Tips Main Lokapala: Cara Menggunakan Nala Sang Fighter Majapahit

0
13
Nala Sang Fighter dari Majapahit
Credit: ArtStation (Eko Pinanding)
Ad

Cara Menggunakan Nala – Ksatriya Nala merupakan salah satu ksatriya yang termasuk dalam kategori role Fighter. Role Fighter sendiri terkenal sangat kuat di awal game karena ketangguhan yang ia miliki dibandingkan role ksatriya lainnya.

Tidak heran, bila kamu akan menjumpai banyak gamers MOBA Lokapala yang menggunakan ksatriya Nala saat ini. Teruntuk kamu yang masih pemain baru, jangan sungkan untuk mencari tahu tips bermain Lokapala, terutama cara menggunakan ksatriya Nala dan cara build Nala yang tepat. Sebab, semua pemain berhak untuk menjadi yang terbaik!

Oleh karena itu dalam pembahasan terbaru kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai tata cara yang tepat menggunakan ksatriya Nala, mulai dari build, combo skill, dan pembahasan lainnya.

Diharapkan dengan menggunakan panduan Nala ini kamu dapat bermain dengan lebih baik dalam memaksimalkan penggunaan hero ini. Sebelum kita membahas build serta combo skill dari ksatriya Nala, mari kita simak latar belakang dan juga pembahasan skill-nya terlebih dahulu!

Latar Belakang Ksatriya Lokapala Nala

Latar Belakang Ksatriya Lokapala Nala

Ksatriya Nala ini terinspirasi dari Mpu Nala, laksamana Majapahit yang membantu Mahapatih Gajah Mada memimpin armada-armada laut Majapahit untuk menaklukan dan menyatukan kerajaan-kerajaan di Indonesia. Terkadang Laksamana Nala menyamar menjadi nahkoda kapal dagang untuk mencari kelemahan kerajaan tertentu sebelum ditaklukkan.

Dalam sejarah, Mpu Nala merupakan seorang laki-laki. Namun kepemimpinan militer Majapahit terus dilanjutkan oleh keturunannya, yakni Mpu Nala II walau prestasinya tidak segemilang pendahulunya.

Dalam Lokapala, ksatriya Nala merupakan seoarang wanita yang kemungkinan adalah keturunan dari Mpu Nala, dan mungkin dibuat wanita karena ingin tampil berbeda dengan sejarah.

Di dalam game diceritakan bahwa Nala merupakan laksamana angkatan laut kerajaan Majapahit. Jinno alias Gajah Mada yang telah mengambil sumpah untuk menyatukan bangsa, menugaskan Nala untuk membantunya dalam memenuhinya sumpahnya tersebut. Akhirnya Nala pun meraungi lautan untuk mempelajari kerajaan yang ada dan mengajak mereka untuk bergabung dengan Majapahit.

Ksatriya Nala didesain sebagai seorang ksatriya wanita yang membawa cambuk dan memiliki 1 passive skill dan 3 active skill. Di bawah ini telah kami rangkum penjelasan singkat mengenai fungsi dari skill yang dimilikinya.

Skills Ksatriya Nala

Skills Ksatriya Nala

Skill Passive (Whipslash)

Setiap kali Nala melakukan basic attack terhadap hero lawan, dalam jangka waktu 5 detik basic attack Nala akan bertambah menjadi (+30% of AD) serta memberikan extra splash ke lawan terdekat.

Skill 1 (Fatal Whip)

Skill ini dapat membuat Nala meningkatkan basic attack-nya dalam jangka waktu 4 detik dan memberikan damage tambahan sebesar 40% physical damage pada lawan di area sekitarnya. Dan uniknya, skill 1 ini dapat mengembalikan passive skill-nya.

Skill 2 (Varuna’s Noose)

Secara singkat, skill ini hampir sama dengan skill hero Franco pada game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Pada penggunaan skill ini Nala menggunakan cambuknya untuk menarik lawan serta melompat menuju lawannya.

Skill ini memberikan physical damage sebesar 250 (+100% of AD) dan dapat menimbulkan efek stun terhadap lawan selama 1 detik.

Skill 3 (Cet-bang)

Skill 3 ini berfungsi untuk memberikan burst damage yang sangat besar terhadap lawan. Pada penggunaan skill ini, Nala menembakan 3 peluru meriam pada seluruh lawan yang berada di dalam arena.

Skill ini membuat Nala memberikan physical damage sebesar 150 (+70% of AD) dan juga dapat menimbulkan efek slow -40% selama 3 detik terhadap lawan.

Tips Ksatriya Lokapala: Cara Menggunakan Nala

Cara Menggunakan Ksatriya Nala

Dari pembahasan di atas, kita sudah bisa memahami seluruh fungsi skill dari ksatriya Nala. Namun, hal tersebut masih belum cukup untuk membantu kamu menjadi profesional gamer dalam menggunakan ksatriya tersebut.

Berikutnya, kita akan lanjut ke dalam pembahasan memilih build item, cara menggunakan combo skill, dan strategi permainan yang tepat dari ksatriya Nala. Pahamilah benar-benar pembahasan di bawah ini supaya kamu dapat menggunakan ksatriya Nala lebih jago lagi.

