EVOS Esports di Tahun 2020

3
277
Yuk, Kenalan dengan EVOS Esports | Esportsnesia.com
Ad

Siapa sih yang tidak kenal dengan EVOS Esports? Kalau kamu mengikuti perkembangan esports tanah air, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan organisasi esports multidivisi yang didirikan oleh Ivan Yeo.

Sebelumnya, Esportsnesia sudah pernah memperkenalkan EVOS di tahun 2018. Di kala itu, kamu masih bisa menjumpai Jess No Limit di divisi Mobile Legends: Bang Bang-nya. Namun, dalam waktu 2 tahun tersebut, tentu ada banyak hal yang terjadi, seperti munculnya divisi baru Call of Duty: Mobile!

Tidak hanya itu, dari segi sponsor, EVOS juga kini didukung oleh brand-brand besar, seperti Lazada, AXIS, AXE, Sukro, Nimo Tv, Top Coffee, Pop Mie, J&T Express, dan CBN Fiber!

Sekilas tentang EVOS Esports

EVOS mulanya hanya memiliki tim Dota 2 yang direkrut oleh Ivan Yeo ketika menjadi EO (Event Organizer) di turnamen AES (Asian Electronics Sports) Games.

Untuk merekrut tim pertamanya, Ivan memberikan tambahan berupa sponsorship bagi tim yang keluar sebagai pemenang. Turnamen tersebut pun dimenangkan oleh Rex Regum Qeon (RRQ) sebagai juara pertama, Kanaya Gaming sebagai juara kedua, dan Majapahit sebagai juara ketiga.

EVOS Juara COD Mobile Warfare

Namun, RRQ dan Kanaya Gaming sudah memiliki sponsor. Alhasil, Majapahit yang saat itu dikelola oleh Tribekti (dulunya dikenal dengan Zero Latitude) diakuisisi menjadi tim Dota 2 EVOS Esports.

Saat ini, cakupan EVOS telah melebar jauh hingga ke negeri gajah putih Thailand sambil menggaet beberapa tim-tim lokal di negara tersebut. Tidak hanya itu, di skala nasional EVOS juga kini telah berkembang dan melahirkan divisi-divisi baru.

Apa saja divisi EVOS Esports?

Setelah bergelut di dunia esports, EVOS Esports telah mengomandoi banyak divisi yang merupakan hasil ekspansi ke mobile esports.

Namun, di samping ekspansinya, ada juga berita sedih dimana beberapa tim yang dibentuk di awal sudah tidak tampak lagi di situs resminya.

Contohnya adalah tim League of Legends dan Dota 2. EVOS Dota 2 resmi Bubar setelah unggahannya di kanal YouTube EVOS yang merilis sebuah video “Terima kasih, EVOS Dota 2” pada 10 Oktober 2019. Hal ini disinyalir karena semakin sedikitnya animo penonton dan juga pagelaran turnamen Dota 2.

Akan tetapi, jangan bersedih dulu. Berpindah ke zaman now, EVOS Esports tentunya juga memiliki divisi baru. Yuk, kita kembali berkenalan dengan EVOS di tahun 2020!

1EVOS Arena of Valor

EVOS Arena of Valor

Tim EVOS AOV beranggotakan Henrikus “Carraway” Teja berperan sebagai role support, Gilang Dwi “FALL” Fallah sebagai midlaner, Farhan “Hanss” Akbari sebagai side lane, Hartanto “Pokka” Lius sebagai support, Satria “Wirraww” Adi sebagai jungler, dan terakhir Hartawan “Wyvorz” Muliadi yang berperan sebagai side lane.

Prestasi terhangat yang diraih EVOS AOV adalah memenangkan kejuaraan ketiganya pada gelaran AOV Star League Season 3, pada 14 September 2019 lalu.

Dengan kemenangan berturut-turut ini, EVOS AOV berhak menyandang gelar tim Arena of Valor (AOV) terbaik di Indonesia.

2EVOS Mobile Legends

EVOS Mobile Legends

Tim Mobile Legends yang satu ini tidak pernah berhenti berprestasi. Prestasi terhangat yang diraih EVOS Mobile Legends adalah memenangkan kejuaraan dunia M1 World Championship 2019 yang digelar di Kuala Lumpur. Tidak hanya M1, EVOS juga berhasil menjadi juara dari Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 4.

