8 Tips Setting Mobile Legends Agar Bermain Tanpa Lag

0
185
Settingan Mobile Legends_1

Bagaimana perasaan Anda ketika sedang menonton streaming YouTube yang awalnya lancar, kemudian tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, video yang ditonton justru menjadi macet? Sangat mengganggu, bukan? Nah, masih mending bila hanya menonton.

Bagaimana bila hal tersebut terjadi saat bermain game MOBA Mobile Legends yang di saat genting-gentingnya malah nge-lag? Auto emosi, jelas.

Nge-lag sangatlah terasa mengesalkan. Ini adalah kejadian yang paling mengesalkan khususnya ketika bermain rank match Mobile Legends. Sebab peringkat yang sudah kalian pupuk susah-susah mendaki dari rank Elite hingga menjadi Epic, tidak pantas untuk segera diturunkan oleh hanya karena lag.

Nah, penderitaan ini juga turut bisa dirasakan dan ingin diantisipasi oleh penulis agar teman-teman yang lain bisa berkarir di Mobile Legends dengan lebih leluasa dan bebas worry!

Lag ini bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari spesifikasi smartphone yang kurang bagus atau sinyal internet yang tidak stabil. Seringkali penyebabnya adalah masalah jaringan. Namun jangan terburu-buru juga untuk mengambil solusi ekstrim, seperti membeli HP baru ataupun nomor baru.

Bila kalian bisa menggunakan wifi tetangga yang lebih mahal, itu sudah cukup sebagai solusi sementara. Namun, bila kalian tidak bisa menemukan tetangga baik hati tersebut, mau tidak mau kalian harus putar otak, dan pelajari setting-an terbaik Mobile Legends untuk mengatasi isu lag ini.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebenarnya sebagai upaya untuk memerangi lag. Tenang saja, ini bukan solusi yang mahal dan tidak jauh-jauh dari setting-an di smartphone dan juga stabilitas internet.

Ketika nantinya lag ini hilang, kalian wajib berterima kasih kepada penulis.

Tips main Mobile Legends tanpa lag

Mobile Legends Lag

Gunakan paket internet yang stabil

Kestabilan internet jelas sangat berpengaruh untuk mengatasi lag. Mobile Legends adalah gim mobile esports yang membutuhkan akses internet yang cepat dan juga stabil. Kalian bisa memakai internet dari provider yang punya jaringan bagus di daerah kalian. Atau bisa menggunakan wifi yang lancar.

Yang pasti, cek terlebih dahulu jaringan kalian sebelum bermain. Caranya cukup mudah. Kalian bisa masuk ke lobi yang nantinya akan menampilkan berapa ping kalian. Jangan memaksakan diri untuk bermain jika ping lebih dari 100ms, sebab itu hanya akan mendatangkan hujatan dari anggota tim kalian.

Matikan aplikasi yang tidak penting

Smartphone memiliki resource yang terbatas terutama pada RAM. Kalian bisa mematikan atau bahkan menghapus aplikasi yang tidak penting untuk melonggarkan resource yang dimiliki.

Perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi terkadang bisa aktif secara otomatis layaknya robot di Transformers tanpa kamu ketahui. Hal ini tentu buruk apalagi jika aplikasi tersebut justru mengonsumsi paket data internet secara background atau di belakang layar.

Hal ini akan membuat internet menjadi tidak stabil, dan juga membebani smartphone karena bekerja lebih keras dengan adanya aplikasi yang terus berjalan meski tidak dibuka.

Update Mobile Legends

Pada saat ada notifikasi update dari Mobile Legends, langsung saja lakukan update. Masalah lag bisa saja datang ketika kalian lupa untuk melakukan update gim ini. Selama proses pembaharuan, biarkan saja sampai selesai agar bisa lebih cepat. Pastikan internetnya cepat agar update ini tidak memakan waktu lama.

Aktifkan fitur speed mode

Fitur ini disediakan langsung pada gim Mobile Legends. Kalian bisa melakukan pengaturan pada bagian Settings, kemudian Basics. Jika sebelumnya masih Off, ubah menjadi On pada Speed Mode-nya. Fungsi speed mode ini adalah untuk memperkuat jaringan internet selama permainan. Kalian bebas untuk mengaktifkan ini atau tidak. Namun disarankan untuk mencoba hal ini bila sudah mengalami lag ketika bermain.

Gunakan kualitas grafis rendah

Cara ini akan sangat membantu kalian untuk mengatasi lag. Sesuaikan pengaturan grafis dengan opsi paling rendah. Di Mobile Legends ada beberapa pilihan kualitas grafis, mulai dari Low, Mid dan High. Pengaturan ini khusus untuk kalian yang memiliki smartphone dengan spesifikasi rendah dan kualitas internet yang tidak stabil. Mobile Legends adalah gim esports untuk semua kalangan!

Jangan aktifkan hotspot smartphone

Ini masih berhubungan dengan kualitas internet yang harus stabil. Ketika kalian sedang bermain, hindari untuk berbagi hotspot atau wifi dengan teman di sekitar, apalagi melalui smartphone yang kalian pakai.

Alasannya tentu akan membuat resource internet menjadi terbagi, dan berpotensi untuk membuat seluruh pengguna internet di kawasan kamu menjadi tidak stabil.

Gunakan aplikasi game booster

Berbagai aplikasi gim booster tersedia di Play Store. Pastikan aplikasi yang dipilih berukuran kecil agar tidak memenuhi memori internal. Fungsi aplikasi ini adalah untuk meningkatkan performa smartphone selama bermain Mobile Legends. Bingung mau pakai aplikasi yang mana?

Coba saja gunakan Game Booster 4x Faster baik versi berbayar maupun gratis.

Hindari bermain sambil charge

Kebiasaan melakukan charge sambil bermain akan membuat smartphone menjadi cepat panas. Performa smartphone juga akan terganggu, tak jarang sampai menyebakan lag. Jika dilakukan terus menerus, bukan tidak mungkin bila baterai menjadi cepat rusak, bahkan bisa juga smartphone-nya yang menjadi korban.

Oleh sebab itu, jangan memaksakan bermain ketika baterai tinggal sedikit, lebih baik di-charge terlebih dahulu sampai penuh.


Nah, itu dia beberapa tips agar kamu bisa lebih betah bermain Mobile Legensd: Bang Bang. Bagaimana, apakah kalian sudah mencoba cara-cara ini? Jika dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin yang tadinya lag akan menjadi lancar.

Pastikan bermain dalam kondisi yang memang memungkinkan dengan tidak memaksakan smartphone terus bekerja.