Kampanye Iklan Esports Terbaik Tahun 2021

318
iklan esports terbaik

Menyambut tahun 2022 dengan penuh optimisme pada industri esports, berikut ini adalah beberapa iklan esports terbaik di tahun 2021 yang bisa kamu jadikan referensi (re:panutan) untuk mengembangkan brand-mu (jika ada).

Tidak kacang-kacang, jajaran iklan esports paling keren dan kreatif tahun 2021 ini merupakan hasil kurasi dari Esports Insider.

Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini!

8 Iklan Esports Terbaik di Tahun 2021

Erste Group x LEC : Doomsday

League of Legends (LOL) dikenal dengan iklan kampanyenya yang lucu. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila melihat League of Legends European Championship (LEC) berada di jajaran iklan esports terbaik 2021 ini selama tiga tahun berturut-turut.

Iklan berupa film pendek ini adalah hasil kerja sama dengan jasa penyedia layanan keuangan Eropa yaitu Erste Group. Dalam iklan tersebut terlihat banyak pemain game yang frustasi bahkan sampai membakar kursi mereka karena ada pembawa berita yang menyatakan bahwa esports tidak termasuk sebagai sebuah cabang olahraga.

Di akhir video, para pemain game berhasil melawan pernyataan pembawa acara tadi. Dengan menyerukan hashtag #believeinyourself, mereka ingin agar para pemain game tetap percaya diri akan diri mereka.

BMW: A year in rivalry

Pada tahun 2020, sang raksasa otomotif Jerman, BMW, mengumumkan kerja sama mereka dengan lima organisasi esports yang terkenal seperti Cloud9, Fnatic, FunPlus Phoenix, G2 esports, dan T1 sebagai sebuah bagian dari kampanye rutin tahunan berjudul #UnitedinRivalry.

Langkah ini merupakan sebuah pendekatan global di mana tiap-tiap organisasi esports ini berbasis di Amerika Utara, Inggris, Jerman, dan Tiongkok.

Di langkah selanjutnya, BMW akhirnya menyatakan tujuannya bahwa mereka menginginkan persaingan esports menjadi semakin brutal agar dunia esports kelak menjadi semakin bergengsi ke depannya.

Setelah mengumumkan bahwa ia akan muncul kembali, BMW meluncurkan seri manga Heroes of Rivalry mereka yang menunjukkan para atlet esports tersebut berkutat dalam suatu petualangan dunia fantasi. Iklan ini memberikan sinyal bahwa BMW tertarik dalam pasar dunia esports.

Ralph Lauren x G2 Esports: SO MAJESTIC

Bintang League of Legends, Martin ‘Rekkles’ Larsson terpilih sebagai brand ambassador untuk iklan G2 bersama merek fashion mewah Ralph Lauren.

Iklan tersebut adalah upaya Ralph Lauren selaku merek fashion untuk mengumumkan bahwa mereka sudah memasuki industri esports. Kolaborasi lintas industri ini meluncurkan sebuah series berjudul digital first’ yang tersedia di platform-platform digital seperti TikTok dan Twitch.

Sebagai tambahan, kampanye esports ini juga bersinggungan dengan kampanye Wimbledon dari Ralph Lauren yang menyamakan kedudukan esports dengan olahraga tradisional lainnya.

ESL X Intel: Kolaborasi sepanjang 20 Tahun

Tanpa kerja sama antara ESL dan Intel, esports tak akan menjadi seperti apa yang kita lihat sekarang ini.

Untuk merayakan kerja sama kedua perusahaan ini, Intel Gaming menerbitkan sebuah video yang sangat mengejutkan. Video ini menyertakan beberapa cuplikan dari momen-momen berharga sepanjang sejarah esports. Tentunya iklan ini tidak akan dilewatkan begitu saja oleh para penggemar game.

Nike x T1: Just a Gamer

Sudah rahasia umum bahwa penggemar esports sering menjadi ‘toxic’ , Organisasi esports asal Korea, T1, membagikan pengalaman mereka melalui sebuah video.

Iklan ini menampilkan seorang mantan streamer dari T1, yaitu JisooGirl. Di video tersebut, T1 dan Nike menunjukkan fenomena seringnya terjadi diskriminasi gender dalam dunia gaming, dan mempromosikan sebuah pesan sederhana namun bermakna yaitu ‘jangan benci pemainnya, tetapi teruslah menjadi yang terbaik’.

Rogue x Kia: Movement That Inspires

Setelah organisasi esports asal Amerika Utara, Rogue, mengumumkan hubungan kerja samanya dengan Kia Motors, sebuah perusahaan otomotif. Mereka kemudian merilis sebuah video yang menekankan motto Kia yaitu ‘Movement That Inspires’, atau jika diterjemahkan menjadi ‘gerakan yang menginspirasi’.

Dalam video tersebut, seorang mantan pemain League of Legends, Steven ‘Hans Sama’ Liv menceritakan inspirasinya dalam mengejar impiannya, baik itu dalam dunia menggambar maupun esports. Tidak hanya itu, ia juga menitikberatkan pentingnya ambisi, passion, dan dorongan untuk menjadi lebih baik.

Rogue dan Kia juga membuat video lain yang turut menampilkan anggota tim Rogue yang lain.

Fnatic x Jack Link’s: BEEEFF MODE

Keadaan ketika para pemain bersemangat saat bermain game seringkali dipakai sebagai tema utama dalam iklan-iklan game dan esports, sama halnya dengan kampanye iklan satu ini.

Kolaborasi Jack Link’s dengan Fnatic ini menceritakan tentang ‘beast mode’ atau disebut juga BEEEFF MODE yang digambarkan sebagai semangat dalam dunia esports. Iklan ini  menyisipkan pesan bahwa Jack Link’s Beef Jerky adalah elemen penyemangat dalam bermain game

Sebagai bagian dari kampanye, para penggemar bisa membagikan pengalaman mereka dalam #beefmode sebagai sebuah kesempatan bagi mereka untuk memenangkan berbagai peralatan game dan melihat video mereka diunggah di akun media sosial Fnatic.

Williams: Drive. No Matter What

Iklan dari Williams Racing ini menyiratkan pesan mengenai nilai filosofi perusahaan, yaitu ‘Drive. No Matter What’, yang menunjukkan seorang pengemudi bergairah yang mulai berkendara dari video game hingga mengendarai kendaraan asli.

Disajikan dengan musik dan visual yang menarik, mereka menunjukkan bahwa menjadi pembalap seringkali dimulai hanya dari sekedar bermain game balapan biasa.