Menjelajahi Grand Line Digital: Cara Main One Piece Card Game Online

264
Cara Main One Piece Card Game Online
Sumber: onepieceplayer.com

Nakama ingin mencoba One Piece Card Game? Tapi terhalang karena lokasi Local Game Shop (LGS) atau komunitas TCG jauh dari rumah? Tenang! Nakama masih bisa mencoba bermain One Piece Card Game.

Gimana caranya ? Tentu Nakama bisa memainkan game One Piece Card Game online. Dengan adanya One Piece Card Game online, para Nakama masih bisa untuk mencoba bermain atau melakukan test pada deck One Piece kalian.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Nakama untuk bisa bermain One Piece Card Game online. Kita akan bahas sesuai tingkat Nakama di dunia Trading Card Game.

Hal ini perlu dilakukan mengingat One Piece Card Game online memiliki mekanik penggunaan aplikasi yang berbeda-beda.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa dilakukan oleh Nakama untuk bermain One Piece Card Game online:

Cara Main One Piece Card Game Online

One Piece Card Game Teaching App

One Piece Card Game Online
Sumber: @Supah Playaz Youtube

Bagi para Nakama yang belum memiliki pengetahuan dasar trading card game atau yang baru mau mencoba One Piece Card Game, kalian bisa mencoba aplikasi ini terlebih dahulu.

One Piece Card Game Teaching App adalah aplikasi resmi dari Bandai Namco yang secara khusus dibuat untuk memberi tutorial kepada pemain baru. Tutorial yang diberikan masih simpel dan mudah dipelajari oleh para Nakama.

Aplikasi ini akan mengajarkan para Nakama dasar-dasar bermain One Piece Card Game dan pengenalan starter deck yang bisa digunakan. Aplikasi ini hanya media belajar saja ya, jadi tidak bisa bermain secara online bersama Nakama yang lain.

Aplikasi ini bisa Nakama download di Google Play Store atau Apple App Store.

One Piece Card Game Simulator (OPTCGSim)

OPTCGSim adalah aplikasi simulator OPCG non-official yang dibuat oleh seorang developer yang memiliki sebuah passion dalam dunia OPCG.

Aplikasi ini gratis dan sangat membantu komunitas OPCG di dunia untuk mencoba dan bereksperimen dengan kartu mereka.

OPTCGSim merupakan aplikasi yang paling sering digunakan oleh para pemain One Piece Card Game online karena kemudahan yang diberikan hampir mirip dengan One Piece Card Game Teaching App.

Jika Nakama ingin bermain secara online melawan orang lain, disarankan Nakama menggunakan aplikasi ini setelah mempelajari dasar dari One Piece Card Game Teaching App.

Yang perlu Nakama ketahui bahwa OPTCGSim adalah aplikasi simulator, jadi tidak akan sebagus dengan One Piece Card Game Tutorial App yang memiliki grafik animasi yang lebih baik. OPTCGSim bisa dimainkan di Android, Windows, Max, dan Linux.

Disarankan juga untuk bermain pada perangkat yang memiliki ukuran yang besar karena efek kartu yang ditampilkan OPTCGSim berukuran kecil jika memiliki kalimat yang panjang sehingga menyulitkan pemain.

Cara Download dan Install OPTCGSim

  1. Yang pertama, Nakama wajib memiliki aplikasi dan akun Discord. Bagi Nakama yang belum memiliki aplikasi Discord kalian bisa klik link ini untuk download aplikasi Discord.
  2. Yang kedua, bisa klik link ini untuk dibawa ke server One Piece Card Game Community atau bisa melalui “join server” dengan mencopy link https://discord.gg/NJszccMeet.
  3. Yang ketiga, setelah Nakama join server One Piece Card Game Community, kalian bisa mencari channel dengan nama “opcgsim-help” lalu ketik “!download“. Kalian akan dibalas oleh bot yang berisi link untuk download OPTCGSim dan klik link tersebut.Server Discord How to Download OPTCGSim
  4. Pada halaman ini, kalian bisa melakukan Bookmark terlebih dahulu untuk bisa melakukan update aplikasi secara berkala.
  5. Nakama akan menemukan banyak sekali link yang berbeda untuk men-download OPTCGSim. Kalian bisa klik OPTCGSim (Swanky’s Version, All English Images) atau OPTCGSim (Swanky’s Version Backup) jika link pertama tidak bisa diakses.One Piece Card Game Batsu Page
  6. Nakama tinggal pilih dan download program aplikasi OPTCGSim sesuai dengan perangkat yang digunakan.Contoh Pilihan Program OPTCG
  7. Kemudian, Nakama harus melakukan unzip program terlebih dahulu kalau menggunakan Windows/Max/Linux, atau bisa kalian install langsung kalau menggunakan perangkat android.
  8. Selamat bermain dan bereksplorasi di One Piece Card Game Simulator!

Sedikit tips untuk Nakama yang pertama kali bermain di OPTCGSim, yaitu kalian harus ke “setting” terlebih dahulu untuk mengubah nickname dan mengatur beberapa mekanik game untuk mempermudah permainan dan mengurangi blunder saat bermain.

Cara Membuat Deck di OPTCGSim

Untuk membuat deck di OPTCGSim, kalian bisa melakukannya dengan 2 cara yaitu Export Deck atau membuatnya secara Manual. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Disarankan kalian melakukan export deck terlebih dahulu, kemudian baru kalian ubah isi deck. Hal ini akan mempermudah kalian karena hanya perlu mengganti beberapa kartu di dalam deck yang akan kalian mainkan.

