Daftar Istilah dalam LoL (A-Z)

0
76
Daftar Istilah dalam LoL (A-Z) | Esportsnesia

League of Legends adalah salah satu permainan MOBA legendaris yang berhasil memasukkan dirinya dalam daftar cabang olahraga esports yang didemonstrasikan di Asian Games 2018. Dalam kompleksitas permainan MOBA, komunikasi antar tim merupakan salah satu kunci kemenangan.

Efisiensi dalam berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting. Kompleksitas permainan pun menuntut penggunaan istilah maupun singkatan yang mudah dimengerti dan disampaikan agar komunikasi dapat berjalan lebih mudah sederhana.

Berikut adalah daftar kosakata umum yang sering digunakan dalam permainan agar komunikasi tim tetap terjaga tanpa harus mengorbankan banyak waktu mengetik panjang-panjang di chat.

ADC

Singkatan dari Attack Damage Carry. Sebutan untuk champion yang tugasnya memberikan Attack Damage paling besar saat permainan berlangsung.

AFK

Singkatan dari Away From Keyboard. Sebutan untuk menunjukkan bahwa player sedang tidak berada di depan keyboard atau layar komputernya karena sedang sibuk sementara, sehingga tidak bisa memainkan champion-nya.

Solusinya adalah dengan menunggu hingga dia kembali. Ini merupakan tindakan yang bisa merugikan tim, karena champion kamu tidak berkontribusi sama sekali. Sebisa mungkin hindari ini.

AP

Singkatan dari Ability Power, biasa singkatan untuk statistik yang menambah efektivitas kekuatan dari items, magic abilities dan runes. AP ini juga bisa ditingkatkan melalui items, abilities, dan runes.

AoE

Singkatan dari Area of Effect, ini menunjukkan kalau ability dari champion akan mempengaruhi suatu area yang luas atau ke banyak unit.

Assist

Tindakan yang membantu champion teman untuk mengalahkan champion musuh, dan setiap champion yang melakukan ini akan mendapatkan Assist Point.

B

Singkatan dari Back. Tergantung dari situasi, ini bisa juga menandakan bahwa tim kita mau mundur atau menyuruh kawan lainnya untuk mundur.

Contoh kasus: setelah menghancurkan turret, dan champion musuh tidak terlihat di minimap; untuk mencegah serangan musuh dari arah yang tak diduga maka tanda “b” ini diberikan. Atau bisa juga sebagai tanda peringatan untuk menyarankan kembali ke tempat aman yaitu di bawah turret terdekat.

Backdoor

Strategi untuk menyerang markas musuh tanpa menunggu bantuan minion kita. Biasanya serangan ini dimulai dari arah jungle dan di tempat yang sedang tidak dijaga oleh champion mush. Dalam strategi ini, damage dari tower musuh akan fokus untuk mengurangi HP champion kita, jadi resikonya lebih besar.

Baron

Baron Nashor via League of Legends Wikia
Baron Nashor via League of Legends Wikia

Adalah singkatan nama dari Baron Nashor, monster netral yang paling kuat di map. Setelah dia dikalahkan, dia akan memberikan buff yang sangat berguna ke seluruh tim kita.

Base

Sebutan lain untuk markas area tempat kita respawn, juga tempat dimana Inhibitor dan Nexus berada. Di base kamu juga bisa membeli items serta memulihkan HP dan mana champion kamu.

Baca juga:  3 Fakta Menarik Seputar World Championship League of Legends 2018

Buff

Istilah yang dipakai untuk semua status effect yang membantu champion. Biasanya mempunyai waktu terbatas. Sedangkan untuk status effect yang buruk dinamakan Debuff.

Brush

Sebutan lain yang dahulu dikenal dengan Bush atau Grass. Ini adalah rumput tinggi yang menyebabkan champion kamu menjadi transparan saat kamu masuk ke dalamnya. Jadi selama kamu berada di dalam brush dan tidak menyerang, kamu tidak dapat terlihat oleh musuh di luar brush, termasuk minion dan turret.

Sebutan lain yang dahulu dikenal dengan Bush atau Grass. Ini adalah rumput tinggi yang menyebabkan champion kamu menjadi transparan saat kamu masuk ke dalamnya. Jadi selama kamu berada di dalam brush dan tidak menyerang, kamu tidak dapat terlihat oleh musuh di luar brush, termasuk minion dan turret.
Ashe berdiri di samping brush river via leagueoflegends.wikia.com

Beberapa ability akan menggagalkan efek ini, seperti serangan dari luar ke dalam brush. Jadi berhati-hatilah akan musuh yang mungkin bersembunyi di balik brush.

Care

Istilah yang dipakai supaya kita lebih berhati-hati, ini biasa diberikan saat posisi champion lawan terlalu jauh dari turret dan champion musuh ada yang tidak terlihat di minimap.

