Inilah Rekomendasi Build Clara Honkai Star Rail, Awas Digenjreng Svarog!

727
Clara Honkai Star Rail

Sedari awal perilisan, karakter-karakter dari game Honkai Star Rail langsung mendapatkan banyak perhatian dari para gamer di seluruh dunia, termasuk mereka yang telah familiar dengan Genshin Impact dan Honkai Impact 3rd. Salah satunya dari karakter tersebut adalah Clara.

Clara merupakan gadis biasa yang hidup bersama bersama sebuah robot bernama Svarog, yang seiring waktu menjadi pelindungnya dalam berkelana.

Kehadirannya dalam perjalanan MC, March 7th, & Dan Heng memberikan kehangatan tersendiri di dunia yang dipenuhi salju.

Dengan cerita atau lore yang menarik dari karakternya, sudah dipastikan bahwa Clara Honkai Star Rail akan menjadi karakter yang cukup diinginkan oleh para pemain.

Terlebih lagi, pathThe Destruction” dan combat physical yang dimilikinya dapat menjadi alternatif dalam membuat strategi bermain. 

Bagi kalian yang ingin menggunakan Clara dalam komposisi tim kalian, kali ini penulis akan memberikan ulasan lengkap dari build Clara Honkai Star Rail yang dapat kalian pertimbangkan. 

Build Clara Honkai Star Rail

Mekanik Combat Yang Tepat

Meski sudah berbulan-bulan sejak perilisan dan banyaknya karakter baru yang muncul, Clara Honkai Star Rail secara mengejutkan masih merupakan karakter S-tier bagi banyak pemain dan fans.

Ini bukan hanya dikarenakan elemen physical yang dimilikinya, namun juga kemampuan dari Clara yang memberikan banyak benefit.

Salah satunya adalah ia mampu menahan damage yang tergolong besar dari musuh, menjadikannya salah satu karakter unit Tank pilihan banyak pemain.

Clara Honkai Star Rail
Sumber: YT Kekon

Lalu jangan lupakan bodyguard robot tercinta semua orang; Svarog.

Mayoritas dari gameplay Clara diisi oleh Svarog, mulai dari memberikan defense, hingga yang bertanggung jawab mengalahkan musuh yang tega menyerang Clara Honkai Star Rail.

Svarog memiliki Mark of Counter, penanda khusus bagi musuh yang menyerang Clara. 

Setelahnya, Svarog akan melayangkan damage yang super besar terhadap musuh tersebut sebagai counter-attack. Namun, Mark of Counter akan mendapat reset jika kalian menggunakan skill misil AOE dari Clara. 

Skill Ultimate dari Clara Honkai Star Rail otomatis membuat musuh bakal berfokus menyerang Clara seorang dan mengabaikan karakter lain.

Namun jangan khawatir, karena skill ultimate ini juga membuat counter-attack dari Svarog menjadi lebih kuat.

Setiap ada musuh yang menyerang Clara, Svarog akan langsung menyerang balik sebesar 96% – 192%. 

Secara mudah, mekanik combat yang tepat untuk Clara adalah berfokus meningkatkan ATK miliknya, dan item yang memiliki efek pengurangan damage karena skill ultimate miliknya yang begitu riskan. 

Light Cone

Selanjutnya adalah memilih Light Cone yang tepat untuk Clara Honkai Star Rail. Ada banyak pilihan untuk karakter satu ini, namun pastinya ada sebuah Light Cone yang memang diperuntukkan untuk Clara.

Clara Honkai Star Rail
Sumber: YT Smug

Light Cone yang dimaksud adalah Something Irreplaceable. Jika telah melakukan Superimposition, Light Cone bintang 5 satu ini memungkinkan Clara mendapat peningkatan ATK sebanyak 20%.

Selain itu, Clara akan mendapat regenerasi HP jika diserang atau mengalahkan musuh, dan mendapat 20% peningkatan damage di giliran selanjutnya. 

Namun, gacha Light Cone bintang 5 dalam Honkai Star Rail tidak selamanya berakhir bagus.

Maka dari itu, ada beberapa alternatif Light Cone lain yang dapat kalian gunakan. Salah satunya adalah On the Fall of the Aeon, yang memungkinkan Clara untuk mendapatkan peningkatan ATK setiap menyerang musuh dan dapat stack hingga 4 kali.

honkai star rail banner codashop

Ada beberapa alternatif lain jika kalian merasa sulit dalam mendapatkan Light Cone bintang 5.