Berikut adalah cara membuat deck secara export dan manual:

Gambaran Deck Editor OPTCGSim
Deck Editor OPTCGSim.

Cara Export Deck

  1. Pertama, Nakama bisa mengunjungi situs yang menyediakan decklist seperti One Piece Top Deck atau https://onepiece-cardgame.dev/cards.
  2. Kedua, pilih menu Decklist” atau Deck” tergantung dari pilihan menu situs yang dikunjungi.
  3. Nakama bisa mencari decklist kalian dengan melihat leader yang akan dipakai dan klik pilihan leader kalian.
  4. Setelah itu, Nakama bisa mencari dan menemukan kode pada kolom “Decklist in text”, copy kode atau bisa melakukan share dan mencari kode text list” lalu copy.
  5. Terakhir, masuk ke OPTCGSim, masuk ke menu “Deck Editor”lalu pilih “Import Deck From Clipboard” dan akan muncul isi deck yang kalian copy.

Cara Manual Membuat dan Mengubah Deck

  1. Klik menu dropdown untuk melihat deck yang disimpan, dan klik load untuk memuat deck yang disimpan ke dalam Deck Editor.
  2. Nakama dapat mengetik nama deck dan tekan save untuk menyimpan data Deck. Deck dengan nama yang sama dengan deck lain akan menimpa yang lama.
  3. Untuk memilih warna kartu yang ingin dilihat, klik kotak centang sesuai dengan warna yang diinginkan. Nakama harus memilih warna untuk melihat kartu.
  4. Nakama dapat mencari kartu berdasarkan nama, istilah atau bahkan beberapa efek kartu seperti “Rush” atau “On KO” di kolom bar sebelah kanan.
  5. Klik kartu-kartu di bagian bawah untuk menambahkannya ke dalam deck.
  6. Klik kartu-kartu di bagian atas untuk mengurangi kartu di dalam deck.
  7. Klik “clear deck” jika ingin menghapus seluruh isi kartu di dalam deck editor. Deck kalian akan tetap tersimpan datanya jika sudah melakukan save sebelumnya.

Permasalahan Awal ketika Membuat Deck

  • Tidak mencentang warna kartu yang dicari.
  • OPTCGSim bisa memasukkan kartu dengan warna apa saja meskipun leader yang digunakan memiliki warna yang berbeda, tetapi di aturan gamenya tidak diperbolehkan. Kalian harus menggunakan kartu sesuai dengan warna leader.
  • Pemain tidak perlu menambahkan kartu Don!! ke dalam deck.
  • Pemain harus membuat deck sejumlah 51 kartu, 1 kartu leader dan 50 kartu untuk main deck.

One Piece Card Game Online melalui Tabletop Simulator

OPTCG Versi Tabletop Simulator
Sumber: @CrossAi Youtube Channel

Nakama bisa memainkan One Piece Card Game online melalui game yang berjudul Tabletop Simulator. Tabletop Simulator adalah aplikasi simulator yang bisa digunakan untuk bermain berbagai macam permainan, mulai dari boardgame hingga trading card game.

Tabletop Simulator bisa menjadi alternatif bagi Nakama jika ingin bermain lebih dari 1 jenis game yang disediakan komunitas Tabletop Simulator atau mau lebih merasakan real experience bermain OPCG. Tabletop Simulator bisa dibeli di Steam.

Cara Bermain OPCG di Tabletop Simulator

  1. Pertama, Nakama harus men-download terlebih dahulu mod One Piece Card Game yang bisa kalian cari dari menu workshop.
  2. Kedua, Nakama bisa masuk ke dalam game Tabletop Simulator, lalu klik “create” dan pilih multiplayer.
  3. Kemudian, Nakama membuat server dengan membuat pengaturannya sendiri termasuk mengatur status private atau public agar bisa bermain secara online.
  4. Setelah itu, pilih workshop dan pilih mod One Piece Card Game yang sudah di-download sebelumnya dan pilih load untuk memuat program.

Cara Membuat Deck di Tabletop Simulator

  1. Pertama, Nakama bisa mengunjungi situs yang menyediakan decklist seperti One Piece Top Deck atau https://onepiece-cardgame.dev/cards.
  2. Kedua, pilih menu Decklist” atau Deck” tergantung dari pilihan menu situs yang dikunjungi.
  3. Nakama bisa mencari decklist kalian dengan melihat leader yang akan dipakai dan klik pilihan leader kalian.
  4. Setelah itu, Nakama bisa mencari dan menemukan kode pada kolom “Decklist in text”, copy kode atau bisa melakukan share dan mencari kode text list” lalu copy.
  5. Terakhir, masuk ke Tabletop Simulator, masuk ke menu “Notebook”lalu klik “Import Deck”.

Untuk mencari kartu, kalian tinggal klik tombol kanan mouse dan mencari menu search. Disana Nakama hanya perlu mengetik nama kartu yang dicari.

Akhir Kata

Perkembangan sayap OPCG semakin meluas menjangkau para pemain baru berkat adanya OPCG secara online. Dengan adanya One Piece Card Game online, Nakama bisa bermain OPCG kapanpun dan dimanapun.

One Piece Card Game online menjadi alternatif bagi para Nakama yang merupakan seorang pelajar atau memang sulit menemukan waktu yang tepat bermain dengan komunitas OPCG. Semua ini akan menciptakan kegembiraan bagi seluruh lapisan masyarakat Nakama.

Penulis berharap Indonesia bisa mendapat peluang untuk bisa membuat event-event dengan skala yang besar seperti TCG lainnya, baik secara online maupun offline. Selamat mencoba bermain One Piece Card Game online!

banner iklan esportsnesia