[Build MLBB] Cara Main Hero Aulus Mobile Legends

618
Aulus Mobile Legends Hero Cover

Beberapa hari yang lalu, saya telah membahas hero Fighter unik yaitu build hero Mobile Legends Phoveus. Dan kali ini, saya masih membahas tentang hero Fighter yaitu hero Aulus MLBB. Seperti apa hero-nya? Mari kita bahas.

Mengenal Hero Aulus Mobile Legends

Hero Land of Dawn satu ini yang bernama Aulus adalah seorang Fighter yang menggunakan kapak lebih besar dari ukuran tubuhnya. Aulus dikategorikan sebagai hero Fighter yang memiliki damage dan crowd control yang bagus.

Review Hero Aulus Mobile Legends

Aulus Review Hero Cover

Aulus dijuluki sebagai “Warrior of Ferocity”. Aulus merupakan manusia setengah monster dengan postur tubuh yang pendek. Berbekal senjata kapak, Aulus memiliki role Fighter. Karena berperan sebagai Fighter, maka wajar saja apabila seluruh skill Aulus bersifat agresif dan dirancang untuk mengejar serta membunuh musuh yang ada di hadapannya

Sebelum lanjut, seperti biasa saya akan menjelaskan tentang kelebihan dan kelemahan hero Aulus ini. Apa saja itu?

Kelebihan Aulus Mobile Legends

  • Memiliki Skill Crowd Control Yang Baik. Aulus bisa menyerang lawan dengan menggunakan ultimate-nya. Serangan tersebut mengakibatkan serangan crowd control dengan efek slow. Serangan ini bisa membuat lawan terkena slow sebesar 60%, tak hanya dengan ultimate ini lawan akan terkena damage yang besar dan tentunya tidak dapat melarikan diri berkat crowd control tersebut.
  • Defense dan Offense Yang Tangguh. Kelebihan kedua terletak dari serangan dan pertahanan yang baik. Defense Aulus bisa didapatkan dari skill pasif Aulus yang mana ia akan mendapatkan physical defense sebesar 8 yang bisa di-stack sebanyak 5 kali. Dengan akumulasi tersebut, Aulus akan mendapatkan pertahanan yang tangguh dan defense yang tinggi terhadap serangan musuh. Dan kalian juga tidak perlu menggunakan item defense yang banyak, sehingga bisa mengalokasikan item pada physical attack agar serangan Aulus semakin besar.
  • Skill Yang Meningkatkan Movement Speed. Efek ini bisa didapatkan dari skill 1 yang mana ia memperoleh sekitar 30% movement speed. Skill ini bisa digunakan sebagai skill escape atau untuk mengejar lawannya. Kegunaannya sendiri pasti sangat dibutuhkan dalam pertandingan, terutama untuk hero melee MLBB seperti Aulus.

Kelemahan Aulus Mobile Legends

  • Lemah di Early Game. Usahakan ketika di early game jangan bermain agresif. Ketika early game berlangsung, pastikan bahwa kalian fokus pada item dan levelling terlebih dahulu, gunakan kemampuan sebaik mungkin agar bermain aman dan tidak terkena serangan ganking dari lawan. Kemudian jika sudah mendapatkan beberapa item, baru masuk ke team fight atau rush lawan.
  • Lifesteal Yang Rendah. Hero satu ini bisa dibilang fokus pada damage dan pertahanan saja, selain itu ia mengabaikan lifesteal dalam pertarungan.
  • Basic Attack Yang Lambat. Berbeda dengan Fighter lainnya yang mana bisa menggunakan item menambah attack speed. Untuk hero ini terbilang lambat. Namun kalian masih bisa mendapatkan efek attack speed tambahan jika menggunakan skill 2, walaupun begitu, menggunakan item attack speed sangat tidak dianjurkan dan lebih bagus menggunakan item hybrid saja.

Skill Set & Combo Hero Aulus Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif – Fighting Spirit

Skill Pasif - Fighting_Spirit

Skill pasif Aulus bernama Fighting Spirit. Tiap basic attack yang dilakukan Aulus akan menambahkan Fighting Spirit untuk kapaknya. Fighting Spirit Aulus bisa bertahan hingga 5 detik dan akan menambahkan movement speed dan atribut serangannya.

  • Skill 1 – Aulus Charge!

Skill 1 - Aulus_Charge

Aulus akan memasuki status Fury selama 4 detik dan akan meningkatkan kecepatan gerakannya sebanyak 45%.

Selanjutnya, pemain bisa melepaskan skill button dan Aulus pun akan menghancurkan area di depan.

Aulus juga akan memberi physical damage kepada musuh dan memperlambat mereka sebesar 60%, selama 1,5 detik.

