11 Seri Kingdom Hearts Berdasarkan Kronologisnya

0
6
Seri Kingdom Hearts
Kingdom Hearts
Ad

Bagi para gamer, mungkin seri Kingdom Hearts sudah bukan menjadi seri game yang asing terdengar di telinga. Meski demikian, ada juga beberapa gamer yang tak memainkan game ini dengan berbagai alasan, seperti terlihat kekanakan atau mungkin memang genre-nya tak sesuai.

Kingdom Hearts sendiri merupakan game action RPG besutan Square Enix, yang hingga kini sudah terdapat beberapa seri. Sempat dianggap sebagai game untuk anak-anak karena terdapat berbagai tokoh dari Disney, seperti Donald Duck atau Goofy, ternyata game ini memiliki cerita yang kompleks, dan tak mungkin bisa ditangkap oleh anak-anak.

Bukannya linear seperti kebanyakan game, Kingdom Hearts lebih memilih untuk mengacak alur ceritanya, sehingga membuat pemainnya harus berpikir cukup keras untuk bisa memahami ceritanya secara keseluruhan.

Namun jangan khawatir, karena Esportsnesia akan memberikan urutan cerita atau timeline-nya, sehingga jadi lebih mudah dimengerti. Berikut ini adalah urutan timeline dari Kingdom Hearts.

Kingdom Hearts Back Cover

Kingdom Hearts Back Cover
Kingdom Hearts Back Cover

Kingdom Hearts Back Cover merupakan film animasi yang terdapat di dalam Kingdom Hearts 2.8 Final Chapter Prologue untuk konsol PS4. Di sini akan dijelaskan mengenai latar belakang kenapa bisa terjadi Keyblade War, yang akan kembali disebut di judul-judul berikutnya.

Keyblade War terjadi karena adanya kecurigaan bahwa salah satu dari sekelompok orang yang dinamakan The Foretellers ada yang berkhianat. Mereka pun kemudian mengumpulkan pasukan masing-masing, dan bertarung satu sama lainnya.

Kingdom Hearts Birth by Sleep

Kingdom Hearts Birth by Sleep
Kingdom Hearts Birth by Sleep

Kisah berlanjut ke judul berikutnya, yaitu Kingdom Hearts Birth by Sleep, yang dirilis untuk konsol handheld PlayStation Portable atau PSP, pada tahun 2010 yang lalu. Di sini pemain akan diperkenalkan dengan 3 tokoh utama game ini, yaitu Terra, Ventus, dan Aqua.

Ketiganya akan berusaha mencegah tokoh antagonis dalam serial Kingdom Hearts, yaitu Xehanort, yang ingin kembali menciptakan Keyblade War, demi bisa mendapatkan kekuatan kegelapan.

Sayangnya, usaha mereka gagal. Tubuh Terra diambil alih oleh Xehanort, Ventus menjadi koma, dan Aqua jatuh ke dalam dunia kegelapan.

Kingdom Hearts 0.2 Birth by Sleep A Fragmentary Passage

Kingdom Hearts 0.2 Birth by Sleep A Fragmentary Passage
Kingdom Hearts 0.2 Birth by Sleep A Fragmentary Passage

Judul yang satu ini bisa dibilang sebagai “jembatan” antara Kingdom Hearts Birth by Sleep dan Kingdom Hearts pertama. Tokoh utama dalam game ini adalah Aqua, yang berusaha untuk keluar dari dunia kegelapan, dibantu oleh Mickey Mouse, yang dalam game ini berperan sebagai raja.

Secara kronologis, game ini merupakan kelanjutan dari Kingdom Hearts Birth by Sleep, namun di tengah permainan, kisahnya terjadi bersamaan dengan Kingdom Hearts pertama, karena dalam game ini akan terdapat adegan ending dari Kingdom Hearts pertama.

Judul ini sendiri terdapat dalam Kingdom Hearts 2.8 Final Chapter Prologue untuk konsol PS4.

Kingdom Hearts

Kingdom Hearts
Kingdom Hearts

Urutan berikutnya adalah Kingdom Hearts pertama, yang awalnya rilis untuk konsol PlayStation 2 atau PS2. Kemudian game ini dirilis ulang, juga untuk konsol yang sama, dengan judul Kingdom Hearts Final Mix, dengan sedikit tambahan konten, tanpa mempengaruhi ceritanya, dan dirilis eksklusif di Jepang.

Versi bahasa Inggris untuk Kingdom Hearts Final Mix dirilis untuk konsol PS3, dalam kompilasi berjudul Kingdom Hearts I.5 ReMix.

Tokoh utama dalam game ini adalah Sora, bersama dengan kedua temannya, yaitu Riku dan Kairi. Dalam cerita Birth by Sleep, terungkap bahwa mereka bertiga sempat menjalin kontak dengan Terra, Ventus, dan Aqua, sehingga mereka bertiga merupakan pewaris dari pengguna Keyblade. Tak heran jika mereka nantinya bisa menggunakan Keyblade.

Kingdom Hearts Chain of Memories

Kingdom Hearts Chain of Memories
Kingdom Hearts Chain of Memories

Kingdom Hearts Chain of Memories adalah seri Kingdom Hearts yang awalnya rilis untuk konsol handheld GameBoy Advance atau GBA. Beberapa tahun kemudian, judul ini di-remake untuk konsol PS2 dengan judul Kingdom Hearts Re:Chain of Memories.

