Cara Ganti RAM Komputer dengan Mudah dan Praktis di Rumah

1839
cara ganti ram komputer
Photo by Heliberto Arias on Unsplash

Siapa yang sering menggunakan perangkat PC untuk ber-gaming ria? Jika kamu tergolong ke dalam kelompok gamer PC, pastinya kamu harus terus menerus memperbaharui perangkat keras PC kamu, termasuk di dalamnya RAM, processor, maupun VGA Card.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan cara ganti RAM komputer dengan mudah dan praktis.

Pastinya kamu pernah merasakan bagaimana betapa frustasinya ketika kamu sedang bermain gim online tetapi secara tiba-tiba komputer kamu malah menjadi lag. Sudah dicoba refresh berkali-kali namun tetap saja masih patah-patah. Padahal kamu hanya membuka beberapa aplikasi.

Apalagi kalau komputer kamu sampai mengalami bluescreen, rasanya dunia sudah berakhir.

Tenang, jika kamu sedang merasakah hal itu bukan berarti kamu perlu membeli komputer baru. Biasanya permasalahan tersebut dikarenakan RAM atau Random Acces Memory komputer kamu yang sudah kelelahan menemani perjuanganmu selama ini.

Solusinya kamu harus membersihkan atau mengikuti arahan penulis untuk mempelajari cara ganti RAM komputer, tentunya dengan RAM baru yang kapasitasnya lebih tinggi.

Mengganti RAM komputer bisa menjadi hal yang menakutkan jika kita tidak mengetahui caranya, karena terdapat banyak komponen yang menempel pada motherboard.

Sebelum kita masuk ke cara ganti RAM, penulis mau terlebih dahulu menjelaskan:

  • Apa itu RAM,
  • Fungsi RAM, dan
  • Jenis-jenis RAM.

Apa itu RAM?

RAM adalah tempat untuk menyimpan data sementara ketika komputer kamu sedang dijalankan dan dapat diakses secara acak. Namun secara harfiah RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara pada komputer ketika komputer tengah digunakan. Jadi memori penyimpanan RAM memang bersifat tidak permanen.

Apa fungsi RAM?

Sedangkan fungsi dari RAM itu sendiri tentunya sebagai penyimpanan data sementara, jadi ketika kamu sedang memainkan komputer kamu, secara otomatis data yang kamu kerjakan akan tersimpan di dalam RAM.

Dengan begitu kapasitas RAM sangat mempengaruhi kinerja komputer. Semakin besar kapasitas RAM semakin baik kinerja sebuah komputer, sebaliknya jika RAM berkapasitas kecil ia akan menghambat kinerja sebuah komputer.

Seperti penjelasan diatas, RAM memiliki beberapa macam jenis, jadi pastikan kamu jangan sampai salah beli ya. Mari kita cek ada apa saja macam-macam dari RAM:

Jenis-jenis RAM

DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM merupakan RAM semikonduktor yang menggunakan kapasitor untuk memperbaharui data yang terdapat di dalamnya. DRAM lebih unggul dalam kecepatan jika dibandingkan EDO RAM, namun tidak lebih cepat dibandingkan SRAM.

SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

SDRAM memiliki 168 Pin saluran transfer data, RAM ini juga telah digunakan sejak 1996 sampai 2003. RAM ini memiliki slot bernama DIMM/SDRAM pada motherboard dengan kapasitas 16 MB sampai 1 GB.

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RDRAM muncul sejak tahun 1995 dengan memiliki kecepatan 600 MBytes per detik. Namun pada tahun 1997 RDRAM mengalami peningkatan kecepatan hingga 700 MBytes, di tahun berikutnya RDRAM memiliki kecepatan 1,6 GBytes.

SRAM (Static Random Access Memory)

SRAM merupakan salah satu RAM yang tidak memerlukan adanya kapasitor dan pembaharuan berkala yang mengakibatkan kinerja komputer dapat lebih cepat, karena hanya menggunakan komponen transistor.

EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

EDO RAM merupakan RAM yang memiliki kecepatan membaca dan transfer data lebih baik dibandingkan dengan RAM lainnya.

