Deretan 5 Pemain Esports Wanita Indonesia dengan Prestasi Gemilang di Tahun 2023

538
pemain esports wanita indonesia
Sumber: Instagram @garudaku.esi

Mungkin banyak yang belum tahu jika banyak pemain esports wanita Indonesia yang berbakat sekaligus memiliki prestasi gemilang tidak kalah dari player pria pada umumnya.

Fenomena ini jelas tidak bisa dipisahkan dari dunia esports di Indonesia semakin berkembang. Hal ini terbukti dengan diberikannya ruang khusus bagi wanita untuk unjuk gigi secara profesional. 

Sepanjang tahun 2023 ini terdapat beberapa deretan pemain esports wanita Indonesia dengan prestasi gemilang.

Tentunya, ruang yang diberikan khusus bagi srikandi esports ini, semakin membuktikan bahwa wanita pun mampu berkiprah dengan gemilang sebagai atlet esports sekalipun.

Kira-kira, siapa saja pemain esports wanita Indonesia yang berprestasi khususnya di tahun 2023 ini? Yuk simak daftarnya pada artikel berikut ini!

Daftar Pemain Esports Wanita Indonesia Terbaik yang Layak Diperbincangkan!

Dunia esports di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan dari tahun ke tahun. 

Saat ini Indonesia menempati urutan ke 21 Highest Earning by Country dengan perolehan total sekitar 15,9 juta dolar atau setara dengan 245 Miliar Rupiah!

Angin segar kian berhembus di dunia esports Indonesia, khususnya bagi para pemain wanita.

Perhatian ini semakin terlihat dengan banyaknya diselenggarakan turnamen khusus wanita semakin membuka peluang para esports ladies untuk unjuk gigi dalam turnamen bergengsi. 

Sebut saja IESPL Women Championship (IWC) yang membuka kesempatan para ladies MLBB untuk dapat melaju ke kompetisi Internasional.

Adanya ruang bagi pemain profesional esports wanita membuat tentunya membuat ranah ini menjadi lebih berwarna. 

Kemampuan para srikandi esports ini pun tidak dapat dipandang sebelah mata. Skill mereka dapat disejajarkan dengan para pemain pro lainnya.

Supaya kamu semakin kenal dengan mereka, berikut adalah pemain esports Wanita Indonesia dengan prestasi gemilang di tahun 2023 yang layak untuk diketahui banyak orang, diantaranya adalah:

#1. Vivi “Vivian” Indrawaty dari Bigetron Era

pemain esports wanita indonesia
Sumber: Instagram @btr_vivian

Bagi pecinta MLBB khususnya MLBB ladies pasti tidak asing dengan Vivian. Vivian yang bergabung dengan Bigetron Era sejak tahun 2020 ini telah mencatatkan namanya pada 27 kompetisi bergengsi.

Ia pun juga menorehkan prestasi dengan dianugerahi penghargaan Final MVP pada kompetisi Woman Star League Season 4 tahun 2022.

Bahkan di tahun 2023 ini, banyak yang sudah memprediksi jika karir Vivian akan makin bersinar. Bahkan ia baru saja menyelesaikan kompetisi WSL Season 7 dan berhasil finish sebagai juara pertama.

Tidak hanya itu saja, Vivian yang tergabung dengan Bigetron Era ini pun berhasil menjadi pemuncak dalam kompetisi MLBB Women’s Invitational 2023.

Hebatnya lagi, pro player wanita berusia 24 tahun ini pun dipercaya mewakili Indonesia dalam 32nd SEA Games – Women’s Tournament. Dimana Vivian dkk berhasil membawa medali emas dalam laga dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut.

#2. Cindy “Cinny” Laurent Siswanto dari Bigetron Era

pemain esports wanita indonesia
Sumber: Instagram @btr_cinny

Pemain esports wanita Indonesia lainnya yang tidak kalah berprestasi adalah Cinny. Roamer andalan Bigetron Era ini memiliki segudang prestasi, bahkan ia pun kerap mendapatkan penghargaan pribadi atas performanya dalam kompetisi yang dijalani.

Meski terbilang masih muda, Cinny mampu membuktikan kemampuannya untuk mendukung tim nya menjadi juara.

