Review Game CRX Street Racing Championship: Sensasi Game Balap Era 90-an!

1071
Review Game CRX Street Racing Championship

Game balap atau racing game memang terasa berbeda dari konsep game pada umumnya seperti role-playing game (RPG). Itu tidak membawa skenario yang menarik yang dapat menjalin emosi para pemain-nya.

Hanya saja adrenalin dari balapan mid-circuit yang intens berpotensi terasa berbeda. Andalkan keterampilan mengemudi secara virtual, membawa pemain lebih dekat ke dalam balapan dunia nyata.

Selain game balap motor, game balap mobil juga menjadi salah satu genre game android terbaik yang digandrungi oleh para gamer di seluruh dunia. Yang keren-nya kamu bisa langsung memainkan game mobil secara online dan balap mobil secara offline juga.

Pemain bebas berlari dan membalap kuda besi teratas mereka dalam game balap ini dengan pemain lain untuk menjadi yang terbaik.

Ada banyak game balap mobil Android gratis terbaik yang tersedia di Google Play Store. Tapi, apa game balap terbaik khusus untuk Android?

Salah satunya ada CRX Street Racing Championship produksi CRX Entertainment Pte Ltd. Dirilis di platform Android tanggal 30 Agustus 2022, game racing ini boleh banget kamu coba! Ukuran file dari CRX Street Racing ini sangat ringan, hanya sekitar 100MB.

Pada artikel kali ini penulis dapat menikmati game racing ini dan kurang lebih game tersebut dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 jam.

Mau tahu apakah game ini layak untuk dicoba? Simak yuk review berikut ini!

First Impression

Review Game CRX Street Racing Championship

Ketika pertama kali di-install dan dibuka, kesan grafik khas game era 90-an langsung melekat di ingatan. Kualitas grafis dari game racing ini tidaklah semulus game-game racing zaman sekarang yang kualitasnya sudah Full HD bahkan 4K dan 8K dengan kemulusan grafis 60-120 FPS

Sebelum game balap dipenuhi dengan grafis detail yang mirip dengan balapan aslinya, gambar pixel yang masih terlihat tak sebanding dengan keseruan yang didapatkan ketika bermain bersama teman-teman terdahulu.

Meskipun ternyata di dalam game ini terdapat opsi graphic settings yang bisa diganti, dimulai dari kualitas fastest, fast, simple, good, beautiful, dan fantastic. Namun penulis tidak merasakan perubahan kualitas grafis yang signifikan pada review game CRX Street Racing Championship ini.

Dari antarmuka-nya saja kita seperti diajak flashback ke era game tahun 90-an, tepatnya era Playstation pertama rilis di tahun 1997. Jenis-jenis mobil yang ada disitu pun mirip dengan desain mobil balap era 90-an.

Penulis juga merasakan bahwa game ini masih terdapat banyak bugs yang membuat proses game ini agak tersendat-sendat meskipun tidak intens.

Jika kamu bosan dengan game balap terbaru dengan tampilan super canggih dan mulus yang memusingkan, terlalu banyak lampu warna-warni, atau fitur yang rumit, mengunduh game yang satu ini bisa kamu lakukan dalam waktu dekat.

Review Game CRX Street Racing Championship

Review Game CRX Street Racing Championship

Review Interface Game CRX Street Racing Championship

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dari sisi antarmuka dalam game ini kita seperti melihat game dengan grafis khas era 90-an.

Bisa dibilang tampilan menu di awal game dimulai juga simple dan tidak membingungkan. Terdapat beberapa opsi menu permainan seperti race now, online game, choose race car dan options.

Ketika kita memilih menu race now, kita akan langsung bisa memilih jenis mobil dan jenis track yang akan digunakan untuk bermain.

Beberapa jenis mobil dan track yang tersedia antara lain:

  • Track selection name: Paris-Tanger, Les 24 du Maroc, Le Grand Prix de Jamelite, Le rallye de l’atlas
  • Race Type: Circuit, Lap Knockout, Time Trial, Speed Trap, Checkpoints, Elimination, Drift

Nah, setelah penulis menelusuri lebih dalam, ternyata game ini juga bisa dimainkan secara online dengan pasangan bermain secara random.

Di opsi online game, kamu bisa langsung menentukan dan mengetik identitas atau nickname mobil balapnya. Kamu juga bisa langsung menentukan sendiri map dan tipe mobil balapnya. 

Setelah itu kamu akan dipasangkan dengan beberapa pemain random yang merupakan bot atau AI (Artificial Intelligence) dengan jumlah hingga 5 pemain.

