[Build MLBB] Cara Main Hero Mathilda Mobile Legends

1
87
Hero Mathilda Cover
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Setelah kemarin saya telah menulis tentang build hero MLBLB Paquito yang merupakan hero dengan role Fighter; kali ini, saya akan membahas tentang role Support/Assassin dari hero Mathilda. Seperti apa build hero-nya? Bagaimana cara main Mathilda Mobile Legends? Yuk kita bahas.

Mengenal Hero Mathilda Mobile Legends

Hero bernama Mathilda satu ini memiliki peran sebagai Support/Assassin. Sementara itu untuk tampilannya sendiri, Mathilda memiliki penampilan yang seperti wanita cantik khas pedalaman suku. Dengan senjata yang digunakan untuk bertarung adalah sebuah tongkat sakti yang memiliki kepala menyerupai burung berwarna hijau.

Review Hero Mathilda Mobile Legends

Hero Mathilda Review CoverSkillset yang dimiliki Mathilda cukup tergolong overpowered dan sangat berguna sekali dalam teamfight ataupun 1-by-1. Untuk memainkan hero yang satu ini pun terbilang susah-susah gampang mengingat ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar seluruh damage Mathilda bisa dilampiaskan dengan maksimal.

Mari kita terlebih dahulu memahami kelebihan dan kelemahan hero MLBB Mathilda ini. Nah, lalu apa saja kelebihan dan kelemahan hero Mathilda ini?

Kelebihan Mathilda

  • Lincah dan Mudah Dikendalikan. Pertama kali saya menggunakan ini, rasanya sangat mudah dikendalikan dan lincah. Seperti yang kita ketahui, Mathilda merupakan hero Assassin yang mana di desain khusus dengan skill yang dapat memberikannya mobilitas yang cukup baik. Hal ini dibuktikannya pada skill pasif milikinya yakni Ancestral Guidance yang dapat memberikan movement speed tambahan hingga 50% dalam 2.5 detik. Dengan skill pasif tersebut dapat membuat Mathilda dengan mudah dalam melakukan cover pada rekan tim, rotasi lane dan yang lainnya.
  • Cooldown Skill yang Cukup Cepat. Mathilda terbilang hero dengan skill cooldown yang cepat. Kalian dapat dengan mudah untuk melakukan spam skill dengan menggunakan skill Mathilda. Tak hanya cooldown singkat, Mathilda juga terbilang sangat irit Mana yang bisa membuatnya melakukan survive lebih lama tanpa membutuhkan buff. 
  • Memiliki Skill Invincible. Skill Invincible merupakan skill yang kebal terhadap kemampuan crowd control lawan. Hal ini cukup mirip dengan kemampuan skill hero Ling yang dapat melepaskannya dari serangan dan crowd control di sekitarnya. Sedangkan untuk Mathilda memiliki skill ultimate Circling Eagle yang membuatnya terbang dan terlepas dari crowd control lawan serta menargetkan satu hero yang telah ditentukan.

Kelemahan Mathilda

  • Tidak memiliki Serangan Area. Kelemahan Mathilda terletak pada tipe serangannya yang merupakan single target. Offensive skill milik Mathilda sendiri terdapat pada skill 1 Soul Bloom yang memberikan serangan berupa wisp yang menyerang pada hero di dekatnya. Serangan ini hanya berefek pada beberapa hero di dekatnya saja dan hanya memberikan 6 serangan saja. Walaupun begitu serangan ini cukup efektif untuk mencicil darah lawannya.
  • Damage Tidak Sebesar Pure Assassin. Dikarenakan hero hybrid, Mathilda tidak memiliki damage yang besar seperti hero Assassin pada umumnya. Oleh karena itu, kalian harus lebih bijak dalam menggunakan hero satu ini. Mathilda sangat tidak cocok sebagai hero carry pada tim. Oleh sebab itu, role yang cocok untuk Mathilda diantaranya adalah Support, Support/Assassin, dan Support/Tank.
  • Tidak Memiliki Skill Crowd Control. Kelemahan terakhir yaitu tidak memiliki skill crowd control. Sebagai hero Support/Assassin lainnya pasti memiliki kemampuan crowd control yang bagus yang menjadi kelebihan hero tersebut.

Nah itu saja ulasan mengenai kelebihan dan kelemahan untuk Mathilda. Semoga kalian bisa memperhitungkan kembali untuk menggunakan hero ini.

