[Guide MLBB] Cara Menggunakan Masha Mobile Legends

0
8
Cara Menggunakan Masha Mobile Legends
Ad

Masha adalah hero yang bisa berperan sebagai fighter-tank atau sering disebut sebagai semi-tank. Hero satu ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan hero lainnya. Salah satunya adalah hero yang mempunyai 3 HP Bar yang membuatnya semakin sulit untuk ditaklukkan oleh musuh. Bila kucing dipercaya memiliki 9 nyawa, maka hero satu ini adalah salah satu contoh nyata yang memiliki 3 baris nyawa.

Hero ini terkenal untuk melakukan strategi split push (re: pencurian tower di kala tidak bisa memenangkan war dengan gagah). Masha juga memiliki farming objective yang cepat seperti membunuh Turtle dan Lord. Kecepatan farming-nya membuat hero beruang berkekuatan 3 nyawa ini sangat diminati para pemain Mobile Legends.

Popularitas Masha sendiri tidak hanya di mode classic maupun ranked, tetapi hingga sekelas turnamen profesional. Selalu saja ada orang yang mendoyankan hero satu ini.

Nah, bila kamu orang awam yang sedang mencoba-coba hero, Masha yang dipercaya memiliki 3 nyawa ini bisa-bisa menjadi tidak bernyawa jika kamu tidak mahir menggunakannya.

Untuk memenuhi kebutuhan panduan MLBB kamu, penulis sudah berbaik hati untuk membagikan apa yang dinamakan dengan tutorial, atau guide, atau tips dan trik cara menggunakan Masha Mobile Legends melalui tulisan ini. Tanpa basa-basi lagi, check it out!

Sekilas Tentang Masha

Stats Masha
via mobile-legends.fandom.com/wiki

Pahami Skill Passive-nya

Skill passive Masha

Hero yang satu ini diwajibkan untuk “tidak mengenal takut” sama sekali pada musuh-musuhnya walaupun kondisi darahnya terlihat tidak seimbang sama sekali dengan pihak lawannya.

Perlu kamu ketahui, setiap kehilangan satu bar HP, maka Masha akan mendapatkan bonus stats. Sebagai contoh, ketika terjadi pertarungan dan Masha kehilangan satu bar darah pertamanya, maka ia akan mendapatkan 25% Physical Lifesteal. Efek ini tentu akan membuat darah Masha kembali terisi dengan cepat.

Ketika Masha kehilangan bar HP yang ke-2 maka ia akan mendapatkan peningkatan 15% Physical Lifesteal sehingga totalnya menjadi 40% (akumulasi efek 15% ke efek 25% sebelumnya).

Tidak hanya sampai di situ, bahkan Masha akan mendapatkan pengurangan waktu ketika dia terkena CC (crowd control) dari musuh. Misalnya, ia terkena suatu jurus yang menyebabkan ia harus terkena stun selama 1 detik. Namun, dengan efek ini, durasi stun tersebut akan dipersingkat menjadi 0,4 detik.

Oleh sebab itu walaupun kamu terkena stun dari musuh, jangan mundur dan teruslah maju jika keadaan masih memungkinkan.

Dengan kemampuan beruangnya yang luar biasa ini, tak heran bila Masha sering muncul di permukaan Land of Dawn memperjuangkan nyawa para minion.

Hero ini sama sekali tidak memiliki ketakutan dan bahkan disebut-sebut sanggup melakukan 1v5. Passive-nya saja sudah sangar apalagi skill lainnya?

Kuasai Skill 1-nya: Wild Power

Wild Power Masha

Skill 1 Masha, yaitu Wild Power, ketika diaktifkan akan memberikan tambahan Movement Speed sebanyak 30% serta penambahan Basic Attack sebanyak 120 (+1% / 1.6% / 2.2% / 2.8% / 3.4% / 4% Target’s Max HP).

Akan tetapi, di balik penambahan stats tersebut, ini akan berdampak mengurangi darahnya sendiri sebesar 2% / 2.2% / 2.4% / 2.6% / 2.8% / 3% dari total darah yang ia miliki setiap 1 detik.

