Cara Main Call of Duty Mobile Multiplayer Secara Profesional

0
117
Tips main COD Mobile

Call of Duty (COD) Mobile adalah gim yang dirilis pada tahun 2018 silam. Sampai pada Februari 2020, jumlah orang yang mengunduh gim ini dari seluruh dunia sudah berjumlah lebih dari 250 juta pengguna.

Pada dasarnya, COD Mobile memiliki dua tipe match yaitu multiplayer dan battle royale. Walau berbeda tipe tetapi masih berakar pada prinsip, pengetahuan, dan skillset yang sama.

Bergerak dari banyaknya jumlah pemain tersebut, hal ini memungkinkan ekosisitem COD Mobile untuk terbentuk. Dari sinilah akan lahir bibit-bibit pro player.

Sebagain dari kamu mungkin berpikir bahwa tips dan trik yang kerap muncul pada scene loading adalah panduan utama untuk menjadi pro player. Kenyataannya, itu hanyalah panduan dasar saja. Cocok untuk pengenalan terhadap gim, tetapi tidak cukup hanya bermodalkan itu saja untuk menjadi pro player.

Cara Jadi Pro Player COD Mobile

Cara bermain pro player sangat berbeda dari kebanyakan orang. Selain mengikuti panduan dasar, terdapat hal-hal strategis yang mereka persiapkan agar permainan lebih maksimal.

Pada kesempatan ini, kamu akan disajikan bagaimana tips dan trik bermain COD Mobile untuk mode multiplayer dan battle royale supaya skill kamu makin jago, serta mudah diikuti oleh pemula.

Sebelumnya ada beberapa hal penting yang harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum main COD Mobile.

Spesifikasi dan penyimpanan

Dilansir dari pocket-lint.com, kapasitas penyimpanan COD Mobile mencapai 1,6 GB. Sebelum download, pastikan dahulu bahwa ada jumlah memori penyimpanan mencukupi. Jika kurang, dapat mempengaruhi permainanmu lho.

Sedangkan untuk spesifikasi baik Android maupun iOS adalah sebagai berkut.

  • iOS: Minimal iOS 9 atau di atasnya, iPhone 5S atau di atasnya, iPad air dan di atasnya, serta iPod touch (6th gen dan 7th gen)
  • Android : Minimal Android 5.1 atau di atasnya dan minimal memori RAM 2 GB.

Aktivasi untuk Login Call of Duty Mobile

COD mobile memberikan tiga pilihan cara login untuk kamu yaitu lewat akun Facebook, Call Of Duty Activision (Garena kalau di Indonesia), atau bermain sebagai guest. Tentu saja jika bermain sebagai guest, maka progres pencapaianmu dalam gim beresiko untuk tidak bisa diakses seandainya terjadi kesalahan teknis.

Sebelum Masuk Ke Dalam COD Mobile!

Notifikasi HP

Ada hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum main. Walau sepele, tetapi akan sangat mengganggu apabila tidak kamu siasati dengan baik. Mematikan notifikasi HP merupakan cara untuk meminimalisir gangguan dari luar, kecuali kamu mau dapat notif masuk ketika main.

Jaringan Internet

Sinyal internet juga menjadi hal krusial lainnya. Dikarenakan tidak ada mode offline, kamu harus mengondisikan kuota. Jika kuota internetmu kurang mencukupi, kamu bisa mencari sumber Wi-Fi terdekat.

Brightness

Pengaturan cahaya yang baik membuatmu dapat mengenali musuh dengan baik. Ini sangat membantu mengidentifikasi lingkungan, lokasi, spot dan musuh tentu saja.

Mode Control

Terdapat dua mode kendali yaitu simple dan advanced. Perbedaannya hanya terlihat ketika berada dalam permainan. Sangat disarankan untuk menggunakan advanced mode.

Alasannya adalah advanced mode akan memberi kamu kendali penuh, termasuk menembak, dan mengurangi blunder yang tidak penting.

Gaya Bermain

Setiap orang punya gaya bermain yang berbeda dari orang lain. Ketika kamu dapat mengenali cara bermainmu maka kemungkinan memenangkan permainan sangat besar. Lebih cepat mengenalinya jauh lebih baik.

Jika kamu sudah mengenali gaya bermainmu, maka sesuaikanlah dengan mengatur penempatan tombol. Kamu bisa mengatur control sesuai dengan kenyamananmu. Jadi kenali dahulu dirimu barulah atur lewat pengaturan

Pengaturannya tombol prone adalah dengan Setting -> Basic controls –> Hide prone button. Jika kamu sudah memasang tombol prone, kamu gak perlu menekan tombol jongkok (crouch) selama beberapa detik.

Setiap device memiliki sentivitas yang berbeda-beda, tidak bisa disamaratakan satu dengan lainnya. Sebagai contoh, kamu butuh sensitivitas rendah pada zoom skala kecil atau besar supaya tetap stabil.

Multiplayer Mode

https://www.androidauthority.com/call-of-duty-mobile-966556/
COD Mobile Multiplayer

Mode multiplayer memiliki 8 tipe permainan utama yaitu Frontline, Team Deathmatch, Domination, Search & Destroy, Gunfight, Kill Confirmed, Hardpoint, Free for All.

Di luar itu ada special mode yang biasanya menyesuaikan dengan patch, battle pass, dan event yang sedang berlangsung.

