Cara Dapat Game Gratis di Steam, Gamers Wajib Tau!

1384
cara dapat game gratis di steam

Bagi para gamers pasti sudah tidak asing dengan Steam, salah satu portal penyedia game PC terbesar di dunia. Rata-rata game di Steam memang banyak yang berbayar, namun tidak sedikit juga yang memiliki diskon besar-besaran. Nah, lebih dahsyatnya lagi, ada juga masa di mana game premium tersebut menjadi gratis! Penasaran dengan cara dapat game gratis di Steam?

Pada umumnya, sebagian besar dari game gratis adalah game yang bersifat “Free to Play” di mana pemain bisa langsung mengakses dan memainkan game tersebut secara gratis, namun mungkin untuk mendapatkan pengalaman gaming yang lebih maksimal, pemain akan dihadapkan untuk membeli in-game item secara opsional. Seperti game yang saat ini sedang populer, yaitu Warframe, Team Fortress 2 atau bahkan Dota 2 yang menawarkan Battle Pass.

Sebagian besar game Steam lainnya yang disediakan gratis hanya berupa demo yang dimainkan (trial), namun perlu membayar untuk membuka dan menikmati sebagian besar konten pada game tersebut.

Steam jarang sekali memberikan informasi game yang sedang promo ataupun gratis. Oleh sebab itu, perlu memperhatikan game yang sedang dijual.

Meski demikian, Steam seringkali mengadakan promo game gratis pada event, diskon potongan harga, ataupun game gratis dalam waktu terbatas.

Saat ini, sudah ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat melacak status server, harga game, bahkan hingga jumlah pemain Steam tiap harinya.

Aplikasi pihak ketiga tersebut dapat dimanfaatkan bagi gamers untuk mencari informasi game gratis hari ini ataupun besok dan bersiap-siap untuk claim.

Yuk simak pembahasan cara dapat game gratis di Steam berikut ini!

Sekilas Tentang Game Gratis dan Berbayar di Steam

Terdapat dua tipe game di Steam, yaitu game gratis dan game berbayar. Game gratis merupakan game yang disediakan secara gratis (free to play) dan dapat dimainkan secara langsung tanpa perlu membayar.

Sedangkan game lainnya adalah berbayar, meskipun menawarkan gratis demo yang dimainkan untuk trial. Untuk menikmati game berbayar, perlu melakukan transaksi pembelian di Steam.

Transaksi yang dapat digunakan untuk membeli game di Steam dapat memakai kartu kredit ataupun Steam Wallet

Cara Dapat Game Gratis di Steam

Cara Dapat Game Gratis di Steam

Wajib Daftar Akun Steam

Agar dapat melakukan transaksi ataupun download game di Steam, perlu mendaftarkan akun Steam terlebih dahulu. Dapat mendaftarkan akun pada website Steam Powered dengan mengisi data sesuai yang dibutuhkan.

Jika sudah mendaftarkan akun pada website tersebut, maka cukup log in ke akun Steam yang telah didaftarkan.

Instal Steam di Laptop atau PC 

Untuk dapat memanikan game di Steam, perlu melakukan instal aplikasi Steam pada laptop atau PC.

Berikut cara melakukan instal aplikasi Steam di laptop atau PC:

  • Log in akun Steam yang telah didaftarkan.
  • Download Steam pada dari Store Steam.
  • Download Steam sesuai dengan sistem operasi laptop atau PC yang digunakan, jika menggunakan Windows dapat memilih download Steam for Windows.
  • Setelah berhasil, segera instal aplikasi Steam pada laptop atau PC.
  • Jika sudah berhasil terinstal, kamu dapat membuka aplikasi Steam.

Download dan Mainkan Game Gratis di Steam

Setelah aplikasi Steam berhasil terinstal, kamu dapat memilih game yang akan dimainkan.

Berikut cara dapat game gratis di Steam:

  • Mencari game yang akan di-download dengan menggunakan fitur pencarian ataupun kategori game di Steam.
  • Untuk melakukan filter game yang dapat dimainkan secara gratis, klik kategori Free to Play di Steam.
  • Setelah menentukan game yang akan dimainkan,klik Play Game dan buka game tersebut di Steam.
  • Lakukan instal game di Steam, setelah berhasil diunduh game siap dimainkan.

