Simak Cara Live Streaming di Facebook Gaming

1639
cara live streaming di facebook gaming
Facebook Gaming

Selama masa pandemi ini, mobile gaming telah meningkat penggunaannya di tengah masyarakat. Hal ini banyak terjadi karena masyarakat membutuhkan alternatif hiburan yang relatif lebih murah ketimbang game PC. Dengan meningkatnya tren ini yang dibarengi dengan streaming di media sosial seperti FB, cara live streaming di Facebook Gaming pun menjadi salah satu kata kunci yang banyak dicari, khususnya para gamer.

Apa itu live streaming game?

Konsep dasar dari live streaming game adalah seorang gamer akan menyiarkan layar permainannya dari perangkat yang digunakan seperti misalnya dari ponsel ke platform media sosial, seperti FB (Facebook).

Nah, live streaming game ini bagi sebagian orang merupakan hiburan lain, atau bisa juga dianggap sebagai salah satu cara jitu untuk meningkatkan skill permainan dari sisi audiens.

Bahkan sebagian orang mendapatkan penghasilan dari menyiarkan gameplay mereka.

Namun di tengah maraknya konten kreator gamer, masih ada kelompok orang yang tidak mengetahui tentang cara mengelola sebuah channel live streaming game secara efektif dan efisien.

Hal terpenting dari pengelolaan game streaming adalah menentukan platform streaming yang digunakan untuk melakukan siaran. Tentu saja, masing-masing platform memiliki keunikan dan karakteristiknya sendiri.

Salah satu platform yang kini sedang banyak digunakan untuk game streaming ini adalah Facebook Gaming.

Apa itu Facebook Gaming?

Facebook Gaming adalah platform streaming yang dikembangkan oleh raksasa media sosial, Facebook, yang memiliki banyak kemiripan dengan YouTube Gaming. Aplikasi ini sering disandingkan dengan platform game streaming lainnya yang juga banyak digunakan, yaitu Twitch.

Facebook Gaming
Source: Facebook.com

Banyak gamers yang kini digandrungi untuk terjun di dunia live game streaming, khususnya melalui platform Facebook Gaming ini. Entah mereka melakukannya untuk sekadar bersenang-senang atau bahkan mungkin untuk memulai karir profesional sebagai seorang game streamer.

Namun kami bisa katakan bahwa saat ini sudah semakin banyak orang yang menunjukkan minat mereka dan mencoba untuk menyiarkan game favorit mereka di Facebook Gaming ini mengingat kenaikan audiens yang telah mencapai taraf luar biasa saat ini.

Setelah membaca pengantar tadi, apakah kamu sudah tergerak untuk mulai mengembangkan saluran streaming gaming pribadimu? Ingin segera memulainya, tapi bingung mau dari mana?

Tenang saja, artikel ini memang sengaja kami susun untuk memberikan informasi tentang cara live streaming di Facebook Gaming.

Cara live streaming di Facebook Gaming dari ponsel

Streaming Game
Source: blog.eklipse.gg

Sebelum bisa benar-benar melakukan live streaming game seluler yang favorit kamu mainkan di Facebook Gaming, maka kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa perangkat selulermu telah terhubung di komputer atau laptop, serta menghubungkannya ke aplikasi live streaming game pilihanmu (akan kami bahas di bagian bawah), dan terakhir menghubungkannya ke platform Facebook Gaming.

Jadi ada tiga komponen penting yang harus kamu pastikan saling terhubung.

  1. Ponselmu terhubung ke komputer.
  2. Komputermu terhubung ke aplikasi live streaming game.
  3. Komputermu terhubung ke layanan Facebook Gaming.

Siapkan daftar komponen yang diperlukan

Nah untuk melakukan live streaming game di Facebook Gaming, kamu membutuhkan beberapa komponen sebagai berikut:

  • Perangkat seluler,
  • Port HDMI out,
  • Kabel HDMI,
  • Perangkat untuk merekam video live streaming game yang kamu lakukan di Facebook Gaming,
  • Aplikasi live streaming game ,
  • Halaman (Page) pada Facebook Gaming,

Langkah-langkah cara live streaming di Facebook Gaming

Hubungkan perangkat selulermu ke komputer

Setelah memastikan seluruh komponen tersebut telah tersedia, kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk menghubungkan perangkat selulermu ke komputer:

  1. Sambungkan port HDMI out milikmu ke perangkat seluler. Pastikan kompatibel dengan port ponsel yang kamu miliki.
  2. Dengan kabel HDMI yang telah kamu siapkan, sambungkan port HDMI out ke perangkat recording video yang kamu gunakan. Selain itu, pastikan perangkat recording video yang kamu gunakan ini sudah benar-benar kompatibel agar tidak terjadi masalah apa pun ketika kamu sedang melakukan live streaming game di Facebook Gaming.
  3. Pasang recording video yang kamu gunakan ke komputer yang kamu miliki.