Bahkan sejak akhir tahun 2021 lalu, Cinny selalu mendapatkan peringkat 1 untuk setiap kompetisi yang diikutinya hingga sekarang. Tidak heran jika banyak lawan yang segan saat berhadapan dengannya.

Sedangkan di tahun 2023 ini, Cinny menyabet dua penghargaan sebagai Final MPV pada kompetisi WSL Season 7 dan MLBB Women’s Invitational 2023.

Berkat kerjasama tim yang solid dan skill yang mumpuni, Cinny yang berusia 19 tahun ini berhasil mengantarkan Bigetron Era menjadi pemuncak pada kompetisi bergengsi.

Sepanjang 2023, Ia berhasil menjadi pemuncak pada kompetisi bergengsi seperti WMI 2023, WSL Season 6 & 7 dan IESPL Women Championship.

Cinny pun berkesempatan untuk mengharumkan nama bangsa dengan menjadi bagian Timnas pada 32nd SEA Games – Women’s Tournament. Ia berhasil menyumbangkan medali emas dalam ajang tersebut.

#3. Odella “Enerii” Abraham dari Team SMG

pemain esports wanita indonesia
Sumber: Instagram @ligagame_tv

Berkiprah sejak tahun 2020 membuat Enerii sudah merasakan asam garam di skena esports terutama Valorant.

Torehan prestasi Enerii sebagai duelist Valorant cukup populer, sebab ia dan Alter Ego berhasil menjadi juara bertahan VCT 2022.

Meski tahun ini Ia harus berganti seragam dengan Team SMG, namun Enerii tetap mampu mempertahankan torehan prestasi dengan menjadi pemuncak kompetisi VCT 2023 edisi 2 dan 3.

#4. July “Eisberg” Kusuma dari RRQ

pemain esports wanita indonesia
Sumber: Instagram @rrq_eisberg

July Kusuma memulai kiprah profesional dalam dunia esports sejak tahun 2020. Ia mengawali karirnya sebagai Counter-Strike: Global Offensive player.

Namun kemudian Ia fokus untuk menjadi pemain Valorant. Prestasinya sebagai pemain Valorant tidak perlu diragukan lagi, berbagai kompetisi mulai dari tier C hingga B kerap ia jalani.

Bakatnya memang sudah sangat terlihat sejak dirinya bergabung dengan Celeste Esports. Puncaknya, ia bergabung dengan Alter Ego dan sering memenangkan juara 1 untuk sebagian besar pertandingan yang diikutinya dalam kurun waktu 2021-2022.

Tapi sejak awal tahun 2023 ini, ia memutuskan untuk bergabung dengan RRQ. Meski terlihat masih menyesuaikan cara bermain tim ini tapi Eisberg berhasil meraih juara 3 dan 2 untuk kompetisi VCT 2023: Game Changers APAC Open 2 serta 3.

#5. Nabila “Babyla” Rahmarizarti Maharani dari Bigetron Ace

pemain esports wanita indonesia
Summber: Instagram @btr_babyla

Nama BabyLa tentunya sangat akrab bagi pecinta PUBG. Pemain kelahiran tahun 2000 ini memiliki prestasi gemilang baik itu skala nasional maupun internasional.

Baru-baru ini Babyla mendapatkan penghargaan sebagai Fan Favourite Player pada laga Ruthless Esports Invitational Showdown Asia: Season 2.

Tak hanya itu, Ia pun sempat didapuk sebagai MPV Grand Final pada liga pro PUBG Indonesia PMVB (PUBG Mobile Valkyrie Battleground) Season 2Bahkan, Babyla dan rekan setimnya juga berhasil menjadi pemuncak pada ajang bergengsi tahunan tersebut.


Nah demikian 5 pemain esports Wanita Indonesia dengan prestasi gemilang sepanjang tahun 2023 yang layak mendapatkan sorotan publik lebih baik.

Ruang kompetisi khusus wanita telah membuka kesempatan bagi para peminat esports khususnya wanita untuk mengasah skill dan melebarkan sayap pada skena kompetitif. Kira-kira dari daftar di atas, maka player favorit andalanmu?

banner iklan esportsnesia