Impresi Pertama dari PUBG New State

381
review pubg new state

Player Unknown’s Battlegrounds atau PUBG yang merupakan salah satu game Battle Royale paling populer saat ini dan pada 11 November 2021 kemarin, Krafton telah merilis versi “alternatif” dari gim mobile yang sudah ada, PUBG Mobile.

Varian terbaru yang bernama PUBG: New State ini telah resmi tersedia untuk diunduh di beberapa negara termasuk di Indonesia. Tentunya, versi alternatif New State ini membawa beberapa perubahan dari PUBG Mobile yang sudah ada.

Saat ini, PUBG: New State telah dirilis di beberapa negara, dan hadir dalam 17 bahasa. Selain itu, developer juga menegaskan bahwa di PUBG: New State pihaknya telah mengembangkan game untuk lebih sulit dibobol oleh para cheater.

Pihaknya akan secara aktif memantau komunitas untuk menangkap masalah sebelum berkembang terlalu luas. Sehingga para cheater akan kesulitan untuk melakukan cheating di dalam game ini.

Bicara soal PUBG, kali ini saya akan memberi sedikit ulasan mengenai game ‘baru’ ini. Mari kita bongkar bersama apa saja yang ada di PUBG: New State, dan apakah kehadirannya membawa warna baru bagi para pecinta gim PUBG Mobile?

Maka dari itu, mari kita lanjutkan!

Apa itu PUBG New State?

PUBG New StateDi dalam PUBG: New State, kita masih akan menjumpai konsep permainan yang persis dengan PUBG Mobile, di mana terdapat 100 pemain yang akan saling bertarung dengan berbagai senjata dan strategi hingga hanya tersisa satu party atau tim.

Para pemain akan dituntut untuk bisa memanfaatkan perlengkapan, kendaraan, dan peralatan yang tersedia untuk bertahan di medan pertempuran yang akan terus menyusut untuk menjadi orang terakhir yang bertahan atau bahasa kerennya, “Last Man Standing“.

Fitur & Mode dalam PUBG New State

Setiap game tentu harus menyediakan hal maupun fitur-fitur yang inovatif di dalamnya. Sama halnya seperti PUBG New State yang menghadirkan beberapa fitur baru yang lebih baik.

Nah, apa saja fitur-fitur baru tersebut?

Ada Map Baru di PUBG: New State

New Map PUBGDi dalam game PUBG New State nantinya akan terdapat map baru yang bernama Troi. Map ini cukup mirip dengan Erangel dan Miramar, namun dengan dimensi yang lebih kecil.

Medan di map ini terdiri dari perbukitan, sungai, lembah dan dataran datar. Dengan background tahun 2051, skenario pertarungan juga akan lebih beragam dengan masing-masing tempat yang menghadirkan item-item tersendiri. So, pastikan kalian mencobanya dan menentukan daerah yang terdapat item-item yang bagus ya.

Swimming Mode/Mode Berenang

Swimming ModePerubahan pertama yang dihadirkan yaitu pada Swimming Mode. Biasanya, para player yang terluka (knocked) akan langsung mati jika masuk ke wilayah perairan. Namun dengan perubahan pada Swimming Mode ini, pemain yang terluka masih bisa diselamatkan saat masuk ke wilayah perairan.

Pemain bisa menyelam guna menghindari tembakan atau kabur. Selain itu, pemain juga masih tetap dapat berenang meskipun dengan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan saat tidak terluka. Untuk pemain yang mengalami knocked, juga dapat disembuhkan (revive) saat berada di dalam air.

Jadi, kalian tidak mudah melihat kalimat “Too Soon” lagi ya.

Jenis Senjata Baru di PUBG: New State

New WeaponAdapun senjata baru yang dihadirkan di PUBG New State adalah Mortar. Senjata ini bisa dimainkan oleh penggunanya di map Taego. Senjata ini akan muncul secara random di bangunan-bangungan tersebut.

