Dota 101: 6 Tips untuk Midlaner

0
640
via archive.nyafuu.org
via archive.nyafuu.org

Posisi mid pada salah satu judul esports populer, Dota 2 memegang aspek kuat dalam permainan, terutama pada seorang midlaner yang baik untuk memiliki kemampuan map awareness dan komunikasi yang baik dalam tim. Sebagai seorang midlaner, Anda memiliki tanggung jawab untuk mengatur ritme dan tempo permainan serta membuat team decision pada fase early game, sehingga komunikasi yang baik dalam tim adalah hal wajib bagi seorang midlaner yang baik untuk melakukan gank ke lane lawan ataupun meminta bantuan support jika Anda membutuhkannya.

Jadi pada tulisan ala guide ini, kita akan sedikit membagikan tips tentang bagaimana menjadi seorang midlaner yang baik yang nantinya bisa menaikkan MMR kamu juga tentunya. Langsung saja, ini dia beberapa tips untuk menjadi midlaner yang baik.

1Tips 1: Starting items

via Steam Community

Ini adalah hal yang harus diperhatikan pertama sekali. Starting items kamu sangat berperan penting pada fase early game. Pastikan kamu memiliki regen item yang cukup seperti tango dan fairy fire, sebab sangat penting untuk dapat tetap bertahan di lane selama mungkin untuk mendapatkan last hit dan juga XP. Kamu bisa meminta 2 tango kepada support dan membeli 1 buah salve dan 1 buah stats item seperti Bracer, Null Talisman, atau Wraith Band (sesuaikan dengan hero kamu).

2Tips 2: Creep-blocking

Setelah Anda membeli starting items, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan creep blocking. Dengan creep blocking, Anda dapat mengatur creep supaya tidak terlalu maju sehingga creep lawan berada pada posisi yang lebih dekat dengan tower Anda. Caranya adalah dengan berjalan di depan creep dan melakukan aksi stop secara berulang-ulang dengan tempo yang cepat.

Hal ini tentu membutuhkan latihan rutin agar kemampuan creep blocking Anda menjadi lebih sempurna. Jika creep blocking Anda sukses, lawan Anda tentu akan susah melakukan last hit sebab creep berada di higher ground sehingga lawan akan memiliki 25% miss chance. Hal ini juga berguna untuk menghindari resiko gank dari support lawan sebab Anda memiliki vision yang lebih baik.

Baca juga:  Arcana Pudge, The Feast of Abscession Telah Diluncurkan

3Tips 3: Last hit dan deny

Tujuan dari midlaner adalah untuk mendapatkan gold dan XP sebanyak-banyaknya serta mencegah hero midlaner lawan mendapat XP dan gold. Pastikan hal tersebut dengan melakukan last hit serta deny creep Anda. Dengan melakukan deny creep, maka lawan tidak akan mendapat gold serta mengurangi jumlah XP yang didapat. Terdengar sangat mudah tetapi sesungguhnya sulit untuk dipraktekkan. Adapun yang harus diperhatikan adalah bahwa ranged creep memberi XP lebih banyak dibandingkan melee creep. Jadi pastikan Anda men-deny ranged creep tim Anda serta me-last hit ranged creep lawan.

4Tips 4: Harass

Harass atau istilahnya ‘menyicil’ hero lawan dengan damage sehingga hero lawan takut untuk mendekati creepHarassing juga merupakan skill wajib jika kamu ingin menjadi seorang midlaner yang baik. dengan harassing yang baik, kamu akan dapat melakukan hal seperti:

  • Membuat lawan kesulitan untuk last hit dan deny creep
  • Zoning atau bahkan menge-kill hero lawan
  • Membuat space untuk carry dan offlane Anda sebab support lawan akan beralih ke mid lane

5Tips 5: Hero Pick

via wwg.com

Jangan melakukan pick mid jika kamu tidak percaya diri dengan hero pilihan kamu. Setiap hero di Dota 2 memiliki hero counter-nya masing-masing. Oleh sebab itu, bijaklah dalam memilih hero. Contohnya, jika lawan sudah memilih hero Pudge, sungguh tidak bijak jika kamu masih memilih Templar Assassin. Tentu saja kamu bisa memperkaya pengetahuan kamu tentang strategi counter hero dengan lebih banyak latihan tentunya.

6Tips 6: Rune Control

Pastikan kamu dapat mengontrol rune yang muncul di rune spot. Dengan mengontrol rune, kamu dapat melakukan gank ataupun solo kill pada hero lawan di lane. Usahakan untuk selalu meletakkan ward di rune spot. Hal yang sepele tapi sangat menguntungkan sebenarnya. Dengan rune Double Damage, kamu dapat melakukan push tower tim lawan atau bahkan langsung ganking hero carry atau offline tim musuh.


Perlu diingat kalau seorang midlaner harus memiliki kreativitas yang luas. Kamu juga bisa melihat replay atau menonton langsung turnamen yang diikuti tim professional kelas dunia. Pemain seperti Miracle, Sccc, dan Dendi adalah beberapa contoh dari seorang midlaneryang baik. Semoga saja Indonesia segera menelurkan midlaner kelas dunianya.

Baca juga:  Apa Itu The International?

Nah Itu dia guys beberapa tips jika kamu ingin menguasai mid laneComment di bawah ya kalau kamu ada tips yang kami lewatkan. Salam Esports Indonesia!

Previous article5 Atlet Esports Indonesia yang Go International
Next articleApa Itu DreamHack?
Boi Hutagaol
Penikmat slow rock lulusan komputer yang belajar menjadi programmer tetapi memiliki cita cita sebagai pro gamer. Jomblo berkualitas meskipun skill terbatas. "MMR is just not a number, alien is real; Menulis sebagai pengisi waktu luang serta pengisi jiwa yang kosong." - Boi