Oleh sebab itu, perlu kamu ketahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan Wild Power ini. Jangan sampai kamu mati di tengah jalan sebelum sampai ke tempat tujuan. Skill ini memiliki dua fungsi utama. Yang pertama adalah sebagai upaya untuk mengejar musuh, dan yang satunya lagi ialah untuk kabur dari pengejaran musuh.

Hal yang wajib kamu kuasai adalah bisa menyesuaikan “total darah yang dimiliki” dari efek “mengaktifkan skill 1 tersebut“.

Prioritas Incar Marksman dengan Skill Howl Shock

Skill Howl Shock

Damage terbesar tim lawan sudah pasti berasal dari hero role MM (Marksman), jika MM musuh dilepas begitu saja otomatis ia akan memberikan damage yang begitu besar di saat teamfight. Kita tentu harus menghindari fenomena MM musuh yang secara leluasa menyerang tim kita.

Salah satu upaya untuk membungkam MM tim musuh, Masha dengan skill keduanya yaitu Howl Shock akan membuat musuh tidak dapat melakukan basic attack. Ya, MM musuh hanya akan menjadi gorengan yang siap dimangsa sang beruang bernyawa 3 ini.

Sebagai pengingat, damage terbesar dari MM adalah basic attack bukan melalui abilites, sehingga jika terkena Howl Shock, maka MM tidak akan bisa memukul musuh sebanyak 2 detik. Inilah kesempatan emas untuk Masha menerkam hero MM musuh yang tidak dapat melakukan perlawanan.

Wajib Gunakan Item Armor

Walaupun Masha memiliki HP bar hingga 3 lapis, darahnya yang panjang itu masih tidak menjamin keberlangsungan hidup Masha saat teamfight. Masha disarankan untuk memiliki setidaknya 1 armor agar ia tetap terjaga di saat teamfight melanda. Sisanya biarkan disi dengan item lifesteal.

Terkadang banyak pemain Masha yang menghiraukan item armor dikarenakan merasa jagoan dan sanggup bertahan lama mengandalkan skill ultimate-nya sendiri. Memang benar bahwa ultimate Masha akan memberikan tambahan armor sebanyak 30%, tapi itu masih belum menjamin Masha dapat bertahan lama ketika terjadi teamfight. Mencegah kematian tentu lebih baik!

Spesialis Split Push

Aksi pencurian turret musuh adalah hal biasa bagi para pengguna Masha. Sebagai pengingat, strategi ini justru wajib dilakukan untuk Masha. Lantas, Mengapa split push diserahkan kepada Masha, dan bukan hero lainnya? Kitab suci mana yang menyuruh hal tersebut?

Santai. Berikut adalah penjelasan logis dan rasionalnya.

Yang pertama adalah Masha dapat melakukan clearing minion wave dengan waktu singkat. Dengan basic attack-nya yang tinggi, ia dapat dengan mudah dan cepat menghabisi minion dan menghancurkan turret musuh. Kelebihan tersebut dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk mencuri turret musuh, serta mengacaukan permainan musuh.

Ketika Masha melakukan pencurian turret di saat tim Masha sedang push juga, maka strategi musuh akan segera terpecah, antara defend, atau melakukan teamfight. Kegalauan ini adalah momentum.

Akan tetapi, di balik kehebatan Masha melakukan split push, pengguna Masha juga harus terlebih dahulu memberikan sinyal agar timnya tidak melakukan war tetapi hanya pancing-memancing dengan aksi provokatif.

Kenapa tim harus menghindari war? Karena war yang terjadi adalah 4v5 bukanlah 5v5 dan berpotensi untuk kalah teamfight!


Sekian saja sepatah dua kata yang bisa dibagikan untuk menjadi Masha-evangelist demi menggapai visi Land of Dawn yang lebih kompetitif. Bila berkenan mohon bantuannya untuk dibagikan kepada teman kamu yang masih “noob” menggunakan hero Mobile Legends Masha ya.

Nah, itu dia tutorial atau guide, atau tips dan trik untuk menggunakan hero Fighter semi-tank Masha besutan Moonton. Hero sepopuler ini jangan sampai kamu sia-siakan ya! Semoga bermanfaat, dan salam Good Luck and Have Fun!