Build Item Ksatriya Nala

Build Item Ksatriya Nala

Champion Greaves (Movement Item)

Setiap ksatriya pasti sangat membutuhkan movement speed tambahan untuk dapat bergerak lebih lincah ketika bertemu dengan lawan. Dan movement item yang tepat untuk Nala adalah Champion Greaves. Item ini dapat memberikan Nala movement speed tambahan sebanyak 50%. Tentunya hal ini sangat berguna ketika Nala ingin menggunakan skill 2 nya agar dapat bergerak lebih lincah untuk mengejar lawan.

Jawbreaker (Physical Item)

Item ini memiliki passive yang berfungsi untuk menambahkan lifesteal sebanyak 15% selama 5 detik ketika HP (Health Point) berada di bawah 40%. Item Jawbreaker sangat berfungsi dengan baik bagi skill 1 Nala di karenakan adanya tambahan basic attack dari skill 1-nya. Tentunya hal tersebut dapat membantu menambahkan lifesteal yang sangat cepat untuk Nala.

Curator of Titans (Defense Item)

Curator of Titans memiliki fungsi sebagai penambah armor. Item ini menambahkan 8 armor setiap kali ksatriya Nala terkena damage dan dapat di-stack (dikumpulkan) sebanyak 5 kali.

Frost Ice Warfists (Defense Item)

Item ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk mendukung atau memancing lawan ketika ingin memulai team fight. Ketika Nala menerima damage pada saat menggunakan item ini, lawan yang menyerang Nala akan terkena pengurangan attack speed sebanyak 30% dan pengurangan movement speed sebanyak 10% selama 2 detik.

Rapture (Physical Item)

Item Rapture dapat menembus atau menghancurkan armor lawan sebesar 40%. Hal ini membuat item Rapture menjadi salah satu item wajib bagi fighter Nala karena ia merupakan tipe ksatriya yang sering digunakan untuk memancing atau membuka team fight kepada lawan.

End of Lost Hope (Defense Item)

Rekomendasi item terakhir yang tepat untuk ksatriya Nala adalah End of Lost Hope. Item ini berfungsi untuk memberikan Nala pengurangan critical damage sebanyak 20% yang diberikan oleh lawan. Dengan demikian, item ini sangat baik digunakan untuk meng-counter lawan dengan critical damage yang tinggi, seperti Assassin dan Marksman.

Combo Skill Ksatriya Nala

Combo Skill Ksatriya Nala

Ketika bertemu dengan lawan hendaknya Nala melakukan skill 2 terlebih dahulu agar dapat mendekati lawan. Lalu dilanjutkan dengan menggunakan skill 1 untuk menambahkan basic attack agar menjadi lebih sakit ketika memukul lawan.

Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan skill 3 untuk memberikan burst damage yang besar kepada lawan dan membuatnya cepat dikalahkan.

Untuk pengurutan combo skill secara singkat adalah sebagai berikut: Skill 2 -> Skill 1 -> Skill 3

Strategi Permainan Ksatriya Nala

Strategi Permainan Ksatriya Nala

Early Game

Tugas ksatriya Nala di awal game adalah untuk terus mendorong lane lawan sampai dia kalah saing. Dengan demikian kamu dapat dengan mudah melakukan rotasi untuk membantu temanmu atau melakukan open map bagi tim mu.

Fokuslah menaikan skill 1, mulai dari awal hingga akhir permainan. Karena skill Nala yang paling mendominasi adalah skill 1-nya.

Kamu juga tidak perlu terlalu banyak farming di jungle, cukup membersihkan lane saja dan mencari peluang untuk menyergap lawan yang sedang sekarat. Dan fokus terhadap 2 item awal, yakni Champion Greaves (Movement Item) dan Jawbreaker (Physical Item).

Mid Game

Untuk memenangkan permainan dengan cepat, tugas ksatriya Nala adalah membantu penguasaan map agar tim dapat bergerak dengan bebas tanpa diketahui oleh lawan. Diharapkan pada pertengahan game ini Nala sudah memiliki 2 buah item tambahan, yakni Curator of Titans (Defense Item) dan Frost Ice Warfists (Defense Item).

Dengan demikian, item yang kamu miliki sudah cukup untuk membuatmu memberanikan diri ketika ingin memancing atau melakukan open war terhadap lawan.

Late Game

Pada late game atau akhir permainan, semua lawan akan terasa sulit untuk dihadapi karena telah memiliki item lengkap. Oleh karena itu, sebaiknya Nala tetap melakukan open map dengan hati-hati dan berkumpul bersama tim untuk menyergap lawan dengan stun yang dimiliki Nala untuk meningkatkan peluang kemenangan war bagi timnya.


Nah, jadi itulah dia pembahasan mengenai strategi terbaik menggunakan ksatriya Nala yang telah kami kupas tuntas dalam pembahasan terbaru kali ini. Semoga setelah membaca tutorial ini, kamu bisa lebih profesional lagi dalam menggunakan ksatriya fighter Nala.

Demikianlah pembahasan artikel tutorial ini dibuat. Good Luck Have Fun!