  • Skill 2 – The Power of Axe

Skill 2 - The_Power_of_Axe

Aulus menggunakan kapaknya untuk memberikan kekuatan ekstra dan physical damage kepada area di sekitarnya yang berbentuk kipas, juga mendapatkan Axe Blessing selama 5 detik. Jumlah tumpukan Axe Blessing ini sama dengan jumlah ketika ditabrak musuh non-minionAxe Blessing mampu meningkatkan kecepatan serangan hingga 140%.

  • Skill 3 Ultimate – Undying Fury

Skill 3 Ultimate - Undying_Fury

Aulus akan membentuk bilah (Blade Craft), palu (Hammer Craft) yang dapat meningkatkan serangan secara signifikan. Blade Craft akan meningkatkan serangan fisik Aulus hingga 25%, sementara Hammer Craft akan meningkatkan physical lifesteal Aulus hingga 15%. Handle Craft akan meningkatkan jangkauan serangan Aulus secara permanen hingga 65% serta jangkauan kekuatan kapak Aulus.

Selanjutnya dari dalam tanah akan menyembur lava panas dan memberikan serangan yang memberi damage fisik pada musuh. Musuh yang terkena serangan ini akan menerima efek slow sebanyak 70%


Pastikan untuk mengambil skill 2 yang memiliki damage area. Setelah itu mengambill skill 1 lalu skill 3 ultimate. Saat mengejar musuh gunakan skill 1 dengan cara menekannya lalu lepas di dekat lawan. Saat dilepas, hero akan memberikan damage. Setelah skill 1, gunakan skill 3 agar musuhmu tidak kabur dan skill 2 sambil menggunakan basic attack.

Combo skill Aulus saat 1 vs 1:

  • Skill 1 (kejar) – 3 (ultimate)- basic attack – 2 atau 1 (kejar) – basic attack – 2 – 3 (finishing)

Combo skill Aulus team fight:

  • Skill 3 – skill 1 (masuk ke war) – skill 2 – basic attack

Dan mungkin kalian bisa membuat variasi tersendiri nantinya, tergantung gaya bermain kalian.

Hero Combo Aulus Mobile Legends

Hero Combo Aulus #1: Johnson (Tank)

Hero JohnsonHero combo Aulus pertama yang bisa kalian mainkan adalah Johnson, hero Tank satu ini memiliki kemampuan skill yang bisa bertransformasi menjadi mobil kemudian mengajak satu rekan setimnya.

Johnson bisa mengajak Aulus dan kemudian mencari target yang ingin diserang, setelah menemukan target, maka serang dan tabrak lawan tersebut.

Setelah itu, Aulus akan menyerang ke arah lawan menggunakan ultimate dan juga serangan skill miliknya yang akan mengalahkan semua lawannya.

Hero Combo Aulus #2: Angela (Support)

Hero AngelaHero combo terbaik berikutnya adalah Angela, Aulus akan sangat kuat dengan bantuan buff dari hero Support satu ini, sehingga akan membuatnya bisa survive lebih tangguh lagi.

Dengan kemampuan Angela, Aulus akan mendapatkan sebuah shield dan juga movement speed tambahan, yang mana akan membuat hero Aulus bisa menjadi lebih kuat lagi dalam bertarung.

Dalam mode ini, Aulus dan Angela tidak terkalahkan dan mampu melawan semua lawan dan bermain agresif.

Hero Combo Aulus #3: Eudora (Mage)

Hero EudoraTerakhir ada Eudora yang akan sangat tangguh jika menggunakan serangan combo bersama Aulus. Kemampuan Eudora terletak pada damage serta kemampuan stun yang sangat tinggi.

Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai Support penuh untuk Aulus untuk mengincar mangsanya, terlebih kemampuan Aulus adalah sebagai Fighter yang berada di garis depan.

Eudora bisa bermain sebagai Support serta damage dealer, kemudian Aulus akan bermain secara agresif untuk mengincar lawan serta melindungi Eudora.

Build Item Aulus Mobile Legends

Build Item Aulus

  • Warrior Boots

Item_Warrior_Boots

Sebagai seorang Fighter yang bertugas menjadi jungler, tentu memiliki tambahan physical defense bisa membuat kalian memiliki durabilitas yang lebih baik. Dengan begitu jelas, item Warrior Boots cocok untuknya.

 

  • War Axe

Item War Axe

Salah satu item penting para Fighter yang satu ini tentu sangat cocok dengan pasif yang dimiliki Aulus untuk meningkatkan serangannya baik physical attack maupun physical penetration-nya.

Bahkan, ia bisa meningkatkan movement speed tertingginya ketika stack War Axe dan fighting spirit-nya mencapai angka maksimal hingga 30%.

