Cara Membeli Game di Steam Tanpa Kartu Kredit

2278
cara membeli game di steam
Cara membeli game di Steam saat ini sudah memiliki kemudahan.

Dengan kemajuan teknologi, kita bisa membeli berbagai game dengan mudah. Terutama untuk game PC, pengembang membuat game dan menjualnya di berbagai platform. Salah satu platform, yakni Steam, memberikan kemudahan untuk pengguna dengan cara membeli game di Steam dengan simpel tanpa kartu kredit.

Sebagai platform game yang menyediakan koleksi game baik online dan offline dengan segala genre, Steam memberikan kemudahan untuk pelanggan yang ingin membeli game tersebut. Game untuk PC high-end masih sangat diminati oleh anak muda karena memiliki grafis yang sangat keren.

Steam sebagai platform game yang besar, biasanya mengadakan diskon besar saat liburan. Biasanya mereka menjual dengan diskon 50% sampai 75%, bahkan mereka juga sering memberikan game keluaran lama secara gratis kepada pengguna.

Meski sebelumnya pembelian di Steam cukup sulit karena memerlukan kartu kredit, saat ini pengguna bisa membelinya lewat Steam Wallet yang dapat di top-up. Pengguna dapat menggunakan berbagai marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, dan masih banyak lainnya.

Bagaimana cara membeli game di Steam tanpa ribet? Berikut adalah beberapa metode yang perlu diperhatikan dalam membeli game di Steam dengan mudah.

Cara Membeli Game di Steam dengan Mudah – Tutorial

Game Steam
Cara membeli game di Steam memerlukan akun.

Bagaimana cara membeli game di Steam dengan mudah? Pertama, untuk dapat melakukan transaksi di Steam, tentunya kita harus memiliki akun Steam. Tata cara untuk registrasi cukup mudah. Berikut adalah langkahnya:

Membuat Akun Steam

Membuat akun Steam
Cara membuat akun Steam.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki akun Steam. Pengguna perlu mengunjungi situs steam di steampowered.com. Jika sudah masuk ke halaman utama Steam, klik Login yang ada di pojok kanan laman utama.

Ada 2 pilihan yakni Sign Indan Create. Pada bagian Create, klik tombol Join Steamdan isi laman pengisian alamat email serta negara domisili. Cek box CAPTCHA, jangan lupa untuk membaca Terms and Condition. Beri tanda ceklis jika kamu setuju dan telah berumur 13 tahun atau lebih.

Steam memang memberlakukan batasan umur sehingga pastikan pengguna berumur 13 tahun lebih. Setelah itu klik Continue dan Steam akan mengirimkan pesan email verifikasi ke alamat email pengguna. Pengguna perlu melakukan verifikasi lewat link yang dikirimkan via email tersebut.

Jika sudah melakukan verifikasi, kembali ke tab untuk melanjutkan proses registrasi. Isi username dan password, lanjutkan dengan klik Complete Sign Up.” Akunmu selesai dibuat dan siap digunakan.

Instal Steam

Cara instal Steam
Cara instal Steam untuk perangkat PC.

Jika sudah memiliki akun Steam, pengguna harus mengunduh dan menginstal Steam di PC. Pastikan perangkat tersambung dengan internet dengan daya yang cukup. Klik Install Steam” untuk menuju halaman pengunduhan di laman utama Steam.

Setelah klik Install Steam”, pilih penyimpanan, dan pengunduhan pun akan berjalan. Setelah pengunduhan selesai, pengguna perlu membuka file setup yang telah diunduh tersebut. Klik file tersebut dan lakukan instalasi sesuai dengan instruksi sampai selesai.

Pilih Game

game steam
Game di Steam dapat dipilih dengan mudah.

Aplikasi Steam sudah terpasang di komputer, jangan lupa untuk mengkoneksikan akun Steam sebelum memilih game. Jika sudah, pengguna dapat menjelajahi koleksi game yang tersedia, baik dari berbagai genre maupun berdasarkan platform.

Jika memiliki referensi spesifik, pengguna dapat memfilter hasil pencarian dengan menggunakan tag yang spesifik. Seperti “RPG”, “Indie”, atau pencarian spesifik lainnya. Kemudian pengguna bisa langsung menentukan pilihan game yang dibeli. Klik Add to Cart, lanjutkan dengan Continue Shopping jika ingin menambah game lain.

Top-Up Steam Wallet

Top-up Steam Wallet
Top-up Steam Wallet dapat dilakukan di marketplace.

Pengguna yang sudah selesai memilih game dan hendak check out, pastikan dahulu berapa total harga game yang akan dibeli. Steam hanya menyediakan metode pembayaran dengan Visa, eClub Point, dan MasterCard. Namun, pengguna dapat juga menggunakan Steam Wallet yang jauh lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit.

