Ternyata Mudah, Ini Dia 7 Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2GB

573
Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2GB
Sumber: Youtube Tutorial Prime

Saat ini, ada banyak pecinta Mobile Legends yang bermain pada HP dengan spek rendah sehingga mengetahui tips seputar cara mengatasi lag ML di RAM 2GB menjadi hal yang sangat penting. 

Apalagi, salah satu masalah yang kerap terjadi pada game ini adalah lagging dan hal tersebut merupakan kejadian yang sangat menyebalkan. 

Sebab, gangguan seperti lag inilah yang menyebabkan game menjadi patah-patah saat dimainkan. Tentu hal ini akan sangat mengurangi efektivitas kala sedang melakukan push rank.

Biasanya gangguan ini kerap kali terjadi pada HP dengan spek rendah seperti RAM 2GB. Tapi jangan khawatir, sebab ada beberapa cara mengatasi lag ML di RAM 2GB dengan mudah sehingga permainan menjadi lebih lancar.

Manfaat Mengetahui Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2GB

Tentunya, ada banyak manfaat dengan mengetahui berbagai cara untuk mengatasi lag pada HP dengan spek pas-pasan. Salah satunya adalah performa ketika melakukan permainan Mobile Lgends. 

Walaupun HP dengan RAM 2GB sebenarnya sudah mumpuni untuk bermain Mobile Legends, namun faktanya HP dengan spek ini sering mengalami patah-patah saat eksekusi permainan. 

Tentunya, cara mengatasi lag ML di RAM 2GB ini akan membantumu menikmati pengalaman permainan yang memukau tanpa perlu khawatir patah-patah sehingga lancar tanpa gangguan saat push rank.

Berbagai Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2GB

Umumnya permainan game online mensyaratkan spek HP minimum 2GB, begitu pun dengan Mobile Legends. 

Sayangnya walaupun RAM 2GB sudah memenuhi syarat minimal, tapi pada kenyataannya bermain ML di HP dengan RAM pas-pasan seperti itu tidak selalu berjalan mulus.

Selain RAM, usia HP dan juga jenis prosesor turut andil untuk mendukung lancarnya permainan ML pada HP spek pas-pasan

Walaupun begitu, ada 7 cara mengatasi lag ML di RAM 2GB dengan mudah tanpa ribet yang telah kamu rangkum. Jadi, kamu dapat tampil prima walau hanya berbekal hp 2GB, yuk simak daftarnya!

1. Pastikan Sinyal Internet Stabil dan Gunakan Jaringan 4G

Sinyal internet memegang peranan penting dalam game online termasuk Mobile Legends. Pastikan internet yang kamu miliki ini sudah berada pada kondisi jaringan yang kuat dan stabil. 

Sebagai alternatif, kamu bisa memilih wifi jika tersedia untuk koneksi internet yang lebih stabil. Namun jika tidak ada, gunakanlah jaringan 4G untuk menghindari lagging saat bermain game ML.

2. Turunkan Kualitas Grafis Pada Game

Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2GB
Sumber: Youtube NoLogic Gamer

Cara mengatasi lag ML di RAM 2GB ampuh lainnya yang dapat kamu coba yaitu dengan mengatur grafis pada permainan tersebut. 

Sebab, salah satu masalah utama yang membuat banyak HP dengan spek rendah mengalami lag dan pecah-pecah adalah karena setting grafis yang terlalu tinggi (high). 

Oleh karena itulah, sebaiknya pengguna HP dengan spek 2GB ini jangan memaksakan diri untuk bermain ML pada tingkat resolusi tersebut. Jadi, kamu dapat menggantinya dengan grafis mid atau low.

Pada level grafis inilah kriteria tampilan HP yang hadir secara visual dapat sesuai dengan spesifikasinya.

Jangan khawatir, mengubah pengaturan grafis dari high menjadi mid atau low cukup mudah untuk dilakukan. Kamu cukup membuka aplikasi Mobile Legends seperti biasa.

Selanjutnya, pilihlah basic info dan akses menu pengaturan yang tersedia. Pada bagian grafis, ceklis pilihan low atau mid dan HP sudah siap digunakan untuk bertanding Mobile Legends.

3. Bersihkan Seluruh Aplikasi di Belakang Layar

Aplikasi yang berjalan di belakang layar ternyata berpotensi untuk memakan memori sehingga mempengaruhi performa game yang kamu mainkan. 