Skill Set & Combo Hero Mathilda Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif – Ancestral Guidance

Skill Pasif - Ancestral GuidanceKetika Mathilda bergerak maka akan mendapatkan stack yang mana jika stack terisi penuh maka basic attack berikutnya akan diperkuat serta akan mendapatkan tambahan movement speed juga. Jadi jika kalian menggunakan Mathilda selalu bergerak agar stack-nya terkumpul dan bisa menyerang lawan dengan basic attack-nya yang cukup sakit.

  • Skill 1 – Soul Bloom

Skill 1 - Soul BloomDengan menggunakan skill 1, Mathilda bisa memanggil wisp selama beberapa detik hingga terkumpul maksimal sampai 4-6 wisp yang mana wisp itu berguna untuk menyerang hero lawan. Bisa dibilang skill 1 Mathilda adalah skill yang paling penting karena skill 1 ini bisa memberikan damage yang banyak kepada lawan jika kita spam terus menerus dibanding menggunakan satu ultimate Mathilda. Hitung-hitung mencicil HP lawan.

  • Skill 2 – Guiding Wind

Skill 2 - Guiding WindSkill 2 bisa melakukan dash ke arah yang ditentukan dan akan mendapatkan shield yang lumayan banyak untuk hero Mathilda dan hero rekan yang berada didekatnya.

 

  • Skill 3 Ultimate – Circling Eagle

Skill 3 Ultimate - Circling Eagle

Untuk skill 3 atau ultimate Mathilda sendiri hanya bisa mengunci/lock satu hero target dengan menyerang hero itu sambil berputar-putar mengelilingi hero lawan sambil menyerangnya dengan wisp-nya dan sedikit stun diakhir skill.

Combo Skill Mathilda

Setelah saya bereksperimen menggunakan hero ini, dan mencoba-coba ternyata skill kombo hero ini terbilang sederhana dan mudah dilakukan. Caranya:

Kalian bisa menggunakan skill 1 untuk memperoleh 4 stack wisp, lalu gunakan skill 3 ultimate untuk segera mengaktifkan kombo. Saat mengudara, kalian bisa saja mengaktifkan skill 2 untuk menambah shield sehingga kalian makin sulit untuk dieliminasi.

Build Item Hero Mathilda Mobile Legends

Build Item Hero MathildaMathilda diharuskan mengisi stack-nya hingga maksimal agar bisa memanfaatkan potensi damage yang dimilikinya. Untuk lebih memudahkannya mengisi stack tersebut, dia membutuhkan equipment dengan movement speed dan magic power.

  • Courage Mask

Item_Courage Mask

Meskipun hero Support/Assasin, Mathilda tetaplah support yang harus menjaga core utama. Saya menyarankan untuk membeli item Courage Mask, karena equipment ini memiliki movement speed tambahan yang sangat lumayan, sehingga urusan mengumpulkan stack wisp berjalan lebih mudah.

  • Arcane Boots

Item_Arcane_Boots

Walaupun di sini dia digunakan sebagai Support, tetapi wajib memakai Arcane Boots. Sepatu ini memiliki magic penetration yang cukup lumayan terutama di early game. Kalian juga bisa mengganti Arcane Boots dengan Rapid Boots, tapi saya kurang merekomendasikan karena akan mengurangi potensi damage yang dimiliki Mathilda.

  • Glowing Wand

Item_Glowing_Wand

Penggunaan Glowing Wand bagi Mathilda adalah movement speed tambahan. Jadi kalian bisa saja menganggap magic damage dan unique passive dari Glowing Wand merupakan bonus tambahan yang sangat menarik.

Selain itu, Glowing Wand juga sangat berguna ketika kalian membantu memberikan damage pada hero musuh yang ditarget oleh hero core. Sebab Glowing Wand akan memberikan efek continuous damage.

  • Ice Queen Wand

Item_Ice_Queen_Wand

Sama seperti equipment yang disebutkan di atas, efek slow dan attack speed menjadi alasan utama saya untuk memilih Ice Queen Wand. Dengan skill Mathilda yang selalu mengarah ke hero musuh, bisa dipastikan semua efek slow dari Ice Queen Wand akan mengenai hero musuh saja.

  • Immortality

Item_Immortality

Tanpa item defense, hero ini tidak akan berguna. Oleh sebab itu, item Immortality merupakan item yang wajib dibeli saat mid game. Walaupun efeknya kecil dan memiliki cooldown yang cukup lama, terkadang Immortality menjadi penentu kemenangan di dalam game, terutama di late game yang penuh dengan kesempatan untuk melakukan come back.

