Pre-Event The Training Ground by Kapacora: Warnai Peduli Terumbu Karang dengan Esports

100
pre-event The Training Ground by Kapacora

Cerita Waktu kembali lagi menggelar event offline setelah 2 tahun menjalankan acara online. Transisi ini dimulai dengan gelaran pre-event The Training Ground by Kapacora.

Pada hari Jumat, 1 Juli 2022 lalu, Cerita Waktu mengadakan workshop The Training Ground untuk mempromosikan event Kapacora yang akan diadakan pada 30-31 Juli 2022 nanti. The Training Ground sendiri diadakan pada pukul 12.30 WIB di lantai 12 Gedung PMBS, Universitas Prasetiya Mulya BSD.

3 Narasumber Pre-event The Training Ground by Kapacora

Dihadiri oleh 3 bintang tamu yaitu: Adekiki dari Yayasan Terumbu Rupa, Aditiya Soemantri dari Anantarupa Studio, dan Sere Kalina dari Garuda Wisnu Esports Academy atau GRDX, acara The Training Ground ini mengangkat tema terumbu karang.

Setelah dibuka dengan kata sambutan dari Hanes selaku Manager Prodi S1 Event Prasetiya Mulya, dan Muhamad Arsyah selaku Project Leader The Training Ground; Pak Adekeki dari Yayasan Terumbu Rupa menjadi presenter pertama untuk membagikan materinya.

Sebelumnya, Yayasan Terumbu Rupa adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam penumbuhan terumbu karang menggunakan instalasi seni bawah laut. Terumbu karang merupakan hewan yang hidup dan memerlukan waktu yang sangat lama untuk tumbuh. Dalam 1 tahun, terumbu karang hanya dapat bertumbuh sebanyak 3 – 20 m.

Indonesia sendiri dikelilingi oleh lautan yang penuh dengan kehidupan laut. Namun, hanya 6% terumbu karang yang ada di Indonesia berada di kondisi yang sangat baik. Yayasan Terumbu Rupa bertujuan untuk memperbaiki terumbu karang yang ada dengan melakukan reboisasi terumbu karang menggunakan instalasi seni.

Sejauh ini, Yayasan Terumbu Rupa sudah meletakkan 7 instalasi terumbu karang di seluruh Indonesia. Yayasan Terumbu Rupa juga melakukan berbagai upaya lainnya demi melestarikan terumbu karang. Salah satunya ialah mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya terumbu karang.

Yayasan Terumbu Rupa merilis berbagai buku komik anak-anak “I Care For Coral” dan melakukan storytelling ke sekolah-sekolah demi mendidik mereka mengenai pentingnya terumbu karang di dunia.

Setelah penjelasan dari Pak Adekeki, acara dilanjutkan dengan penjelasan materi oleh Aditiya Soemantri dari Anantarupa Studio yang mengembangkan gim MOBA pertama dalam negeri, yaitu Lokapala.

Lokapala awalnya dikembangkan pada tahun 2018 dan akhirnya dirilis pada tahun 2020. Kapacora berkolaborasi dengan Lokapala untuk menghadirkan keseruan esports buatan anak bangsa dalam acaranya.

Salah satu bentuk implementasinya ialah hadirnya in-game event yang bertemakan terumbu karang, skin untuk karakter Lando, dan event story yang dirangkai oleh Anantarupa Studio.

Setelah sesi pemaparan dari Aditiya Soemantri, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Sere Kalina dari Garuda Wisnu Esports Academy atau GRDX.

Garuda Wisnu Esports Academy atau GRDX adalah sebuah komunitas esports Indonesia berbasis akademis yang dibantu didirikan oleh Sere Kalina. Sere Kalina melihat adanya potensi yang dimiliki oleh industri esports Indonesia.

Riset membuktikan bahwa 82% orang di Asia Tenggara bermain game dan 39% dari mereka bermain game mobile. Indonesia menduduki peringkat pertama dengan jumlah pemain game mobile terbanyak di Asia Tenggara.

Selain itu, Indonesia juga memiliki pemasukan dari game esports terbesar di Asia Tenggara sebesar 17 miliar rupiah, hampir dua kali lipat dari Vietnam yang pemasukan esports-nya 8,9 miliar rupiah.

Garuda Wisnu Esports Academy memberikan berbagai macam pelatihan dan kegiatan yang berhubungan dengan esports seperti bootcamp dan community tourney.

Sere Kalina juga menjelaskan bahwa peluang pekerjaan yang ada di bidang esports tidak hanya terdiri dari coach, pro player, dan shoutcaster saja. Coach, player, dan shoutcaster esports hanya merupakan 10% dari peluang pekerjaan yang ada di industri esports.

Kategori pekerjaan yang ada dalam bidang esports lainnya ialah performance optimization, media & communication, entertainment & event, information & technology, business & administration, dan yang terakhir ialah sales & marketing.

Acara pun ditutup dengan sesi QnA berhadiah bagi 3 orang pemenang yang disponsori oleh MELON by Telkom, disusul dengan sesi foto bersama dan MABAR game Lokapala dengan 10 orang peserta The Training Ground.

Acara pre-event The Training Ground by Kapacora ini diikuti oleh sebanyak 26 peserta. Nantikan main event Kapacora yang menghadirkan kompetisi esports Lokapala dengan prize pool sebesar Rp 12.000.000.