Daftar Pendapatan Pro Player Mobile Legends Tertinggi di Indonesia

1367
Pendapatan Pro Player Mobile Legends
Sumber: Instagram (@rrq_vyn)

Para penggemar esports tentu seringkali penasaran dengan berapa pendapatan pro player Mobile Legends yang sudah berhasil mereka kumpulkan. Sebab, para pemain berani untuk menjadikan esports ini sebagai mata pencaharian utama secara profesional.

Namun sama seperti halnya pegawai kantoran, pendapatan pro player Mobile Legends ini tentu akan berbeda-beda setiap orangnya tergantung dari prestasi dan tim yang dipilihnya.

Jadi semakin tinggi prestasi yang mereka miliki tentu pendapatan dan gaji dari tim juga akan menjadi lebih tinggi.

Namun berapa pendapatan pro player Mobile Legends yang sebenarnya dan siapa saja pemain yang memiliki penghasilan paling tinggi di Indonesia?

Simak daftar pendapatan pro player Mobile Legends pada artikel di bawah ini!

Pendapatan Pro Player Mobile Legends Tertinggi di Indonesia

Dilansir dari situs esportsearnings, telah dirilis data mengenai pendapatan pro player dari berbagai jenis game salah satunya adalah Mobile Legends diurutkan dari yang paling besar. 

Uniknya, sebagian besar posisi atas dari semua pendapatan pro player Mobile Legends di seluruh dunia ternyata dikuasai oleh banyak pemain asal Indonesia. 

Hal ini membuktikan bahwa para pro player asal Indonesia memiliki kualitas permainan yang bagus sehingga sering memenangkan turnamen internasional. 

Siapa saja dan berapa pendapatan pro player Mobile Legends tertinggi di Indonesia?

Berikut daftar lengkapnya!

Pendapatan Pro Player MLBB #1: RRQ Vyn

Pendapatan pro player Mobile Legends tertinggi di seluruh dunia yang pertama jatuh kepada RRQ Vyn. Pemain yang memiliki nama asli Calvin ini dikenal dengan kecerdasannya di dalam tim terutama saat menggunakan hero Franco.

Pendapatan yang sudah dihasilkannya selama berkarir bahkan mencapai $112,931.67 atau setara dengan Rp. 1,75 miliar. Ini tentu merupakan jumlah yang sangat banyak bagi karir seorang pro player.

RRQ Vyn mulai bergabung dengan tim dan memperkuat strategi di dalamnya sebagai seorang roamer sejak kompetisi MPL Indonesia Season 4 dan langsung meraih juara 2 pada awal debutnya. 

Tidak hanya itu saja, ia bahkan berhasil menjadi juara 1 untuk kompetisi MPL Indonesia Season 5, 6 dan 9 sehingga memiliki akumulasi hadiah yang fantastis. 

Dimana angka yang telah tertera belum termasuk dengan gaji pokok bulanan dari tim, kontrak brand dan juga livestream.

Pendapatan Pro Player MLBB #2: RRQ R7

Pendapatan Pro player Mobile legends
Sumber: Instagram (@rrq_r7)

Selain Vyn, pendapatan pro player Mobile Legends tertinggi kedua di dunia yaitu diraih oleh RRQ R7. R7 atau pemilik nama asli Rivaldi Fatah ini juga tergabung dalam RRQ Hoshi, tim yang sama dengan Vyn.

Pada tim ini, RRQ R7 memiliki posisi sebagai EXP Laner sekaligus merangkap sebagai kapten tim roster miliknya. 

Banyaknya prestasi yang didapatkan selama berkarir profesional sejak tahun 2019 ini membuatnya berhasil mengumpulkan pendapatan senilai $103,165 atau setara dengan Rp. 1,58 Miliar.

Pendapatan Pro Player MLBB #3: EVOS Rekt

Pendapatan Pro player Mobile legends
Sumber: Instagram (@gustiann.rekt)

Posisi ketiga untuk pendapatan pro player Mobile Legends tertinggi di dunia yaitu adalah EVOS Rekt atau Gustian. 

Pemain senior yang satu ini tercatat telah memiliki pendapatan sekitar $79,486 atau setara dengan Rp. 1,2 Miliar dari hasil prestasinya memenangkan banyak turnamen bergengsi.

Beberapa totalan dari keseluruhan pendapatannya ini didapatkan atas kemenangan dari banyak turnamen besar seperti juara 1 MPL Indonesia Season 4, juara 1 M1 World Championship dan masih banyak lagi.

Jadi tidak heran jika EVOS Rekt masuk namanya ke dalam daftar pro player Mobile Legends dengan penghasilan tertinggi ketiga baik di dunia maupun di Indonesia.

Pendapatan Pro Player MLBB #4: RRQ Alberttt

Pendapatan Pro player Mobile legends
Sumber: Instagram (@rrq_alberttt)

Masih didominasi oleh tim RRQ Hoshi, pendapatan pro player Mobile Legends tertinggi keempat di Indonesia dan ketujuh dunia saat ini yaitu adalah Alberttt. 

