Cara Menjadi Jungler Wild Rift yang Baik

0
13
Wild Rift jungler
Ad

Di komunitas Facebook Wild Rift, baik itu di Indonesia maupun di global ternyata memiliki sejumlah masalah yang sama, yaitu fenomena terjadinya double jungler. Bahasa non-elitnya adalah mengapa seseorang yang sudah menjadi jungler tetap mengambil creep minion di lane temannya sendiri. Fenomena ini tentunya menimbulkan urgensi bagi penulis selaku pemain League of Legends untuk mengklarifikasi hal ini dengan menuliskan artikel cara menjadi jungler Wild Rift.

Melanjuti fenomena tersebut,muncul juga hal lain yang menyebabkan perang saudara antar sesama gamer mobile esports. Ejekan seperti “pindahan player MOBA sebelah” sering dilontarkan kepada mereka yang masih awam.

Bila hal ini diteruskan, tentunya jumlah pemain baru dari Wild Rift akan menjadi semakin menurun. Hal ini sebisa mungkin harus dihindari agar tidak menjadi dead game.

Nah, sebagai fans Riot Games yang baik dan mulia, tulisan artikel ini akan membahas apa-apa saja yang harus dilakukan oleh seorang jungler, demi menjaga hubungan perdamaian sesama player MOBA.

Cara Menjadi Jungler Adalah dengan Smite

Red buff Wild Rift
Red buff

Perlu diingat, jungler adalah salah satu role utama di Wild Rift yang sudah didesain untuk  tidak memiliki lane tetap. Role ini memiliki spell utamanya yaitu Smite. Riot Games yang memang agak ketinggalan dalam memasuki dunia mobile MOBA ini juga turut membantu seluruh player baik yang merupakan pindahan dari MOBA sebelah ataupun dari pendahulu Wild Rift.

Bantuan dari Riot Games bisa kamu lihat ketika kamu memilih champion Master Yi, maka otomatis spell-nya akan menjadi Flash+Smite. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan Smite adalah spell wajib bagi para jungler, sehingga jika kamu melihat satu rekanmu membawa spell Smite, disarankan kamu untuk tidak memilih spell Smite lagi untuk menghindari fenomena double jungler.

Tugas Jungler

blue buff wild rift
Blue buff

Ketika kamu menjadi seorang jungler dengan spell Smite, maka kamu mencari Exp ataupun gold bukan dari creep minion, melainkan dari monster-monster yang ada di area hutan Wild Rift. Jungler memiliki kebebasan dan keleluasaan untuk mengambil seluruh monster hutan bahkan disarankan sekaligus mencuri monster buff milik musuh.

Jungler tidak memiliki lane yang tetap, sehingga gelar “anak hutan” merupakan gelar yang tepat bagi para pemain dengan role jungler. Tugasnya ialah berkeliaran di dalam hutan, sembari melacak keadaan jungler musuh.

Dari deskripsi di atas, kewajiban seorang jungler dimulai dengan farming di hutan, kemudian sambil sesekali membantu tim melakukan ganking (sebutan untuk mengeliminasi champion lawan), melacak jungler musuh, serta mengamankan objective sebanyak mungkin.

Jungler Juga Ganker

Elemental dragons wild rift
Elemental dragons

Ganking atau disebut juga ‘pengeroyokan’ adalah hal lazim yang dilakukan oleh para jungler. Khususnya ketika tim sedang kewalahan menghadapi pihak musuh, sang jungler sebaiknya datang sebagai mesias untuk memberikan bantuan mengalahkan musuh.

Sebagai contoh, ketika Dragon Lane-mu sedang kewalahan atau terkena overpush, sebagai jungler yang bertanggung jawab kamu harus bergerak ke arah Dragon Lane untuk membantu timmu dan menghabisi pihak lawan.

Sekedar tambahan informasi, sejarah mencatat bahwa sebanyak 80-95% pertarungan di Wild Rift itu diinisiasi oleh champion dengan role jungler. Oleh sebab itu, jungler yang baik adalah jungler yang bisa melakukan ganking dengan benar.

Melacak Jungler Musuh

Rift Herald Wild Rift
Rift herald

Selain dari ganking dan farming di hutan, tugas lain dari seorang jungler adalah berusaha sebaik mungkin melacak keberadaan jungler musuh. Alasannya tidak lain adalah untuk meminimalisir potensi ganking terhadap tim sendiri.

Jika kamu tidak memprediksi dimana keberadaan jungler musuh, hal ini bisa menjadi salah satu kerugian besar yang akan berdampak sepanjang permainan.

Contoh riilnya ialah saat kamu sedang farming di hutan, dan tanpa kamu sadari bahwa jungler musuh sudah berada di Baron Lane yang sedang melakukan ganking terhadap tim kamu sendiri. Kamu ingin membantu tim, tetapi posisi kamu ternyata sangat jauh sehingga champion seperjuanganmu pun mati di tangan jungler musuh.

Sebaliknya, jika kamu berhasil melacak atau memprediksi dimana keberadaan jungler musuh, maka kamu paling tidak, bisa mengurangi dampak kerugian dari ganking pihak jungler musuh.

Contohnya ialah, ketika kamu memprediksi bahwa jungler musuh sudah mengambil blue buff-nya, bisa ditebak kalau kemudian ia bergerak ke arah Dragon Lane. Bila kamu yakin dengan insting kamu, maka kamu juga boleh bergerak ke arah Dragon Lane.

Dengan bertemunya dua jungler di satu lane, hal ini pun bisa dikenang sebagai sebuah peristiwa counter jungler atau melacak keberadaan jungler musuh. Fenomena ini juga cukup sering terjadi dalam permainan Wild Rift.

Objective Jungler

Baron Wild Rift
Baron

Di dalam Wild Rift ada sebuah mekanisme yang bernama Objective dimana berisikan Dragon, Rift Herald, dan Baron. Dragon terdiri dari berbagai jenis: ada yang memberikan Bonus AD dan AP, ada yang memberikan bonus movement speed, healing per second, serta penambahan armor secara permanen.

Rift Herald adalah salah satu monster yang respawn sebelum Baron tiba. Jungler yang baik tentu berusaha sebaik mungkin untuk membantai Rift Herald terlebih dahulu sebelum Baron menjadi aktif.

Keuntungan yang didapatkan dari mengamankan Rift Herald adalah kamu dapat menghancurkan sepertiga (1/3) darah turret musuh hanya dalam sekali serangannya saja. Lebih dari itu, kamu bisa menjadikannya sebagai tameng turret musuh.

Berikutnya ialah Baron. Fungsi dari Baron ialah memberikan bonus gold per detik, serta memberikan efek buff kepada minion. Buff tersebut berupa peningkatan attack damage, movement speed, attack speed, dan tidak kalah pentingnya, armor. Untuk para pemain, Baron juga memberikan efek fast recall.

Penutup

Dari tulisan bersifat panduan atau guide yang tidak sedikit ini, bisa kita simpulkan bahwa role jungler  Wild Rift memiliki 4 tugas utama, yaitu farming di hutan, melacak keberadaan jungler musuh, ganking, serta mencapai objectives yang ada.