Kenali 12 Program Beasiswa Esports di Dunia

0
24
beasiswa esports

Beasiswa esports – Beasiswa pada dasarnya merupakan bantuan keuangan untuk mahasiswa yang kurang mampu maupun berprestasi. Dengan ini, setiap anak bisa mendapatkan pendidikan tanpa khawatir masalah finansial.

Cara mendapatkan bantuan finansial pendidikan tidak lain adalah dengan mengikuti seleksi dari perguruan tinggi dan instansi tertentu.

Seiring dengan perkembangan zaman, perguruan tinggi mulai menyediakan beasiswa esports untuk gamers. Hal ini merupakan bentuk apresiasi dan membantu perkembangan industri esports. Pasalnya industri gim saat ini sudah berkembang dan ekosistemnya mulai terbentuk dengan baik.

Kehadiran program beassiwa esports diharapkan dapat melahirkan pelaku industri gim di masa depan. Mereka semua antara lain adalah: pemain profesional/atlet esports, manager tim, pelatih (coach), game developer, game desainer, dan juga shoutcaster/caster.

Nah, pertanyaan yang paling ditunggu adalah perguruan tinggi mana saja yang memiliki beasiswa esports?

Beasiswa Esports #1: Ashland University

https://goashlandeagles.com/sports/esports
Ashland University esports team

Universitas yang terletak di Ohio mempunyai program beasiswa untuk pemain Fortnite, Overwatch, CS:GO, dan Super Smash Bros.

Beasiswa Esports #2: Brescia University

https://principiaathletics.com/news/2017/11/3/esports-principia-overwatch-falls-to-brescia-university-in-well-fought-nail-biter.aspx
Brecia University esports

Universitas yang berada di Kentucky tersebut mempunyai program beasiswa untuk kamu yang jago main League of Legends atau Overwatch.

Beasiswa Esports #3: Indiana Institute of Technology

https://esports.indianatech.edu/
Indiana Institute of Technology esports

Universitas satu ini memiliki kuota beasiswa untuk 20 hingga 30 orang. Tetapi ada syaratnya, yaitu harus punya skill bermain League of Legends (LOL), Heartstone, Overwatch, atau terbiasa main sambil streaming.

Beasiswa Esports #4: Twitch and Alienware Scholarship Program

https://www.academicrelated.com/scholarships-gamers/
Twitch and Alienware Scholarship Program

Sebagai salah satu perusahaan yang berkecimpung di industri gaming, Twitch membuka beasiswa esports S2 dengan nominal mencapai Rp140 juta (USD 10k). Salah satu syarat untuk mengikuti beasiswa ini adalah memiliki nilai akademik yang cukup baik.

Beasiswa Esports #5: Adobe Design Achievement Awards

https://www.ico-d.org/projects/adobe-design-achievement-awards
Adobe Design Achievement Awards

Perusahaan desain ternama dunia ini memberikan beasiswa esports untuk bagian di balik layar. Bukan untuk pemain profesional melainkan mereka yang melakoni web design, game art dan sejenisnnya. Secara umum beasiswa ini menyediakan program untuk desainer.

Beasiswa Esports #6: Global Gaming Women Education Fund

https://www.globalgamingwomen.org/

Beasiswa dari University of Nevada Las Vegas ini khusus untuk perempuan. Tentu saja dengan syarat dapat lolos seleksi. Setelah lolos, bisa langsung masuk pendidikan.

Beasiswa Esports #7: NYU Game Center Evo Scholarship

https://gamecenter.nyu.edu/evo/
Evo Scholarship

Evo merupakan turnamen untuk gim bergenre fighting terbesar di dunia yang diselenggerakan oleh New York University (NYU). Mahasiswa yang mendapat beasiswa ini mendapatkan perkuliahan tentang esports dan industri gim.

Beasiswa Esports #8: Trine University Activity Awards

https://www.trine.edu/esports/
Trine University

Trine University mempunyai beasiswa beragam untuk pemain League of Legends, Overwatch, Dota 2, CS:GO, Hearthstone, Heroes of the Storm, dan Rocket League.

Beasiswa Esports #9: BRI Institute Indonesia

https://bri-institute.ac.id/2020/01/20/juara-indonesia-predator-league-2020-diberikan-beasiswa-bri-institute/
BRI institute

Perguruan tinggi dari BRI ini membuat turnamen yang bekerja sama dengan Acer Indonesia pada tanggal 18-19 Januari 2020. Dalam turnamen esports Indonesia Predator League 2020, pemenang turnamen dari peringkat satu sampai empat mendapatkan beasiswa penuh S1 di BRI Institute. Dapat dikatakan, BRI Institute memberikan beasiswa pertama melalui kompetisi esports.

Beasiswa Esports #10: University of Roehampton

https://www.roehampton.ac.uk/student-life/Esports/
University of Roehampton

Perguruan tinggi dari London, Inggris membuka beasiswa esports untuk wanita. Mahasiswa mendapatkan uang senilai 1.500 Pound sterling dan akses penuh ke Roehampton Esports Arena. Beasiswa yang dibuka antara lain League of Legends, Overwatch, dan CS:GO.

Universitas ini berkerja sama dengan dengan berbagai organisasi esports untuk menunjang kompetensi di bidang profesional. Untuk pendukung, Roehampton juga memberikan program gaya hidup sehat secara fisik maupun mental.

Beasiswa Esports #11: Entertainment Software Association

https://www.slashgear.com/esa-foundation-announces-its-first-esports-scholarship-20607260/
Entertainment Software Association esports

Sebagai game publisher, Entertainment Software Association (ESA) memberikan beasiswa untuk anak kuliah sebesar US$23 juta. Fokus penerima beasiswa ini adalah perempuan atau kelompok minoritas lainnya.

Beasiswa Esports #12: AcadArena Merit Esports Scholarship

https://dailyguardian.com.ph/globe-acadarena-launches-first-ever-esports-merit-scholarship-for-college-students-in-the-philippines/
AcadArena Merit Esports Scholarship esports

AcadArena merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Filipina. Perusahaan ini memiliki perhatian tersendiri dalam industri esports. Untuk mendukung penyelarasan antara pendidikan formal dengan esports, maka dibuatlah program beasiswa ini. Program ini melibatkan 29 perguruan tinggi di Filipina yang sudah dibuka pada akhir 2020 lalu.


Nah itu dia 12 program beasiswa esports baik di luar negeri maupun dalam negeri. Untuk kamu yang tertarik untuk menggapainya, pastikan bahwa kamu sudah melengkapi diri dengan prestasi gaming dan juga akademik!

Semoga ke depannya semakin banyak lagi instansi-instansi yang membuka program beasiswa esports semacam ini.