  • Brute Force Breastplate

Item_Brute Force Breastplate

Untuk meningkatkan durabilitas agar bisa bermain agresif, tentunya Brute Force Breastplate menjadi salah satu item defense yang wajib untuk kalian beli.

Pasalnya, setiap serangan yang diberikan oleh Aulus akan meningkatkan baik physical defense dan magical defense hero yang satu ini sebesar 4 dan dapat di-stack hingga 5 kali.

  • Corrosion Scythe

Item Corrosion Scythe

Salah satu kelemahan Aulus ialah hero baru yang satu ini tidak memiliki skill crowd control yang membuatnya mudah untuk melakukan solo kill terhadap hero lawan.

Menggunakan Corrosion Scythe tentunya membuat Aulus mampu untuk memberikan efek slow kepada lawan sebesar 8% ke arah lawan dengan basic attack-nya.

  • Berserker Fury

Berserker’s Fury

Untuk meningkatkan critical attack milik Aulus agar makin mematikan, tentunya kalian bisa memanfaatkan Berserker’s Fury untuk menjadi salah satu item hero tersebut.

Dengan item yang satu ini, tentunya Aulus akan mendapatkan peningkatan critical attack hingga 25% serta pasifnya akan meningkatkan physical attack sebesar 5% dalam 2 detik.

  • Haas’s Claw

Lifesteal tentu menjadi salah satu item yang wajib digunakan oleh seorang Fighter untuk meningkatkan durabilitasnya terlebih apabila Aulus seorang jungler.

Aulus yang mengandalkan basic attack tentunya sangat cocok dengan Haas’s Claw yang akan meningkatkan physical lifesteal hero ini hingga 20% dan mendapatkan ekstra 15% ketika HP Aulus berada dibawah 50%.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Aulus

Emblem

Untuk emblem tergantung pada role Aulus yang kalian mainkan. Kalau bermain jungle, emblem Assassin bisa jadi opsi utama karena memberi movement speed dan tambahan damage penetration.

Untuk Aulus sidelane, emblem Fighter lebih disarankan karena membuat Aulus lebih kuat ketika diserang musuh. Namun, kalian bisa mengganti talent emblem Fighter Festival of Blood dengan Unbending Will atau Disabling Strike karena efeknya jauh lebih menguntungkan untuk Aulus

Battle Spell

Battle Spell FlickerBattle Spell_Vengeance

Untuk penggunaan battle spell Aulus bisa ditentukan tergantung situasi. Flicker tetap jadi yang paling aman untuk digunakan. Kalian juga bisa menggunakan Vengeance jika ingin main agresif.

Counter Hero Aulus Mobile Legends

Meskipun terbilang hero baru yang overpowered, namun beberapa hero di bawah bisa dijadikan sebagai counter hero Aulus ini. Siapa saja itu?

Counter Hero Aulus #1: Lunox (Mage)

Hero LunoxLunox bisa menjadi counter hero yang tebal seperti Fighter atau Tank, salah satunya Aulus bisa langsung terkena burst dari Chaos Assault milik Lunox yang tentunya memiliki damage besar. Tak perlu takut diserang karena Lunox juga punya escape skill dengan Brilliance Order.

Counter Hero Aulus #2: X-Borg (Fighter)

Hero X BorgX Borg akan sangat bisa melakukan serangan meskipun dalam keadaan range dengan skill 1 miliknya. Dan akan membuat Aulus yang perlu sedekat mungkin untuk melakukan serang tercicil oleh pasif X Borg.

Jika mencoba kabur, X Borg bisa langsung menggunakan Ultimate miliknya dan menyerang Aulus.

Counter Hero Aulus #3: Granger (Marksman)

Hero Granger

Granger punya skill 1 yang sakit dan tentunya sebagai hero yang harus charge lawan dengan skill 1 Aulus akan jadi mangsa bagi Granger.

Tentunya Granger juga bisa hindari skill-nya dengan skill 2 miliknya dan menghabisi Aulus dengan Death Sonata miliknya.

Kesimpulan

Nah, kesimpulannya jika ingin dijadikan sebagai Fighter saran usahakan jika bertemu lawan dengan efek crowd control harus dihindari karena Aulus ini sangat lemah berhadapan dengan hero crowd control dan harus pintar memainkan skill 2 nya aja untuk mengenai lawan. Gunakan basic attack yang sudah di enhance jadi damage yang dikeluarkan Aulus bisa maksimal. 

Terlepas dari semua itu, Aulus merupakan hero MLBB yang bagus jadi jangan lupa belajar via classic atau custom agar mahir memainkannya.