Apa Itu The International?

2
2746
Apa Itu The International? via GeekWire
Apa Itu The International? via GeekWire
Ad

Sudah tahu belum apa itu The International? Jika sepakbola memiliki Piala Dunia, atau badminton dengan All England-nya, Dota 2 juga memiliki kejuaraan dunianya yang disebut dengan The International.

The International (TI) merupakan turnamen Dota 2 tahunan yang diselenggarakan oleh Valve yang selalu menjadi magnet terbesar bagi para antusias Dota 2 di seluruh dunia. Nah, ayo disimak apa itu The International.

Turnamen yang dimulai sejak tahun 2011 ini tidak pernah gagal menjadi pusat perhatian dikarenakan besarnya hadiah yang ditawarkan, juga selalu berhasil memecahkan rekor dunia sebagai turnamen esports dengan hadiah terbesar di dunia setiap tahunnya (lebih dari USD 10,000,000 untuk champion tahun 2017). Sangat tidak mengherankan jika ini adalah event yang sangat dinantikan oleh penggemar maupun pemain pro dari seluruh dunia.

Tercatat sebanyak 7 kali The International telah berhasil diselenggarakan dengan tidak ada tim yang berhasil mempertahankan gelar champion-nya. Pada tulisan ini, Esportsnesia akan menjabarkan siapa saja yang berhasil memenangkan TI setiap tahunnya serta best moment yang lahir di event tersebut.

1The International 2011

The International 2011 via Liquipedia
The International 2011 via Liquipedia

The International 2011, merupakan sebuah tonggak sejarah dimana pada saat itu Dota 2 mulai mencuri perhatian para pemain esports di seantero jagat. Diadakan di Cologne, Jerman, hampir semua pemain legendaris dari Dota 1 hijrah ke Dota 2 untuk mencoba peruntungannya dalam event berhadiah USD 1,6 juta (hadiah terbesar untuk turnamen esports pada masa itu). Event ini juga memecahkan rekor dunia dengan penonton terbanyak (sebanyak 1,6 Juta viewer) yang didominasi viewer dari Tiongkok. Terdapat 16 team yang berpartisipasi pada main event TI1. Ke-16 tim tersebut adalah: Natus Vincere, EHOME, Scythe Gaming, MeetYourMakers, invictus Gaming, Moscow Five, MiTH.Trust, Online Kingdom.Nirvana int.

Seperti layaknya kejuaraan lain, di setiap kompetisi akan selalu menghasilkan pemenang. Champion dari The International 2011 adalah Natus Vincere (Na’Vi), dengan roster pemain: ArtStyle, Dendi, XBOCT, LighTofHeaveN, dan Puppey.

Na'Vi (2011) via redbull.com
Na’Vi (2011) via redbull.com

Tim Na’Vi dari Ukraina berhasil menjuarai TI1 setelah mengalahkan sang favorit juara, EHOME dengan skor 3-1. Na’Vi berhasil menjadi juara dan membawa pulang hadiah 1 juta dolar, yang membuat Na’Vi sebagai tim pertama yang menjuarai The International. Danil ‘Dendi’ Ishutin juga menjadi sorotan dunia dengan permainan apiknya sepanjang turnamen ditambah dengan permainan Puck pada pertandingan final. Dendi berhasil memakai Dream Coil pada 5 musuhnya, yang selanjutnya dikenal dengan 1 Million Dollar Coil.

2The International 2012

The International 2012 via Liquipedia
The International 2012 via Liquipedia

The International 2012 diadakan di Benaroya Hall, Seattle dengan 14 tim diundang secara langsung (direct invite) dan 2 tim yang harus berjuang mendapat slot-nya melalui tahap qualifier (West Qualifiers dan East Qualifiers). Dengan hadiah prizepool yang lebih tinggi dari TI1, TI2 menyediakan total hadiah sebesar USD 1.600.000. Tim yang berhasil mendapatkan undangan langsung: Natus Vincere, Team DK, Orange Esports,