Tutorial dan Cara Cek Kartu VGA

557
Cara cek kartu VGA
Sumber gambar: wallup.net

Apakah kamu seorang gamer PC atau laptop? Jika ya, sebelum membeli suatu perangkat/ komponen komputer, kamu tentu terlebih dahulu memeriksa apa kebutuhan gaming kamu.

Salah satu komponen penting yang sangat penting bagi seorang gamer, tentu adalah kekuatan VGA-nya, mengingat VGA sangat menentukan kualitas layar grafik yang akan kamu nikmati di monitor. Oleh sebab itu, kamu wajib tahu bagaimana cara cek kartu VGA.

Hingga kini, masih ada banyak orang yang masih bingung bagaimana cara cek kartu VGA di laptop maupun komputer karena banyaknya model dan tipe yang berbeda-beda.

Contohnya, sebut saja kartu grafis GTX 1050 Ti memiliki varian yang diproduksi perusahaan Gigabyte, Galax, Asus, dan lain-lain. Lantas apa yang membedakannya?

Untuk mengecek spesifikasi VGA dari laptop dan komputer kamu bisa menggunakan tutorial cara cek VGA berikut ini. Mari kita simak bersama.

Apa Itu Kartu VGA?

VGA (Video Graphic Array) adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. VGA juga dikenal sebagai komponen kartu grafis komputer yang dipasang pada komputer atau laptop agar dapat menampilkan output gambar, tulisan, dan warna pada monitor.

Apa Fungsi Kartu VGA?

Fungsi utama VGA adalah untuk mengolah dan menerjemahkan output komputer/PC ke layar monitor. Jadi, jika layar monitor tidak keluar tampilan, bisa dipastikan salah satu penyebabnya adalah VGA card yang rusak atau pemesangan slot yang tidak tepat.

Kartu grafis atau kartu VGA ini memiliki berbagai macam spesifikasi dan merk.

Jika kita hobi gaming, sembari memiliki kebutuhan terhadap pekerjaan desain grafis atau multimedia, maka kita membutuhkan kartu VGA dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Beberapa pecinta game biasanya menggunakan VGA ATI atau Nvidia untuk memaksimalkan tampilan grafik game agar menjadi lebih jernih, jelas dan cepat. Ini adalah contoh manfaat yang terjadi atas bertambahnya kapasitas kecepatan transfer grafis.

Nah, untuk memperdalam wawasan kamu, mari kita kenali juga jenis-jenis kartu VGA.

Jenis-jenis Kartu VGA

Jenis VGA Card Berdasarkan Memori

Jenis VGA Card atau kartu VGA berdasarkan spesifikasi memori yang digunakan pada laptop yang kamu mainkan dan ini dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Dynamic RAM (DRAM)

VGA Card DRAM ini biasanya digunakan oleh komputer dengan spesifikasi umum yang tidak terlalu mementingkan kecepatan tinggi dan pilihan warna yang banyak. Kecepatan DRAM ini biasanya 80ns/70ns yang ditanamkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.

  • EDO RAM

VGA Card EDO RAM ini biasanya digunakan pada komputer dengan kartu grafik 64 bit. EDO RAM memiliki kecapatan 60ns-35ns yang ditanamkan pada VGA Card winfast s280/2600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 dan lain-lain.

  • SGRAM (VRAM)

VGA Card Synchronous Graphic RAM (SGRAM) ini biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis berkelas tinggi, misalnya komputer untuk 3D accelerator.

Kecepatan SGRAM ini kurang dari 10ns, sehingga banyak digunakan pada VGA Card misalnya Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II s220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, TAI Rage II 3D Pro dan lain-lain.

  • RAMBUS

VGA Card RAMBUS ini umumnya digunakan pada mesin-mesin video game seperti Nintendo atau Sega. Jadi, kartu grafis ini hanya diproduksi terbatas oleh Creative Labs seperti MA-302, MA-332 Graphics Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme.

Jenis VGA Card Berdasarkan Arsitektur Sistem

Karta grafik juga dibedakan berdasarkan arsitektur sistem I/O bus seperti berikut ini:

  • AGP

AGP merupakan singkatan dari Accelerated Graphiccs Port. Kartu VGA jenis ini ditancapkan ke slot ekspansi AGP bus dengan sistem I/O. Biasanya ada pada perangkat dengan 128 bit maupun 256 bit.

