Selamat datang untuk para kontestan dalam Rastakhan’s Rumble. Ajang kekuatan yang dibuat oleh Raja Rastakhan dari kerajaan Zandalari ini akan menguji kekuatan, kecerdikan, dan kepiawaian para kontestannya ke dalam gauntlet.

Para kontestan akan memilih class beserta dewa pelindung dan champion yang merepresentasikan class dan archetype tersebut.

Bersama dengan desk analyst Dwiky Armand “Ŝpatný Duch” Sucahyo, kita akan melihat keahlian apa yang dimiliki oleh para kontestan serta bagaimana cara mereka menggunakan keahlian mereka di dalam gauntlet.

Terima kasih atas sambutannya, dan selamat datang untuk para reader di ekspansi Hearthstone, Rastakhan’s Rumble dimana tema dari ekspansi ini adalah kontes kekuatan bermodel dari gauntlet kuno seperti di masa Yunani Kuno ataupun Roma.

Di sini kita akan melihat berbagai kartu dari ekspansi ini, dan mendiskusikannya, bukan dengan tujuan memberi rating, tetapi untuk mencari tahu value kartu-kartu tersebut dalam deck yang akan datang ataupun yang sudah ada.

Druid

Druid Rikkar | Hearthstone

Druid mendapat beberapa kartu pendukung sinergi dengan Beast. Druid, dalam Warcraft lore, dikaitkan dengan metamorfosis hewan dan memiliki kaitan dengan alam, melihat lore ini belum pernah diangkat kedalam card game-nya. Lore ini juga belum pernah diangkat ke dalam card game-nya.

Dalam ekspansi ini, disediakan beberapa kartu pendukung untuk penggunaan hero power Druid, yang bisa dibilang tidak memiliki banyak fleksibilitas dalam penggunaan-nya, di luar dari versi Death Knight-nya.

Gonk, the Raptor & Wardruid Loti

Gonk, the Raptor

Gonk, the Raptor | Hearthstone

Gonk, the Raptor merupakan legendary card yang membawa archetype baru ke dalam deck Druid, dimana hero berkesempatan untuk dapat menyerang lagi jika sebelumnya serangan hero berhasil mengalahkan sebuah minion.

Dalam Classic dan Basic Set, telah diberikan spell card seperti, Bite, Claw, dan Savagery yang memberikan Gonk sebuah tempat dalam Control Deck dengan effect dan stats-line yang bagus.

 

Claw | Hearthstone Bite | Hearthstone Savagery | Hearthstone

Dikarenakan mana cost ganjil yang dimiliki Gonk, the Raptor; kartu ini juga bisa dimasukkan ke dalam Odd Baku Druid dimana Baku akan meng-upgrade hero power dari “hero mendapat +1 attack dan +1 armor untuk turn ini” menjadi “hero mendapat +2 attack dan +2 armor untuk turn ini.”

Baca juga:  Melihat Bagaimana BlizzCon Turut Mendukung Esports

Baku the Mooneater | Hearthstone Dire Shapeshift | Hearthstone

Wardruid Loti

Wardruid Loti | Hearthstone

Wardruid Loti, kartu dengan 3 mana cost dan stat-line 1/2, bukanlah kartu dengan stat yang bagus. Akan tetapi, effect kartu dari Wardruid Loti memungkinkan Druid untuk mempunyai fleksibilitas untuk mengontrol board.

Wardruid Loti Taunt Wardruid Loti Poisonous Stealth

Wardruid Loti Spell Damage + 1 Wardruid Loti Rush

Sekilas kita bisa melihat pilihan apa saja yang menjadi favorit dalam control deck, yaitu mode Taunt dan Rush. Akan tetapi, jika kita melihat value dari mode Spell Damage dan Poisonous, Stealth; apa yang dimiliki oleh kedua mode ini adalah kemampuan mereka untuk memberikan tambahan damage dalam spell Druid, atau memaksa player lawan untuk membuang AOE (Area of Effect) spell mereka untuk stats-line 1/2.

Ironhide Direhorn, Stampeding Roar, & Predatory Instincts

Ironhide Direhorn

Ironhide Direhorn | HearthstoneIronhide Runt | Hearthstone

Ironhide Direhorn masuk sebagai salah satu kartu Beast dalam ekspansi ini untuk memberikan kekuatan tambahan sebagai salah satu board presence yang kuat dalam control deck, yaitu memberikan minion 5/5, Ironhide Runt, jika membunuh minion dengan Overkill (memberikan damage kepada minion hingga HP-nya berada di bawah 0. Seperti; -1, -2, -3).

Kelemahan terbesar dari kartu ini adalah mana cost yang besar dengan effect dimana player harus menunggu 1 turn selanjutnya untuk mendapatkan effect-nya.

