Semua orang di dunia ini tentu sudah tahu tentang 12 zodiak dari negeri China atau yang lebih dikenal dengan nama shio yang ada di dunia ini. Tapi pernah terpikir tidak sih jika tiba-tiba muncul shio yang ke-13? Jawaban ini tentu bisa diimajinasikan lewat game 13Z.
13Z adalah salah satu game dengan menggabungkan genre hack and slash dengan genre roguelike yang cukup menegangkan. Meski game ini masih dalam tahap playtest, game ini sudah berhasil mendapatkan penghargaan GDOC Expo 2024 Selection.
Review Game 13Z
Tapi apakah game dari Mixed Realms ini memang selayak itu untuk mendapatkan penghargaan? Yuk kita lihat preview 13Z ini untuk melihat potensi yang ada di dalam game ini.
Spesifikasi Minimal Perangkat Game 13Z
Ketika artikel ini dibuat, 13Z hanya bisa dimainkan melalui aplikasi Steam untuk PC dengan minimal perangkat yang dibutuhkan gamer adalah sebagai berikut ini:
- OS: Windows 7
- Processor: Intel Core i5-6400 / AMD FX-8320
- Memory: 4 GB RAM
- Graphics: GTX 960 / R9 280
- DirectX: Version 11
- Network: Broadband Internet connection
- Storage: 4 GB available space
First Impression 13Z
Penulis sempat kebingungan dengan nama game 13Z karena penulis sempat ragu bahwa nama game 13Z ini memiliki kepanjangan atau tidak.
Kebingungan penulis semakin bertambah karena penulis melihat permainan awal di video yang tertera di steam yang tidak sesuai dengan ekspetasi penulis. Yang membuat ekspetasi penulis tidak sesuai karena 13Z penulis anggap awalnya game zombie.
Setelah selesai download game 13Z, penulis langsung mencoba 13Z dan penulis cukup terkejut ketika mulai bermain karena animasi dari game ini yang membuat penulis berkata “woah, amazing!” dan diberikan detail yang baik.
Penulis juga diberikan penjelasan cerita tentang game ini yang sekaligus membuka pemahaman penulis kenapa alasan nama game ini adalah 13Z. Pengalaman cerita yang dibawa oleh 13Z yang cukup unik berhasil membawa penulis masuk ke dalam cerita 13Z.
Seperti pada game umumnya, penulis harus menyelesaikan tutorial game untuk mengenal mekanik permainan dari 13Z yang cukup mudah dipelajari. Setelah selesai tutorial, penulis langsung dibuat mencoba langsung mekanik permainan.
Setelah menyelesaikan stage pertama, penulis menemukan sebuah patung yang mewakili shio. Patung ini memiliki fungsi untuk memberikan buff kepada karakter yang bisa dalam bentuk buff secara langsung ataupun memberikan keuntungan lain seperti tambah koin.
Tapi penulis harus mempersembahkan koin yang cukup besar untuk diawal permainan yang penulis juga tidak tahu dapat koin ini darimana.
Meski begitu, penulis dikasih alternatif lain dengan mempersembahkan sejumlah HP karakter penulis untuk mendapatkan buff.
Setiap stage yang berhasil dilewati akan memberikan reward yang bisa membantu karakter penulis untuk menghadapi stage berikutnya.
Sebelum masuk ke stage selanjutnya, penulis akan memilih salah satu jalur dari jalur yang diberikan.
Setiap jalur memiliki reward yang berbeda-beda tergantung kebutuhan karakter. Meski begitu, penulis kebingungan sendiri diawal permainan ketika memilih jalur selain dari lambang elemen karena kurangnya penjelasan reward selain dari reward jalur elemen.
Semakin jauh stage yang berhasil ditempuh, semakin bertambah kesulitan yang dihadapi secara bertahap dan karakter penulis semakin kuat.
Apalagi jika berhasil mengumpulkan musuh di 1 area, membuat pembantaian dan animasi serangan yang satisfying banget.
Ketika penulis memasuki stage ketiga, penulis harus kalah karena penulis tidak sadar dengan damage yang sudah diterima karakter penulis. Penulis juga baru sadar kalau selama bermain, HP karakter tidak akan pulih.
