Cara Setting Free Fire untuk Meningkatkan Skill

0
74
Setting Free Fire

Setting Free Fire – Tak bisa dibantahkan lagi jika Free Fire saat ini salah satu game mobile esports terpopuler. Menjadi seorang pro dalam permainan dengan jumlah pemain yang besar bukanlah hal yang mudah.

Dibutuhkan lebih dari sekedar bermain biasa untuk mencapai posisi teratas. Untuk mencapai posisi tersebut, butuh latihan dengan cara yang benar, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seseorang untuk meningkatkan tingkat keberhasilan keseluruhan dalam permainan, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan setting Free Fire.

Sebagian besar player memainkan game dengan pengaturan default atau bawaan. Meskipun itu bukan hal yang buruk untuk bermain, melakukan setting-an sendiri justru dapat membuat kalian dapat melakukan banyak hal.

Player jarang mengubah pengaturan default karena dianggap dapat mengganggu gameplay secara negatif (re:merusak). Jangan khawatir. Ini bukan proses yang amat rumit dan siapa saja dapat mengubah pengaturan dengan mudah.

Nah, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah cara setting Free Fire agar kalian bisa nyaman bermain.

Cara Setting Free Fire Untuk Meningkatkan Skill

Pada artikel ini, kalian diharapkan bisa melakukan setting-an sendiri. Mungkin kalian sudah nyaman dengan setting-an bawaan, namun agar lebih efektif lagi bisa menggunakan setting-an ini.

Basic Settings Free Fire

Setting Free Fire

Di bagian ‘Basic’, kalian bisa menggunakan opsi North Up atau Rotating untuk mini-map. Jika memilih North Up, penunjuk pemain akan bergerak sementara peta mini tidak.

Sementara opsi Rotating, peta mini akan bergerak sementara penunjuk akan menyesuaikan. Kalian bisa memilih opsi manapun sesuai dengan kenyamanan masing-masing. 

Untuk bagian Graphics, kalian bisa memilih Standard jika menggunakan smartphone kelas menengah. Jangan sampai memaksakan untuk memilih opsi Ultra agar smartphone kalian tidak cepat panas. Untuk Brightness, pilih saja Classic, kemudian High FPS pilih Normal dan Shadow pilih Off.

Sensitivity Settings Free Fire

Setting Free Fire

Mengatur sensitivitas Free Fire agar sesuai dengan gameplay kalian bukanlah hal yang mudah. Hal itu sangat bergantung pada gaya bermain kalian. Di bagian pengaturan sensitivitas Free Fire, kalian bisa mengatur lima opsi. 

Pengaturan ini mungkin tidak berfungsi untuk semua orang, karena beberapa pemain memiliki gaya permainan yang berbeda-beda. Kalian bisa mengatur bagian ini sesuai pengaturan di bawah ini.

  • General Camera Sensitivity: 50
  • Red Dot Sensitivity: 100
  • 2x  Scope Sensitivity: 16
  • 4x Scope Sensitivity: 18
  • AWM Scope Sensitivity: 20

Dengan setting-an baru ini, mungkin kalian akan merasa kesulitan di awal. Namun, terus berlatih agar terbiasa karena ada manfaat dengan setting-an yang baik. Kalian harus menyesuaikan diri dengan setting-an tersebut agar nantinya bisa lancar saat bermain.

Control Settings Free Fire

Setting Free Fire

Di dalam game Free Fire, terdapat tiga jenis aim precision yakni Default, Precise on Scope, dan Full Control. Kalian harus memahami pengertian dari setiap aim precision tersebut.

Aim Precision: Default

Opsi Default akan membantu senjata kalian dengan otomatis akan mengunci musuh. Namun, ini tidak selalu menguntungkan, karena banyak faktor mempengaruhinya. Seperti jenis senjata, attachment yang digunakan, dan jumlah musuh mempengaruhi aim-assist.

Ini terjadi saat kalian menembak ke beberapa musuh, dan dengan aim precision ini tidak bisa memfokuskan ke tujuan utama.

Aim Precision: Precise on Scope

Dengan opsi aim precision ini, kalian bisa membidik musuh secara langsung dan lebih bebas dalam membidik lawan saat menggunakan scope. Dengan adanya bantuan dari auto aim ini, kalian dapat lebih mudah menembak musuh walaupun tanpa scope. 