Akibatnya permainan ML yang kamu mainkan pun bisa lag. Jadi, pastikan bahwa aplikasi yang berjalan hanya ML saja. 

Apalagi, adanya penumpukan aplikasi berjalan dibelakang layar tidak hanya akan menurunkan performa namun juga membuat HP cepat panas yang akan berpengaruh pada daya dan kinerjanya.

4. Memaksimalkan Penggunaan Performance Mode

Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2GB
Sumber: afkgaming.com

Jika ternyata 3 cara diatas sudah dicoba dan masih juga lag, maka cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengaktifkan mode performance. Perlu diingat jika HP pada umumnya akan menampilkan mode normal untuk segala performa yang dijalankan.

Ternyata, kamu dapat mengubah mode tersebut menjadi Performance untuk meningkatkan kinerja HP menjadi semakin optimal, terutama untuk memainkan game. Cara pengaturannya pun juga cukup mudah yaitu:

  • Akses menu pengaturan/setting
  • Pilih power management
  • Centang mode performa

Secara otomatis, handphone milikmu sudah berada dalam mode performance dan siap dimainkan.

Sayangnya, cara ini tentu tetap memiliki kelemahan yang harus dipertimbangkan. Sebab, aktifnya performance mode berarti daya baterai akan terpakai dengan lebih cepat.

5. Hindari Segala Aktivitas yang Memicu Overheat

Cara mengatasi lag ML di RAM 2GB yang selanjutnya adalah memastikan HP terhindari dari segala aktivitas yang membuat suhu melonjak tinggi dalam waktu cepat.

Sebab, overheat akan menurunkan performa ponselmu. Hindari berbagai aktivitas yang dapat memicu overheat seperti mengisi baterai (charging) saat melakukan permainan. Jadi alangkah baiknya pastikan baterai milikmu sudah penuh sebelum bermain ML.

Selain mengisi daya pada saat bermain, ada baiknya case ponsel dilepaskan. Case ponsel akan memerangkap panas dan menimbulkan overheat yang lagi-lagi akan membuat permainan ML tidak berjalan mulus.

6. Unduh Aplikasi Game Booster

Selanjutnya, cara mengatasi lag ML di RAM 2GB yang tidak kalah menarik untuk dicoba yaitu dengan mengunduh aplikasi game booster yang tersedia baik di Apps Store maupun Google Play Store.

Saat ini sudah banyak pilihan aplikasi game booster yang dapat digunakan dengan mudah seperti GFX, Game Booster: Game Launcher, hingga Gaming Mode – Game Booster PRO dari ZipoApps.

Penggunaan aplikasi ini dinilai mampu membantu mengurangi terjadinya lag dengan meningkatkan performa HP secara maksimal sekaligus meningkatkan kinerja RAM. Bahkan banyak sumber mengatakan jika game booster ini mampu memberikan performa terbaik hingga 30% dari biasanya.

7. Bersihkan Memori HP Secara Berkala

Cara mengatasi lag ML di RAM 2GB terakhir yang wajib untuk kamu perbaiki adalah membersihkan memori HP secara berkala. Bersihkan memori hp dari video atau foto yang sudah tidak digunakan. Selanjutnya, video dan foto lama bisa kamu simpan ke memori eksternal di perangkat lain.

Selain file berukuran besar yang sudah usang, kamu pun bisa uninstall aplikasi yang jarang atau bahkan tidak kamu gunakan. 

Penumpukan memori penyimpanan dapat berpotensi menyebabkan gagal pembaruan jika ada update dari permainan Mobile Legends. Karenanya alangkah baiknya pantau terus memori penyimpanan, dan hapuslah file yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi.

Tentunya, kegiatan ini akan membantu memori penyimpanan semakin luga sehingga pembaruan Mobile Legends akan terpasang dengan sukses. Apalagi, update atau pembaruan aplikasi ML beserta memori internal yang lega akan menghindari lagging saat bermain.

Itulah 7 cara mengatasi lag ML di RAM 2GB yang ternyata mudah dan cukup sederhana untuk menjalankannya. Kira-kira, apakah kamu sudah pernah mencoba salah satu cara tersebut?

banner nexvel asian food cart tycoon
banner iklan esportsnesia