Highlight Dota 2 Patch 7.21

0
609
Highlight Dota 2 Patch 7.21

Update 7.21 yang dijanjikan oleh sang kodok tercinta komunitas Dota 2, IceFrog, dikabarkan tidak akan membuat perubahan besar yang mengejutkan.

Hanya berfokus pada balancing dan tidak bermaksud untuk memberi banyak perubahan pada hero seperti membuat hero tertentu menjadi “OP” (overpowered) atau di-nerf hingga menghilang dari peradaban.

Akan tetapi, di balancing patch ini masih ada saja kejutan yang tidak disangka-sangka.

Penasaran apa-apa saja yang berubah? Kamu bisa berkata “Wow”, loh melihat update ini. Yuk, kita lihat sama-sama highlight patch 7.21 ini.

Tidak ada lagi ancient camp di jungle utama

Bagi kalian yang bermain core, tentu saja ancient camp di jungle utama merupakan salah satu pemasukan gold paling besar. Terutama jika sudah di-stack sebanyak 3x lalu dipanen. Rasanya seperti gajian di akhir bulan.

Jungle camp Dota 2
Credit: Dota 2

Namun sekarang, setelah balancing patch ini, kamu tidak bisa lagi melakukan hal ini. IceFrog telah memutuskan bahwa hal ini membuat tidak balance. Maka dengan kekuatan dan kuasanya, ancient camp di jungle utama diganti dengan big camp.

Dampaknya, para core akan lebih terhambat di pemasukan gold-nya, yang berarti mereka akan online untuk waktu yang lebih lama. Mungkin saja hal ini akan menyebabkan hero-hero yang awalnya memerlukan farm sebelum aktif, seperti Anti-Mage menjadi kurang populer.

Movement Speed

Mungkin hal ini kurang signifikan untuk diulas. Banyak yang berpikiran, “jalan kencang-kencang kalau bisa dikejar pakai blink kan enggak masalah.”

Padahal hal ini justru merupakan hal besar karena buff movement speed yang diterima oleh hero-hero melee beragam dari kecil hingga besar. Nerf movement speed hero-hero range juga beragam dari kecil hingga besar.

Sven (Credit: Dota 2)
Sven (Credit: Dota 2)

Terus, apa dampaknya? Good question!

Laning phase untuk beberapa hero melee akan sangat terasa lebih kuat jika berhadapan dengan hero range dibandingkan versi sebelumnya. Jika sebelumnya hero range bisa tidak tersentuh karena mereka tidak akan terkejar berdasarkan gaya permainannya, kini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Hero-hero range jika tidak waspada, mereka akan bisa “disentuh” oleh hero-hero melee dan tidak bisa kabur lagi. Hal ini jelas akan mengubah meta sekarang.

Baca juga:  Update Mobile Legends: Conquest of Dawn Berhadiah Skin Uranus Mech Protector!

Hilangnya Io dari Captain’s Mode

Hero bola cahaya yang terkenal satu ini merupakan hero andalan para pro player dalam official matches. Meskipun sangat sulit untuk dikendalikan, hero ini memiliki peranan penting dalam hidup-matinya seorang core.

Hilangnya Io dari Captain’s Mode
Io (Credit: Dota 2)

Lalu kenapa hero yang fenomenal ini dihilangkan dari Captain’s Mode?

Ternyata balancing patch ini membawa kabar baik bagi hero mungil satu ini, yaitu mekanisme Relocate yang kembali menjadi delayed dan bukan lagi channeling spell (yay!). Cooldown juga sudah diperpendek dari 130/110/90 menjadi 90/75/60.

Tidak hanya itu, hero ini juga menerima buff berupa skill Tether yang bisa heal hero yang di-tether meskipun darah Io sudah full. Ini akan memudahkan pemain Io untuk mengontrol hero-nya karena sudah tidak perlu menghidup-matikan Overcharge jika ingin heal hero ketika darah Io sudah full.

Buff terakhir ada pada skill Overcharge. Saat ini Io sedang dihilangkan sementara dari Captain’s Mode karena efek dari buff skill ini sangat besar, sehingga IceFrog memutuskan untuk mengevaluasi apakah buff yang diberikan terlalu besar atau tidak.


Siapa yang tahu akan seperti apa Dota sekarang dengan adanya patch ini? Yang kita tahu pasti hanyalah para pemain Dota harus bisa beradaptasi dengan cepat karena patch ini segera akan menerima balancing susulan lagi dalam beberapa minggu.

Bagaimana? Apakah ada hal besar yang menurut kalian besar tapi tidak disebutkan di atas? Berikan komentar kalian di bawah ini ya, dan juga apa-apa saja yang menurut kalian akan terjadi dengan patch baru ini.

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here