Nowhere to Run merupakan salah satu pilihan Light Cone bintang 4 yang cocok jika kalian ingin efek regenerasi HP setiap diserang oleh musuh.

Collapsing Sky juga merupakan pilihan Light Cone bintang 3 yang cocok dan dapat menambah 20% basic & skill attack milik Clara.

Relics & Ornaments

Untuk karakter seperti Clara Honkai Star Rail yang berfokus pada physical damage, maka ada satu set relics yang cocok untuknya, yaitu Champion of Streetwise Boxing.

Clara Honkai Star Rail
Sumber: YT Smug

Dengan memasang 2 set dari relics Champion of Streetwise Boxing, Clara akan mendapatkan peningkatan physical damage sebesar 10%.

Full 4 set dari relics satu ini memberikan bonus berupa menambah attack sebesar 5% setiap kali ia diserang sepanjang pertarungan, dan dapat di-stack hingga 5 kali.

Alternatif relics lain berupa set Musketeer of Wild Wheat, yang jikalau memasang dua set akan memberikan tambahan attack sebesar 10%.

Full 4 set dari relics ini menambahkan speed karakter Clara sebesar 6% dan juga tambahan basic attack sebesar 10%.

Setelah itu, saran Ornaments yang cocok untuk Clara bagi kalian yang baru mulai bermain, yaitu Space Sealing Station.

Full set dari relics ini akan menambahkan speed Clara sebesar 12%. Jika Clara memiliki stats speed sebesar lebih dari 120, maka Clara akan mendapatkan tambahan attack sebesar 12%.

Komposisi Tim

Clara Honkai Star Rail
Sumber: SevyPlays

Sejatinya, karakter seperti Clara terbilang cocok untuk segala jenis tim. Namun pastinya, ada beberapa komposisi tim yang dapat mengeluarkan potensi besar dari karakter tersebut.

Hal yang perlu diingat adalah Clara harus menjadi DPS utama dalam setiap komposisi tim. 

  • F2P (Free 2 Play)

Tim F2P (Free 2 Play) adalah pilihan mudah yang dapat kalian gunakan sedari awal game. Kalian dapat menggunakan komposisi tim Clara (DPS) – Asta (Buff) – March 7th (Shield) – Natasha (Healer).

Komposisi ini sangat cocok jika kalian ingin Clara mendapat damage besar yang diberikan oleh musuh. Selain itu, kehadiran Asta dalam tim ini bakal memberikan buff ATK sebesar 15%. 

Kalian juga dapat mengganti Asta dengan Dan Heng sebagai Sub-DPS agar dapat dengan mudah menyelesaikan pertarungan dalam waktu singkat.

Sejatinya, posisi Dan Heng juga dapat digantikan dengan karakter single-target sejenisnya, namun pastikan untuk memilih elemen yang tepat tergantung musuh yang dilawan.

  • Damage Buff

Komposisi tim satu ini berfokus memberikan buff untuk Clara beserta ATK miliknya. Salah satu rekomendasinya adalah Clara (DPS) – Bronya (Buff) – Tingyun (Buff) – Bailu (Healer). 

Bronya memiliki efek buff yang dapat menambah ATK dan CRIT DMG untuk semua karakter.

Lalu Tingyung yang efek buff miliknya menambahkan 15% ATK untuk Clara. Sedangkan Bailu berfokus memberikan healing dan skill pasif yang dapat menghidupkan karakter yang tumbang.

Dengan banyaknya buff, Clara akan dengan mudah mengalahkan musuh dalam waktu cepat.

Kalian juga dapat mengganti salah satu dari komposisi tim ini dengan karakter yang juga memiliki efek buff DMG tersendiri. 

Kesimpulan

Sekilas, Clara terlihat seperti karakter yang mudah digunakan, dan itu memang benar adanya. Namun ada banyak pertimbangan bagi kalian sebelum dapat menggunakannya.

Sejatinya, Clara merupakan karakter S-tier yang cocok digunakan hingga late game, setidaknya sampai ada karakter baru yang dapat menggantikan posisinya.

Ia bahkan mampu menyelesaikan Simulated Universe dengan sendirian alias Solo.

Nah, kira-kira karakter Honkai Star Rail apa lagi nih yang perlu dibahas oleh Esportsnesia? Berikan pendapat kalian dan jangan lupa Share aja artikel ini!. Good luck and have fun!

banner iklan esportsnesia