5 Tips Jadi Pro Player Mobile Legends Mulai dari Pemula

702
item build novaria mobile legends tips jadi pro player mobile legends Build Novaria Lemon

Mobile Legends adalah salah satu permainan game MOBA yang disukai oleh banyak orang khususnya gamer Indonesia. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, mereka sangat antusias dalam game ini bahkan bisa tahan berjam-jam untuk bermain baik solo maupun bermain bersama tim. Untuk menunjang pengalaman bermain ML lebih seru, tentu kamu perlu melakukan top up Mobile Legends agar bisa mendapatkan diamond untuk beli hero maupun item kosmetik lainnya.

Melakukan top up ML sendiri sangat mudah, tinggal beli melalui platform terpercaya. Salah satunya bisa didapat melalui Lapakgaming.

Setelah melakukan melakukan top up dan membuka banyak pilihan hero meta yang tersedia, maka langkah selanjutnya adalah untuk menekuninya dengan disiplin untuk bisa menjadi seorang pro player. Apa saja yang harus dilakukan? Yuk simak tips jadi pro player Mobile Legends berikut ini.

Tips Jadi Pro Player Mobile Legends

Latihan dengan Mode Classic

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan latihan pada mode classic. Adapun mode ini adalah salah satu fasilitas latihan yang memang disediakan oleh Moonton, agar para pemain bisa merasakan serunya pertandingan secara riil, serta untuk memahami mekanisme dasar permainan, terutama untuk para pemain pemula.

Setelah kamu memiliki gambaran umum gameplay Mobile Legends, selanjutnya kamu bisa fokus pada mendalami kemampuan hero dalam mode practise. Dalam mode ini kamu bisa melakukan setting mulai dari hero lawan, creeps sampai turrets bahkan Minions, khusus untuk kamu berkreasi mendalami hero.

Jika merasa sudah cukup paham dari sesi latihan sebelumnya, maka selanjutnya kamu bisa mulai matchmaking dan bermain dengan lawan sesungguhnya di mode classic.

Pada mode ini kamu tidak perlu takut kalah, karena tidak akan mempengaruhi rank. Main dalam mode klasik, juga akan menjadi salah satu cara paling aman untuk belajar jadi pro player tanpa harus takut kehilangan rank.

Uji Mental lewat Mode Rank

Selanjutnya kamu wajib melakukan uji mental pada mode ranked. Pada mode ini, memang kamu harus lebih sering menang dibanding kalah karena akan mempengaruhi rank.

Tantangan untuk mendaki rank ini memang jadi salah satu cara untuk menguji mental sebagai langkah dasar bisa jadi pro player. Di wadah kompetitif ini juga kamu akan menemukan chemistry antara diri sendiri dengan hero yang kamu gunakan.

Di sini juga kamu akan menemukan “jati diri” dalam hal role Mobile Legends, untuk posisi yang ingin kamu kuasai hingga menemukan hero yang paling cocok dengan gaya bermain kamu.

Hal ini dikarenakan pada mode ini kamu bisa merasakan kemenangan beruntun atau bahkan kekalahan beruntun yang akan mendorong kamu untuk terus mengevaluasi diri.

Evaluasi Gameplay Melalui Replay Video Match

Langkah mengevaluasi diri untuk menjadi pro player juga sangat menantang. Sebab saat dalam medan pertempuran Land of Dawn, setiap player akan sangat terfokus pada apa yang ada di depan mata, dan kebanyakan mengandalkan insting dan refleks. Sebab situasi permainan menuntut para pemainnya untuk berpikir cepat dan tepat.

Namun, jika semua usaha yang sudah kamu upayakan masih berakhir dalam kekalahan, maka tandanya ada sebuah ruang untuk pengembangan yang bisa kamu lakukan.

Untuk bisa mendeteksinya, maka kamu perlu mengulang kembali momen-momen tersebut melalui video rekaman replay permainan. Di sinilah kamu bisa mencoba berpikir langkah alternatif yang mungkin bisa diambil untuk mendapatkan kemenangan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendiskusikan video replay tersebut kepada teman-teman yang memiliki visi yang sama denganmu, yakni yang ingin menjadi pro player MLBB.

Dengan memperbanyak diskusi dan merekonstruksi ulang strategi yang bisa dijalankan, maka kamu telah memperkaya diri dengan wawasan yang kelak akan berguna dalam mendukung pengambil keputusanmu.

Perhatikan Statistik Win Streak

Syarat penting saat menjadi pro player dalam permainan ML, tentu saja kamu harus konsisten terutama harus berada di 75% atau di atas agar jadi pro player yang diakui dan mendapat perhatian/eksposur.

Meski terus-terusan menang adalah hal yang mustahil apalagi dalam satu hari, namun yang harus lebih kamu fokuskan adalah menjaga win streak.

Win streak adalah persentase kemenangan kamu dalam match, di mana kamu tidak harus menang terus namun persentase kalah tidak boleh lebih dari win streak.

Lantas bagaimana cara menjaga win streak? Yang paling dasar tentunya adalah dengan bermain menggunakan hero yang benar-benar kamu kuasai, serta memperhatikan drafting meta yang sedang berlangsung.

Kamu juga bisa fokus selektif bermain rank hanya dengan teman-teman yang sudah kamu anggap mapan dalam bermain secara kompetitif. Dengan ini, paling tidak kamu sudah terhindar dari kelompok orang iseng, yang hobi melakukan spam/toxic atau bahkan AFK.

Jalin Gaya Komunikasi yang Baik Antar Pemain

Tips terakhir adalah ciptakan cara berkomunikasi yang baik antara pemain dalam tim. Permainan MLBB adalah gim yang sangat dinamis dan ada banyak hal yang bisa terjadi hanya dalam satu waktu, dan mustahil untuk bisa menyampaikan semuanya.

Oleh sebab itu, perlu disusun strategi berkomunikasi yang efektif dan efisien untuk bisa mendukung koordinasi dan kerja sama dalam tim.

Kamu bisa mulai dengan belajar menggunakan fitur-fitur MLBB yang mendukung komunikasi non-lisan, seperti misalnya kode untuk berkumpul, menyerang, dan lainnya.

Kamu juga harus bisa mengontrol ego ataupun emosi untuk tidak mengucapkan kalimat-kalimat buruk yang bisa mempengaruhi hubungan interpersonalmu dengan rekan setim.

Jika ucapan yang tidak menyenangkan sempat terucap, maka pastikan kamu siap untuk mengucapkan minta maaf.

Belajar dari Pro Player

Untuk menjadi pro player ML kamu juga harus menonton banyak match resmi agar bisa mengetahui teknik permainan meta dari para pro player lainnya. Belum lagi ada insight yang bisa kamu dapatkan dari diskusi mendalam oleh para ahli, yakni dari komentator match dan juga analis pertandingan.


Itu dia beberapa tips pemula untuk bisa menjadi pro player. Namun langkah awalnya tentu kamu perlu memiliki “modal awal” untuk bisa masuk ke dunia kompetitif, yakni dengan memiliki jajaran hero meta beserta item-item kosmetik yang bisa meningkatkan semangatmu.

Jika kamu melakukan top up pastikan pilih platform yang legal seperti Lapakgaming. Di sana kamu bisa melakukan top up dengan mudah, aman dan ada garansi uang kembali. Metode pembayarannya juga beragam yang memudahkan kamu untuk transaksi saat ingin top up game dan beli voucher game di Lapakgaming.