Selain cara tersebut, kita dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mencari informasi game gratis.

Nah, itulah cara dapat game gratis di Steam. Game yang dapat dimainkan secara gratis hanya game yang terdapat pada kategori Free to Play di Steam.

Apa aplikasi pihak ketiga tersebut? Simak pembahasannya berikut!

Kenalan dengan Aplikasi Sobat Gamer Gratisan, SteamDB

SteamDB

SteamDB merupakan database yang berisi tentang platform Steam, pada platform tersebut terdapat beberapa informasi yang bisa didapatkan seperti game dengan rating tertinggi, game dengan jumlah pemain terbanyak, game gratis, dan informasi lainnya.

Pada SteamDB terdapat beberapa fitur, salah satu yang paling sering dilihat oleh gamers adalah fitur harga atau sales. Pada fitur tersebut dapat melihat daftar game yang sedang atau akan diskon, serta mulai dan berakhirnya masa diskon tersebut.

Selain itu, kita dapat melakukan pengecekan diskon harga dari seluruh negara pada platform SteamDB yang dilengkapi dengan informasi harga tertinggi, diskon, serta harga terendah.

Pada platform SteamDB dapat melihat berbagai informasi lainnya, bahkan melihat siapa pemilik terbanyak game Steam dan pemilik level tertinggi di Steam. Platform SteamDB menyediakan informasi lengkap yang dapat menguntungkan gamers.

Nah, bagaimana caranya dapat game gratis di Steam dengan memanfaatkan SteamDB?

Cara Dapat Game Gratis di Steam Memanfaatkan SteamDB

Platform SteamDB dapat memberikan berbagai informasi game-game di Steam yang sedang diskon pada harga tertentu.

Diskon game yang biasanya diberikan pada aplikasi Steam sebesar 50%, 60%, dan 90%. Secara logika, game gratis yang mencapai diskon 100%.

Namun, pada SteamDB hanya dapat memfilter sampai dengan >= 95% dapat diartikan semua game diskon di atas 95%. Biasanya, diskon tertinggi game di Steam hanya mencapai 90%, jika di atas itu dapat dipastikan game tersebut gratis.

Berikut adalah cara dapat game gratis di Steam memanfaatkan platform SteamDB tanpa perlu melakukan filter:

Step 1: Kunjungi website SteamDB Sales, pada link tersebut sudah difilter diskon >=95%.

Step 2: Akan terlihat beberapa game Free to Keep atau gratis (jika ada diskon)

Jika tidak ada diskon di atas 95%, maka tampilan SteamBD Sales seperti ini:

Cara Dapat Game Gratis di Steam Memanfaatkan SteamDB

Nah, jika tidak ada game diskon diatas 95%. Cek secara berkala tiap harinya, karena tidak setiap hari Steam membagikan diskon diatas 95% atau gratis.

Step 3: Klik icon Steam pada kiri layar game yang diinginkan

Step 4: Setelah itu, akan diarahkan ke laman Steam. Maka klik Add to account untuk menambahkan game pada library akun Steam.

Selesai, game yang diinginkan berhasil di claim dan dapat dimainkan secara permanen kapanpun.

Selanjutnya, lakukan langkah diatas sampai game yang ingin diunduh memberikan notifikasi Free to Keep dan berhasil disimpan pada akun Steam yang telah teregistrasi.

Jika kalian ingin mendapatkan game gratis di Steam, lakukan pengecekan secara berkala karena biasanya pada hari tertentu developer dapat membagikan 5 atau lebih game secara gratis.

Inilah cara dapat game gratis di Steam dengan mudah, selain menunggu informasi dari sosial media seperti Facebook, Instagram, ataupun website lainnya.

Dengan melakukan pengecekan diskon game hingga gratis secara berkala, kita dapat dengan mudah menemukan dan mengunduh semua game yang saat itu promo diatas 95% pada hari yang sama tanpa menunggu.

Nah, itulah cara dapat game gratis di Steam. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!