Apa Itu Game NFT OragonX?

287
OragonX: Game NFT dengan Nuansa Play – Earn – Get Rich

Masa pandemi merupakan masa di mana orang-orang membutuhkan banyak hiburan demi membebaskan diri dari rasa frustasi yang ada. Salah satu metode melepas penat adalah bermain game. Namun, apa jadinya, jika gim favorit yang dimainkan justru bisa menambah penghasilan? Jawabannya bisa ditemukan pada gim NFT!

Apa Itu NFT (Non-Fungible Token)?

Pada dasarnya, game NFT berkonsepkan Play to Earn (P2E). NFT sendiri adalah kependekan dari istilah Non-Fungible Token atau yang jika diterjemahkan, adalah Token yang tidak dapat dipertukarkan.

Wujud dari NFT berpusat di aset digital. Sebut saja berupa gambar, karya seni, musik, video, hingga item dalam game yang kamu mainkan!

Sifat unik ini dibarengi dengan pemberian kode identitas tersendiri pada setiap unit NFT. Dengan demikian, aset NFT yang kamu miliki tidak bisa dibajak atau diduplikasi oleh orang lain.

Ketika aset NFT diperjualbelikan, maka pihak pembeli akan mendapatkan bukti kepemilikan terhadap aset digital tersebut. Transaksi jual beli tersebut dilakukan di Marketplace yang menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran.

Sudah paham kan tentang konsep NFT? Selanjutnya, bagaimana cara kita mendapatkan aset NFT dari bermain game?

Cara Mendapat Reward NFT?

Ketika para pemain asyik mengembangkan progres dari gim yang dimainkan, pemain tersebut akan menjumpai “reward” tertentu dalam game. Reward tersebut berupa item langka yang dapat dijadikan aset digital yang siap diperdagangkan.

Selain item, reward tersebut juga bisa berupa poin yang bisa dikonversikan ke mata uang kripto tertentu.

Game NFT, Play to Earn dan OragonX
Game NFT, Play to Earn dan OragonX

Mendefinisikan Ulang Konsep Play to Earn (P2E)

Saat ini, konsep Play to Earn (P2E) telah diasosiasikan dengan sebuah pandangan yang menghabiskan uang pemainnya sebagai bentuk investasi demi mengawali sebuah sumber pendapatan. Sebut saja contohnya adalah gim Axie Infinity yang tengah populer buatan game developer Vietnam.

Untuk memulai game tersebut, gamer diwajibkan untuk memiliki karakter yang disebut dengan Axies. Axies ini dapat diperjualbelikan di Marketplace yang terintegrasi dengan game. Gamer dapat menjual Axies miliknya dan meraup keuntungan dari transaksi yang berlangsung.

Para gamer Axie Infinity juga bisa mendapatkan token tertentu saat bermain. Token tersebut nantinya juga bisa dijual. Gim yang sangat menarik, bukan?

Apakah ada game NFT lain asal Indonesia yang memiliki konsep penghasilan seperti Axie Infinity? Apakah ada game NFT lain yang lebih terjangkau untuk pembelian NFT-nya?

Jawabannya, tentu saja ada! Yuk, berkenalan dengan @OragonX, game NFT dari Indonesia.

Apa Itu OragonX?

OragonX terbit dengan sebuah visi inklusif untuk membawakan kesenangan menjadi penghasilan yang bisa dirasakan oleh khalayak ramai.

OragonX adalah sebuah game NFT dengan genre Turn-Based RPG yang berada di jaringan Binance Smart Chain (BEP20).

Game ini berlatarbelakangkan tentang kepunahan dunia para naga. Sang Pencipta pun menciptakan 6 telur naga dengan elemen yang berbeda dan menemukan sebuah planet dengan nama Oragon Land.

Keenam telur naga tersebut lalu disebarkan ke seluruh penjuru planet. Sang Pencipta selanjutnya menuju ke Gua Energi untuk beristirahat dan menunggu naga-naga tersebut berkembang menuju Infinite Possibilities.

Karakter utama dari game ini adalah Naga. Setiap gamer harus memiliki naga untuk dapat memainkan game. Naga tersebut berawal dari telur yang bisa gamer dapatkan di marketplace atau di dalam game.

Dalam marketplace, para gamer bisa membeli telur atau naga dari sesama gamer lain atau bisa juga dengan melakukan gacha. Nantinya ketika berada dalam game, para gamer bisa menggunakan fitur breeding untuk mendapatkan telur naga. Telur tersebut bisa dijual di marketplace atau ditetaskan menggunakan incubator.

Naga-naga tersebut memiliki elemen yang berbeda dan memiliki keunggulannya tersendiri. Bukan hanya menjadi peternak naga dengan memanfaatkan fitur breeding, seorang gamer juga berkesempatan memiliki naga kuat yang langka dengan fitur fusion.

Melalui fusion, para gamer dapat menggabungkan naga dengan elemen yang berbeda sehingga menjadi naga dengan elemen kombinasi. Level maksimal yang bisa diraih setiap naga adalah 50 dengan 4 tingkatan evolusi.

Bermula dari telur yang menetas, akan lahir seekor bayi naga yang kemudian bisa berevolusi menjadi naga remaja dan berakhir sebagai naga dewasa.

Di setiap tahapan evolusi, akan ada skill khusus dari naga yang bisa diakses selama bermain. Untuk lebih memperkuatnya, para gamer juga bisa memasangkan equipment tertentu pada naga miliknya.

Satu fitur yang membuat gim ini semakin menarik untuk dimainkan adalah fitur Hunger System. Fitur ini membuat seolah-olah kita sedang memiliki naga peliharaan sungguhan yang bisa merasa lapar dan harus diberi makan.

Kondisi perut naga yang keroncongan ini bisa mempengaruhi performa mereka saat bertarung. Oleh sebab itu, para gamer wajib memperhatikan terus kondisi perut naga mereka.

Mode Permainan Game NFT OragonX

OragonX memiliki 4 mode battle, yaitu:

  • PvE,
  • PvP,
  • Raid Boss, dan
  • Clan Battle.

Selain itu ada Pass berbeda untuk mengakses 4 mode tersebut. Agar dapat mengakses mode PvP, Raid Boss, dan Clan Battle, gamer wajib memiliki Battle Pass. Battle Pass ini nantinya akan memberikan segudang reward bagi para pemainnya.

Reward tersebut berupa item dan poin. Item yang didapat bisa digunakan untuk memperkuat karakter atau bisa dijual di marketplace. Sedangkan poin dapat ditukar dengan mata uang kripto tertentu.

Setiap 30 poin yang diperoleh dalam game, jumlah poin tersebut memiliki nilai sebanyak $2. Jika dalam satu hari minimal bisa mengumpulkan 30 poin saja, maka berarti dalam 30 hari gamer bisa mendapatkan sekitar $60.

Seru bukan menjadi “petani cuan” dalam gim NFT? Peredaran NFT dalam game akan dibatasi termasuk suplai naga sebagai syarat utama untuk bermain. Yuk mulai kembangkan pasukan nagamu di OragonX!