BTS Universe Story, Pilih Sendiri Petualanganmu!

0
153
bts universe story
Netmarble merilis BTS Universe Story
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Buat kamu para Kpopers newbie dan suka main gim, tidak ada salahnya mencoba gim BTS Universe Story. Permainan yang dirilis 24 September 2020 lalu mengundang banyak antusias dari para Kpopers terutama para Army, yakni fans dari boyband grup BTS.

Berbasis mobile game online, sehingga dimainkan di Android dengan mengunduhnya melalui Play Store atau iOS lewat App Store.

BTS Universe Story merupakan gim kedua BTS setelah BTS World yang rilis pada 2019 lalu. BTS World sendiri merupakan permainan yang menggabungkan gameplay gachapon dengan novel grafis. Gim ini mendapat rating yang cukup baik dari para pemain karena sangat menyenangkan.

Lalu, apa beda BTS World dengan BTS Universe Story? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Apa itu BTS Universe Story?

bts universe story
BTS Universe Story merupakan gim sandbox.

BTS Universe Story dikembangkan oleh Netmarble yaitu pengembang mobile-gaming terbesar di Korea Selatan. Netmarble memiliki reputasi baik sebagai pengembang, dilihat dari gim-gim terdahulunya seperti Seven Knights, Marvel Future Fight, dan Grand Chase. Gim ini ternyata menjadi kerja sama kedua antara Big Hit Entertainment selaku agensi BTS dan Netmarble.

Permainan ini merupakan gim bergenre sandbox, yakni gim yang menyuguhkan pemainnya untuk melakukan petualangan dengan menjelajahi game dengan bebas. Gim bergenre sandbox yang cukup populer adalah Minecraft dan The Sims. Sehingga butuh kreativitas tinggi untuk memainkan gim ini.

Sebelumnya Netmarble mengembangkan gim BTS World pada tahun 2019 lalu. Netmarble menjelaskan bahwa gim ini terinspirasi dari ARMY yang beragam. Akhirnya, mereka menciptakan gim yang dapat membuat penggemar mengeksplorasi cerita yang menyenangkan.

Hampir mirip seperti gameplay “Another Story” BTS World, BTS Universe Story mengembangkan cerita yang lebih variatif dengan fitur game yang beragam. Game ini dibagi menjadi empat opsi gameplay yang berbeda yang tidak hanya menjelajahi alur cerita dari BTS Universe Story ini saja.

Permainan ini menyuguhkan 3D berkualitas baik. Selain itu juga menyuguhkan story telling yang bisa dipilih sesuka hati. Sehingga kita bisa menentukan cerita dari para tokoh yang merupakan anggota BTS di dalamnya.

Cara Memainkan BTS Universe Story

bts detective story
Salah satu jalan cerita dalam BTS Universe Story.

Bisa dibilang gim ini seperti menciptakan fan fiction dengan animasi yang lebih hidup dan nyata. Netmarble menjelaskan dalam deskripsi gim, pemain dapat memilih dua alur cerita, The Most Beautiful Moment in Life – 7 Boys’ Untold Story dan cerita yang dikembangkan sendiri oleh pemain.

Jika memilih untuk mengembangkan alur sendiri, pemain dapat membuat cerita sendiri melalui fitur di dalam gim. Sedangkan jika memilih The Most Beautiful Moment in Life, pemain akan bermain sesuai dengan alur cerita yang dikembangkan oleh gim.

Alur permainan The Most Beautiful Moment in Life mengisahkan perjuangan Jin, salah satu member BTS, menjelajahi ke masa lalu. Di situ Jin berusaha untuk mengubah masa lalu untuk menyelamatkan masa depan teman-temannya. Alur ini berdasarkan jalan cerita BTS Universe Story.

Hadir dengan selusin cerita alternatif, kita bisa memilih jalan cerita kita sendiri seperti yang ada di dalamnya. Seperti cerita Zombie Apocalypse, misteri, detektif, atau genre lain.

Seperti permainan The Sims, kita dapat mengganti pakaian, memotong rambut, dan aktivitas lain layaknya menghidupkan karakter di dalamnya. Pemain dapat membuat karakter layaknya para idol seperti virtual boyband.

Pemain dapat membuat dan mengembangkan dialog-dialog. Tidak hanya itu, pemain juga dapat berinteraksi dengan pemain lainnya. Lalu, dapat pula kita mengikuti alur cerita yang dibangun oleh pemain lain di dalam gim.

