Ajang Gaming Dunia, WCG 2024 Umumkan Jakarta sebagai Tuan Rumah!

127
Ajang Gaming Dunia, WCG 2024 Umumkan Jakarta sebagai Tuan Rumah!

Turnamen esports internasional bergengsi WCG (World Cyber Games) 2024 siap digelar kembali di tahun 2024 ini.

WCG (World Cyber Games) adalah turnamen esports internasional terbesar yang sudah diselenggarakan dari tahun 2001 sampai saat ini, yang awalnya digagas oleh perusahaan Korea Selatan, yaitu Samsung.

Sejak tahun 2001 hingga tahun 2023, WCG telah menjangkau 111 negara, 76 game, dan mencetak 1,5 juta gamer yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Selama 22 tahun, hingga tahun 2023, 13 kota dari 6 negara telah menjadi tuan rumah ajang WCG, antara lain Korea Selatan, Tiongkok, Amerika Serikat, Singapura, Italia, dan Jerman.

Tahun lalu, WCG 2023 digelar di kota Busan, Korea Selatan. Sebelumnya WCG juga digelar di kota Busan, Korea Selatan.

Kali ini WCG 2024 menyuguhkan beragam program baru dan total hadiah lebih besar. Perusahaan esports, Bigpicture Interactive yang sekarang bernama ‘Bigpicture’ telah menentukan tema untuk acara WCG 2024 yaitu ‘Global’, ‘Influencer’ dan ‘Content’.

Di bawah komando CEO, Song Kwang Jun, Bigpicture juga mengumumkan bahwa mereka akan menampilkan beragam konten yang dapat dinikmati oleh influencer dan gamer terkemuka di seluruh dunia dalam turnamen WCG 2024.

WCG 2024 akan menyuguhkan kategori turnamen terbaru yang meliputi ‘WCG Challenge’, ‘WCG Rivals’, dan ‘WCG Festival’.

‘WCG Challenge’ adalah turnamen esports yang digelar di beberapa negara yang mencari para influencer terbaik mewakili negara masing-masing. ‘WCG Challenge’ ini akan diikuti oleh para top influencer di negara masing-masing dengan follower terbanyak.

Total hadiah yang diperebutkan dalam ‘WCG Challenge’ ini mencapai USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar. ‘WCG Challenge’ sendiri akan digelar mulai bulan Maret hingga Juni 2024 dengan beragam judul game di berbagai negara di seluruh dunia. Untuk tantangannya sendiri akan disesuaikan dengan budaya game dan tren influencer di setiap negara.

Selanjutnya, para influencer terbaik yang mewakili negaranya masing-masing kembali. Sementara total hadiah dalam ‘WCG Rivals’ berjumlah USD 120.000 atau senilai Rp 1,8 miliar.

Para influencer yang terpilih mewakili negaranya di ‘WCG Challenge’, akan lanjut bertanding di ‘WCG Rivals’ yang diadakan pada bulan Juni hingga Agustus 2024. WCG Rivals tidak hanya menampilkan kompetisi antar peserta, namun kegiatan para peserta selama masa karantina untuk mempersiapkan turnamen, termasuk latihan dan lainnya.

Sementara ‘WCG Festival’ merupakan sebuah acara offline dimana para influencer berkumpul untuk menyajikan konten yang beragam dan menarik. WCG 2024 Festival akan diadakan di Jakarta, Indonesia di ICE BSD, mulai 31 Agustus hingga 1 September 2024.

“Tidak sekadar mempertemukan para penggemar esports melalui ajang turnamen LAN, WCG 2023 juga bertujuan untuk menjangkau lebih luas peserta turnamen. WCG terus beradaptasi dan berubah mengikuti perkembangan industri esports di seluruh dunia. Untuk itu, WCG 2024 ini menyuguhkan beragam program baru yang disesuaikan dengan kebudayaan negara masing-masing,” jelas Song Kwang Jun.

Managing Director Big Picture, Min Kyung-Jun, yang membawahi WCG 2024, mengungkapkan kegembiraannya dengan menyatakan, “Saya sangat bangga mempersembahkan ‘WCG 2024 Festival,’ yang merupakan acara puncak dari WCG 2024 dan perayaan bagi para gamer di Indonesia.”

Dia menambahkan, “Melalui WCG 2024, kami berencana untuk menampilkan beragam konten yang dapat dinikmati oleh para influencer dan gamer di seluruh dunia, dan kami meminta minat Anda tetap berlanjut mengikuti acara ini.”

banner iklan esportsnesia