASAHAN I mendapatkan skor 12
  6. DELI SERDANG 2 mendapatkan skor 13
  7. SIBOLGA1 mendapatkan skor 12
  8. LANGKAT 2 mendapatkan skor 5
  9. BINJAI 2 mendapatkan skor 2
  10. GUNUNGSITOLI 1 mendapatkan skor 2

Grup Kedua – Map Bermuda

Pada map Bermuda tim yang berhasil mendapatkan Booyah ialah tim ASAHAN2. Pemain dari tim ASAHAN2 yaitu #1SENSEiBTR berhasil mendapatkan gelar MVP pada map Bermuda. Tim ASAHAN2 mampu memperoleh 29 score dan juga 17 eliminations.

Daftar Top 3

  1. ASAHAN2 mendapatkan skor 29 dan 17 eliminasi
  2. SERGAI 1 mendapatkan skor 11 dan 2 eliminasi
  3. TANJUNG BALAI mendapatkan skor 8 dan 0 eliminasi

Grup Kedua – Map Kalahari

Pada map Kalahari tim yang berhasil mendapatkan Booyah ialah tim TANJUNG BALAI. Pemain dari tim TANJUNG BALAI yaitu HITExBEARD berhasil mendapatkan gelar MVP pada map Kalahari. Tim TANJUNG BALAI mampu memperoleh skor 22 dan juga 10 eliminations.

Daftar Top 3

  1. TANJUNG BALAI mendapatkan skor 22 dan 10 eliminasi
  2. DELI SERDANG 1 mendapatkan skor 11 dan 2 eliminasi
  3. TAPTENG mendapatkan skor 18 dan 10 eliminasi

Grup Kedua – Map Purgatory

Pada map Purgatory tim yang berhasil mendapatkan Booyah ialah tim ASAHAN2. Pemain dari tim ASAHAN2 yaitu #1SENSEiBTR berhasil mendapatkan gelar MVP pada map Purgatory. Tim ASAHAN2 mampu memperoleh 26 score dan juga 14 eliminations.

Booyah yang diterima tim ASAHAN ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya tim ASAHAN2 juga berhasil mendapatkan Booyah pada map Bermuda dengan tokoh MVP yang sama yaitu #1SENSEiBTR.

Daftar Top 3

  1. ASAHAN2 mendapatkan skor 26 dan 14 eliminasi
  2. GUNUNGSITOLI 2 mendapatkan skor 16 dan 7 eliminasi
  3. BINJAI PRIDE1 mendapatkan skor 14 dan 6 eliminasi

Nomor Pertandingan PUBG Mobile

Dalam penyisihan online PUBG Mobile SELEKDA Esport Sumut 2022 ini terdapat 2 map yang dipertandingkan, yaitu Erangel dan Miramar yang masing-masingnya terdiri dari grup A dan B.

Pada map Erangel, dari grup A terdapat Satu Esports yang berhasil mendapatkan Winner Winner Chicken Dinner. Sedangkan pada pertandingan map kedua, yakni di Miramar, terdapat tim Abeng N Friends yang berhasil memperoleh Winner Winner Chicken Dinner.

Di pertandingan grup B pada map pertama Erangel, tim ESI BINJAI berhasil mendapatkan Winner Winner Chicker Dinner dengan mencetak sebanyak 10 total kill. Pemain dari ESI BINJAI yaitu BRAINxiBoyPUNK menjadi top kill pada pertandingan tersebut dengan perolehan 4 total kill.

Kemudian, pada map kedua di Miramar grup B, tim ESI SIANTAR berhasil mendapatkan Winner Winner Chicker Dinner dengan mendapatkan 13 total kill. Pemain dari ESI SIANTAR yaitu 4youHEHE menjadi top killer  dengan perolehan 7 total kill.

Menyambut Grand Final SELEKDA Esport Sumut 2022

Setelah menyelesaikan babak Qualifier dari 3 nomor, yaitu: Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Free Fire dan PUBG Mobile, para pemenang akan melaju ke babak Grand Final yang digelar pada 2 Desember 2022 mendatang secara offline di Warung Kudeta Cik Ditiro Medan.

Didukung oleh IndiHome Gamer pada hari gelaran babak Grand Final mendatang; selain dari ketiga nomor di atas, nomor pertandingan Lokapala juga akan memulai debut pertandingannya.

Pada hari yang sama di lokasi yang berbeda, pertandingan offline eFootball (console) akan turut digelar di Rental PS4 Gamenations yang beralamat di Komplek Tasbi 2 Blok 1 No 10 Medan.

banner iklan esportsnesia