Dengan senjata ini, pemain dapat melakukan serangan jarak jauh dengan menembakan mortar dengan jarak 120 hingga 700 meter. Selain itu, juga akan ada pelontar granat asap M79 untuk membuat kabut asap dimana para pemain bisa bersembunyi.

Untuk pelontar granat ini, hanya akan mengambil slot pistol. Jadi pemain tidak perlu mengganti slot senjata utama atau senjata laras panjang mereka.

Ada juga beberapa equipment baru seperti Green Flares, Drones, Spec Sight, Shields dan lain-lain. Jadi, gaya permainan kalian akan menjadi fresh dan tidak membosankan dikarenakan terdapat beberapa senjata baru yang bagus lagi.

Kendaraan Baru

Kendaraan Baru

Dikarenakan PUBG New State mengambil latar belakang waktu di tahun 2050-an, game ini juga menghadirkan beberapa kendaraan baru yang lebih modern seperti mobil listrik dan trem.


Nah, dari berbagai fitur di atas sudah jelas terjadi penambahan fitur yang sedikit berbeda, namun tidak terlalu mempengaruhi sensasi bermain player secara umum.

Spesifikasi Minimum HP untuk PUBG: New State

PUBG MinimumPerlu diketahui bahwa PUBG Mobile yang menjadi pendahulunya saja sudah cukup menuntut para pemainnya untuk menyediakan gadget berspesifikasi tinggi untuk bisa dimainkan secara smooth. Hal ini kemudian diperparah oleh New State.

Bagaimana tidak? Menurut spesifikasi yang tersedia di Google Play, para pemain membutuhkan versi OS Android 6.0 dengan smartphone yang memiliki prosesor 64-bit dan RAM minimum 2 GB.

Ini hanya minimum, jadi direkomendasikan untuk menggunakan device yang lebih baik lagi agar pengalaman bermain kalian menjadi optimal dan smooth.

Kehadiran New State ini tidak membuat citra PUBG menjadi semakin inklusif untuk bisa dimainkan orang banyak, tetapi justru semakin eksklusif.

Kesimpulan

PUBG New State memiliki visi untuk menghadirkan pengalaman gameplay battle royale next level yang saat ini hanya bisa dirasakan di platform PC ke platform mobile.

Namun, impian visioner ini juga memiliki dampak bagi para pemain yang tidak memiliki ponsel pintar berspesifikasi tinggi.

PUBG: New State menghadirkan beberapa varian-varian baru yang seharusnya memperkaya pengalaman bermain para gamer. Namun tampaknya, versi alternatif besutan KRAFTON ini masih mengalami kesulitan untuk bisa bersaing dengan versi pendahulunya, PUBG Mobile.

Sekilas, apa yang dihadirkan New State masih terlihat mirip dengan apa yang dihadirkan PUBG Mobile sejak awal. Tiga mode permainan New State saat ini, yaitu Battle Royale, Deathmatch, dan Training Ground masih merupakan hal yang sangat familiar bagi para pecinta genre battle royale.

Walaupun mode Battle Royale dibalut dengan bungkusan visual masa depan ala tahun 2050-an, pengalaman bermain yang dirasakan masih secara relatif terasa sama dengan sensasi bermain gim pendahulunya maupun gim lain yang bisa dijumpai di App Store/Play Store.

Versi “alternatif” dari PUBG Mobile ini masih memiliki krisis identitas yang membuatnya tidak terlihat berbeda dari gim-gim yang sudah ada di pasaran sejak tahun 2018. Baik itu dari konsep permainan, control, mechanics yang ada, Survivor Pass; pengalaman bermain yang disajikan masih cukup identik dengan PUBG Mobile.

Walau demikian, masihlah sangat menarik untuk menantikan inovasi keren apa yang mampu dihadirkan oleh PUBG: New State untuk menutupi eksistensi PUBG Mobile.

Ingin mencoba seberapa besar perbedaan PUBG Mobile dan New State? Kamu bisa mengunduh New State melalui tautan ini.