EVOS MLBB sendiri diisi oleh pemain-pemain baru, meskipun masih ada pemain lama seperti Donkey. Nah agar kalian lebih mengenal tim yang satu ini, berikut nama-nama para pemain dalam tim EVOS Mobile Legends beserta perannya dalam tim:

  • Yurino “Donkey” sebagai tank
  • M “Butts” Satrya sebagai offlaner
  • Miftach “Revicii” Fauzan sebagai hard core
  • M Farhan “Larajie” sebagai offlaner
  • Raihan “Bajan” Delvino sebagai tank
  • Ihsan “Luminaire” Besari sebagai support
  • Fahmi “Rexxy” Adam sebagai midlaner
  • Muhammad “Wann” Ridwan sebagai midlaner
  • Gustian “Rekt” sebagai carry

3EVOS Mobile Legends Ladies

EVOS Mobile Legends Ladies

Selain tim MLBB pria, EVOS Esports juga memiliki divisi khusus ladies! Team ML Ladies satu ini memulai debutnya sejak 30 Agustus 2019. Tim ini diisi oleh beberapa nama yang pastinya tidak asing lagi.

EVOS ML Ladies memiliki roster yang terdiri dari:

  • Listy “Listychan” sebagai fighter/marksman
  • Jessica “Pica” sebagai mage/marksman
  • Winda “Earl” sebagai tank/support
  • Fanny “Funi” sebagai marksman/fighter
  • Violeta “Caramel” sebagai all role
  • Crestisa “Pucci” sebagai tank/support

4EVOS Point Blank

EVOS Point Blank

Tidak hanya Mobile Legends, tim Point Blank EVOS ini juga diisi oleh para ladies, loh! Tim ini beranggotakan:

  • Indri “Clarity” Seriyana
  • Zulfa “Shiny” Hamid
  • Maria “Cyrus” Rasandy
  • Priscilla “Cronoz” Angelica
  • Devy “Rdev”.

Tim dengan srikandi-srikandi cantik ini sudah banyak menorehkan prestasi mengharumkan nama EVOS. Salah satu prestasinya adalah menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Point Blank International Women Cup (PBIWC) 2019 yang berlangsung di Rusia tahun 2019. Meskipun tidak menjadi juara, namun di ajang internasional ini mereka berhasil menjadi Runner-up PBICW 2019.

5EVOS PUBG Mobile

Memulai perjalanannya sejak 28 Mei 2018, tim PUBG Mobile EVOS kini beranggotakan:

  • Andiray “Foxe” Tjiutra
  • Kevin “Kayzee” Zakharia
  • Fatria “EXC” Airlangga Lubis
  • Satrio”Zekkein” Aprian

Prestasi paling menonjol dari tim EVOS satu ini adalah saat berhasil merebut juara 1 pada gelaran PUBG Mobile Indonesia National Championship (PINC) 2019.

Setelah prestasi gemilangnya di PINC 2019, tim satu ini belum menunjukkan kelasnya setelah beberapa kali harus berganti roster.

6EVOS COD Mobile

EVOS COD Mobile

Meskipun turnamen Call of Duty: Mobile (COD Mobile) masih terbilang sedikit, namun antusias pemain dan penggemarnya yang tinggi turut membuat beberapa organisasi esports untuk melirik dan melahirkan divisi COD Mobile. Begitu juga dengan EVOS Esports.

Pada 23 Oktober 2019, EVOS  resmi mengumumkan berdirinya divisi ini lewat akun Instagram resmi mereka.

Anggota tim COD Mobile EVOS pun terdiri dari:

  • Ade “Kiola” Ilham sebagai rusher
  • Kevin “Legion” Ponto sebagai sniper
  • Luthfi “Strix” Ansyah sebagai rusher
  • Arjune “Vain” Timothy sebagai rusher
  • Luis “Wizz” sebagai support

Meskipun dibentuk belum lama, Tim Evos COD Mobile berhasil membuktikan kepiawaiannya dengan berhasil memenangkan gelaran Call of Duty Mobile Warfare.

7EVOS Free Fire

EVOS Free Fire

Divisi terakhir EVOS di Indonesia adalah Free Fire. Tim ini pun beranggotakan: Abu “abu”, Regi “MRO5” Pratama, Saeful “SAM-13” M, dan M “Street” Afaiq.

Sebelum diakuisisi EVOS, para pemain ini tergabung dalam Capital Esports dan menunjukkan kepiawaiannya dengan menjuarai Free Fire Indonesia Master Season 1.

Prestasi lain yang patut dibanggakan terrekam saat berlaga di Free Fire World Series dimana EVOS Capital berhasil mendapatkan juara 1.

Bahkan di skala Indonesia, tim EVOS masih terpandang di atas angin dengan beragam titel yang pernah diperolehnya.


Itu dia pembahasan mengenai salah satu organisasi esports terkeren di Indonesia. Sepak terjang EVOS dalam melakukan proliferasi di dunia esports tentu pantas untuk dikagumi.

Peran aktifnya dalam membentuk tim profesional yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional juga patut dijadikan contoh bagi anak muda yang ingin berkecimpung di dunia esports.

Tertarik untuk menjadi bagian dari EVOS Esports?

3 COMMENTS

Comments are closed.