  • Genius Wand

Item_Genius_Wand

Item terakhir adalah Genius Wand, saya pilih karena kemampuannya mengurangi magic defense musuh dan penambahan movement speed yang lumayan tinggi. Equipment ini jelas sangat berguna, apalagi ketika kamu berhadapan dengan Tank dan Fighter yang memiliki magic defense tebal di late game nantinya.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Mathilda

Emblem

  • Custom Mage Emblem

Custom Mage Emblem

Ada 2 alternatif pilihan set Emblem yang disesuaikan dengan gaya bermain.

 

    • Untuk Support Mid, kalian bisa memilih Emblem Support dengan agility level 3, rupture level 3 untuk hybrid penetration dan Talent Focusing Mark yang memberikan extra damage bagi rekan satu tim ke hero lawan.
    • Jika bermain sebagai roamer, support dan sidelaner, fokus pada poke damage bisa memilih Custom Mage Emblem dengan mastery level 3, catastrophe level 3 dan Talent Magic Worship yang memberikan efek burn 7% HP lawan.

Battle Spell

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Pemilihan Battle Spell Mathilda juga sangat disesuaikan dengan kebutuhan. Gunakan battle spell Flicker untuk kabur atau mengejar lawan.

 

  • Battle Spell Aegis

Battle Spell_Aegis

Gunakan battle spell Aegis yang digunakan untuk Support Mid dengan Extra Shield aktif untuk rekan satu tim.

 

Counter Hero Mathilda Mobile Legends

Walau memiliki performa pertarungan yang sangat baik, Mathilda tentu saja masih dapat dikalahkan. Untuk mengalahkannya dengan mudah, saya telah merangkum deretan hero counter yang cocok untuk mengalahkannya. Siapa saja itu?

Hero Counter Mathilda #1: Khufra (Tank)

Hero Khufra Cover

Khufra merupakan hero Tank yang cocok untuk mengantisipasi hero seperti Mathilda. Sebab, Khufra memiliki kemampuan durability yang baik. Sehingga, Khufra dapat menahan serangan wisp dari Skill 1 Mathilda.

Selain itu, Khufra juga memiliki kemampuan charge yang sangat cocok digunakan untuk mengincar dan menangkap Mathilda dengan cepat. Setelah tertangkap, Khufra dapat menjaga pergerakannya dengan kemampuan crowd control, seperti stun ataupun knock-up.

Hero Counter Mathilda #2: Terizla (Fighter)

Terizla Hero Review MLBB

Meskipun hero MLBB Terizla tidak memiliki durability yang tinggi. Namun, Terizla memiliki kemampuan offensive yang sangat baik sebagai seorang Fighter. Bermodalkan tingkat burst damage yang cukup tinggi, Terizla dijamin dapat menjadi salah satu Fighter yang berbahaya untuk Mathilda.

Dalam menghadapi Mathilda, Terizla diunggulkan karena memiliki beragam kemampuan crowd control. Namun, kemampuan crowd control yang paling dominan dan penting adalah kemampuan slow. Ketiga skill aktif Terizla memiliki kemampuan slow yang nantinya sangat membantu untuk meredam pergerakan dan raihan wisp dari skill 1 Mathilda.

Hero Counter Mathilda #3: Helcurt (Assassin)

helcurt hero mlbb

Helcurt merupakan hero Assassin yang cukup kuat untuk menghadapi Mathilda. Sebab, Helcurt memiliki kemampuan slow dan juga silence. Dengan kemampuan slow, Helcurt dapat meredam skill Soul Bloom dan lebih mudah untuk menjangkau Mathilda.

Di sisi lain, kemampuan silence dapat meredam performa pertarungan musuhnya yang sangat mengandalkan penggunaan skill. Apalagi dengan memaksimalkan skill Deadly Stinger yang memiliki burst damage tinggi, dengan sekali combo maka Mathilda akan tewas seketika.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, jelas bahwa Mathilda merupakan hero MLBB Support/Assassin yang cukup mematikan, apalagi jika dipakai player yang pro. 

Sayangnya, hero ini lemah dalam clear wave sehingga kurang baik untuk defend base. Namun, untuk mengincar core musuh seperti Assassin dan Marksman, Mathilda merupakan salah satu yang terbaik karena sifatnya yang single target lock dan bisa melakukan stun ke arah target yang ditentukan.


Sudah punya hero mematikan satu ini? Yuk top up sekarang!

Media Partnership