Ketika penulis kalah, penulis ada dikasih form untuk melakukan survey mengenai permainan 13Z. Setelah mengisi form, penulis dibawa ke sebuah kota melayang yang mirip seperti daerah safezone.
Sayangnya kota tersebut tidak sesuai ekspetasi penulis karena area kota yang cukup kecil dan terasa kosong meskipun ada beberapa NPC disekitar kota. Interaksi dengan NPC juga sangatlah terbatas sehingga kurang terasa kehidupan di kota tersebut.
Di kota tersebut, penulis mencoba berbagai fitur yang diberikan seperti upgrade karakter, fitur untuk mengganti karakter meskipun belum terbuka dan fitur berbelanja yang membantu pemain kedepannya.
Di awal menggunakan fitur belanja, penulis diwajibkan untuk membeli sebuah kapal yang penulis belum paham fungsinya dan setelah dibeli penulis, game mengalami trouble freeze sekitar 2-3 menit tanpa penulis bisa melakukan apapun.
Setelah mencoba menunggu freeze, penulis langsung dibawa kembali ke titik pertama penulis melakukan tutorial.
Pengalaman ini mengingatkan kembali dengan review game sebelumnya yang mengalami masalah yang sama.
Setelah lanjut ke stage yang kesekian, penulis baru mengetahui kalau kapal yang dibeli sebelumnya berfungsi sebagai shop ditengah permainan untuk membeli perlengkapan tambahan untuk karakter agar semakin kuat dan siap menghadapi stage berikutnya.
Setelah selesai berbelanja, penulis lanjut ke stage berikutnya dimana penulis langsung berhadapan dengan boss pertama. Ketika melawan boss pertama penulis mengalami kekalahan kedua kalinya dan kembali ke kota.
Setelah melakukan upgrade karakter penulis, penulis dibuat kebingungan cara agar bisa memulai permainan kembali. Hal tersebut membuat penulis sempat frustasi dan penulis sempat mencoba keliling kota dengan waktu yang lama dan cek setting.
Terakhir karena sudah frustasi dan kesal, penulis sempat memencet keyboard penulis secara kasar dan tidak sengaja menemukan cara untuk memulai kembali permainan.
Selama bermain selama 2 jam, penulis bisa menyimpulkan bahwa game ini diperlukan reflek tangan yang cekatan dan dedikasi yang tinggi untuk bermain dengan skenario yang sama.
Interface 13Z
Pada tampilan menu awal, secara kerapian sudah cukup rapi dan mudah dimengerti oleh penulis. Background yang diberikan juga sangat luar biasa keren dan memukau terutama pada bagian detail objek yang bergerak seperti daun-daun yang berguguran.
Untuk setting menurut penulis mudah dipahami oleh berbagai kalangan namun masih memerlukan tambahan dalam pengaturan setting terutama pada setting kontrol yang bisa dilengkapi seperti sensitivitas mouse.
Sisi heads up display (HUD) menampilkan informasi-informasi penting yang bisa mempengaruhi keputusan selama bermain seperti informasi HP, Shield, cooldown skill, dan informasi lainnya.
Kerapian dari setiap tata letak HUD harus diberikan nilai plus karena ditata dengan baik sehingga tidak mengganggu pandangan penulis selama bermain.
Aspek Gameplay 13Z
13Z menawarkan permainan hack and slash dimana pemain akan bertarung menggunakan serangan jarak dekat dan sihir sebagai mekanik utama. Pemain akan lebih sering menggunakan serangan jarak dekat dan jarang menggunakan serangan jarak jauh.
Selain itu, dengan adanya genre roguelike, membuat pemain wajib mengulang kembali dari awal dengan menghadapi musuh dan skenario yang sama.
Tetapi tidak perlu khawatir karena area akan berubah-ubah dan akan diberikan beberapa skenario yang berbeda-beda kedepannya. Hal tersebut tentu membuat pemain tidak akan merasa cepat bosan karena ada rotasi area yang berbeda-bedaa.
