Review Game Asian Food Cart Tycoon, Simulasi Berdagang Sate Karya Anak Bangsa yang Boleh Kamu Coba!

1043
review asian food cart tycoon

Pada artikel kali ini penulis akan mengupas review game Asian Food Cart Tycoon yaitu game simulasi kuliner lokal khususnya makanan sate dari Madura, Indonesia.


Halo Sobat Esportsnesia! Tahukah kamu kalau sate adalah makanan paling populer di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara lho. Nah tapi di sini kita tidak akan berbicara mengenai sejarah dan resep cara membuat sate yang enak ya.

Berbicara mengenai sate, kali ini penulis punya rekomendasi game lokal asli Indonesia yang bertemakan simulasi berdagang sate yang boleh banget kamu coba di waktu luang.

Perkenalkan ini adalah game simulasi bisnis kuliner UMKM Asian Food Cart Tycoon! Karya sang developer Nexvel Entertainment dan publisher CRX Entertainment Pte Ltd.

Nah dalam game ini kamu akan membangun bisnis berjualan sate dari nol hingga menjadi sukses. Sepertinya game ini unik dan membuat penulis penasaran untuk segera memainkannya.

Secara garis besar, game yang sudah rilis 8 Februari 2023 ini memiliki beberapa fitur terutama pada aspek meningkatkan fasilitas bisnis, iklan bisnis, serta variasi pelanggan yang muncul di siang atau malam hari. Tidak hanya itu, juga tersedia misi harian yang bisa kamu capai demi mendapat bonus.

Kira-kira seperti apa ya keunikan dan kelebihan lain dari game ini? Yuk simak artikel ini sampai habis ya!


Game Asian Food Cart Tycoon ini sudah tersedia di Steam dan ditandai sebagai permainan Casual, Strategy dan Simulation.

Selain di Steam, kamu juga bisa menemukannya di Candela Imagine, sebagai salah satu platform yang mewadahi kebutuhan game lokal agar eksistensi game Indonesia tetap terjaga.


Review Game Asian Food Cart Tycoon

review asian food cart tycoon

Aspek Interface Game Asian Food Cart Tycoon

Ketika baru memulai game ini, penulis sudah suka dengan soundtrack atau background music yang dipakai pada game ini. Senandung musik bossanova ala-ala cafe yang dipadupadankan dengan angklung, alat musik tradisional asli Sunda, Jawa Barat.

Di sini kita akan bertemu Kang Ujang. Kang Ujang di sini bertugas untuk memandu kamu selama bermain game ini, bisa dibilang di sinilah letak tutorialnya ya.

Penulis jadi teringat dengan beberapa game lawas yang konsepnya mirip-mirip dengan game ini. Sebut saja ada Diner Dash, Cat Cafe, Bakery Story, Restaurant Story dan sejenisnya.

Untuk interface game ini sendiri sangat simple dan mudah dipahami ya. Kita bisa langsung lanjut membahas cara bermain game ini.

Aspek Gameplay Game Asian Food Cart Tycoon

Game Asian Food Cart Tycoon ini sejatinya merupakan game simulasi bisnis restoran yang kamu kumpulkan uangnya lalu membeli peralatan pendukung agar bisnis kuliner semakin besar dan sukses.

Di menu awal terdapat beberapa menu simple seperti new game, about dan exitDi sini Kang Ujang mulai menunjukan step by step untuk membeli peralatan dagang dan aksesori pendukung lainnya. Kamu bisa klik gerobak satenya lalu muncul pilihan cart upgrade.

Kamu bisa meng-upgrade terlebih dahulu satay cart dan satay griller-nya karena kedua item ini adalah item terpenting dalam game ini. Besaran keuntungan yang kamu dapatkan bergantung dari level upgrade kedua item ini.

Selain itu kamu bisa mengekspansi kursi dan juga meja makannya juga lho. Jadi pelanggan yang datang bisa semakin banyak untuk mampir ke warung satemu ini.

Ohya agar lebih personal kamu bisa mengubah nama warung satemu sesuka hatimu lho. Di sini penulis pakai nama “Sate Juara” yang simple saja ya.