FPM DRAM (First Page Mode DRAM)

FPM DRAM adalah bentuk pertama dari DRAM dengan kecepatan transfer pada cache L2 mencapai 176 MBytes per detik. FPM DRAM bekerja pada frekuensi 16MHz sampai 66MHz dengan waktu sampai 50ns

Flash RAM

FLASH RAM biasa digunakan perangkat elektronik seperti VCR dan TV karena memiliki kapasitas memori yang rendah dan memerlukan penyegaran dengan daya kecil.

VGRAM (Video Graphic Random Access Memory)

VGRAM biasanya diperuntukan menyimpan komponen pixel pada paparan grafik. VGRAM memberikan performa yang baik dan mengurangi tekanan yang dialami CPU.

DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)

DDR SDRAM merupakan RAM dengan kecepatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan RAM yang lain. DDR SDRAM dapat membuka dua perintah dalam waktu bersamaan.

SO – DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)

SO – DIMM merupakan RAM yang biasa digunakan perangkat notebook. SO – DIMM memiliki bentuk yang ringkas dibandingkan DDR RAM.

Cukup banyak bukan macam-macam dari RAM. Setelah mengetahui macam-macam RAM, pastikan RAM yang kamu siapkan sesuai dengan motherboard komputer kamu, karena setiap RAM memiliki bentuk dan kualitas yang berbeda-beda.

Setelah mengetahui macam-macam bentuk dan fungsi RAM pastikan kamu sudah mempersiapkan RAM yang baru dan sesuai dengan motherboard pada komputer kamu.

Kemudian jangan lupa siapkan obeng untuk membuka baut yang terpasang pada casing CPU kamu. Jika sudah siap, mari kita bahas bagaimana cara ganti RAM komputer.

Cara Ganti RAM Komputer

  1. Buka casing CPU kamu menggunakan obeng yang telah kamu siapkan, pastikan kabel power tidak terhubung pada stop kontak dan komputer dalam keadaan mati untuk menghindari sengatan listrik. Jika ini kali pertama kamu ganti RAM, alangkah baiknya kamu mengingat tata letak pada motherboard kamu, atau kamu juga bisa memfoto motherboard kamu agar lebih memudahkan kamu ketika memasang kembali baut-baut casing CPU.
  2. Temukan komponen RAM kamu pada motherboard.
  3. Untuk melepas RAM yang lama, kamu dapat menekan kedua ujung kunci secara bersamaan hingga RAM terangkat.
  4. Pastikan kamu telah membersihkan socket (tempat) RAM-nya terlebih dahulu sebelum memasukkan RAM yang baru menggunakan kuas atau alat pembersih motherboard yang bisa kamu dapatkan di toko elektronik.
  5. Pasangkan RAM pada tempatnya dengan menekan kedua ujung RAM secara bersamaan sampai berbunyi klik, jangan sampai terbalik ya karena tidak akan masuk.
  6. Untuk menguji pemasangan RAM baru, kamu bisa menghidupkan komputer kamu. Jika komputer beroperasi seperti biasa itu artinya kamu telah berhasil mempraktekkan cara ganti RAM baru kamu, kemudian matikan kembali komputer.
  7. Pasang kembali casing CPU seperti semula, jika kamu khawatir tersengat listrik kamu bisa melepas terlebih dahulu kabel power yang menancap pada stop kontak, dan pastikan komputer kamu tidak dalam keadaan beroperasi saat proses pergantian RAM.
  8. Selesai. Mudah bukan?

Jika kamu masih belum memiliki dana untuk membeli perangkat RAM baru kamu bisa juga mencoba membersihkan RAM komputer kamu.

Cara Membersihkan RAM Komputer

Pertama siapkan obeng dan penghapus. Pastikan kamu menggunakan penghapus yang bersih dan tidak kucel. Langkahnya sama seperti cara mengganti RAM komputer. Perbedaannya tentu terletak di bagian membersihkan, yaitu dengan cara menggosok penghapus ke bagian bawah RAM secara perlahan. Jangan lupa juga untuk membersihkan tempat RAM untuk membuang partikel debu.

Nah itu dia beberapa tips cara melakukan perawatan maupun pembaharuan pada perangat gaming kesayangan kamu. Jika ada teman kamu yang belum mengetahui cara ganti RAM komputer, jangan pelit ilmu ya!