Kisah dalam game ini merupakan lanjutan langsung dari Kingdom Hearts pertama, dimana Sora akan memasuki sebuah tempat yang bernama Castle Oblivion. Bukan hanya Sora, Riku juga memasuki tempat ini untuk mengetahui ada apa di dalamnya.

Sistem battle dalam game ini terbilang unik, karena menggunakan konsep kartu, bukan murni action RPG seperti judul-judul sebelumnya.

Kingdom Hearts 358/2 Days

Kingdom Hearts 358/2 Days
Kingdom Hearts 358/2 Days

Sama seperti Kingdom Hearts Re:Coded, Kingdom Hearts 358/2 Days juga dirilis untuk konsol handheld NDS. Tokoh utama dalam game ini bukanlah Sora, melainkan Roxas. Roxas sendiri diketahui merupakan Nobody dari Sora, yang sempat menjadi Heartless dalam Kingdom Hearts pertama.

Dikisahkan Roxas bergabung ke dalam Organization XIII, dan harus menyelesaikan semua misi yang diperintahkan padanya. Selama misi, Roxas kemudian berteman dengan Axel, dan juga Xion. Belakangan terungkap, bahwa Xion sebenarnya merupakan bagian dari hati milik Sora, sama seperti Roxas.

Mengetahui motif sebenarnya dari Organization XIII, Roxas pun berusaha kabur, dan dicegah oleh Riku, yang menggunakan kekuatan kegelapan demi bisa membawa Roxas kembali. Usahanya gagal, dan Roxas berhasil melarikan diri.

Kingdom Hearts II

Kingdom Hearts II
Kingdom Hearts II

Kingdom Hearts II merupakan game yang dirilis untuk konsol PS2. Kisah dalam game ini dibuka dengan kehidupan Roxas, yang tampak seperti seorang remaja pada umumnya. Namun, selama beberapa hari, ingatan Sora terus muncul dalam pikirannya.

Roxas kemudian mampu bertemu dengan Sora, yang tertidur di dalam kapsul, seperti dikisahkan dalam bagian akhir Kingdom Hearts Chain of Memories. Roxas pun kembali bersatu ke dalam hati Sora, karena memang Sora dan Roxas merupakan satu kesatuan.

Kali ini, giliran Sora, Donald, dan Goofy yang harus berusaha menghentikan ambisi Organization XIII untuk bisa menciptakan Kingdom Hearts demi rencana jahat mereka.

Kingdom Hearts Coded

Kingdom Hearts Coded
Kingdom Hearts Coded

Kingdom Hearts Coded awalnya adalah sebuah game yang dirilis untuk mobile, namun kemudian dirilis ulang untuk konsol handheld Nintendo DS atau NDS dengan judul Kingdom Hearts Re:Coded.

Setelah Kingdom Hearts II berakhir, semua catatan atau jurnal yang telah ditulis oleh Jiminy hilang tanpa sebab, dan Sora (dalam bentuk data) harus berusaha untuk mengembalikan semua catatan yang hilang.

Kingdom Hearts Dream Drop Distance

Kingdom Hearts Dream Drop Distance
Kingdom Hearts Dream Drop Distance

Kingdom Hearts Dream Drop Distance, atau DDD, adalah seri Kingdom Hearts yang dirilis untuk Nintendo 3DS. Kisahnya sendiri merupakan lanjutan langsung setelah Kingdom Hearts Coded.

Dikisahkan Sora dan Riku harus mengikuti ujian yang dinamakan Mark of Mastery, demi bisa menghalangi ambisi Xehanort. Sora dan Riku pun dimasukkan ke dalam dunia mimpi, di mana mereka akan bertemu dengan berbagai versi dari Xehanort.

Riku berhasil lulus dalam ujian yang diberikan Yen Sid tersebut, sementara Sora dinyatakan gagal.

Kingdom Hearts III

Kingdom Hearts III
Kingdom Hearts III

Kingdom Hearts III merupakan game yang dirilis untuk konsol PS4, dan kisahnya merupakan lanjutan langsung dari Kingdom Hearts Dream Drop Distance.

Dinyatakan gagal dalam Mark of Mastery, Sora ditugaskan oleh Yen Sid untuk bepergian ke berbagai dunia Disney demi bisa membangkitkan kekuatannya yang hilang.

Untuk bisa mendapatkan kisah lengkapnya, pemain harus memainkan DLC dari game ini, yaitu Kingdom Hearts III ReMind, yang merupakan lanjutan langsung dari Kingdom Hearts III.

Kingdom Hearts Melody of Memory

Kingdom Hearts Melody of Memory
Kingdom Hearts Melody of Memory

Kingdom Hearts Melody of Memory merupakan seri terbaru dari Kingdom Hearts, dan dirilis pada bulan Oktober 2020 lalu untuk konsol PS4. Yang unik, seri terbaru ini bukan action RPG seperti sebelumnya, namun merupakan rhythm game.

Meski demikian, kisah dalam game ini merupakan lanjutan dari Kingdom Hearts III ReMind. Tokoh utama dalam game ini juga bukan Sora, melainkan Kairi. Kairi harus berusaha untuk menemukan Sora kembali, setelah menghilang tanpa jejak dalam seri sebelumnya.

Itulah urutan cerita dalam Kingdom Hearts. Semoga kamu bisa lebih mengerti alur ceritanya setelah membaca artikel ini.