Pria kelahiran 2004 ini menjadi salah satu pemain muda yang sudah menunjukkan kehebatannya sejak awal debut. Tidak heran jika para penggemar Mobile Legends memberinya julukan sebagai “Baby Alien”.

Dimana, total nilai pendapatan yang dimiliki yaitu adalah $76,445 atau setara dengan Rp. 1,17 Miliar untuk 7 turnamen yang pernah diikutinya. 

Hal ini tidak mengherankan mengingat RRQ Hoshi berhasil memenangkan banyak turnamen bergengsi seperti yang terbaru yaitu juara 1 MPL Indonesia Season 9 dengan total hadiah $28,000 diluar gaji bulanan dan bonus tim.

Pendapatan Pro Player MLBB #5: RRQ Xinn

Pendapatan Pro player Mobile legends
Sumber: Instagram (@rrq_xinn)

Selanjutnya, pendapatan pro player Mobile Legends tertinggi kelima di Indonesia dan kedelapan di dunia ini dipegang oleh RRQ Xinn. 

Xinn atau yang memiliki nama asli Yesaya Armando Wowiling ini merupakan pria kelahiran tahun 1998 namun sudah sukses memiliki penghasilan hingga mencapai $74,776 atau setara dengan Rp. 1,14 Miliar. 

Sama seperti anggota tim RRQ Hoshi lainnya, Xin berhasil menjuarai banyak turnamen bergengsi dengan hadiah yang fantastis seperti juara 1 MPL Indonesia Season 5 dan 6 bersama dengan Alberttt, Vyn, dan juga Rekt.

Hal inilah yang membuatnya dapat memiliki penghasilan yang fantastis belum termasuk gaji bulanan, kontrak produk dan juga pendapatan dari livestream.

Pendapatan Pro Player MLBB #6: ONIC Drian

Pendapatan Pro player Mobile legends
Sumber: Instagram (@driandlarsen)

Adriand Larsen Wong atau yang biasa dikenal dengan sebutan ONIC Drian juga turut mengisi daftar pendapatan pro player Mobile Legends tertinggi keenam di Indonesia dan kesebelas di dunia.

Jumlah penghasilan yang didapatkan oleh Drian ini bahkan sudah mencapai $70,261 atau setara dengan Rp. 1,07 Miliar.

Mid Laner dari tim landak kuning ini bahkan sudah menunjukkan performa yang menggembirakan pada debut profesionalnya dengan menjadi juara 1 pada laga Piala Presiden Esports 2019 dan MPL Indonesia Season 3. 

Bahkan yang terbaru, ia berhasil menjadi juara 2 MPL Indonesia Season 9 dengan hadiah $13,440 atau setara dengan Rp. 206 Juta per orang. 

Jadi tidak heran jika Drian berhasil menjadi salah satu pemain Mobile Legends dengan penghasilan tertinggi di Indonesia.

Pendapatan Pro Player MLBB #7: RRQ Lemon

Pendapatan Pro player Mobile legends
Sumber: Instagram (@ikhsan_lemon)

Tidak habis-habisnya para anggota RRQ Hoshi dinobatkan sebagai pemain Mobile Legends dengan pendapatan tertinggi, Lemon atau Muhammad Ikhsan juga turut memeriahkan daftar tersebut.

Pendapatan pro player Mobile Legends yang dimiliki oleh RRQ Lemon ini bahkan mencapai $67,591 atau setara dengan Rp. 1,03 Miliar. 

Dilansir dari esportsearnings, angka ini adalah akumulasi hingga pertandingan di tahun 2020. Jadi, besar kemungkinannya jumlah ini akan semakin besar seiring dengan banyaknya turnamen yang berhasil dijuarainya.

Total pendapatan ini dihasilkan dengan karena banyak prestasi yang sudah diraih mulai dari juara 1 MPL Indonesia Season 2, 5, 6, dan 9 serta masih banyak lagi.

Bahkan yang terbaru, RRQ Lemon beserta dengan timnya berhasil menjuarai MLBB Southeast Asia Cup 2022 dengan posisi kedua setelah dikalahkan oleh RSG Philippines. 

Tentu hal ini akan menambah akumulasi pendapatannya dalam karir menjadi jauh lebih besar.


Itulah daftar pendapatan pro player Mobile Legends tertinggi di Indonesia yang tertera pada situs esportsearnings. 

Perlu diketahui, angka ini hanya akumulasi dari hadiah kemenangan setiap turnamen besar per orang dan belum termasuk dengan kontrak brand dan gaji bulanan dengan jumlah minimal Rp. 7 jutaan untuk pemula. 

Jadi, apakah kamu mulai merasa tertarik untuk menjadi pro player Mobile Legends?

banner iklan esportsnesia