10 Tips Bermain PUBG Mobile untuk Pemula

0
64
10 Tips Bermain PUBG Mobile untuk Pemula | Esportsnesia
Credit: PUBG Corporation

Sudah main PUBG Mobile belum? Game dengan genre utama battle royale ini tengah ramai dimainkan di smartphone. Bergerak dengan konsep yang sama dari versi PC-nya, PUBG Mobile dapat dimainkan di platform mobile iOS dan Android.

Bagi kamu yang tidak familiar, genre battle royale sendiri sebenarnya sudah dipopulerkan melalui sebuah film klasik Jepang di tahun 2000 silam yang diadaptasikan dari sebuah novel keluaran tahun 1999.

Ia menceritakan sekelompok anak muda yang ditempatkan di sebuah pulau terpencil oleh pemerintah dengan satu tujuan utama – meminta mereka bertarung hingga mati satu sama lain. Masing-masing mereka mendapatkan sebuah kotak perbekalan acak berisikan senjata. Dan seiring dengan berjalannya waktu, wilayah “pertempuran” juga diperkecil untuk memastikan anak-anak remaja ini bertemu satu sama lain dan saling menghabisi.

Selain dari sisi pop culture, judul PUBG ini pun turut meramaikan pangsa esports dengan kemunculannya sebagai raja baru di portal para gamers. Mulai dari berhasil menarik perhatian puluhan juta gamer hingga menundukkan game sekelas Dota 2 dan CS:GO dari segi viewership-nya.

Setelah sedikit mengulas tentang PUBG Mobile, Esportsnesia akan melanjutkan membahas tentang tips dan trik bermain PUBG Mobile bagi pemula. Dalam PUBG Mobile, sebanyak 100 pemain diterjunkan dari satu pesawat menuju area pertempuran.

Satu pemain yang berhasil bertahan hingga akhir akan dilabeli dengan sebutan Chicken Dinner. Permainan ini membutuhkan strategi dan fokus dari pemainnya untuk bertahan hidup menjadi last man standing.

Berikut adalah 10 tips bermain PUBG Mobile untuk kamu yang masih pemula. 

1Pengaturan Kontrol

Hal mendasar sebelum bermain PUBG Mobile adalah mengatur kontrol. Pasalnya, pengaturan bawaan belum tentu cocok dengan gaya bermain kamu. Aturlah sensitivitas gerakan pada posisi tombol sesuai kenyamanan kalian.

2Pilih Tempat Mendarat yang Tepat dan Terjun Secepat Mungkin

Setiap kali bermain, kamu akan dibawa pesawat dengan rute yang berbeda sehingga titik terjunnya pun berbeda. Biar mudah, kamu bisa membaginya menjadi 2 opsi. Opsi pertama adalah dengan mendarat di tengah map atau di spot terbaik yang penuh item loot bagus. Namun besar kemungkinan kamu untuk langsung bertemu musuh.

Baca juga:  Mobile Esports Tiba di PUBG dan Fortnite: Sudah Tahu Bedanya?

Atau, opsi kedua, terjun di lokasi yang cenderung aman dan minim potensi baku tembak yakni di ujung map. Bila opsi kedua yang kamu pilih, terjunlah di dekat jalan raya dan langsung mencari kendaraan.

Kamu bisa meluncur cepat dengan mengarahkan tombol virtual analog ke arah atas. Setelah parasut terbuka, kita juga bisa mengontrol dan menentukan dimana lokasi pendaratan sedekat mungkin dengan kendaraan atau bangunan.

PUBG Mobile parasut

Akan lebih baik jika kamu langsung mengincar kendaraan, kemudian segera pergi menjauh dari garis rute pesawat ke tempat yang lebih aman untuk proses loot dan mendapatkan senjata serta perlengkapan yang dibutuhkan.

Kamu memiliki waktu 5 menit setelah mendarat sebelum lingkaran biru mulai bergerak menyempit. Ya, risiko mendarat di ujung map ialah kemungkinan lokasi kamu akan berada di luar zona aman, itulah alasan mengapa kamu membutuhkan kendaraan.

3Looting atau Item Hunt

Hal lain yang wajib kalian perhatikan adalah looting item. Jika kalian mendarat di tengah map, sebisa mungkin harus segera menemukan senjata. Apapun itu pokoknya bisa menembakkan peluru.

Walaupun hanya ada pistol, langsung ambil saja karena kalian bisa membunuh lawan dengan mudah. Jangan terlalu berfokus kepada loot jika kalian mendarat di tengah map. Fokuslah kepada bagaimana cara menghabisi lawan dengan cepat agar nantinya kalian bisa melakukan scavenging dengan tenang.

Tapi jika kalian mendarat di pinggiran dan jauh dari kegaduhan para pemain yang saling bunuh di tengah map, kalian mungkin bisa memiliki waktu yang lebih lama untuk mencari item bagus untuk bisa survive.

Carilah item bagus sebanyak mungkin sebelum memutuskan untuk masuk ke zona perang, sebab mereka yang mendarat di tengah map akan mempunyai senjata yang lebih baik.

4Pembekalan Diri Sebelum Bertempur 

Selalu periksa keadaan sebelum memasuki sebuah gedung. Perhatikan bila pintu terbuka atau ada mobil yang sedang parkir sebab ada kemungkinan musuh berada di sana dan sebaiknya cari gedung yang lain.

Di PUBG Mobile terdapat fitur auto loot, dimana karakter kamu akan otomatis mengambil item yang penting saja, mengganti senjata yang lebih kuat beserta amunisi, serta perlengkapan lain seperti ransel, helm, rompi, dan barang medis.

