Cara Pasang Game Vita3K, Alternatif Lain untuk Main PS Vita di PC dan Android!

134
cara pasang game vita3k
Sumber: YouTube Kentang Tech

Jika ingin mencari alternatif lain untuk bermain PS Vita, maka cara pasang game Vita3K menjadi hal yang wajib untuk kamu ketahui.

Sebab PS Vita sendiri penjualannya telah dihentikan sejak tahun 2019 lalu sehingga akan sulit mendapatkan konsol beserta gamenya saat ini.

Tapi jangan khawatir sebab kini sudah ada emulator bernama Vita3K. Namun selayaknya emulator pada umumnya, Vita3K hanyalah sebuah media pengganti konsol untuk bisa menampilkan game favoritmu dari Playstation.

Oleh karena itu, bagaimana cara pasang game Vita3k? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini!

Apa Itu Vita3k?

Vita3k merupakan salah satu emulator PS Vita open source untuk PC dan smartphone. Sesuai dengan namanya, emulator ini diperuntukkan bagi para pengguna yang ingin memainkan game di PS Vita tanpa perlu memiliki konsol aslinya.

Selayaknya emulator, Vita3k akan bekerja dengan membuat sistem yang menyerupai PS Vita dan ditampilkan sesuai dengan host yang digunakan. Bisa dengan PC maupun smartphone khususnya Android.

Popularitas PlayStation Vita (PSVita)

Mungkin beberapa orang mungkin masih asing dengan konsol PlayStation Vita (PSVita). Hal ini wajar mengingat konsol ini sudah tak lagi dijual sejak tahun 2019 lalu.

Meskipun begitu, konsol dengan bentuk yang mirip dengan PSP. Namun berbeda dengan PSP, Vita juga bisa menggunakan sinyal biasa seperti 3G dan Wifi, bahkan memiliki kamera belakang sebagai entertainment.

Sayangnya popularitas dan eksistensinya yang sebentar membuat tidak banyak orang sempat memainkannya. 

Namun kini siapapun, baik yang ingin mengenang dan bernostalgia dengan tiap game di dalamnya ataupun mencoba untuk memainkannya perdana juga sudah bisa kamu lakukan mudah di PC maupun smartphone melalui emulator Vita3k?

Spesifikasi Minimum Device Vita3k

Sebelum mengunduh dan mengetahui cara pasang game Vita3K, maka hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah spesifikasi minimum dari device yang digunakan.

Tujuannya tak lain supaya hasil tampilan game kompatibel dan dapat dijalankan dengan lancar pada device yang digunakan.

Seperti yang telah kamu ketahui, emulator Vita3K bisa diakses menggunakan dua device yaitu smartphone dan Android. Berikut adalah spesifikasi minimumnya yang harus dipenuhi!

Spesifikasi PC untuk Vita3k

Secara umum, untuk menjalankan Vita3K di PC kamu perlu menggunakan CPU dengan AVX instruction set dan GPU dengan ketentuan An OpenGL 4.4 capable graphics.

Selain itu, pastikan PC juga telah dilengkapi dengan minimum RAM 4 GB dengan sistem operasi Windows 8/10/11, macOS, hingga Linux (64-bit).

Spesifikasi Android untuk Vita3k

Selanjutnya, spesifikasi minimum dari smartphone Android yang kamu butuhkan untuk bisa mengoperasikan Vita3K tanpa hambatan adalah sebagai berikut:

  • CPU: An AArch64 CPU 
  • GPU: Vulkan 1.0 support 
  • OS: Android versi 7+

Cara Pasang Game Vita3k di PC 

Jika spesifikasi device PC yang kamu miliki sudah cukup mumpuni untuk menjalankan game dan aplikasi Vita3K, maka kamu sudah bisa mulai untuk mengunduh aplikasi tersebut segera.

Supaya lebih mudah, berikut adalah tahapan download dan cara pasang game Vita3k di PC yang dapat kamu coba.

Download Emulator Vita3k

cara pasang game vita3k
Sumber: vita3k.org

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin memainkan game PS Vita di PC yaitu dengan mengunduh emulator Vita3k terlebih dahulu.

  • Buka website resmi Vita3k di vita3k.org.
  • Pada bagian menu, pilih opsi unduh.
  • Kamu akan diarahkan ke beberapa pilihan sistem operasi device. Pilih sesuai kondisi PC-mu. Jika Windows, klik opsi tersebut dari pilihan yang tersedia.
  • Tunggu hingga unduhan emulator tersebut selesai dilakukan.
  • Ekstrak file .rar hasil unduhan dan lalu buka aplikasi tersebut dengan klik pada file bernama Vita3k.exe.