Di dalam menu settings, kita bisa melihat beberapa opsi lainnya seperti audio settings, graphic settings dan mobile control settings.

Untuk audio settings ada opsi master volume untuk lebih membesarkan dan menggelegarkan suara agar pengalaman bermain menjadi lebih nyata dan lantang.

Untuk graphic settings berfungsi sebagai pengatur kehalusan grafis yang dihasilkan. Dalam graphic settings ini ada beberapa opsi lagi yakni kualitas fastest, fast, simple, good, beautiful, dan fantastic.

Oh ya, setelah ditelusuri ternyata game CRX Street Racing Championship ini juga ada opsi berbayar untuk membuka beberapa jenis mobil balap premium seperti tipe fury, speedy car dan swift car.

Kalau kamu mau membelinya, kamu harus menggunakan coins seharga mulai dari 10.000 coins seharga 1.99 USD hingga 150.000 coins seharga 9.99 USD.

Review Control Game CRX Street Racing Championship

Review Control Game CRX Street Racing Championship

Memasuki aspek control dalam game ini, kamu juga bisa menentukan controller yang pas ketika kamu memainkan game ini.

Terdapat beberapa opsi mobile control settings yang turut menentukan bagaimana cara pemain mengendarai kendaraannya seperti auto acceleration, touch controller, tilt steer controller dan steering wheel.

Penulis sendiir sempat mencoba semuanya dan sempat kaget saat mencoba opsi steering wheel. Sebab metode kontrol seperti ini sangat jarang dijumpai.

Bukannya hanya mengetuk layar ke kiri atau ke kanan, atau menggoyang-goyangkan HP; tetapi di metode setir ini penulis malah harus memutar-mutar setir layaknya mengemudi benaran. Sungguh suatu pengalaman yang unik.

Review Graphics & Sounds Game CRX Street Racing Championship

Aspek Graphics

CRX Street Racing Championship ini menggunakan kualitas grafis yang standard dan ada sedikit sifat pixels, yang berarti tidak terlalu jernih dan tajam meskipun sudah diatur untuk graphic settings-nya yang paling tinggi.

Dari aspek desain lingkungan-nya tergolong cukup bagus dan enak dilihat meskipun gambarnya masih pecah-pecah dan pergerakan mobil yang masih kasar.

Untuk kondisi siang maupun malam terlihat kurang terang atau kurang fresh untuk dilihat, namun masih tetap nyaman untuk dimainkan.

Aspek Sounds

CRX Street Racing Championship ini memakai full soundtrack genre musik rock. Genre rock itu sendiri seperti soundtrack wajib game-game balap yang biasa kita temukan karena sesuai dengan tema game-nya yang gahar dan menantang. Penulis pun jadi ikut semangat dengan hentakan lagu rock-nya yang keren.

Review Gameplay Game CRX Street Racing Championship

Review Game CRX Street Racing Championship

Aspek Pacing

Game ini tidak memakan waktu yang terlalu lama dan walaupun hanya dimainkan sebentar saja, pemain masih bisa merasakan progress dari game tersebut, game ini memiliki level maksimal yang cukup singkat, jadi tidak perlu memakan waktu yang terlalu lama untuk mencapainya.

Aspek Difficulty

CRX Street Racing Championship ini memiliki 3 tingkat kesulitan bermain yaitu easy, medium dan hard.

Game ini tidak memiliki sesi tutorial, tapi penulis sendiri pun tidak menemukan kesulitan yang berarti ketika hendak memainkan game ini karena pada dasarnya game ini hanya game balap mobil pada umumnya dan tidak memerlukan tantangan atau kasus khusus dalam menamatkannya.

Akhir Kata

Game mobil balap dari CRX Street Racing Championship ini cocok untuk kamu mainkan untuk mengisi waktu luang. Meskipun penulis berharap agar sang developer bisa terus merilis update terbaru untuk jenis-jenis mobil dan tipe lokasi balapnya. 

Yang paling penulis harapkan selanjutnya dari game ini yaitu bug-fixes dan memperhalus grafik permainannya karena game ini masih jauh dari kata sempurna.

Dan semoga CRX Street Racing Championship ini bisa dimainkan di iOS terutama untuk device berlayar besar seperti Tab dan iPad, karena pengalaman bermainnya pasti akan lebih seru.

Kamu bisa mendapatkan game ini secara gratis di Google Play melalui tautan ini.

banner iklan esportsnesia