Aim Precision: Full Control

Teruntuk kalian yang sudah pro, setting-an aim precision ini bisa menjadi pilihan. Kalian akan lebih mudah untuk membidik bagian tubuh manapun dari musuh, khususnya kepala. Namun, dibutuhkan kemampuan khusus  karena nantinya pergerakan tangan harus cepat. 


Sementara di bagian Quick Weapon Switch, kalian bisa pilih On agar bisa berganti senjata dengan cepat. Di bagian Quick Reload kalian harus memilih On, dengan begitu akan membuat reload jauh lebih mudah. Demikian pula, AWM Sniping harus diatur ke Hold Fire To Scope. Untuk yang lainnya kalian bisa, mengaturnya seperti di bawah ini.

  • Vehicle Controls: Two-Handed
  • Auto-Parachute: On
  • In-Game Tips: Simplified
  • Damage Indicator: Classic
  • Auto Switch Gun: Off
  • Visual Effects: Dark
  • Hitmarker: Classic

Auto Pickup Settings Free Fire

Setting Free Fire

Di bagian terakhir, kalian harus mengatur bagian Pickup. Atur dimana semuanya harus “ON” kecuali granat dan peralatan khusus. Dengan adanya pengaturan ini, kalian akan dengan mudah mengambil berbagai barang yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan dan ruang yang dimiliki tas. 

Kalian sebenarnya bisa mengatur sesuai dengan keinginan tersendiri. Sehingga bisa menyortir barang apa saja yang nantinya akan diambil. Setiap player memiliki kesukaan yang berbeda-beda terhadap barang yang ditemukan saat bermain.

Sebenarnya, itu semua tergantung kenyamanan kalian sendiri. Melakukan setting kontrol yang berbeda dalam game dapat mengubah gameplay dan memudahkan selama permainan berlangsung. Kalian juga bisa melakukan eksperimen sendiri agar nantinya bisa menyesuaikan dengan kenyamanan kalian.

Cara Setting Free Fire di PC

Setting Free Fire

Untuk bermain Free Fire di PC, kalian harus menginstal emulator Android terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan aplikasi Bluestack dan NOX Player yang merupakan dua emulator terpopuler.

Setelah install dan registrasi, Anda juga melakukan setting Free Fire di PC. Dalam versi PC, Anda juga memiliki pengaturan dasar, sensitivitas Free Fire, kontrol, dan suara. Buat pengaturan Free Fire terbaik yang sama seperti di smartphone.

Akan tetapi, saat memainkan Free Fire di PC kalian harus menggunakan keyboard dan mouse untuk mengontrol apapun yang ada di dalam game. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan keymap tersendiri, menyesuaikan kontrol, dan menangani masalah sensitivitas mouse.

Kalian harus memilih tombol mana yang nantinya digunakan untuk menembak, melompat, berbaring, membungkuk, bergerak maju dan mundur, kiri atau kanan, dll. Itu tergantung pada kebiasaan dan tangan pilihan Anda. Namun disarankan agar Anda menggunakan setelan default di awal. 

Di Free Fire PC, kalian harus cekatan dalam menggunakan mouse, karena digunakan untuk membidik target. Klik kanan mouse untuk membuka scope dan kiri untuk menembak.

Selain itu, Anda harus menetapkan kunci untuk menggunakan beberapa perlengkapan seperti granat dan med-kit.

Bagi kalian yang sebelumnya sering bermain game-game PC, pasti memiliki settingan tersendiri yang berhubungan dengan keyboard dan mouse. Untuk kalian yang baru pertama kali memainkan Free Fire di PC, butuh waktu penyesuaian yang durasinya tergantung pada kalian. Semakin sering kalian mencoba, maka akan terbiasa dengan kebiasaan baru ini.

Saat bermain Free Fire di PC, kalian harus menyesuaikan spesifikasi komputer agar lancar saat bermain. Gunakan PC yang dikhususkan untuk gaming karena komponennya sudah disesuaikan.

Jika kalian memaksakan PC dengan spesifikasi rendah untuk bermain, gameplay akan sering ngelag bahkan tidak berjalan.


Itulah beberapa setting Free Fire yang bisa kalian coba. Keberhasilan kalian dalam bermain tidak bergantung pada settingan ini, namun lebih ke seberapa konsisten kalian berlatih. Rutin melakukan latihan akan membuat kalian menjadi seorang pro yang handal.

Media Partnership