Alur Cerita God of War, Perjalanan Kratos Sang Dewa Perang Penjelajah Dua Mitologi!

835
Alur cerita God of War

Dari sekian banyak game PlayStation 2 (PS2) terkenal, God of War merupakan salah satu judul yang terbilang mempunyai reputasi kokoh sampai saat ini. Dikembangkan oleh studio Santa Monica, alur cerita God of War berfokus pada Kratos, seorang bangsa Sparta yang ingin membalaskan dendam kepada para dewa Olimpus atas kematian keluarganya.

Dalam 17 tahun terakhir, God of War telah melahirkan 9 game termasuk spin-off yang menceritakan perjalanan Kratos menelusuri 2 mitologi yang berbeda, yaitu Yunani dan Nordik.

Tentunya kisah seri game ini terdengar cukup panjang, tak jarang juga banyak orang yang salah mengira urutan game dikarenakan cerita setiap game nya yang tidak beraturan.

Nah, untuk kalian yang ingin mengetahui keseluruhan cerita God of War, kali ini penulis akan membahas alur cerita God of War secara berurutan, mulai dari mitologi Yunani hingga Nordik.

Alur Cerita God of War

GOD OF WAR: ASCENSION (2013)

cerita God of War
Sumber: Polygon

Kisah kehidupan Kratos penuh tragedi dimulai dari entri ke-7 dari franchise game God of War. Game ini memberikan penjelasan dari kutukan yang Kratos terima akibat mengingkari sumpahnya terhadap dewa. 

Dalam game ini, kita diperlihatkan terhadap sosok Kratos yang masih seorang manusia fana dan memiliki keluarga yang bahagia, ia juga sangat menyayangi putri semata wayangnya yaitu Calliope.

Namun akibat perlakuan dewa perang Ares, Kratos termanipulasi yang mengakibatkan dirinya terlanjur membunuh anak dan istri oleh tangannya. 

GOD OF WAR: CHAINS OF OLYMPUS (2008)

cerita God of War
Sumber: GamesRadar

Entri ke-4 sekaligus rilis di PlayStation Portable (PSP), Chains of Olympus menceritakan Kratos yang telah lepas sebagai pelayan dewa-dewi Yunani selama 10 tahun.

Dengan tekad kuatnya, Kratos telah bersiap untuk membalaskan dendam atas kematian keluarganya, dengan menjalankan invasi di kota Attica dan menyadari bahwa dunia tersebut telah tertutup oleh kegelapan atas perbuatan dewa Morpheus.

GOD OF WAR (2005)

Game pertama dari seri nya, God of War rilis pada tahun 2005 di konsol PlayStation 2 (PS2). Game ini melanjutkan perjalanan dari cerita God of War sebelumnya, dimana Kratos yang sudah lelah menjadi pelayan dewa-dewi tengah menuntut balas dendamnya sebagai imbalan dari pengabdiannya. 

Dewa Athena memerintahkan Kratos untuk mencari Pandora Box, yang merupakan strategi untuk mengalahkan dewa Ares. Lewat pertarungan sengit, Kratos berhasil mengalahkan Ares dan menggantikannya sebagai dewa perang yang baru.

GOD OF WAR: GHOST OF SPARTA (2010)

cerita God of War
Sumber: GameSpot

Satu lagi game rilisan PSP, entri ke-6 dari seri God of War kali ini menceritakan kehidupan Kratos usai mengalahkan Ares.

Ia mencari tahu asal usul dirinya saat masih menjadi manusia fana, lalu mencari tahu mengenai Ibunya yaitu Callisto.

Kratos menyadari bahwa saudaranya, Deimos diculik oleh Thanatos sang dewa kematian.

Atas dasar itu, ia memutuskan untuk membalas dendam terhadap Thanatos dan para dewa-dewi Olympus tidak senang terhadap hal tersebut..

GOD OF WAR: BETRAYAL (2007)

cerita God of War
Sumber: FandomSpot

Judul kali ini cukup unik, dimana game nya rilis di platform ponsel atau HP berbasis sistem operasi jadul populer bernama “Java” dan mengimplementasi format gameplay 2D Side-scrolling.

Entri ke-3 ini melanjutkan perjalanan Kratos yang menantang para dewa-dewi Olimpus. Konflik pun terjadi antara kedua belah pihak, ditambah Kratos yang dituduh sebagai pembunuh yang memicu amarah di seluruh rakyat Yunani.

Kratos yang murka pun membunuh anak dari Dewa Hermes, yaitu Ceryx, yang juga membuatnya diasingkan dari para dewa. 

GOD OF WAR II (2007)

Sesuai judulnya, ini merupakan entri ke-2 dari keseluruhan cerita God of War. Perang besar-besaran terpicu akibat Kratos yang membuat kekacauan demi memancing amarah dewa-dewi Olympus. Dewa Zeus pun ikut turun tangan, namun alih-alih ternyata ia berkhianat dari Kratos dan menumbangkannya.

