5 Rekomendasi Mouse Macro Terbaik untuk PC Gaming

1403
mouse macro terbaik
Sumber: rockpapershotgun.com

Macro mouse adalah mouse gaming yang sudah dilengkapi dengan tombol macro. Jenis mouse ini bisa digunakan untuk bermain game-game berat yang populer seperti Point Blank, Counter Strike, dan berbagai macam game-game lainnya.

Jenis game yang biasanya dapat dimainkan dengan menggunakan mouse macro adalah game RTS, MMO, dan MOBA.

Bagi para gamers, macro mouse tentu akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bermain jika dibandingkan dengan mouse biasa.

Kenapa Gamer Harus Menggunakan Mouse Macro?

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa mouse macro dan mouse reguler mempunyai fitur yang berbeda. Kenyamanan yang ditawarkannya pun tidak sama. Oleh sebab itu, para gamer menggunakan mouse khusus yang bisa menunjang permainan mereka.

Sebenarnya tidak hanya mouse macro saja yang dibutuhkan para gamer untuk bermain dengan nyaman. Mereka juga membutuhkan jenis keyboard dan touchpad khusus untuk kualitas bermain yang lebih nyaman.

Jadi, mengapa mereka harus menggunakan mouse macro? Berikut beberapa alasannya.

Dots Per Inch (DPI) yang Tinggi

Kenapa para gamer sangat membutuhkan mouse macro untuk bermain games? Jawabannya adalah karena dots per inch (DPI) yang tinggi. DPI adalah ukuran yang dimiliki oleh sebuah mouse untuk melakukan pergerakan ke berbagai sudut layar.

Semakin tinggi DPI suatu mouse, tingkat keakuratan, kecepatan dan pergerakan pointer semakin bagus. Perbedaannya bisa kamu rasakan saat bermain Point Blank atau Call of Duty. Akurasi menembak musuh dari jarak yang jauh akan semakin tinggi jika kamu menggunakan mouse dengan DPI tinggi.

Mouse reguler standar biasanya memiliki DPI sekitar 500-800, sementara mouse macro memiliki lebih dari 2000 DPI. Jadi, dari sini kita sudah bisa memahami mengapa para gamer sengaja membeli mouse macro saat bermain games.

Fitur Kunci Makro

Kunci makro atau macro keys merupakan tombol tambahan yang ada pada mouse gaming. Tombol-tombol tambahan tersebut di antaranya adalah tombol back/return dan double click/triple click.

Fungsi dari kunci makro adalah ketika kamu bermain games, setiap tombol kunci makro bisa kamu atur sesuai dengan keinginanmu. Misalnya tombol bagian samping untuk memuat peluru, melempar bom, atau untuk menghindar.

Daya Tahan

Yang satu ini adalah yang wajib dimiliki oleh sebuah mouse macro. Durability atau ketahanan mouse macro terkenal lebih tinggi dibandingkan dengan mouse reguler. Ketahanan ini terdiri dari ketahanan jumlah klik, scroll dan bodi yang tahan banting.

Mouse macro diciptakan dengan daya tahan yang tinggi untuk mencegah mouse rusak atau bahkan pecah saat seorang gamer terlalu bersemangat dan stres karena permainan. Tak jarang para gamer suka membanting atau melempar mouse.

Jika kamu ingin mencari mouse gaming yang berkualitas dan tidak mengecewakan, simak 5 daftar mouse macro terbaik berikut ini (mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah).

Rekomendasi Mouse Macro Terbaik untuk Para Gamer

ASUS ROG Spatha

ASUS ROG Spatha
Sumber: rog.asus.com

Asus ROG telah menjadi brand gaming gear terkenal dan memiliki reputasi tinggi di kalangan para gamer. Salah satu produk mouse macro yang dirilis untuk seri tersebut adalah Asus ROG Spatha.

Ini adalah mouse nirkabel dengan 12 tombol yang dapat diprogram secara bebas. Cocok untuk mengaktifkan berbagai skill yang berguna dalam game MMO.

Tidak hanya itu, mouse ini juga memiliki kemampuan untuk mengganti struktur dasar hanya dengan membuka baut dengan obeng. Mouse ini juga dapat digunakan dengan kabel atau nirkabel.

Dengan resolusi gerak 8200 DPI, Asus ROG Spatha sangat cocok untuk game dengan gerakan super dinamis.

Razer Naga Pro

RAZER NAGA PRO
Sumber: razer.com

Mouse Razer ini sama kerennya dengan Razer Naga Pro dan siap mendongkrak performa gaming-mu.