Tips Main COD Mobile Multiplayer Mode

Berikut ini ada beberapa panduan untuk kamu yang ingin main multiplayer.

Naikkan XP untuk membuka loadouts

cod mobile loadouts

Loadout adalah tempat kamu mengatur senjata primary, secondary, granat, perks dan operator skills. Untuk versi COD mobile terbatu tersedia lebih dari 10 loadouts, sehingga kamu bisa membuat lebih dari 10 set. Cara untuk membuka loadouts adalah dengan naikin level akunmu.

Kamu bisa menaikkan level dengan banyak cara, antara lain menggunakan XP cards, menyelesaikan challenge, mabar, dan bermain dengan Double XP.

Sesuaikan Loadout dengan Map

https://gamerheadquarters.com/articles/call-of-duty-mobile-multiplayer-tips-and-tricks.html
gamerheadquarters.com

Loadout yang kamu gunakan sangat menentukan apabila berada pada map yang tepat. Apabila salah menggunakan loadouts maka segala-galanya akan menjadi ambyar.

Kamu bisa memakai SMG (Sub Machine Gun) ketika ada di map seperti Killhouse, Hijacked dan Nuketown karena mapnya kecil dan cocok untuk jarak dekat.

Sedangkan senjata laras panjang cocok untuk map seperti Crossfire karena cukup luas. Dengan demikian, kamu harus menyesuaikan loadouts dengan map yang dimainkan.

Upgrade Senjata

Customize weapon gunsmith
Customize weapon

Selain akunmu, senjata yang dipakai juga bisa naik level. Keuntungan dari senjatamu naik level adalah kamu bisa memasang komponen tambahan seperti scope, barrel, dan lain sebagainya yang tersedia di Gunsmith. Cara untuk meningkatkan level senjata adalah dengan terus bermain atau menggunakan XP card.

Say no to camper

Say no To camper
Bye-bye camper

Walau bergenre FPS (first person shooter), COD Mobile sangat berbeda jauh dengan gim seperti Counter: Strike maupun Point Blank, terutama di mode Team Deathmatch. Setiap pemain yang terbunuh akan respawn secara acak. Risiko dari respawn acak adalah kamu bisa terbunuh lagi kapan saja.

Belum lagi jika lawan mengaktifkan UAV, maka posisi kamu terlacak, begitu juga sebaliknya. Walau kamu sudah mojok sekalipun pasti ketahuan baik secara langsung atau dihatam misil dari udara.

Jadilah Unpredictable

https://gamerheadquarters.com/articles/call-of-duty-mobile-multiplayer-tips-and-tricks.html
Unpredictable

Kunci untuk mendapatkan kill yang banyak di multiplayer mode adalah jangan berdiam di satu tempat saja. Ingat, musuh respawn secara acak. Dengan demikian, kamu harus terus lari mengelilingi map.

Selama patroli keliling map, kombinasikan antara sprint, slide dan jump. Tujuannya adalah untuk terhindar dari peluru nyasar. Dengan demikian, lawan kesulitan mengincarmu.

Jangan lupakan juga the power of crouch alias jongkok. Fungsi jongkok antara lain adalah untuk berlindung dan menembak.

Manfaatkan Granat dan Gunakan!

Grenade
Grenade

Untuk map yang terbuka seperti Killhouse dan Nuketown sangat cocok untuk menggunakan granat. Selain buat nakut-nakutin musuh, kamu bisa saja nyampah dapat kill dengan granat. Pastikan kamu jangan melempar sambil lari.

Ada berbagai macam granat yang bisa kamu pakai. Tetapi sangat direkomendasikan memakai granat tempel (Sticky Grenade). Keuntungan dari granat jenis ini adalah ia tidak bisa pantul atau menggelinding. Dia bisa menempel di mana saja baik di tembok, pintu maupun jendela. Sangat bagus untuk mengusir camper.

Selain itu,ada jenis granat non lethal yang fungsinya untuk melumpuhkan sementara. Stun dan smoke grenade adalah pilihan tepat. Gunakan itu supaya musuh kebingungan.

Kuasai dan Jangan Malas Memakai Scorestreaks!

Scorestreaks

Scorestreaks merupakan senjata tambahan yang aktif berdasarkan akumulasi skor dari kill, assist, capture, dan defuse. Semakin banyak skor yang diperoleh, maka semakin banyak scorestreaks yang aktif. Kamu punya tiga slot yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Apabila kamu butuh mengintai musuh, kamu bisa menggunakan UAV.

Ingin menyerang lebih dari dua orang sekaligus? Ada predator missile.

Butuh senjata untuk bertahan dan menyerang? Ada sentry gun. Serta ada juga VTOL dan stealth chopper untuk menyerang dengan tenang. Dengan begitu, kesempatanmu untuk menang semakin besar.

Mainkan Operator Skills!

https://www.talkesport.com/news/cod-mobile-season-14-leaks/
CODM Operator Skills

Selain scorestreaks, kamu bisa memanfatkan operator skills untuk melancarkan serangan. Operator skills akan aktif seiring bertambahnya poin dan jumlah kill. Tersedia 10 jenis operator skills yang bisa kamu gunakan baik jarak dekat sampai jarak jauh, baik untuk menyerang maupun bertahan.


Nah, itu dia beberapa tips and trick agar kamu bisa menjadi pro player.