Apa Itu Honor of Kings? Game MOBA Baru?!

202
apa itu honor of kings

Di bulan April menuju Mei 2024, terjadi masa-masa booming di mana banyak pemain mulai mendengar dan bertanya-tanya apa itu Honor of Kings. Sebab game MOBA baru satu ini telah berjumpa (meeting) dengan para petinggi tim esports di Indonesia, terutama pada tim EVOS, BTR, RRQ, AE, dan lainnya.

Tim esports besar Indonesia banyak tertarik membuka divisi baru karena memiliki harapan mengejar Esport World Cup (EWC) dengan total prizepool 60 juta Dollar atau hampir setara dengan 1 Triliun Rupiah.

Hadiah yang sangat fantastis hingga bisa mengubah kehidupan para pemain ataupun tim untuk di masa depan. Maka dari itu, yuk kita lihat review tentang game Honor of Kings. 

Pengenalan Honor of Kings (HoK)

Sebenarnya Honor of Kings ini bukanlah sebuah hal baru, namun HoK adalah salah satu game yang diluncurkan pada tanggal 26 November 2015 yang dinobatkan sebagai game MOBA mobile pertama di dunia yang diluncurkan pada daratan utama Tiongkok.Foto Pengenalan Hok

Hingga saat penulis menulis artikel ini (18 Mei 2024), kita masih belum bisa mengakses HoK melalui Play Store ataupun Apple Store sehingga untuk mengunduh kita harus ke website resmi Honor Of Kings dan hanya bisa di-download untuk Android saja.

Sedangkan untuk user iphone diperlukan email dengan lokasi negara Brazil. Namun jangan khawatir lagi karena ada kabar baik buat pengguna iPhone. Honor of Kings bakal diluncurkan secara global pada tanggal 20 Juni 2024. 

Proses Pembuatan Akun Honor of Kings

Pembuatan akun game Honor of Kings tidak terlalu sulit. Ada 9 opsi yang diberikan yakni: QQ, WeChat, Google, Apple, Facebook, Level Infinite Email, Twitter (x), Discord, dan Guest Account.

Jika tidak mau menggunakan opsi yang diberikan, masih ada opsi terakhir untuk bermain yaitu masuk tanpa menggunakan registrasi akun (Guest Account) yang bisa kalian kaitkan dengan akun lainnya nanti.

Saran penulis, kalian bisa registrasi menggunakan akun Google ataupun Apple Account karena kedua cara ini yang paling mudah dilakukan, namun tetap menjaga privasi dan keamanan akun kalian.

Awal Permainan Honor of Kings

Foto Menu Bermain Honor Of Kings

Diawal login pertama kali, kita akan disambut dengan melakukan test role hero dan diberikan beberapa pembelajaran basic dalam bermain Honor of Kings.

Disarankan tidak melewati semua tutorial karena akan mempermudah dalam mengenal mekanik game HoK.

Setelah selesai tutorial, kalian akan melakukan survey kecil-kecilan mengenai gaya bermain kalian.

Jawaban dari survey tersebut akan membantu sistem untuk menyarankan hero yang mungkin cocok dengan gaya bermain kalian.

Berbanding terbalik dengan game sebelah dimana menggunakan sistem Emblem, pada HoK, mereka menggunakan sistem “Arcana” agar meningkatkan atribut hero yang memberikan advantage tersendiri. kalian bisa mengganti atribut Arcana yang disediakan.

Contohnya jika kita tekan pada salah satu bagian Arcana diantaranya Harmony, Vacuity, dan Nightmare, di sana kalian bisa mengganti secara manual atribut yang kalian ingin gunakan dalam permainan.

Sebagai pemain amatir ataupun pemain baru, sangat disarankan untuk tidak terlalu fokus dalam mengajar rank tertinggi jika masih belum mengenal sistem penggunaan hero ataupun item.

Sistem Hadiah bagi Pemain Baru Honor Of Kings

Foto Hadiah Yang diberikan HoK

Hadiah yang diberikan sungguh lumayan banyak pada awal bulan April hingga Mei mendatang.

Kita bisa mendapatkan skin hero yang cukup banyak dengan cara login 7 hari serta meningkatkan rank kita hingga rank yang dibutuhkan dalam mendapatkan skin.

Bisa dibilang sistem mendapatkan hadiah berupa skin cukup mudah dan lumayan banyak. Tentu sangat cocok bagi pemain free to play yang ingin memiliki skin yang cukup bagus tanpa harus mengeluarkan uang ataupun usaha permainan yang besar.

Namun ada perbedaan berupa “token” yang digunakan untuk pembelian skin dengan cara Top-up ataupun mendapatkan diamond yang bisa didapatkan secara gratis melalui beberapa tantangan, ataupun event yang tersedia.