  • EISA

Jenis kartu grafik ini sering ditemukan pada slot ekspansi EISA dengan sistem operasi 32 bit. Namun jenis ini sudah jarang digunakan karena masih memiliki keterbatasan dengan kualitas gambar, kombinasi warna yang dihasilkan serta kecepatan.

  • ISA

Jenis kartu ini sering digunakan pada slot ekspansi ISA dengan sistem 16 bit. Namun ISA sudah tidak pernah digunakan karena kecepatan transfernya lambat serta kombinasi warna yang dihasilkan sangat terbatas.

  • PCI

PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect yang biasa dipasang pada perangkat dengan sistem operasi 32 bit serta 64 bit. Namun sama seperti kartu VGA lainnya yang sudah jarang sekali digunakan karena memang fiturnya sangat terbatas.

  • PCIe

PCIe adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect Express yang dihubungkan dengan komputer yang memiliki kecepatan tinggi. Biasanya motherboard PC juga sudah memiliki beberapa slot PCIe yang digunakan sebagai slot GPU, WiFi card, SSID maupun RAID Card. Kartu grafik ini bisa melakukan transfer dengan kecepatan sampai 32Gb/s.


Semua RAM yang disebutkan di atas dengan berbagai macam-macam jenisnya itu sangat berguna untuk membantu kebutuhan sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Setelah kamu tahu macam-macam jenis VGA, berikutnya adalah bagaimana cara kamu mengecek kartu VGA yang terpasang pada perangkat yang kamu gunakan.

Mengecek Kartu VGA

Cara Cek Kartu VGA Via DIRECT X DIAGNOSTIC (DXDIAG) WINDOWS

Dxdiag adalah tempat kamu bisa melihat jumlah memory ram, jenis processor, dan tentunya juga VGA. Kamu juga akan mengetahui spesifikasi lengkap dari VGA yang kamu gunakan, contohnya seperti total VRAM dan masih banyak lagi.

Berikut ini cara cek kartu VGA beserta langkah-langkahnya:

  • Tekan logo Windows + R pada keyboard kamu.
  • Kemudian akan muncul “run” lalu ketikkan pada kolom “dxdiag” dan tunggu sampai muncul DirectX Diagnostic Tool.
  • Jika sudah muncul, kamu bisa masuk ke Tab Display dan informasi yang tertera pada kolom “name itu adalah jenis VGA yang kamu gunakan beserta spesifikasi lengkapnya.
  • Pada tampilan di atas jenis VGA yang saya gunakan adalah AMD Radeon(TM) Vega 8 Graphics. 

Cara Cek Kartu VGA Via TASK MANAGER

Selain dari cara sebelumnya, kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah ini dengan memanfaatkan task manager sebagai cara untuk cek kartu VGA.

Berikut langkah-langkah cara cek kartu VGA dari task manager.

  1. Klik kanan mouse di bagian taskbar yang kosong paling bawah, lalu pilih task manager.
  2. Kemudian pilih tab performance.
  3. Kemudian pilih “GPU

Selesai! Kamu langsung dapat melihat VGA laptop di bagian atas kanan halaman task manager. 

Cara Cek Kartu VGA Via GPU-Z

GPU Z

Cara cek VGA lewat GPU-Z merupakan cara terakhir yang paling mudah dan praktis. Namun, sebelumnya kamu harus terlebih dahulu mengunduh software GPU-Z melalui situs resminya.

Setelahnya, kamu bisa mengikuti panduan cara cek kartu VGA dengan GPU-Z.

  • Pertama kamu kunjungi situs yang tercantum diatas lalu download software-nya.
  • Kalau sudah selesai mengunduh dan meng-install-nya, buka software GPU-Z.
  • Pilih tab Graphics Card.

 


Demikianlah, beberapa cara cek kartu VGA untuk meningkatkan kinerja laptop dan komputer juga pengalaman memainkannya. Pastikan kamu memilih VGA yang terbaik untuk komputer rakitanmu juga.