[Guide MLBB] Simak Tips Item Build Franco Vyn dari RRQ!

729
mlbb build franco vyn

Beberapa hari yang lalu, saya telah membuat pembahasan tentang build Belerick meta hyper. Kali ini, saya akan membahas tentang hero Tank yang spesifik, yakni build Franco Vyn yang terinspirasi dari salah satu pro player tim RRQ!

Penasaran dengan potensi hero Tank tukang tarik dengan item build VYN dari tim RRQ ini? Mari langsung saja kita bahas!

Mengenal RRQ VYN

Calvin atau dengan in game name bernama “Vyn” adalah seorang pro player yang berasal dari RRQ Hoshi divisi Mobile Legends.

Dalam bermain hero di game ini, dia dikenal dengan Tanker dan Roamer yang mematikan. Vyn juga dikenal dengan permainan hero Franco yang dimainkan dikarenakan sangat mematikan, terutama penggunaan skill 1 miliknya.

Mengenal Hero Franco MLBB

Franco merupakan salah satu hero dengan role Tank yang banyak di-pick juga dalam setiap turnamen.

Hero satu ini memiliki skill crowd control yang menjengkelkan, yaitu menarik musuh dengan skill 1 miliknya, sehingga lawan akan kesulitan untuk kabur kembali.

Review Hero Franco Mobile Legends

Franco WallpaperSebagai hero dengan role Tank, Franco memiliki kemampuan crowd control dan inisiasi yang sangat baik. Tidak hanya itu juga, sebagai Tanker pun memiliki HP yang cukup tebal.

Dengan adanya skill tersebut, biasanya pro player menempatakan Franco sebagai Roamer untuk melakukan open map, mengincar Marksman/Assassin milik lawan dengan sendirian, kemudian mengeliminasinya.

Kelebihan Hero Franco Mobile Legends

  • Memiliki Crowd Control yang Cukup Baik

Seorang hero Tank tidak lengkap jika tidak memiliki kemampuan crowd control. Dengan kemampuan ini, Franco dapat menargetkan lawan dengan HP yang rendah, menariknya dan kemudian mengeliminasi lawan tersebut.

  • Memiliki HP Regen yang Baik

Hal ini disebabkan karena kemampuan skill pasif milik Franco, karena memiliki efek regen HP sebesar 1% dari Max HP yang dimilikinya.

Dengan adanya kemampuan tersebut, Franco tidak perlu melakukan recall ke base untuk mengisi HP miliknya.

  • Combo Skill yang Mematikan

Combo skill juga merupakan hal penting dalam Mobile Legends. Hero ini memiliki penggunaan combo skill yang sedikit rumit, tetapi jika digunakan dengan baik maka akan sangat mematikan nantinya. Kita akan membahas penggunaan combo skill-nya di bawah nanti.

Kelemahan Hero Franco Mobile Legends

  • Sulit Dimainkan oleh Pemain Baru

Dikarenakan memiliki combo skill yang sedikit rumit, hero Tank ini dikatakan sangat sulit juga dimainkan oleh pemain baru. Apabila tidak dapat memahami penggunaan skill-nya dengan baik, maka Franco akan mudah tereliminasi.

  • Durasi Stun Ultimate yang Singkat

Kelemahan berikutnya yaitu durasi stun ultimate yang dimilikinya terbilang cukup singkat. yaitu hanya 1,8 detik saja. Oleh sebab itu, jika sudah menarik lawan musuh, Franco wajib di-backup oleh damage dealer rekan setimnya untuk memberikan damage kepada lawan.

  • Perlu Akurasi yang Tinggi

Kelemahan terakhir yaitu memerlukan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Mengapa? Karena skill 1 miliknya yaitu menarik lawan musuh, dengan begitu para player diwajibkan memiliki insting dan akurasi yang tinggi untuk menarik lawannya dengan tepat dan benar.

Skill Set & Combo Hero Franco Mobile Legends

Skill Set Franco MLBB

  • Skill Pasif – Wasteland Force

Skill pasif Franco bernama Wasteland Force. Dengan adanya pasif ini, Franco akan mendapatkan movement speed sebesar 10% dan memulihkan 1% HP per detiknya apabila ia tidak menerima serangan dalam beberapa waktu.

  • Skill 1 – Iron Hook

Skill 1 Franco bernama Iron Hook. Dengan menggunakan skill ini, Franco akan melemparkan hook ke arah yang sudah ditentukan. Jika mengenai target, target akan menerima 500 physical damage.

  • Skill 2 – Fury Shock

Skill 2 Franco bernama Fury Shock. Dengan menggunakan skill ini, Franco akan membanting dirinya ke tanah dan akan memberikan physical damage dengan total 300 + 4% dari max HP-nya lawan dan juga akan mendapatkan efek slow sebesar 70% selama beberapa detik.

  • Skill 3 UltimateBloody Hunt

Ultimate Franco bernama Bloody Hunt. Jika Franco mengaktifkan ultimate ini, ia akan memberikan efek suppress kepada hero lawan yang sudah ditargetkan dan akan menyerangnya sebanyak 6x beruntun dengan memberikan 60 physical damage dengan tambahan 70% total physical attack dari setiap serangannya.

Penggunaan Combo Skill untuk Build Franco Vyn

Berikutnya adalah combo skill yang digunakan untuk Franco. Combo skill hero ini terbilang cukup simple tetapi bisa dibilang sedikit rumit.

