Jangan Coba-Coba, Ini 7 Game yang Membatalkan Puasa dan Wajib Dihindari Saat Ramadhan!

202
Game yang Membatalkan Puasa
Sumber: Google Play Store

Meskipun bisa mengisi waktu untuk ngabuburit, ternyata ada banyak game yang membatalkan puasa sehingga harus kamu hindari setidaknya kala ramadhan. Terlebih jika ingin puasamu diberkahi dengan banyak rahmat.

Puasa di bulan Ramadhan sendiri merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim di dunia. 

Jadi apabila tidak menjalankannya ataupun batal dengan sengaja, tentu kamu akan mendapatkan ganjarannya tidak hanya di dunia namun juga di akhirat.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kualitas puasa agar pahalanya sempurna termasuk dengan menjaga pandangan dan kegiatan yang dilakukan selama ibadah tersebut dilakukan.

Salah satu yang  rawan membatalkan puasa selain makan dan minum secara disengaja adalah konten game yang kamu mainkan. 

Sebab kini ada banyak jenis game yang membatalkan puasa sehingga wajib untuk kamu hindari. Apa saja itu? berikut adalah ulasan lengkapnya!

7 Game yang Membatalkan Puasa dan Wajib Dihindari Selama Bulan Ramadhan

Memang mengisi waktu dengan bermain game di bulan puasa bukanlah hal yang menyalahi aturan agama. Hanya saja penting untuk setiap individu untuk menjadi lebih selektif.

Pasalnya, telah hadir banyak game yang memiliki potensi untuk membatalkan puasamu atau bahkan membuat pahala ibadahmu menjadi berkurang. Tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? 

Oleh karena itu, berikut ini kami rangkumkan 7 game yang membatalkan puasa sehingga wajib untuk kamu hindari sedini mungkin dalam rangka menyempurnakan amalan selama Ramadhan, di antaranya adalah:

1. Higgs Domino

Game yang Membatalkan Puasa Higgs Domino
Sumber: Google Play Store Higgs Domino

Sering terpapar iklan game slot di sosial media? Jangan sampai tergiur dengan mudahnya! Baik saat puasa maupun tidak, game seperti ini memang sudah tidak pernah direkomendasikan untuk kamu mainkan, secara agama maupun negara.

Salah satu game slot yang paling populer adalah Higgs Domino. Game ini dilihat dari segi manapun benar-benar legit permainan judi.

Game ini biasanya dilakukan dengan menebak beberapa rangkaian gambar dan bertaruh sejumlah uang atas pilihan tersebut. 

Unsur menebak-nebak dan mempertaruhkan sejumlah uang untuk potensi keuntungan yang tidak pasti ini sudah masuk dalam indikasi judi.

Ingatlah Al Maidah ayat 90 yang berbunyi:

“Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan.”

Maka alangkah baiknya game Higgs Domino ataupun permainan sejenisnya segera dijauhi dan tidak perlu dimainkan lagi selama-lamanya.

2. Dead or Alive

Game yang Membatalkan Puasa Dead or Alive
Sumber: deadoralive.fandom.com

Sekilas melihat cover Dead or Alive, tentu kamu akan menyadari kenapa permainan ini termasuk dalam kategori game yang membatalkan puasa.

Meskipun banyak orang yang menyebut jika game ini cukup seru, tapi alangkah baiknya jika tidak dimainkan kala berpuasa. 

Alasan utamanya tentu karena desain dari tiap karakter wanita Dead or Alive sangat menantang sehingga dikhawatirkan akan menggoda iman.

Apalagi pengembang game ini nampaknya paham sekali bagaimana menarik minat pasar para pemain pria. Hal ini terlihat dari bagaimana karakter yang digambarkannya sangat sensual. 

Bahkan permainan ini sangat tidak direkomendasikan untuk dimainkan oleh anak-anak. Pastikan untuk segera ditinggalkan ya!

3. Eroblast: Waifu Dating Sim

Game yang Membatalkan Puasa Eroblast: Waifu Dating Sim
Sumber: Google Play StoreEroblast: Waifu Dating Sim

Hampir serupa dengan Dead or Alive, Eroblast juga menjadi salah satu game yang membatalkan puasa sehingga harus dihindari.