Stampeding Roar

Stampeding Roar | Hearthstone Witchwood Grizzly | Hearthstone

Stampeding Roar adalah salah satu kartu esensial untuk jenis control druid deck yang berbasis minion “Beast” yang tergolong lemah dan terlalu mahal untuk dimainkan, seperti Ironhide Direhorn atau Witchwood Grizzly.

Keuntungan kartu ini adalah minion yang ditarik dari tangan ke board, dapat menyerang secara langsung dan mengurangi mana cost-nya. Sinergi Stampeding Roar dan Ironhide Direhorn adalah salah satu contoh sinergi kartu.

Predatory Instincts

Predatory Instincts | Hearthstone

Predatory Instincts bisa menjadi kartu pendukung untuk Druid deck yang menggunakan sinergi “Beast” dikarenakan efek draw-nya yang spesifik, serta menggandakan health minion yang di-draw.

Kartu ini bisa menjadi kartu yang kuat dan esensial jika player dapat mengkonstruksi deck yang berkesinambungan dengan “Beast” dan memiliki deskripsi efek aktif seperti Charge atau Rush.

Pounce, Spirit of the Raptor, & Savage Striker

Pounce | Hearthstone spirit of the raptor | Hearthstone Savage Striker | Hearthstone

Ketiga kartu ini memiliki persamaan, yaitu sinergi mereka dengan attack damage Druid. Pounce dan Savage Striker memberikan Druid kebebasan untuk melakukan value trade, dimana jika Pounce digunakan dengan efek Battlecry dari Savage Striker, akan melayangkan total 4 damage.

Spirit of the Raptor membantu Druid untuk memberikan draw jika hero menyerang dan sukses membunuh minion. Dengan stat 0/3, keuntungan Spirit of the Raptor adalah mana yang dibutuhkan sangat kecil untuk dapat memberikan value ke dalam board dengan Token Druid deck berupa minion yang disinergikan dengan Savage Roar dan Soul of the Forest.

Baca juga:  Kontestan Rastakhan’s Rumble: Entry 2# Rogue

Mark of the Loa & Treespeaker

Mark of the Loa

Mark of the Loa | Hearthstone

Mark of the Loa memberikan player dengan fleksibilitas terhadap 2 kartu Druid, yaitu Mark of the Wild dan Power of the Wild dengan tambahan 2 HP ataupun 2 minion dengan stat 3/2.

Mark of the Wild | Hearthstone Power of the Wild | Hearthstone

Kartu ini dapat diterima di Token Druid deck, dimana kartu ini bisa memberi value tambahan. Akan tetapi, kartu ini tidak dapat menjustifikasi value-nya dengan mana cost-nya.

Minion dengan stat 6/4 tanpa efek apapun bukanlah minion yang bagus karena dalam ekspansi ini, banyak minion, spell card ataupun weapon dengan mana cost yang kecil bisa digunakan untuk dominasi board.

Treespeaker

Treespeaker | HearthstoneAncient | Hearthstone

Treespeaker menjadi kartu yang esensial dalam Token Druid deck dimana kartu ini mengubah minion “Treant” milik player menjadi 5/5 Ancient. Hal ini membuat deck ini menjadi Midrange deck yang relatif kuat.

Dengan sinergi Soul of the Forest, Druid dapat memproduksi minion Treant dengan bantuan beberapa minion kecil. Beberapa kartu pendukung untuk deck ini juga telah dimunculkan dalam ekspansi The Witchwood dan The Boomsday Project, seperti Witchwood Apple yang bisa membantu memberikan Treants untuk bisa digunakan dengan 9 mana, membuat stats dalam board menjadi 14/14.

witchwood apple | Hearthstone dendrologist | Hearthstone savage roar | Hearthstone

Kartu Dendrologist membantu Druid untuk mendapatkan spell untuk value tambahan, seperti Soul of the Forest atau Savage Roar. Kelemahan terbesar dari kartu ini terletak pada kondisinya untuk mengaktifkan efek kartu ini yang mengharuskan minion Treant untuk terlebih dahulu ada dalam board.

Landscaping memiliki efek yang sama dengan kartu Force of Nature, namun dengan jumlah summon dan cost yang lebih murah. Akan tetapi, kartu ini kurang dapat membantu Druid untuk mengkontrol board milik lawan dan juga mudah untuk dihancurkan.

mulchmuncher | Hearthstone landscaping | Hearthstone force of nature | Hearthstone

Mulchmuncher dapat menjadi salah satu jawaban untuk mengontrol minion dengan HP yang besar dari deck lawan. Mana cost Mulchmuncher akan berkurang setiap kali minion Treant kita mati. Kekurangan pada Mulchmuncher terletak pada efek Treespeaker yang justru mengubah Treants menjadi Ancients, dan tidak dihitung sebagai minion yang mati.

Baca juga:  Apa Itu Hearthstone?

(Disunting oleh Satya Kevino; Sumber gambar: Hearthpwn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here