Steam Wallet dapat diisi saldonya dengan cara top-up. Marketplace yang mendukung top up di Steam Wallet adalah Shopee dan Tokopedia. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan top-up di minimarket yang juga menyediakan Steam Wallet.

Cara Beli Steam Wallet via Shopee

cara beli Steam Wallet di Shopee
Cara beli Steam Wallet di Shopee.

Kunjungi laman Shopee dengan menggunakan akun Shopee. Klik menu “Pulsa, Tagihan, dan Tiket”, pilih menu “Steam Wallet IDR”, dan pilih nominal saldo yang sesuai dengan total belanjaan di Steam. Setelah sesuai dengan jumlah yang ditunjukkan, klik “Beli Sekarang” untuk melanjutkan pembayaran.

Pilih metode pembayaran, pengguna dapat melakukan pembayaran via bank transfer, minimarket, maupun Shopeepay. Setelah berhasil melakukan pembayaran, pengguna mendapatkan PIN voucer yang dapat dilihat dalam pesanan. Kemudian, buka Steam klik menu Games” pilih Redeem a Steam Wallet Code.

PiN voucer yang didapatkan setelah pembayaran tidak boleh dibuang. Isi Redeem a Steam Wallet Code dengan PIN tersebut dalam kolom yang tersedia. Klik Continue, jika berhasil Steam Wallet akunmu akan terisi.

Cara Beli Steam Wallet via Tokopedia

Cara beli Steam Wallet di Tokopedia
Cara beli Steam Wallet di Tokopedia.

Selain Shopee, marketplace lainnya yang menyediakan pembelian voucer Steam Wallet adalah Tokopedia. Pilih kategori “Entertainment”, klik “Voucher Game untuk membeli Steam Wallet. Klik “Steam Wallet IDR” sesuai nominal pembelian, lalu klik “Beli”.

Jika pengguna telah mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication, pengguna akan diminta memasukkan kode yang didapatkan lewat SMS sebagai konfirmasi pembelian Steam Wallet. Pada halaman selanjutnya, lakukan checkout pesanan, lalu klik “Lanjut”.

Metode pembayaran bisa melalui ATM, virtual account, atau Saldo OVO. Jika sudah berhasil melakukan pembelian, klik “Detail Transaksi” untuk melihat PIN voucer Steam Wallet.

Pada akun Steam klik Games” kemudian isi Redeem a Steam Wallet Code dengan PIN  tersebut dalam kolom yang tersedia. Klik Continue, jika berhasil Steam Wallet akunmu akan terisi.

Lanjut Checkout

Cara chekckout steam
Game di Steam dapat di check out setelah saldo Steam Wallet terisi.

Saldo Steam Wallet sudah terisi cukup untuk membeli game. Pilih menu Cartdi bagian kanan laman. Klik menu Purchase for myself dan cek metode pembayaran. Jika saldo mencukupi, opsi Steam Wallet otomatis terisi.

Ceklis boks persetujuan dan klik Purchase, maka pembelian game di Steam sudah berhasil. Pengguna hanya perlu menginstal game dan memainkannya.

Cara Memilih Game yang Cocok di Steam

spesifikasi game steam
Selain cara membeli game di Steam, pengguna perlu memperhatikan spesifikasi game.

Tidak hanya cara membeli game di Steam, ada baiknya untuk mengetahui game mana yang cocok bagi perangkatmu. Pasalnya, ada banyak pilihan game di Steam dengan berbagai harga yang berbeda-beda. Misalnya, pengguna perlu memperhatikan panduan komponen game, seperti spesifikasi VGA, RAM, dan CPU.

Akan sangat sayang jika sudah membeli game dengan harga yang mahal, tetapi game tersebut tidak dapat dimainkan karena perangkatnya tidak mendukung. Kedua, pengguna bisa memainkan demo game yang akan dicoba. Bisa jadi game tersebut ternyata cocok untuk dimainkan.

Beberapa game menyediakan versi demo Steam yang bisa dimainkan secara gratis. Pengguna dapat memanfaatkan layanan demo untuk mencoba game tersebut, apakah bisa dimainkan dan apakah pengguna menyukai game itu.

Pengguna juga dapat melihat ulasan game yang sudah dibeli oleh pengguna lain. Jika game tersebut tidak menyediakan versi demonya, maka satu-satunya cara adalah melihat review game tersebut. Review sangat penting karena merupakan ulasan pengguna yang jujur.

Dalam produk game, ulasan menjadi bagian penting karena berdasarkan pengalaman pengguna. Baik dari segi game, cerita, grafis, optimisasi, bugs, dan masih banyak lainnya. Game yang baik akan memiliki ulasan keseluruhan dengan nilai “very positive” dan “overwhelmly positive”.


Itulah cara membeli game di Steam dengan kemudahan pembayaran menggunakan Steam Wallet. Selain memperhatikan cara membeli game di Steam, ada baiknya pengguna juga memperhatikan spesifikasi game yang cocok untuk perangkat maupun selera.