Karena BTS Universe Story adalah gim sosial interaktif maka pemain dapat berinteraksi dengan karakter melalui augmented reality. Kita “menghidupkan” karakter BTS dari cerita tersebut dengan cara dibagikan ke seluruh platform media sosial.

Untuk dapat memainkannya cukup simpel, pemain perlu mengunduh gim mobile online ini lewat Play Store dan iOS. Kemudian melakukan registrasi untuk membuat akun. Setelahnya, kita sudah dapat memainkan gim ini.

Permainan dimulai dengan opening movie dengan musik latar Starting Over Again. Kelebihan dari gim ini kita akan benar-benar menikmati cerita seperti film animasi berseri.

Fitur Gim

Fitur gim BTS Universe Story
Permainan ini memberikan berbagai fitur menarik.

Fitur Tiket

Saat memulai permainan ini, BTS Universe World menggunakan sistem tiket. Setiap episode akan menggunakan satu tiket gratis. Saat tiket habis, pemain harus menunggu tiket gratis. Namun, jika tidak sabar untuk melanjutkan permainan terdapat opsi membeli tiket untuk melanjutkan cerita di dalam gim tersebut. Pemain dapat menukar permata untuk satu tiket. Fitur tiket

Styling

Tidak hanya cerita yang bisa di-make over, ternyata gaya dari tiap karakter dapat kita ubah. Pemain dapat memilih berbagai pakaian dan gaya rambut. Mau gaya kasual atau formal, sampai style idol juga ada di pilihan game tersebut.

Augmented Reality

Fitur Augmented Reality dalam BTS Universe Story dapat mengubah wajah menjadi animasi wajah member BTS. Tidak hanya itu, fitur ini dapat membuat para member ini terlihat “hidup” di kehidupan nyata. Jadi, seakan-akan pemain dapat berkencan atau menemani member BTS melalui AR.

Fitur Komunitas

BTS Universe Story juga memberikan fitur komunitas yang mirip dengan media sosial. Bedanya, fitur ini hanya ada dalam gim. Pemain dapat membagikan tangkapan layar dengan fitur. Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat membagikan cerita yang pemain kembangkan kepada seluruh komunitas. Sehingga banyak pemain yang dapat berinteraksi dengan cerita yang dikembangkan.

Aturan Bermain

aturan bermain BTS Universe Story
Karakter bermain sesuai peran di dalam gim.

Meski BTS Universe Story memberikan kebebasan dalam berkreasi, ada beberapa aturan yang cukup ketat dari gim ini. Pemain harus mematuhi aturan untuk tidak membuat konten ilegal, kekerasan, kasar, tindakan seksual eksplisit, dan memfitnah. Pemain juga dilarang untuk membuat hubungan romantis antara member BTS.

Tidak hanya itu saja, ternyata pemain tidak diperbolehkan untuk membagikan tangkapan layar di luar aplikasi. Pemain hanya dibolehkan untuk membagikan tangkapan layar di komunitas di dalam gim. Jika melanggar ketentuan, akun gim dapat diblokira atau suspend. Tergantung dari tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Kelemahan

preview gim bts universe story
Preview gim BTS Universe Story,

Ditinjau dari beberapa review, permainan BTS Universe Story dapat dibilang cukup mahal. Permainan ini perlu membeli permata atau diamond untuk membuat keputusan tertentu dalam gim. Sehingga gim ini dirasa kurang memikat meski antusias dari penggemar cukup banyak dan memiliki tampilan grafis yang luar biasa. Permainan ini tidak memikat seperti The Sims.

Dalam sehari, permainan ini memberikan empat tiket per hari. Jika habis, pemain harus menunggu enam jam atau membayar tiket seharga enam diamond. Tetapi, kelebihannya jika pemain dapat membuat cerita yang menarik bagi pemain lain, pemain tersebut akan mendapatkan permata dan tiket yang dibayarkan oleh pemain lain yang mengikuti cerita tersebut.

Itulah berbagai serba-serbi tentang BTS Universe Story. Gim ini sangat cocok untuk pemain yang menyukai game sandbox yang lebih santai dan menyenangkan. Sehingga bisa jadi rekomendasi permainan yang dimainkan untuk bersantai selepas kerja atau sekolah. Siap-siap untuk merogoh kocek lebih untuk memainkan gim ini, ya!

Media Partnership