Perangkat nirkabel ini memiliki 20 tombol yang dapat diprogram setiap pengguna. Setiap tombol dirancang secara ergonomis untuk akses cepat dan nyaman.

Tubuh mouse ini memiliki 3 jenis pelat samping yang terpasang secara magnetis, antara lain 12 tombol untuk MMO, 6 tombol untuk MOBA, dan 2 tombol untuk FPS.

Mouse hitam ini memiliki sensor optik Razer Focus Plus yang diyakini 20.000 DPI dengan akurasi resolusi 99,6%. Konsol ini juga menyertakan memori onboard canggih yang dapat mengaktifkan hingga 5 konfigurasi profil.

Daya tahan baterai seharusnya tidak menjadi masalah karena mouse ini dapat bertahan 150 jam dalam mode Bluetooth dan 100 jam dalam nirkabel Razaer HyperSpeed.

Dengan menghubungkan Razer Speedflex Cable Visa, mouse ini memiliki fitur unik yang memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang baterai saat mouse ini bergerak. Mouse Naga Pro Razar ini dibanderol sekitar Rp 2,3 jutaan.

Razer Basilisk X HyperSpeed ​​

Razer Basilisk X HyperSpeed ​​
Sumber: razer.com

Mencari mouse macro terbaik untuk bermain game dari lini produk Razer? Cobain macro mouse Razer Basilisk X HyperSpeed ini, mouse ini hadir dengan enam tombol yang dapat diprogram yang memungkinkan pengguna mengakses fungsi makro dan sekunder.

Hal tersebut memungkinkan para pengguna untuk melakukan aktivitas atau bermain game. Kamu dapat dengan mudah melakukan gerakan tambahan saat bergerak.

Mouse nirkabel ini dilapisi dengan lampu hijau terang dan dapat menahan hingga 50 juta klik. Plus masa pakai baterainya yang luar biasa, bisa mencapai hingga 450 jam dengan Bluetooth diaktifkan dan hingga 285 jam dengan nirkabel HyperSpeed.

Razer 5G Advanced Optical Sensor memungkinkan perangkat ini melacak dengan akurasi hingga 99,4% 16.000 DPI.

Kecepatan pelacakan juga bisa melebihi 400 IPS. Biaya yang harus kamu korbankan untuk mendapatkan Razer Basilisk X HyperSpeed ​​​​sekitar Rp 500.000.

Logitech G Pro Wireless

Logitech G Pro Wireless
Sumber: logitechg.com

Mouse pendamping gaming yang baik berikutnya adalah Logitech G Pro Wireless, yang dapat diprogram untuk memfasilitasi aktivitas gaming-mu. Pengguna juga dibekali baterai untuk mouse nirkabel ini yang mampu bertahan hingga 48-60 jam tergantung pemakaian.

Sensory mouse ini berwarna hitam dan dilengkapi sensor HERO 25k dengan resolusi gerak dari 100 hingga 25.600 DPI. Kecepatan 400 IPS bawaan membuat perangkat ini tetap gesit tanpa hambatan.

Perangkat canggih untuk bermain game ini dapat terhubung ke laptop atau komputer yang menjalankan Windows, Chrome OS, hingga sistem operasi macOS.

Dilengkapi dengan kartu memori, mouse ini dapat merekam konfigurasi yang dibuat oleh pengguna. Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan Logitech G Pro Wireless ini, kamu perlu menyediakan dana sekitar Rp 1,3 jutaan.

Logitech G502 HERO

Logitech G502 HERO
Sumber: logitechg.com

Logitech G502 Hero ini hadir dengan desain yang hebat dan 11 tombol yang dapat diprogram untuk mendukung kebutuhan gaming-mu. Selain itu, juga terdapat lima keping pemberat yang masing-masing memiliki bobot 3,6 gram. Pengguna dapat bereksperimen untuk menemukan berat mouse terbaik untuk gaya permainan mereka.

Perangkat ini memiliki rentang resolusi 100 hingga 25600 DPI dan dapat mengubah pengaturan DPI hingga 5 pengaturan. Mouse berkabel 2,1 meter ini juga dilengkapi mikroprosesor ARM 32-bit dengan report rate hingga 1000 Hz.

Mouse hitam dengan pola biru muda ini juga dilengkapi sensor HERO 25K untuk akurasi pelacakan maksimum.

Mouse ini memiliki fitur memori terintegrasi hingga 5 profil, tetapi perlu diingat bahwa mouse ini membutuhkan firmware versi 127.1. Mouse makro ini tersedia dari Logitech seharga Rp 1,1 juta.


Nah, itu dia paparan hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum mencari mouse macro. Menurutmu, yang mana mouse macro terbaik?