Jalan Cerita Suikoden 1, Game RPG Klasik Menemani Gamers Era 90an

723
Jalan cerita suikoden 1
sumber: konami.jp

Buat kamu pecinta game RPG klasik era 90an, kamu wajib simak artikel jalan cerita Suikoden 1 ini!

Apakah kalian para gamers suka memainkan game RPG klasik era 90an? Atau mungkin ingin sekadar flashback mengenang game-game zaman dulu dengan grafisnya yang sangat iconic?

Kali ini penulis ingin memberitahu salah satu game RPG klasik yang mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi dengan nama game nya, yaitu Suikoden 1.

Yuk kita simak informasi selengkapnya mengenai game Suikoden 1 berikut ini!

Apa itu Game Suikoden 1?

Suikoden (bahasa Jepang: 幻想水滸伝, Genso Suikoden) atau dikenal dengan sebutan Suikoden I adalah sekuel pertama dari seri RPG Suikoden yang dikeluarkan dan dirilis oleh Konami.

Game ini dikeluarkan untuk konsol PlayStation tanggal 15 Desember 1995 di Jepang.

Versi bahasa Inggrisnya dirilis di Amerika Utara setahun kemudian dan di Eropa sekitar bulan Maret pada tahun yang sama.

Tiga tahun kemudian 1998 versi Sega Saturn kembali dirilis, tetapi kali ini hanya untuk kawasan di negara Jepang saja.

Jalan Cerita Suikoden 1

Permainan ini berlatar belakang di sebuah kerajaan bernama Scarlet Moon Empire yang berada di daerah Toran.

Kerajaan ini diperintah oleh Barbarossa Rugner. Tokoh utama game ini adalah Tir McDohl (nama resmi yang diberikan untuk novelnya, nama resmi gamenya adalah McDohl), putra dari Teo McDohl yang merupakan salah satu jenderal besar di kerajaan tersebut.

Dalam perjalanannya ditemani beberapa karakter lain yaitu Gremio, Cleo, dan Pahn, Tir bertemu Leknaat, seorang wanita misterius yang memberitahukan bahwa Tir akan menjadi Tenkai Star, pahlawan yang akan memimpin 108 Stars of Destiny dan membawa kedamaian dan kemakmuran baru.

Tir kemudian berjuang memimpin pasukan untuk membebaskan daerah Toran dari Scarlet Moon Empire yang telah dikuasai oleh penyihir istana bernama Windy.

Sebagai Tenkai Star, Tir memiliki Rune of Life and Death (Soul Eater Rune), sebuah True Rune yang memiliki kemampuan mengendalikan nyawa manusia.

Tir mendapatkan True Rune ini menjelang kematian teman baiknya, Ted, pemilik Souleater Rune sebelumnya.

Gameplay RPG Suikoden 1

Game ini menggunakan sistem RPG klasik. Pemain mengendalikan Tir sebagai tokoh utama.

Dalam permainan ini, Tir dapat membawa 5 karakter untuk diikutsertakan dalam pertarungan acak di peta dunia dan dungeon, yakni sistem turn based tersebut.

Seiring berjalannya permainan, pemain akan mendapatkan markas untuk pasukan yang ini masih menggunakan grafik 2 dimensional.

Pemain dapat merekrut karakter-karakter yang termasuk dalam 108 Stars of Destiny.

Alasan Suikoden 1 Masih Digemari Sampai Sekarang

Seiring berjalannya waktu dan masa yang terus berubah pesat, game lawas Suikoden 1 ini masih berada di hati para penggemar lho. Berikut beberapa alasannya:

Politik dan kompleksnya cerita

Ini adalah poin utama menariknya game Suikoden 1 ini. Jika kamu pernah menonton serial Game of Thrones, kurang lebih Suikoden memiliki tingkat penceritaan yang sama.

Seperti adanya hubungan geopolitik antar daerah, sentimen ras manusia dan non manusia, diskriminasi terhadap orang-orang tertentu, kesedihan ketika sebuah desa dibakar habis, ketika harus bertarung dengan teman, atau bagaimana diceritakan bahwa karakter utama kamu harus melalui banyak penderitaan dan kehilangan untuk dapat mencapai tujuannya.

Banyaknya misi utama, misi sampingan dan mini games

Tentu misi utama dalam Suikoden sudah diatur sedemikian rupa, yakni membebaskan Scarlet Moon Empire dari Kaisar yang tirani serta membersihkan nama Tir McDohl.

Namun dalam perjalanannya, kita akan menemui banyak misi sampingan seperti untuk mendapatkan sebuah karakter atau terkadang berbentuk sebuah game.