Game yang bertema simulasi kencan ini akan memberikan para pemainnya kesempatan bermain role-play sebagai siswa sekolah yang mendapatkan kesempatan untuk PDKT dengan lima gadis seksi.

Meskipun banyak teka teki menarik yang harus diselesaikan untuk bisa naik ke tahap yang berikutnya, hanya saja karakter wanita di dalamnya terlalu menggoda iman.

Hal ini jelas akan berpotensi membuatmu sulit untuk mendapatkan pahala puasa yang sempurna.

4. OSM 24 – Football Manager Game

Game yang membatalkan puasa OSM 24 - Football Manager Game
Sumber: GooGle Play Store OSM 24 – Football Manager Game

Bukah hanya yang membatalkan puasa secara harfiah, tapi kamu juga harus menghindari game yang berpotensi menyebabkan berkurangnya pahala Ramadhan itu sendiri.

Salah satu yang perlu kamu hindari adalah OSM 24 – Football Manager Game maupun permainan sepak bola virtual lainnya. 

Sebab bukan hal yang rahasia lagi jika saat kamu kalah dalam game ini akan memicu emosi yang luar biasa, terlebih jika bermain ramai-ramai. Sulit sekali terhindar dari bahan olokan yang terkadang menyulut kemarahan.

Bila kemarahan ini sudah menguasai diri, bukan tak mungkin jika hal-hal lain seperti kata-kata kotor juga bisa keluar hingga bahkan terjadi perkelahian fisik. Ini jelas menyebabkan keberkahan puasamu menjadi berkurang.

Apabila kamu sudah tahu jika mudah tersulut emosi, maka alangkah lebih baik jika mulai menghindari game yang serupa dengan ini sedini mungkin.

5. LUV

Game yang membatalkan puasa Luv
Sumber: Google Play Store Luv

LUV sebenarnya merupakan permainan cerita interaktif yang dapat kamu mainkan dengan memilih opsi yang ditawarkan untuk menentukan bagaimana cerita berjalan.

Namun masalahnya, game ini ditujukan untuk para pemain dewasa karena tema ceritanya yang cukup erotis. Oleh karena itu, LUV juga masuk ke dalam kategori game yang membatalkan puasa.

Visualnya yang sensual dan karakternya yang seksi seringkali membuat iman goyah sehingga alangkah lebih baik untuk dihindari saja.

6. Tabou Stories®: Love Episodes

Game yang membatalkan puasa Tabou Stories®: Love Episodes
Sumber: Google Play Store Tabou Stories®: Love Episodes

Hadir di Google Play Store dengan genre mature, Tabou Stories®: Love Episodes sebenarnya menjadi permainan dengan banyak peminat karena grafisnya yang detail.

Meskipun membawa jenis permainan yang hampir serupa dengan LUV, namun Taboo Stories membawa para pemainnya untuk menjadi karakter utama dari sebuah acara TV penuh cinta.

Memang, kamu dapat berpakaian dan berdandan dengan total sembari mendapatkan cinta baru. Namun selayaknya game dewasa, cerita ini membawa romansa yang panas sehingga sangat tidak disarankan untuk dimainkan saat puasa.

Apalagi, kamu dapat mengembangkan cerita sebagai seorang penggoda nakal yang seringkali cukup jauh dari moral. Tak heran jika permainan ini juga termasuk dalam game yang membatalkan puasa lainnya.

7. Destiny Child

Game yang membatalkan puasa Destiny Child
Sumber: Google Play Store Destiny Child

Terakhir, meskipun permainannya cukup seru, tapi Destiny Child harus masuk ke dalam list yang setidaknya harus kamu hindari saat berpuasa. Destiny Child termasuk salah satu game gacha yang sangat populer dikalangan para Wibu.

Grafisnya sangat bagus dan benar-benar niat serta gameplay-nya yang lumayan membuatnya diunduh hampir lebih dari 10 juta pengguna android.

Sayangnya, desain karakter di game ini sedikit menggoda, terlebih penggambarannya yang sangat detail. Apalagi, game ini memiliki unsur gacha juga sehingga dapat mengurangi ibadah puasa yang telah kamu mati-matian jalankan seharian.


Nah demikianlah 7 game yang membatalkan puasa dan wajib untuk kamu hindari agar pahala Ramadhan jadi makin sempurna. Yuk perbanyak amalan ibadah baik di bulan puasa ini!