Baca juga:  3 Skill Bermain PUBG yang Wajib Kamu Kuasai Selain Membidik

Sangat membantu, bukan? Namun kelemahan fitur tersebut adalah terkadang kamu dapat melewatkan item yang justru dibutuhkan dalam strategi kamu.

Bila ingin menjadi pemain PUBG yang lebih profesional, di sini kamu dituntut untuk mempelajari item-item yang ada agar menjadi lebih efisien dalam menentukan item yang dibawa.

5Pilih Senjata

Kamu akan menemukan beragam senjata yang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebaiknya kamu juga mempelajari jenis-jenis senjata yang cocok untuk berbagai situasi, karena hal ini mungkin bisa jadi penentu kelangsungan hidup kamu.

Mulai dari pistol yakni pilihan yang baik untuk awal game; shotgun dengan damage terbesar tapi harus cukup dekat dengan musuh; submachine guns (SMG) dengan range dan damage yang lumayan, light machine guns untuk memborbardir, assault rifles untuk bertahan di mid game bahkan sampai late game dengan range yang lumayan jauh, dan lainnya.

6Mengganti Kendaraan 

Bila perbekalan sudah dirasa cukup, saatnya menyisir dan bergerak ke zona aman dengan kendaraan. Dibandingkan motor ataupun gokar, mobil adalah pilihan yang lebih tepat. Selain memberi perlindungan dari serangan tak terduga, mobil juga bisa menjadi senjata mematikan, dimana kita bisa menabrak musuh yang ditemui.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan bahan bakar. Jangan sampai mobil kehabisan bensin di tengah jalan. Untuk amannya, bergantilah mobil yang ditemui bila energi sudah menipis.

7Musuh Knocked Down

Bila terjadi baku tembak dan kamu berhasil meng-knock down musuh, jangan langsung mendekat dan merampas barang bawaannya.

Bisa saja dia bermain sebagai squad atau duo; sehingga mungkin ada pemain satu tim lain yang masih hidup. Jadi, perhatikan dulu keadaan sekitar. Setelah kamu merasa kondusif, barulah ambil barang rampasan yang dibutuhkan.

NB: Bila bermain dalam mode duo atau squad, kita tidak akan langsung mati tapi akan dilumpuhkan dulu sebelum terbunuh. Dalam mode ini teman kamu masih memiliki kesempatan untuk memulihkan kamu kembali.

8Item Penyembuh dan Boost

Yang satu ini juga tak kalah penting mengingat PUBG Mobile menerapkan sistem health points (HP). HP ini menggunakan satuan persen dan bisa dipulihkan dengan berbagai item konsumsi yang bertebaran di dalam game.

Terdapat jenis item untuk menyembuhkan HP, seperti bandage yang bisa memulihkan HP sebanyak 10 persen, first aid kit untuk pulih dari kondisi sekarat, dan med kit yang mampu menyembuhkan HP pemain menjadi 100 persen ketika digunakan.

Baca juga:  Mobile Esports Tiba di PUBG dan Fortnite: Sudah Tahu Bedanya?

Selain itu, ada juga item boost yang berfungsi untuk meregenerasi HP atau menambah movement speed. Seperti energy drinkpainkiller, dan adrenaline syringe. Memahami cara kerja item-item tersebut akan membantu kamu bertahan hidup. Pastikan juga untuk menggunakannya di tempat aman.

9Berkomunikasi dengan Tim

Selain bermain sendiri, PUBG Mobile juga punya mode bermain dalam tim. Jika kamu berada dengan tim, usahakan untuk terus berkomunikasi dengan rekan yang lain. Manfaatkan microphone atau speaker ponsel untuk saling memberitahu kabar kondisi dan posisi dimana kamu berada.

Dengan berkomunikasi tim yang baik, risiko kalah akan semakin mengecil, asalkan tim kamu kompak dan saling membantu.

10Terus Bergerak 

Dalam permainan, tiap pemain dituntut untuk terus bergerak maju ke titik yang sudah ditentukan oleh kapten tim. Jangan terlalu berfokus dengan looting sehingga kalian lupa bahwa battle zone sudah menyempit dan kalian tidak bisa masuk ke safe zone tepat waktu.

Teruslah bergerak dengan perhitungan. Jika kalian bermain dengan squadbagilah ke dalam 2 tim. Masing-masing berisi dua pemain dan bergerak beriringan dengan jarak paling tidak 50 meter. Dengan begitu kalian tidak akan menjadi mangsa empuk lawan yang sudah menanti karena kalian berjalan bergerombol.

Teknik flanking ini sangat berguna apabila zona battle terakhir berada di lapangan terbuka, sebab perhatian musuh akan terbagi dan salah satu dari kalian yang memiliki aim serta reflek bagus bisa dengan mudah menghabisi lawan.


Nah, itu dia 10 tips bermain PUBG Mobile untuk pemula. Sebagai pengingat, tujuan utama PUBG Mobile adalah menjadi satu-satunya yang bertahan hidup.

Bukan fokus membunuh musuh. Bahkan bila kamu memiliki senjata yang sangat kuat seperti M164A yang bisa mengeker musuh dari jarak jauh, kamu tetap memerlukan strategi untuk mendapatkan winner winner chicken dinner. 

Apabila tidak menjadi last man standing, menempati urutan 10 besar juga sudah bagus untuk meningkatkan rank dan level karakter kamu dengan cepat.

(Disunting oleh Satya Kevino)