Kratos diselamatkan oleh Titan Gaia, yang menyuruhnya untuk mencari Sisters of Fate agar dapat mencegah takdirnya yang mati ditangan dewa Zeus.

Upaya Kratos yang nyaris mengalahkan Zeus dicegah oleh dewa Athena yang mengorbankan dirinya, sekaligus membeberkan fakta bahwa Kratos merupakan demigod dan juga putra dari Zeus. 

GOD OF WAR III (2010)

cerita God of War
Sumber: Liputan6

Entri ke-5 ini rilis di konsol PlayStation 3 (PS3), dan menjadi yang pertama dalam keseluruhan seri gamenya untuk rilis di konsol tersebut.

Game kali ini melanjutkan cerita God of War sebelumnya, dimana Kratos dikhianati oleh bangsa Titan yang hanya menggunakannya sebagai objek balas dendam. Sang dewa perang kini harus melawan Titan sekaligus menumbangkan dewa-dewi Olimpus.

Perjuangan penuh darah dari Kratos berbuah hasil, dimana ia akhirnya berhasil mengalahkan dewa Zeus dan menyelesaikan pembalasan dendam nya. Game ini turut mengakhiri seri cerita God of War di dunia mitologi Yunani.

GOD OF WAR (2018)

cerita God of War
Sumber: Polygon

Tiga tahun tanpa kabar usai Ascension, studio Santa Monica secara mengejutkan membeberkan seri terbaru dari cerita God of War yang segar dan unik di acara E3 2016. Entri ke-8 yang rilis pada tahun 2018 ini mengambil rute yang lebih dewasa namun bukan karena konten kekerasan, melainkan tema cerita yang berfokus pada “keluarga”.

Selain itu, game ini juga mengusung konsep gameplay hack and slash yang berbeda dari sebelumnya.

Berlatar 150 tahun usai cerita God of War 3, Kratos hidup tenang di dunia mitologi Nordik, bersama anaknya yang bernama Atreus.

Dalam perjalannya, Kratos dan Atreus diserang oleh Baldur, dewa yang diutus oleh Odin demi mencari Faye untuk mencegah Ragnarok. Ternyata sosok yang mereka cari adalah mendiang istri kedua dari Kratos dan ibunya Atreus

Pertarungan pun tak terelakkan, yang diakhiri dengan kematian Baldur ditangan Kratos. Freya, dewi kaum Vanir sekaligus ibu dari Baldur murka dan bersumpah untuk membalas dendam kepada Kratos.

Di akhir game, Kratos bersama Atreus melanjutkan perjalanan mereka dan mengatahui bahwa Faye adalah kaum Giant yang dapat melihat masa depan, lalu fakta bahwa Atreus awalnya diberi nama “Loki” oleh ibunya.

GOD OF WAR RAGNAROK (2022)

cerita God of War
Sumber: IGN

Entri ke-9 sekaligus terakhir untuk saat ini dari cerita God of War ini berfokus pada dampak yang ditimbulkan Kratos usai menghabisi nyawa Baldur.

Tiga tahun usai kejadian tersebut, Kratos dan Atreus didatangi oleh dewa petir; Thor dan ayahnya, Odin. Pertarungan pun tak terhindarkan, begitu juga Ragnarok.

Demi mencegah kehancuran dunia atau Midgard, Kratos, Atreus, dan Mimir berpetualang menelusuri 9 dunia untuk mencari cara menghentikan Ragnarok.

Sayangnya, satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan menghancurkan Asgard, rumah dari para dewa.

Odin membunuh Thor yang enggan membunuh Kratos, namun akhirnya ketiga orang itu, ditambah Freya, berhasil mengalahkan Odin dan menghancurkan Asgard.

Di akhir game, Atreus yang telah menerima bahwa dirinya merupakan dewa Mischief, Loki, berpisah dari Kratos untuk mencari Giant yang masih tersisa.

Di sisi lain, Kratos menyadari bahwa dirinya ditakdirkan menjadi dewa yang dihormati, maka ia pun memutuskan untuk membangun ulang dunia dan mengembalikan kedamaian bersama Freya yang telah memaafkannya. 

Itu dia rangkuman alur cerita God of War sesuai urutannya. 17 tahun bukanlah waktu yang singkat, namun studio Santa Monica berhasil membuktikan bahwa mereka dapat bersaing dengan judul-judul game AAA besar lainnya dengan memberikan sentuhan baru bagi para fans setia maupun pemain yang baru ingin mulai mengikuti seri game-nya

Nah, kira-kira seri game populer apa lagi nih yang perlu dibahas oleh Esportsnesia selanjutnya? Jangan lupa cek rangkuman alur game lain seperti Visage dan Hello Neighbor.

banner iklan esportsnesia