Berkembang Bersama PES Jakarta Community

0
519

Perkembangan esports di Indonesia dewasa ini telah melahirkan banyak komunitas esports yang memiliki peranan penting dalam ekosistem esports di Indonesia. Varian judul esports yang terus bertambah juga berbanding lurus dengan jumlah komunitas baru yang lahir.

Pada kesempatan kali ini, Esportsnesia berkesempatan untuk dapat mengenal lebih dekat dengan salah satu komunitas yang sudah terlebih dahulu berkontribusi di industri esports, yaitu PES Jakarta Community. Penasaran dengan profil PES Jakarta Community? Simak tulisan di bawah.

Mengenal PES Jakarta Community

Asal usul komunitas PES Jakarta Community dimulai dari sekumpulan individu yang menggemari judul esports Pro Evolution Soccer (PES) dan memiliki inisiatif untuk membangun sebuah wadah komunitas. Pada bulan Mei 2016, terbentuklah PDR Entertainment yang aktif membuat kegiatan-kegiatan, seperti turnamen PES.

Hafiz, selaku founder dari PES Jakarta Community, memiliki sebuah visi dimana para penggemar permainan PES dapat saling mengenal satu sama lain dan memiliki keluarga dalam hobi yang digemari, khususnya bagi yang berdomisili di Jakarta.

PES Jakarta Community sendiri memiliki sebuah visi untuk mendukung anggota-anggota komunitasnya agar dapat mengukir prestasi di turnamen-turnamen berskala nasional dan internasional.

Salah satu pencapaian yang pernah diraih oleh anggota komunitas PES Jakarta Community adalah kemenangan Rio DS yang berasal dari Jakarta di lomba nasional PES 2018. Sebelumnya Rio juga pernah meraih posisi ke-8 pada South East Asia Champions League 2017.

Rio DS

Pencapaian tersebut tentu bukan merupakan hal yang instan, melainkan diperlukan upaya inisiatif seperti menyelenggarakan turnamen kecil-kecilan agar tiap anggota dapat terus mengasah kemampuannya.

Komunitas esports di Jakarta hari ini

Saat ini PES Jakarta Community memiliki 58 anggota aktif yang tergabung dalam grup WhatsApp dan memiliki saluran komunikasi digital di LINE dan juga Instagram.

Perkembangan esports di Jakarta sedang menuju masa puncak keemasannya, dimana banyak pihak yang berlomba-lomba mengadakan kegiatan turnamen dan juga gathering . Tidak hanya dari komunitas PES, tetapi juga komunitas dari judul esports yang lain, seperti FIFA.

Selain inisiatif yang diadakan secara independen, pemerintah juga memberi peranannya dalam memajukan komunitas esports di Indonesia. Terbukti pada masa menjelang Asian Games 2018, pemerintah cukup mengakomodir penyelenggaraan seleksi tim nasional PES untuk mewakili Indonesia.

Baca juga:  Horas! Stream Gaming Community, Komunitas Esports Asal Sumatera Utara

Kegiatan-kegiatan yang diinisiasikan oleh komunitas juga mendapat respon positif dari masyarakat, khususnya ketika diadakan turnamen khusus pelajar. Banyak peserta belia yang mendapat restu dan dukungan dari orangtuanya. Ini tentunya adalah hal yang bagus jika dibandingkan dengan zaman dahulu dimana orang tua akan kesal dan berpandangan negatif jika melihat anaknya terus bermain game. Namun, berkat pertumbuhan industri esports, orang tua kini dapat melihatnya sebagai hobi yang baik dan positif.

Tantangan PES Jakarta Community dalam mengembangkan komunitas

Dalam pengembangan komunitas, Hafiz menuturkan bahwa masyarakat luas perlu mengetahui dan mengenal lebih tentang profil komunitas-komunitas yang ada. Sebab perjalanan PES Jakarta Community saat ini masih terus berlanjut, khususnya dalam mengayomi dan menaungi individu-individu bertalenta seperti Rio DS.

Hal lain yang dapat menjadi faktor penghambat perkembangan adalah kurangnya informasi publik mengenai esports itu sendiri. Namun, dengan adanya sebuah terobosan esports yang masuk sebagai cabang yang akan diperlombakan di Asian Games nanti, sentimen negatif publik terhadap esports pun akan pelan-pelan berubah.

Pesan PES Jakarta Community kepada para pembaca

Jika seseorang dapat berkarir pada cabang olahraga tradisional, maka kita semua juga dapat membangun karir di industri esports. Hanya saja, perjuangan tersebut tentu saja tidak akan mudah. Sama seperti industri yang lain, jika ingin berkembang dalam industri esports, tentu saja harus terus mengasah diri untuk menjadi yang terbaik. Fokus untuk memberikan yang terbaik dan juga bersikap humble namun kompetitif adalah kunci dari segalanya.

Penutup

Nah itu dia, kesempatan yang dimiliki oleh Esportsnesia untuk dapat mewawancarai Hafiz, selaku founder PES Jakarta Community. Ada yang ingin kamu tanyakan kepada PES Jakarta Community ataupun Hafiz? Comment aja di bawah, sob.