Selain itu, fitur di dalam shop bisa memberikan sedikit perubahan pada area, buff karakter, hingga upgrade karakter yang bisa ditelurusi jika pemain memang berdedikasi memainkan game ini hingga selesai.
13Z memiliki fitur RPG seperti eksplorasi area untuk mencari tambahan reward selama bermain, upgrade kemampuan tempur karakter melalui skill dan penggunaan relic yang cara kerjanya mirip seperti perlengkapan pada game-game RPG.
Dari sudut story, penulis hanya bisa memahami alur cerita yang dibawakan di awal permainan, selebihnya penulis kurang memperhatikan isi story yang dibawakan. Karena penulis sering miss mendengar cerita yang dibawakan.
Penulis harus berhenti sejenak untuk mendengar kisah dari narator dan beberapa scene setelah mengalahkan boss. Pengalaman ini membuat penulis kurang terbiasa karena penulis lebih terbiasa pada cerita yang dibawakan dengan scene di dalam game.
13Z secara langsung memberikan pengalaman bermain yang monoton. Meskipun demikian, pengalaman monoton ini akan berubah semakin jauh ditelusuri ke dalam karena akan menemukan perbedaan yang menarik untuk ditelusuri.
Penulis menemukan skenario musuh yang menyerang jarak jauh bisa menyerang karakter penulis meskipun di balik tembok. Penulis sendiri tidak tahu apakah memang hal tersebut adalah sebuah bug atau memang mekanik permainan.
Meski bukanlah hal yang benar-benar merusak permainan, bug seperti ini tentu mengurangi sedikit pengalaman bermain penulis.
Aspek Graphic dan Sound
Dari background music (BGM) yang diberikan harus diapresiasi karena sangat menggambarkan skenario permainan yang sedang terjadi. Jika sedang bertarung, maka BGM yang diputar akan memberi suasana menegangkan untuk menghadapi pertempuran.
Begitu juga sebaliknya jika sedang bertarung dengan musuh, maka musik yang diputar akan memberi suasana lebih tenang yang memberikan gambaran situasi yang sedang kondusif.
Yang cukup menarik perhatian adalah BGM yang digunakan ketika penulis sedang berada di kota yang menggunakan BGM yang sering dipakai untuk menggambarkan suasana kota Cina di dalam game.
Untuk sound effect (SFX) menurut penulis disajikan dengan cukup baik dimana SFX yang diberikan sesuai dengan aksi yang dilakukan oleh karakter penulis. Misalnya seperti melakukan dash maka akan terdengar suara angin kencang melesat.
Saran penulis bisa ditambahkan SFX ketika penulis berinteraksi dengan para NPC di kota seperti suara NPC sedang bercakap-cakap misalnya untuk menambah pengalaman bermain yang lebih baik lagi.
Grafik yang ditawarkan oleh 13Z adalah animasi 3D yang dibuat dengan detail dan pergerakan objek yang halus sehingga terlihat bahwa 13Z dibuat bukan sekedar game yang dibuat asal-asalan atau low effort.
Saran penulis untuk lebih ditambahkan detail pada bagian ketika karakter berinteraksi dengan para NPC seperti tambahan gerakan ataupun menghadap ke arah karakter penulis ketika berada di samping sang NPC.
Akhir Kata
Secara keseluruhan, 13Z adalah game yang memberikan pengalaman yang unik dengan menggabungkan elemen kelebihan dari 2 genre yaitu hack and slash dan roguelike.
Animasi yang memukau dan mekanisme gameplay yang menjadi daya tarik utama untuk menantang gamer yang berdedikasi tinggi, memiliki refleks yang tinggi, dan suka melakukan eksperimen.
Meskipun memiliki beberapa kekurangan seperti bug, kurangnya penjelasan mekanik tertentu, dan fitur yang masih belum maksimal, tentu masih bisa diperbaiki oleh sang developer terlebih game ini masih belum full release.
Harapan ke depannya 13Z bisa menjadi game yang lebih matang lagi sebelum full release dan lebih memperkaya elemen-elemen lainnya yang perlu ditingkatkan kembali.