UMR Lewat, Yuk Intip Kisaran Gaji Player Esports ML di Indonesia!

668
Gaji Player Esports ML
Sumber: Instagram @rrq_vyn

Gaji player esports ML seringkali menjadi pertanyaan yang menarik perhatian bagi publik, khususnya para penggemar game MOBA ini.

Terlebih, Mobile Legends menjadi salah satu permainan paling populer di Indonesia sehingga juga memiliki jumlah player dan penggemar yang tidak sedikit pula.

Namun siapa sangka, popularitas Mobile Legends seperti ini ternyata mampu menjadi ladang pencaharian yang besar bagi para pro player-nya. 

Bagaimana tidak penasaran, suatu turnamen dalam skena profesional MLBB kerap menawarkan prize pool yang tidak main-main. Tentu saja perolehan dari kompetisi tersebut akan berpengaruh terhadap nominal gaji player esports

Memang berapa sih kisaran rata-rata gaji player esports ML di Indonesia hingga banyak orang yang kini bermimpi untuk menjadi seorang pro player juga? 

Yuk simak gambaran lengkapnya sekaligus daftar 5 gaji player esports ML tertinggi asal Indonesia pada artikel berikut ini!

Berapa Kisaran Gaji Player Esports ML?

Secara umum, gaji player esports ML tentu akan berbeda-beda tergantung dari tim, pengalaman dan prestasinya selama berkompetisi.

Salah satu pemain dari RRQ Hoshi yaitu Xin, pernah membeberkan jika kisaran gaji player esports ML dibedakan juga berdasarkan MPL dan MDL.

Secara skema, turnamen MPL memiliki posisi level turnamen yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan MDL. Oleh karena itu, gaji pemain MPL akan lebih besar yaitu mulai dari Rp. 7 Jutaan.

Berbeda dengan MDL, para pro player biasanya mendapatkan kisaran gaji sekitar Rp. 3-4 Jutaan. Angka ini belum ditambahkan dengan bonus dan hadiah jika pemain tersebut berhasil berprestasi pada berbagai kompetisi yang diikutinya.

Top 5 Gaji Player Esports ML Tertinggi di Indonesia

Dilansir dari esportearnings, MLBB menjadi penyumbang prize pool tertinggi kedua setelah Free Fire.

Game MOBA ini menyumbangkan $9,829,333.85 dari skena kompetitif resmi. Angka tersebut baru saja dirilis oleh Esportearnings dengan periode pembukuan dari 2017-09-01 hingga 2023-07-30.

Angka yang cukup fantastis bukan? Lalu kira-kira bagaimana ya perolehan individualnya khususnya bagi pemain di negara kita?

Berikut adalah list top 5 kisaran gaji player esports ML tertinggi di Indonesia yang mungkin akan membuat Anda iri!

Calvin “Vyn” dari Bigetron Alpha

Gaji Player Esports ML
Sumber: Instagram @rrq_vyn

Calvin “Vyn“, baru saja memulai petualangan dengan Bigetron Alpha pada Mei 2023 lalu. Ia berhasil membukukan pendapatan sebesar $128,520 atau setara 1,8 Milyar Rupiah per 30 Juli 2023.

Pendapatan Vyn Bigetron Alpha menjadi pro player MLBB dengan pendapatan tertinggi saat ini. Bahkan, MPL Indonesia Season 5 dan 6 inilah yang menjadi penyumbang terbesar dari total pendapatannya.

Hebatnya, Vyn selalu konsisten menjadi player dengan total pendapatan tertinggi sejak tahun lalu.

Muhammad “Butsss” Satrya Sanubari dari Onic Esports

Gaji Player Esports ML
Sumber: Instagram @msatryas

Di posisi kedua, ada Muhammad “Butts” Satrya Sanubari dengan perolehan $123,153.33 atau setara 1,8 Milyar Rupiah. 

Perolehan Butts per 30 Juli 2023 hanya beda tipis $5,000 dolar dengan Vyn yang sejak tahun lalu menjadi pemain MLBB dengan penghasilan terbesar.

Menariknya, tahun 2023 adalah tahunnya Butts Onic. Tahun ini Butts sukses membukukan pendapatan $57,357.14 atau meningkat hampir 50% dari tahun 2023.