Jika kamu berencana melakukan live streaming game di Facebook selama berjam-jam, maka kamu harus memastikan bahwa perangkat seluler milikmu telah terisi baterainya dalam keadaan penuh.

Hal ini dikarenakan beberapa port HDMI out tidak memiliki sumber pengisi daya. Atau untuk kondisi yang lebih baik lagi, pastikan untuk menggunakan HDMI Out yang telah dilengkapi dengan catu daya.

Install OBS

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengatur aplikasi live streaming game di Facebook yang kamu gunakan. Di luar sana secara umumnya terdapat begitu banyak aplikasi live streaming game yang tersedia dan bisa kamu gunakan untuk melakukan live streaming game di Facebook. Namun, aplikasi yang paling sering digunakan dan tentu saja paling kami rekomendasikan untuk kamu gunakan adalah OBS.

Kamu dapat menginstalasi aplikasi OBS atau Open Broadcaster Software ini untuk mendapatkan aplikasi live streaming game yang cukup sederhana namun dapat memberikan kualitas maksimal selama kamu melakukan live streaming game di Facebook.

Atur live streaming

Nah, setelah menghubungkan perangkat seluler milikmu ke komputer, kamu sekarang dapat mengatur live streaming game di Facebook dengan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Setelah menginstal OBS, buka aplikasi OBS pada komputermu.
  2. Di bawah menu source, klik tombol ‘+‘ kecil di bagian bawah.
  3. Klik source pada perangkat recording video yang kamu gunakan.
  4. Setelah memastikan kamu telah memilih perangkat recording video yang kamu gunakan, klik “OK”.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, komputermu sekarang seharusnya telah menampilkan layar ponsel yang kamu gunakan untuk live streaming game.

Dari sini seluruh tampilan layar dan aktivitas yang kamu lakukan di layar ponselmu akan disiarkan pada aplikasi recording dan OBS. Sekarang, untuk menghubungkan live streaming game milikmu dari komputer ke platform Facebook Gaming, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan kamu telah memiliki Halaman Facebook Gaming milikmu sendiri. Jika kamu telah memiliki Halaman Facebook Gaming milikmu sendiri, maka kamu cukup ketik fb.gg/streamer di browser pada ponselmu. Tautan tersebut akan mengarahkanmu pada Creator Studio Facebook.
  2. Pada Creator Studio Facebook, carilah tombol hijau “Buat Baru” lalu sub menu “Siarkan Langsung”.
  3. Setelah menuju sub menu “Siaran Langsung”, cari menu “Sematkan Siaran Langsung” dan klik “Dapatkan Kode Sematan”.
  4. Selanjutnya, cari Streaming Langsung dan salin URL Server dan Stream Key
  5. Kembali ke OBS dan klik Pengaturan.
  6. Klik Stream dan pastikan untuk memilih Custom pada kotak dropdown Service.
  7. Letakkan URL Server dan Stream Key pada kolom input yang sesuai, lalu klik terapkan dan pilih “OK”.
  8. Di OBS, klik Mulai Streaming dan itu akan menampilkan pratinjau streaming langsung Facebook Anda di browser Anda.
  9. Sesuaikan judul live streaming game milikmu serta deskripsinya.
  10. Klik “Go Live”.
  11. Kamu sudah terhubung dengan siaran langsung.

Gunakan Webcam Berkualitas

Pastikan kamu menggunakan webcam yang juga berkualitas untuk semakin memantapkan live stream game di Facebook Gaming yang kamu lakukan. Fitur paling unik dari Facebook Gaming adalah caranya mengintegrasikan dengan Facebook secara general.

Dengan adanya fitur ini, maka kamu bisa menarik audiens berdasarkan like, serta berbagai interaksi lainnya yang bisa kamu bangun di media sosial Facebook-mu.


Itu dia sekilas informasi cara live stream di Facebook yang bisa kamu lakukan dari ponselmu. Untuk ulasan dan tips lainnya, simak terus artikel kami.

banner iklan esportsnesia