Kalian hanya perlu melatih insting dan memprediksi pergerakan musuh yang tepat, karena kunci combo disini ialah skill 1 miliknya.

Gunakan skill 1 Iron Hook untuk menarik hero lawan, pastikan menarik hero Marksman/Mage/Support atau Assassin yang memiliki HP kecil, gunakan skill 2 untuk terkena stun beberapa detik dan kemudian gunakan skill ultimate miliknya hingga diam tak berdaya.

Jangan lupa juga minta bantuan damage dealer dari rekan satu tim untuk menghabisi hero lawan yang sudah ditarget ya.

Build Item Franco RRQ Vyn Mobile Legends

  • Rapid Boots

Item pertama yang wajib Franco gunakan ialah Rapid Boots. Sebagai hero Tanker dan Roamer, Franco wajib memiliki movement speed yang cukup tinggi, jadi gunakanlah Rapid Boots sebagai movement item pertama.

  • Dominance Ice

Item_Dominance IceItem berikutnya yaitu Dominance Ice. Dikarenakan Franco memiliki pasif bisa yang membuatnya dapat bergerak lebih cepat dan menyembuhkan 1% dari max HP-nya per detik jika tidak terkena serangan musuh selama 5 detik. Dengan menggunakan item ini, maka skill pasif ini bekerja dengan baik dalam kombinasi dengan item Dominance Ice.

  • Athena Shields

Item Athena ShieldItem selanjutnya yaitu Athena Shields. Penggunaan item ini sangat berguna bagi Franco apabila sedang menghadapi hero lawan dengan tipikal magical damage ataupun burst damage.

  • Antique Cuirass

Item_Antique CuirassItem berikutnya yaitu Antique Cuirass. Item ini wajib digunakan untuk para Tanker karena akan mengurangi physical attack yang diterimanya. Item ini juga sangat berguna untuk menghadapi hero Marksman atau Fighter yang mengandalkan physical attack.

  • Immortality

Item_ImmortalityItem berikutnya yaitu Immortality. Item wajib untuk semua hero di Mobile Legends terutama mengandalkan pasifnya yang akan memberikan efek resurrect atau hidup kembali jika tereliminasi. Item berguna bagi Franco bagi seorang Tanker jika tewas dan akan hidup kembali untuk melindungi rekan satu timnya.

  • Radiant Armor

Item terakhir yang bisa membuat HP Franco menjadi tebal adalah Radiant Armor. Item Radiant Armor memiliki fungsi untuk menahan magical damage yang diterima oleh Franco serta HP tambahan yang membuat Franco menjadi lebih tebal/


Emblem Build Franco Vyn

Penggunaan emblem untuk Franco tidak kalah penting juga nih. Dalam war nantinya, Franco sangat mengandalkan semua skill miliknya.

Dengan begitu, Franco dibutuhkan untuk tambahan efek movement speed, recovery dan cooldown reduction.

Nah, dengan kebutuhan potensi di atas maka emblem yang cocok bagi Francio yaitu Emblem Support. Berikut susunan talent-nya:

  • Agility 3/3
  • Recovery 3/3
  • Pull Your Self Together 1/1

Battle Spell Build Franco Vyn

Battle Spell Flicker

Penggunaan battle spell yang tepat juga bisa memberikan kesempatan menang lebih tinggi.

Battle spell yang cocok bagi Franco ialah Flicker. Dengan Flicker, kalian bisa melakukan combo Iron Hook + Flicker ke belakang agar lebih jauh ataupun bisa menggunakannya sebagai skill escape jika sudah dikepung hero lawan.


Waspada Counter Hero Franco

  • Counter Hero Franco #1: Tigreal (Tank)

Hero TigrealHero counter pertama Franco yaitu Tigreal. Tigreal merupakan Tank yang memiliki skill crowd control yang sangat mumpuni dan bisa menjadi counter semua hero, salah satunya Franco.

Jika Tigreal sudah di lock oleh Franco kemudian di tarik, Tigreal bisa mengaktifkan combo skill miliknya, setelah itu memanggil bantuan dari rekan setimnya untuk menghabisi Franco.

  • Counter Hero Franco #2: Karrie (Marksman)

Hero KarrieHero counter Franco berikutnya ada Karrie. Tidak dapat dipungkiri lagi jika Karrie bisa melakukan counter Franco.

Karrie memiliki skill pasif yang dapat menembus armor Tank musuh sehingga terasa lembek dan lemah, dengan begitu Karrie bisa dengan mudah menghabisinya.

  • Counter Hero Franco #3: Sun (Fighter)

Hero counter Franco terakhir ada Sun. Sun merupakan hero dengan perawakan seperti monyet yang memiliki skill set cukup menjengkelkan. Sun bisa dijadikan counter Franco apabila sudah di hook oleh Franco.

Sun bisa mengaktifkan skill ultimate miliknya dan akan mengeluarkan clone yang menyebalkan, dengan begitu ia bisa dengan mudah menghabisi Franco.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan tips seputar item build Franco Vyn di Mobile Legends, mulai dari penjelasan skill hingga build item yang bisa kalian coba.

Semoga dengan penjelasan ini, permainan Franco kalian semakin mantap dan bisa jadi mirip-mirip seperti RRQ Vyn nih.