Butts sang Exp Laner Onic sukses menjadi pemuncak dalam MPL Indonesia Season 11, MLBB Southeast Asia Cup 2023 dan Snapdragon Pro Series Season 3 SEA – Challenge Finals.

Ia pun sukses menaklukan RRQ pada M4 World Championship dan menjadikan Onic menduduki peringkat ke 4 pada kompetisi tersebut.

Muhammad “Lemon” Ikhsan dari RRQ

Gaji Player Esports ML
Sumber: Instagram @ikhsan_lemon

Di Posisi ke 3, pemain dengan total gaji tertinggi ada Muhammad “Lemon” Ikhsan. Roster RRQ ini menambahkan pendapatan $14,719.04 hingga akhir Juli 2023.

Adapun total pendapatan Lemon RRQ sepanjang karir profesionalnya mencapai $120,285.57 atau setara dengan 1,7 Milyar Rupiah.

RRQ menjadi tim labuhan Lemon dan membuat pro player ini meraih banyak prestasi sekaligus menjadikannya jajaran pemain dengan pendapatan yang fantastis.

Berdasarkan catatan esportearnings, Lemon RRQ meraih penghasilan terbesarnya pada tahun 2020. Pada tahun tersebut Lemon RRQ berhasil membukukan pendapatan $43,933.33

Total pendapatan tersebut sebagian besar disumbangkan dari kompetisi MPL Indonesia Season 5 dan 6. Saat itu Lemon dan RRQ berhasil menjadi pemuncak pada kompetisi MLBB bergengsi tingkat nasional.

Calvin “CW” Winata dari Onic Esports

Gaji Player Esports ML
Sumber: Instagram @calvinwinataa

Onic Esports merupakan salah satu tim dengan penghasilan fantastis. Calvin “CW” Winata dari Onic Esports pun menjadi salah satu jajaran atlet dengan penghasilan fantastis.

CW Onic berhasil membukukan $119,344.44 atau 1,7 Milyar Rupiah selama menekuni dunia profesional MLBB.

Sebagai informasi tambahan, CW Onic sang gold laner andalan tim landak kuning ini sebelumnya sempat mencicipi skena kompetitif AOV.

Sama halnya seperti Butts Onic, hingga pertengahan tahun 2023 CW Onic berhasil membukukan pendapatan yang fantastis. Nominal uang senilai $57,357.14 menjadi rekor tersendiri bagi pendapatan CW Onic.

Torehan prestasi CW Onic dalam kompetisi MPL Indonesia Season 11, MLBB Southeast Asia Cup 2023, Snapdragon Pro Series Season 3 SEA – Challenge Finals dan M4 World Championship inilah yang menjadi penyumbang signifikan bagi total gaji roster berusia 22 tahun ini.

Gilang “SANZ” dari Onic Esports

Gaji Player Esports ML
Sumber: Instagram @sanz_gilang10

Masih dari tim Landak kuning, di urutan ke 5 ada Gilang ” Sanz” Onic yang memiliki total pendapatan  $116,033.33 atau setara dengan kisaran 1,7 Milyar Rupiah.

Tahun 2023 memang merupakan tahunnya Onic, roster utamanya tentu mencicipi hasil kerjasama tim dalam bentuk reward penghasilan yang fantastis.

Sanz Onic sang Mid Laner, bahkan menyabet dua penghargaan individu yakni Regular Season MPV dan Finals MPV pada MPL Indonesia Season 11

Penghargaan tersebut memberikan ekstra reward bagi Sanz Onic dengan total hadiah $3,000.

Angka-angka yang disebutkan di atas merupakan total pendapatan dari kompetisi yang diikuti oleh para pemain. Pendapatan tersebut cukup fantastis di usia para pemain yang terbilang masih muda.

Adapun gaji player esports ML ini juga memiliki rate yang beragam tergantung tim tempat bernaung dan skill yang dimiliki.

Gambaran perolehan pendapatan di atas menunjukan betapa prospektifnya profesi satu ini, dengan catatan harus disertai dengan skill yang mumpuni dan jiwa kompetitif.

Bagaimana, semakin tertarik untuk jadi pro player esports?

banner iklan esportsnesia