Carry

Istilah yang dipakai untuk champion yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan damage yang sangat baik melalui penambahan item dan level. Champion carry terlihat sangat lemah saat awal permainan namun sangat mematikan di akhir.

CC

Singkatan dari Crowd Control. Dalam League of Legends, ini biasanya dipakai untuk menunjukkan efek stun tetapi kadang juga dipakai untuk efek disable.

CD

Singkatan dari Cooldown. Tergantung dari situasi permainan, tapi ini biasa dipakai untuk memberitahukan kalau ability seseorang sedang tidak bisa dipakai karena sedang cooldown.

Kalau ditulis beserta angka, ini menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan champion untuk dapat menggunakan ability-nya kembali. Sebagai contoh, “CD 14s” ini menunjukkan bahwa dia hanya bisa menggunakan ability-nya setelah 14 detik berlalu.

Champ

Champions List via riftherald.com
Champions List via riftherald.com

Singkatan dari Champion, ini adalah karakter yang kita kendalikan.

Creep

Bisa juga dipakai kata lain seperti Minion. Ini adalah panggilan umum untuk semua monster atau unit yang digerakkan oleh AI dalam LoL.

Minions via leagueoflegends.wikia.com
Minions via leagueoflegends.wikia.com

Terkadang ada juga yang menggunakan kata creep untuk sebutan Neutral Creep. Contohnya seperti Wraith, Golem, dan Lizard pada map Summoner’s Rift

CS

Singkatan dari Creep Score untuk menghitung berapa jumlah creep / minion yang telah dibunuh oleh champion. Semakin besar CS maka semakin banyak juga gold yang didapat.

DC

Singkatan dari Disconnect. Istilah yang dipakai kalau seseorang terputus dari server atau game.

Def

Singkatan dari Defend. Tergantung pada konteksnya, ini biasanya bersifat sebagai perintah ke setiap orang di tim untuk menjaga turret. Bisa juga dipakai untuk menyampaikan kalau seseorang akan bertahan untuk menjaga turret agar tidak dihancurkan oleh musuh.

DPS

Dalam LoL ini adalah panggilan untuk seorang champion yang tugas utamanya memberikan damage sebanyak mungkin ke tim musuh.

Ini adalah singkatan dari Damage per Second. Walaupun masih banyak pemain yang sering memakai sebutan DPS untuk menyebutkan berapa besar damage yang dihasilkan pada setiap serangan, dan mengabaikan kecepatan serangannya; pada kebenarannya, ini disebut sebagai Attack Damage.

Dragon

Old dragon via leagueoflegends.wikia.com
Old dragon via leagueoflegends.wikia.com

Kadang juga disingkat menjadi Dg atau Drag. Ini adalah monster kuat yang berada di dekat sungai antara lane tengah dan lane bawah. Setelah dikalahkan, dia akan memberikan Dragon Slayer buff kepada tim. Efek buff tersebut ditentukan oleh tipe dragon apa yang dikalahkan.

Baca juga:  Apa Itu League of Legends?

Farm

Atau juga Farming, adalah istilah yang dipakai untuk aktivitas champion untuk terus mengalahkan minion musuh dan monster lainnya untuk mendapatkan gold dan experience.

Farming ini adalah komponen strategi yang sangat penting pada saat early game dan sering sekali mencerminkan bagaimana kesuksesan seorang player nantinya hingga akhir pertandingan.

Gank

Istilah dari strategi yang dipakai untuk untuk menyergap champion musuh, yang biasanya sedang terpencar dari kawannya. Strategi ini mengandalkan tim bergerak bersama-sama dan menyerang champion musuh dari arah yang tidak terduga.

GG

Singkatan dari Good Game. Biasa dipakai setelah permainan berakhir untuk memberitahukan bahwa game ini sangat memuaskan. Ungkapan ini bisa dipakai oleh pihak yang kalah maupun yang menang. Bisa juga dipakai untuk menyerah saat situasi game tidak tertolong lagi.

Harass

Strategi yang memberikan damage kepada champion musuh perlahan-lahan dengan niat mengurangi HP untuk menakutinya supaya tidak terlalu maju menyerang tim atau mempersiapkan musuh untuk lebih mudah dikalahkan oleh tim.

Strategi ini sering dilakukan oleh semua champion dan merupakan bagian utama dari game. Di kalangan pemain MOBA Indonesia, hal ini dikenal dengan istilah cicil atau menyicil.

Jungle

Diartikan sebagai daerah Hutan. Di daerah hutan ini ada banyak monster netral yang bisa kita kalahkan untuk mendapatkan gold dan experience, juga ada beberapa monster yang memberikan buff berguna.

Jungling

Jungling via leagueoflegends.wikia.com
Jungling via leagueoflegends.wikia.com

Aktivitas champion untuk melawan monster di daerah hutan.