Untuk hadiah lainnya bisa juga berupa hero gratis yang cukup membantu pemain baru agar bisa menyimpan “Starstone” mata uang in-game untuk membeli hero baru yang akan kalian pakai nantinya. 

Sekilas Hero Honor of Kings

Total ada 85 hero yang tersedia ketika penulis menulis artikel ini (per 18 Mei 2024). Bagi kalian yang masih belum familiar bisa melihat review hero di dalam game atau bereksplorasi dengan memainkan mode offline melawan BOT.

Bagi yang baru bermain game Honor of Kings sangat direkomendasikan untuk mempelajari skill dan kombinasi hero-hero yang tersedia.

Setiap hero memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dimulai dari yang cukup mudah hingga sulit dimainkan.

Tetapi, HoK memiliki sistem untuk hero yang sulit dimainkan. Game akan secara otomatis melarang kita bermain dan memaksa mencoba hero di mode classic atau menggunakan trial agar kita bisa mempelajari skill, mekanik hero dan mengurangi pemain dark system.

Contoh beberapa hero yang memerlukan mekanik yang tinggi seperti Charlotte, Mulan, Dharma, Li Bai, Lam, Li Xin dan beberapa hero lainnya.

Sekilas Item Honor of Kings

Ada beberapa item yang harus kita simak dan pahami atribut dari item yang tersedia sehingga hero yang kita dimainkan mampu beradaptasi dengan skenario permainan dengan item build yang berbeda untuk counter item lawan.

Sangat disarankan untuk membaca dan melakukan analisis item agar hero yang digunakan cocok sesuai dengan pemilihan skenario war yang tepat agar mempermudah tim dalam mencapai kemenangan serta memperkuat hero sesuai keunikannya.

Sekilas Role Honor of Kings

Sama seperti pada MOBA pada umumnya, Honor of Kings sendiri memiliki 5 jenis role yang bisa dimainkan yaitu:

Roles di game Honor of Kings

#1. Farming Lane (lane untuk para Marksman)

Pada Lane ini, pemain harus sangat sabar dalam mengumpulkan gold karena sebagai farm laner, kita harus bisa menjadi ‘The Carry’ pada saat mid game.

Para pemain juga harus aktif merebut monster di daerah bush untuk meningkatkan pendapatan gold.

Meta yang digunakan masih sama seperti Meta pada umumnya yaitu bermain dengan sang Roamer yang akan membantu kita dalam memenangkan gold ataupun laning phase. Farming pattern juga harus diperhatikan agar tidak ketinggalan jauh dari musuh.

#2. Clash Lane (lane untuk para Fighter)

Pada lane ini, ada 1 mekanik yang cukup menarik perhatian penulis yaitu ada tempat yang bernama ‘Primal Portal’ yang bisa kita gunakan untuk teleportasi setiap 120 detik hingga 90 detik cooldown time sekali yang cukup membantu kita dalam melakukan rotasi lane

Mekanik ini sangat membantu kita untuk melakukan ganking farm lane ataupun mid lane. Sebagai Clash Laner kita harus bisa peka dan paham dalam menguasai gambaran peta besar kita demi mempermudah permainan tim.

#3. Mid Lane (lane untuk para Mage)

Pada lane ini, biasanya sebagai tempat belajar mekanik HoK karena cukup mudah untuk dimainkan, namun akan sulit ketika kita melakukan kesalahan dalam melakukan farming gold ataupun level.

Kita bisa ketinggalan jauh dari segi gold ataupun level. Oleh karena itu, penting sekali mid laner melakukan rotasi ataupun ganking pada lane tertentu.

Kita harus bisa menahan diri untuk tidak ceroboh melakukan farming ataupun rotasi lane dimanapun.

#4. Roaming (role untuk para Roamer)

Pada lane ini, memiliki jobdesk utama untuk membantu tim dan menggangu makro lawan.

Kalian tidak selamanya hanya membantu hero ataupun hanya menjaga 1 lane saja karena kalian sangat dibutuhkan dari segi Utility Skill atau pergerakan rotasi untuk ganking.

Jadi Sebagai Roamer kalian harus paham akan penguasaan hero dan memiliki kemampuan makro yang tinggi dalam membantu pergerakan tim sehingga berpeluang memperbesar kemungkinan tim kita menang ketika skenario war.

#5. Jungling (role untuk para Jungler)

Pada lane ini, kalian akan sedikit lebih sulit dalam mengikuti alur permainan tim karena pergerakan semua hero dan mekanik movement pada game yang sangat lambat sehingga diperlukan koordinasi dan effort yang baik untuk melakukan set-up.

Selain itu, role jungling juga harus bisa menguasai pergerakan makro map tim dan lawan untuk menciptakan momentum war ataupun menculik hero damager utama lawan yang sangat krusial dalam menentukan kemenangan sehingga tidak boleh terjadi kesalahan.