Namanya juga permainan pastinya ada sebuah misi yang harus kita jalankan. Nah disini juga ada beberapa misi yang berbeda di setiap jam dan harinya, misi-misi ini wajib kamu selesaikan agar keuntungan yang kamu dapatkan bisa semakin banyak. Tenang saja misi-misi yang tersedia tidak sulit kok, asalkan mau terus berusaha pasti akan lolos.

Namanya juga berdagang, kamu bisa lihat summary atau ringkasan rinci mengenai warung satemu secara lengkap lho, seperti total penjualan, total pembeli yang datang bahkan harga sate per tusuknya. Kamu bisa klik gambar statistik yang ada di kanan bawah. Tampilannya akan seperti ini:

review asian food cart tycoon (2)

Oh ya selain menyelesaikan misi, dalam game ini kamu juga bisa memasang iklan lho. Fungsi iklan di sini tak lain tak bukan agar pelanggan bahkan masyarakat 1 kota bisa mengenal warung satemu lebih intens.

Wah jadinya pelanggan yang datang akan semakin ramai. Contoh iklannya ada pada gambar dibawah ini:

review asian food cart tycoon (2)

Kalau penulis perhatikan banyak hal-hal lucu menggelitik dan menarik di game ini. Yang paling menonjol ada pada tipe customer yang datang ke warung satenya.

Ada anak sekolahan, anak punk bahkan dari dunia lain juga ada seperti pocong melompat-lompat dan kuntilanak terbang yang visualnya sangat lucu.

Ya, namanya juga ini game lokal asli Indonesia pastinya ada beberapa aspek budaya dan humor yang membuatnya berbeda dari game buatan luar.

review asian food cart tycoon (2)

Aspek Graphics Game Asian Food Cart Tycoon

Untuk aspek grafisnya disini tidak ada masalah ya. Grafisnya yang berbasis vector isometric ini sangat simple, lucu dan tidak pecah. Mengingat ukuran file pada game ini juga cukup ringan, hanya sekitar 500MB saja untuk sekelas game PC zaman sekarang.

Warna-warna yang digunakan juga cerah dan jelas sehingga penulis dapat tetap nyaman memainkan game ini berlama-lama.

Aspek Sound Game Asian Food Cart Tycoon

Aspek sound disini merupakan salah satu yang penulis suka dari game ini. Musik yang digunakan yaitu senandung musik bossanova ala-ala cafe yang dipadupadankan dengan angklung, alat musik tradisional asli Sunda, Jawa Barat.

Dari awal masuk ke game, musik ini sudah terdengar dan bersifat looping alias diputar terus menerus ya. Kamu bisa mematikan musiknya dengan klik pengaturan yang ada di sisi kanan bawah.

Akhir Kata

Game Asian Food Cart Tycoon ini sangat cocok untuk kamu mainkan di waktu senggang sekaligus mendukung karya seni lokal Indonesia agar bisa terus maju dan menghasilkan banyak karya-karya lainnya yang lebih bermanfaat.

Ohya, minimal spesifikasi perangkat untuk memainkan game ini adalah:

  • OS: Windows 7-Windows 10
  • Processor: 1 Ghz Processor
  • Memory: 2 GB RAM
  • Graphics: DX10
  • DirectX: Version 10
  • Storage: 500 MB available space

Namun penulis juga berharap semoga sang developer bisa untuk merilis update selanjutnya untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada dan bisa lebih diperbaiki. Dan juga fitur-fitur pendukung lainnya bisa ditambahkan. Sukses selalu untuk sang developer ya!


banner gamekarta

Tentang Gamekarta

Gamekarta adalah sebuah inisiatif kolaboratif yang digagaskan oleh Esportsnesia dan Candela Imagine untuk memberikan dukungan eksposur kepada para pengembang gim tanah air. Dukungan yang diberikan tidak hanya terbatas pada ulasan media, tetapi juga menunjang keberadaan digital dari suatu karya video game dalam ekosistem Esportsnesia.

Tentang Candela Imagine

Candela Imagine adalah sebuah start up fasilitator game developer Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengembang gim untuk menelurkan karyanya.

banner iklan esportsnesia