Kite

Strategi untuk memancing / menjebak champion musuh agar dia terpisah dari formasi timnya atau tempat amannya, sehingga kita bisa mengalahkannya di tempat yang lebih strategis bagi tim kita.

KS

Bisa diartikan sebagai dua versi, yaitu Kill Steal dan Kill Secured.

Kill Steal artinya mengalahkan champion musuh yang sudah sekarat dibuat oleh champion teman satu tim, di saat champion teman ini masih bisa mengalahkan champion musuh tersebut. Biasanya ini dilakukan karena player ingin mendapatkan gold tambahan. Hal seperti ini sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan perpecahan dalam tim.

Kill Secured adalah tindakan dimana kita membantu mengalahkan champion musuh yang sebelumnya sudah sekarat karena bertarung dengan champion teman. Namun, bisa jadi karena champion teman sudah sekarat juga, atau kehabisan Mana, atau alasan lainnya sehingga champion musuh hampir berhasil melarikan diri tanpa bantuan kita. Untuk konteks ini, kita disarankan untuk melakukan KS agar usaha champion teman kita tidak sia-sia.

Lane

Ini adalah jalur utama yang diambil oleh minion pada map League of Legends, untuk map Summoner’s Rift terdapat 3 lane yaitu : Top, Mid, dan Bottom.

Last Hit

Sebuah aksi dimana champion melakukan serangan terakhir yang membuat minion atau monster mati. Sewaktu minion atau monster mati, champion yang melakukan serangan terakhir akan diberikan gold tersebut.

Baca juga:  4 Pasangan Combo Mematikan Zac

mia

Disebut juga m atau miss. Ini adalah kependekan dari Missing in Action (MIA), istilah yang dipakai jika ada champion musuh yang sedang keluar dari jalurnya dan tidak diketahui keberadaannya.

Istilah ini menjadi tanda peringatan karena ada kemungkinan champion yang hilang tersebut akan melakukan gank. Biasanya digunakan dengan arahan seperti “top mia”, “top miss” atau “t m” yang menandakan kalau champion musuh yang biasanya di lane tersebut sedang tidak terlihat.

nm

Singkatan dari no mana bisa diartikan sebagai dua versi, salah satunya untuk menandakan ketika champion teman sedang dalam kondisi rendah mana sehingga dia tidak bisa menggunakan ability untuk membantu; atau bisa juga menandakan bahwa champion lawan sedang tidak punya mana untuk menggunakan ability sehingga bisa lebih mudah untuk dikalahkan.

Push

Strategi untuk menyerang markas musuh bersama-sama mengikuti gelombang minion kita. Berbeda dengan strategi di awal game yang tujuannya mengumpulkan gold dan exp, disini fokus kita adalah untuk mengalahkan semua minion musuh yang kita jumpai secepat mungkin dan fokus untuk mengawali minion kita menghancurkan bangunan musuh sebanyak mungkin.

Setelah semua minion kita musnah, biasanya kita mundur sedikit untuk menunggu gelombang minion yang baru untuk mengulangi strategi tadi kembali.

Pusher

Champion yang unggul dalam menghancurkan turret dan membunuh minion musuh secara cepat. Biasanya ini adalah champion dengan AoE damage kill dan attack damage yang tinggi.

Trade / Trading

Sebutan yang dipakai ketika champion musuh menyerang champion kita dan kemudian kita menyerang kembali sehingga kedua champion saling menguragi HP mereka.

Berbeda dengan harass yang hanya mengurangi HP champion 1 pihak saja, dengan melakukan trade atau adu pukul, kamu bisa mengevaluasi damage kamu dan damage musuh. Setelahnya, kamu dapat memutuskan untuk melakukan all-in ketika kamu melihat ada kesempatan untuk mengalahkan champion musuh.

Kamu akan dapat mengkalkulasi kelebihan dan kekurangan musuh saat itu (bisa dilihat dari cooldown skill, semisal cd kamu lebih cepat daripada champion musuh sehingga kamu yakin untuk bisa mengalahkannya meskipun sama-sama dalam kondisi sekarat).

Ulti

Atau juga disebut sebagai Ultimate ability, ini hanya dapat diambil setelah level 6, dan dinaikkan pada level 11, dan 18. Ability ini mempunyai efek paling besar, paling unik, dan paling mempengaruhi gameplay untuk champion tersebut, tapi dengan cooldown yang lama juga.

WP

Atau singkatan dari Well Played, istilah yang mirip dengan Good Game.


Nah, itu dia beberapa istilah umum yang disering dipakai dalam tim chat. Ada yang kami lewatkan? Comment di bawah ya, sob.

(Sumber: League of Legends Garena Indonesia; Disunting oleh Satya Kevino)