Dalam mempelajari hero pada Honor of Kings, sangat disarankan untuk belajar minimal 2 role dengan minimal 5 hero per role agar mempermudah kita dalam memenuhi keseimbangan tim ketika memainkan mode ranked terutama bermain solo.

Pengalaman Bermain Honor of Kings

Tampilan Mode Ranked Hok

Pengalaman bermain di ranked match bisa dibilang cukup mudah dan tidak terlalu sulit jika kita bermain dari rank terbawah yaitu rank Bronze-Silver karena masih dikasih lawan BOT meskipun seiring naiknya rank jumlah BOT dikurangi diganti menjumpai pemain lainnya.

Tetapi setelah kita memasuki rank Gold hingga Diamond, kita akan menjumpai pemain yang lebih pro dan lebih paham mekanik game.

Jika kita sudah memasuki rank Diamond, kita akan dikenakan menggunakan sistem Ban & Pick Hero dengan total 4 hero ban.

sistem Ban Hero HoK

Penulis menjamin bahwa sistem ban & pick hero yang diberikan sudah dikenali oleh kalian tentunya ketika bermain game MOBA lainnya. Kita akan bergantian memilih hero yang di-ban.

Untuk mekanik game HoK cukup lambat/ lama (Slow Pace) Karena movement karakter yang terasa lambat ketika berpindah posisi dan map HoK bisa dibilang cukup lebar sedikit dibandingkan game MOBA lainnya. 

Kita juga diberikan kemudahan dalam memahami role dari petunjuk di peta yang disediakan, objective utama role hero dan Fase permainan dari menit awal menit hingga menit 20 untuk melakukan end game.

Untuk Objective hampir sama seperti beberapa game MOBA lainnya namun ada perbedaan dimana terdapat 2 jenis Lord yang muncul bersamaan, yaitu Overlord dan Tyrant dengan keunikan buff yang diberikan dan respawn time 4 menit sekali. 

Fitur yang dihadirkan pun cukup banyak dan bervariasi seperti: mode Boot Camp, Simulation, Solo Practice, Game mode Casual Scramble Egg, Classic Match, mode Mini Gorge, 1v1 Match, dan Championship mode. 

HoK memberikan kesempatan dalam mempelajari permainan hero, pergerakan/ rotasi Hero, hingga memiliki fitur content replay yang bisa rekam video dengan sendirinya dan bisa disimpan untuk keperluan pembuatan konten ataupun menyimpan momen tertentu.

HoK juga memberikan fasilitas edit video yang diedit di dalam game yang sudah memiliki efek audio, highlight gameplay, hingga fungsi cut video yang cukup bagus secara mandiri tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

Sound Effect dan Grafis Honor of Kings

Grafis Honor of Kings

Tampilan yang dibuat oleh pihak Timi Studio untuk game ini cukup memanjakan mata karena desain dan grafis background yang cukup menarik perhatian dan efek animasi skill beberapa hero yang cukup bagus menurut penulis.

Tetapi, Honor of Kings memiliki area peta yang cukup gelap sehingga diperlukan penyesuaian setting sesuai dengan spesifikasi perangkat yang digunakan.

Dari sisi sound effect (sfx) penulis cukup puas karena dari sisi lagu sudah pas menggambarkan suasana peperangan dan volume suara juga sudah baik tanpa perlu di setting ulang tanpa bantuan alat lainnya.

Suara dari skill hero cukup baik meskipun mungkin ada beberapa suara skill hero yang menurut penulis masih kurang memberikan efek timbul skill hero tersebut seperti skill ultimate Princess Frost yang masih kurang memberikan efek es jatuh dari langit.

Perkembangan Komunitas Honor of Kings di Indonesia

Saat ini perkembangan komunitas HoK untuk Indonesia masih belum terlihat perkembangannya. Bisa dilihat dari tim esports yang sedang berjalan yang hanya terjadi beberapa pertandingan kecil secara online yang ada.

Saat ini sudah ada beberapa komunitas yang mencoba untuk menyebarluaskan HoK. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa kalian cari pada website resminya Honor of Kings secara langsung ataupun dari official Instagram @honorofkings.indonesia secara langsung!

Akhir Kata

Honor of Kings adalah salah satu game MOBA yang memiliki potensi untuk berkembang terutama di wilayah Asia.

Apalagi jika Honor of Kings rilis secara global mungkin akan membuka pintu esports MOBA mobile selanjutnya.

Yuk mari kita terus kembangkan potensi kenaikan komunitas HoK menjadi lebih baik dan tetaplah dukung mereka yang bakalan berjuang demi pertandingan Esports World Cup (ESWC) mendatang!