Contohnya adalah permainan menebak kartu, di mana kita diminta untuk mencari kartu yang sama dalam kondisi kartu yang ditutup dengan waktu yang dibatasi.

Selain itu ada juga permainan dadu bernama Chinchirorin di mana kita akan diberikan tiga buah dadu dengan peraturan bila tiga dadu tersebut jumlahnya lebih banyak dari lawan maka kamu lah yang menang.

Suikoden 1 Akan Rilis Versi Remaster di Tahun 2023

Game RPG klasik dari platform PlayStation pertama ini akhirnya mendapatkan update penyegaran dari Konami.

Sudah menjadi suatu kebiasaan tersendiri kalau sang developer mengambil langkah untuk merilis seri game baru mereka lewat remake atau remaster. Terutama untuk jajaran judul game yang populer. Tidak terkecuali Konami.

Perusahaan pengembang game asal Jepang tersebut resmi mengumumkan proyek remaster untuk game Suikoden 1 dengan judul lengkap Suikoden I Remaster Gate Rune and Dunan Unification Wars di Steam.

Setelah diisukan kurang lebih 1 dekade lamanya, akhirnya Konami mengumumkan proyek remaster tersebut ke hadapan publik khususnya para gamer.

Tidaklah mengherankan bahwa Suikoden 1 ini sudah menjadi judul game klasik populer di seri game RPG di platform PlayStation pertama.

Memiliki fitur RPG yang menarik, dibalut ilmu sihir keren, dan tidak lupa pembentukan cerita karakter yang ikonik.

Berita yang diumumkan Konami ini mendapatkan sambutan positif, apalagi game tersebut bisa dimainkan di berbagai platform/konsol seperti PlayStation 4, Xbox One, PC dari Steam, dan Nintendo Switch di tahun 2023 ini.

Perubahan Versi HD Remaster di Suikoden 1

Peningkatan Grafis

Grafis pixel yang khas, kualitas grafis, hingga latar belakang dungeon akan mendapatkan efek penyegaran baru seperti petir, awan, animasi bayangan, asap, kabut, percikan api, guguran daun, dan lain sebagainya.

Efek serangan dan jalan cerita akan mendapatkan berbagai penyegaran desain yang lebih menarik tanpa menghilangkan ciri khasnya masing-masing.

Penyegaran Gambar Karakter

Semua desain potrait dari karakter Suikoden akan mendapatkan penyegaran gambar yang jauh lebih berkualitas.

Tentunya penyegaran ini tidak akan menghilangkan ciri khas dari Suikoden 1 versi lawas ya.

Peningkatan Kualitas Suara

Suara saat bertarung di dungeon akan memiliki perubahan sesuai dengan lingkungannya masing-masing.

Beberapa suara berkualitas juga membuat suasana petualangan menjadi lebih hidup seperti gemercik air, tiupan angin, suara serangga, langkah tapak kaki, dan lain sebagainya.

Pertarungan menjadi lebih menegangkan dengan berbagai efek suara yang berkualitas.

Serangan dan ilmu sihir dari berbagai elemen juga akan didukung dengan suara yang berkualitas seperti efek suara dari elemen listrik, api dan lain sebagainya.

Peningkatan Sistem Permainan

Berbagai fitur baru juga akan ditambahkan seperti rangkaian dialog pembicaraan, sistem auto-battle, sistem double-speed battle, dan lain sebagainya untuk efisiensi waktu saat bermain.

Seri Suikoden memang menjadi game RPG yang sangat terkenal di seri PlayStation pertama, dengan lebih dari 100 karakter yang bisa dimainkan.

Gaya khas pixel dan animasi 2 dimensi juga menjadi memori yang tidak terlupakan, tentunya ditambah jalan cerita yang sangat menarik.

Pengggemar game ini banyak yang sangat antusias dan bahagia ketika kabar remake ini diumumkan. Kita tunggu saja update selanjutnya dari Konami ya.

Penutup

Suikoden 1 ini memiliki setidaknya 5 sekuel di mana sekuel terakhirnya tersebut terakhir dirilis pada tahun 2006.

Namun Suikoden sendiri hingga saat ini masih menjadi salah satu Role Playing Game (RPG) yang masih sangat populer bahkan serinya yang kedua yaitu Suikoden II menurut beberapa gamers masih merupakan salah satu yang terbaik.

Dengan bermain game dengan tema nostalgia seperti ini akan memberikan perasaan relaksasi serta mengurangi tekanan sekaligus bernostalgia dengan grafiknya yang sangat iconic.

banner iklan esportsnesia