Melakukan Settingan Pertama

Setelah itu, kamu perlu melakukan settingan aplikasi pertama sebelum memasukkan game ke dalamnya.

  • Pilih bahasa yang diinginkan pada saat login masuk dan tekan tombol Next.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih kemana hasil install emulator ini akan disimpan.
  • Klik tombol “Change Emulator Path” dan tempatkan folder instalasi emulator di folder yang telah kamu tentukan. Klik tombol Next untuk melanjutkan arahan.

Download dan Pasang Firmware

cara pasang game vita3k
Sumber: vita3k.org

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasang Firmware dan Font Package. Pilih salah satu untuk diunduh terlebih dahulu dan lakuakn bergantian.

  • Klik tombol “ Download Firmware” pada opsi yang tersedia. Kemudian kamu akan diarahkan masuk ke link resmi Firmware untuk melakukan pengunduhan.
  • Klik tombol “ Download Update.”
  • Sembari menunggu proses pengunduhan selesai, masuk kembali ke Vita3k dan klik tombol “Download Font Package.” Lalu kamu akan diarahkan secara otomatis ke halaman Font Package dan klik tombol “Download.”
  • Setelah keduanya selesai diunduh, lanjutkan dengan klik tombol “Install Firmware File” pada aplikasi Vita3k.
  • Pilih file Firmware yang sebelumnya telah diunduh dan tunggu hingga proses instalasi selesai dilakukan.
  • Ulangi cara sebelumnya, namun memasukkan file Font Package yang juga tadi telah selesai diunduh.
  • Apabila tanda x sudah berubah menjadi v, maka semua perintah tersebut sudah berhasil dilakukan. Lalu tekan tombol “Next.”

Setelah itu, akan muncul notifikasi jika Vita3k sudah selesai diinstal maka buatlah akun yang sesuai dengan identitasmu.

Download Game di Romsfun

Selanjutnya, kamu dapat mengunduh game PSVita secara manual di pada link  romsfun.com/roms/ps-vita. Lalu, cari game favoritmu dan lakukan pengunduhan ke dalam device.

Setting dan Cara Pasang Game Vita3k PC

cara pasang game vita3k
Sumber: YouTube Kentang Tech

Langkah terakhir dari cara pasang game di Vita3K PC adalah melakukan setting file yang tepat.

  • Buka folder game yang telah diunduh, pilih folder “App” yang ada di dalamnya dan klik folder yang berisikan kode dari game tersebut.
  • Ubah file tersebut menjadi zip dan kumpulkan di satu folder yang sama dengan game lainnya.
  • Masuk ke aplikasi Vita3K. Klik menu file pada bagian pojok kiri atas layar dan pilih opsi install .zip .vpk.
  • Kamu akan diarahkan untuk memilih file zip yang berisikan game tersebut dan klik tombol open.
  • Tunggu hingga instalasi selesai dan game tersebut sudah siap kamu mainkan di PC.

Cara Pasang Game Vita3k di Android

Hampir serupa dengan PC, kamu perlu mengunduh apk Vita3k di vita3k.org dan pilih opsi Android untuk memulai proses download. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Apabila sudah selesai, jangan lupa untuk langsung memulai proses instalasi apk. Tersebut di dalam devicemu.

Selanjutnya, persis seperti versi PC-nya, kamu perlu melakukan setting utama dengan memilih bahasa dan mengunduh Firmware sebelum diinstal kembali dalam emulator tersebut. 

Lalu lanjutkan prosesnya hingga mendapatkan konfirmasi jika Vita3k telah selesai diinstal. Barulah setelah itu kamu dapat meneruskan cara pasang game Vita3k di Android sesuai tahapan berikut ini,

  • Cari game Rom untuk PSVita dengan menuliskan “Download Game PSVita Rom” di browser dan cari game favorit yang pada website yang muncul paling atas dalam kolom pencarian.
  • Setelah game selesai diunduh, gabungkan file zipnya dengan game lain dalam satu folder.
  • Kembali ke aplikasi Vita3k dan klik menu File pada pojok kiri layar dan pilih opsi install .zip .vpk.
  • Masukkan file zip game tersebut sesuai yang kamu inginkan dan tunggu proses instalasi dalam aplikasi selesai. Setelah itu kamu sudah dapat memainkan game tersebut dari layar smartphone milikmu.

Itulah cara pasang game Vita3k di Android maupun PC yang bisa kamu contoh dan coba lakukan. Bagaimana? Semakin tertarik untuk mencobanya?