Apa Itu Analis Esports (Esports Analyst)?

0
14
analis esports analyst
Analis esports merupaka profesi di balik layar dalam bidang esports yang memiliki peran cukup penting.

Industri esports di Indonesia semakin berkembang, semakin banyak pula profesi yang dibutuhkan di dalamnya. Ada beragam profesi di balik industri esports yang dicari oleh banyak orang. Salah satunya adalah esports analis atau yang biasa kita kenal sebagai esports analyst.

Perusahaan tim esports maupun berbagai bidang esports membutuhkan analis yang mampu menganalisis data pemain dan tim, sebagai memperhitungkan performa mereka. Analis merupakan pekerjaan yang sudah ada di dunia olahraga, baik tim sepakbola, bulu tangkis, maupun cabang olahraga lain memiliki analis khusus.

Apa itu Profesi Analis Esports?

esports analyst
Tugas analis secara umum adalah menganalisis permainan dan strategi lawan secara mendalam.

Esports analyst profesional memiliki peran krusial bagi tim saat pra-turnamen dan turnamen. Seperti Ade, analis tim dalam EVOS Legends yang berperan penting saat EVOS menjuarai Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 4 dan Mobile Legends World Championship (M1) Season 1.

Tugas analis secara umum adalah menganalisis permainan dan strategi lawan secara mendalam. Mereka biasanya mengulas performa dan teknik pemain secara individu. Kemudian menganalisis performa tim.

Analisis data atlet dan tim musuh tersebut untuk mengantisipasi performa selama pertandingan. Serta menjadi pembelajaran bagi tim serta individu untuk mampu mengatasi permainan tim musuh. Penggunaan data dan statistik dalam tim olahraga sangat penting.

Misalnya dalam permainan basket, data dan statistik tim olahraga tersebut digunakan untuk mengetahui kebiasaan passing pemain. Hal itu berlaku dengan esports, dalam bidang game masing-masing. Misalnya dalam Mobile Legends, hasil analisis dapat digunakan untuk mengetahui ketangguhan gameplay sebuah tim.

analis esports
Analis esports tidak hanya bekerja di dalam tim, ada pula analis yang merupakan analis pertandingan.

Tugas lainnya juga berhadapan dengan segi performa tim sendiri. Mulai dari performa fisik, mental, dan gameplay. Mereka biasanya juga memberikan solusi atau problem solving di dalam tim setelah mengetahui kondisi tim.

Analis tim bekerja bersama pelatih untuk menyusun strategi, menganalisis strength dan weakness, dan menjelaskannya kepada para pemain untuk didiskusikan bersama. Terkadang analis akan bertanggung jawab sebagai pembina. Dengan adanya analis, tim bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Analis esports tidak hanya sebatas analis di dalam tim saja. Analis juga ada yang bekerja sebagai analis di luar tim untuk menyampaikan informasi terkait gameplay.

Biasanya mereka juga mengisi berbagai turnamen untuk memberikan hasil analisisnya terkait gameplay yang telah berlangsung. Atau memberikan prediksi gameplay yang akan berjalan dengan menganalisis beberapa pertandingan sebelumnya.

Analis di luar tim esports biasanya bekerja sebagai informan lepas. Informan itu memberikan informasi yang akan diolah menjadi statistik yang menarik sehingga dapat dipelajari oleh pemain lain. Baik dalam tim, pengelola turnamen, penyiar, serta pengembang game.

Apa Beda Esports Analyst dengan Coach?

esports analyst
Analis bekerja sama dengan pelatih untuk mengembangkan performa tim.

Banyak yang menyebutkan bahwa analis esports di dalam tim dengan coach tidak jauh berbeda. Analis esports menganalisis perilaku pemain dalam tim maupun lawan, memberikan solusi serta membantu membangun strategi, dan masih banyak lainnya.

Analis esports juga mengajarkan pemain aspek-aspek dari sebuah permainan. Jika di luar tim, profesi analis esports memiliki peran yang berbeda meski sama-sama menggunakan data hasil analisa. Mereka memberikan hasil analisis permainan kepada para penonton turnamen, agar penonton dapat memahami strategi dalam game tersebut.

Seorang analis dan coach esports berbeda dilihat dari peran mereka di dalam tim. Seorang analis bekerja sama dengan pelatih dalam mengembangkan strategi. Pelatih akan terjun langsung dan intents berinteraksi dengan pemain.

Sedangkan analis fokus dalam proses analisa, meski tidak dapat lepas dari peran coach. Peran eksklusifnya adalah berkenaan dengan pengolahan data. Kadang-kadang seorang coach bisa menjadi analis dalam waktu bersamaan.

Seberapa Penting Analis Esports dalam Tim?

analis esports
Analisis dari analis dipastikan cukup akurat berdasarkan pengolahan data.

Peran analis cukup penting dalam tim esports, biasanya tim papan atas memiliki banyak strategi permainan yang digunakan. Namun, para pemain bisa saja melakukan kesalahan. Kesalahan-kesalahan itu dapat dianalisis dan diperbaiki.

Detail-detail kecil seperti itulah yang akan menentukan kemenangan tim. Analis biasanya melakukan pengolahan data menggunakan software sebagai alat bantu untuk membuat statistik, yang paling sederhana adalah menggunakan spreadsheet. Bisa juga menggunakan software lain yang lebih tinggi untuk mengolah data.

Seorang analis setidaknya harus memiliki pengalaman dalam pengolahan data agar informasi kredibel dan bukan hanya menjadi “analisis bodong” semata. Statistik tidak hanya berguna sebagai analisa permainan, analisis menggunakan data untuk melihat aspek lain, seperti pertumbuhan performa pemain dan organisasi esports sendiri.

Misalnya dalam permainan Dota 2, statistik dapat digunakan untuk melihat persentase hero yang diambil oleh musuh. Sedangkan game PUBG dan Free Fire, analis dapat melihat timing rotasi dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Menjadi Analis Esports?

esports analyst
Seorang analis biasanya berasal dari kalangan yang sudah berkecimpung dalam bidang esports cukup lama.

Untuk menjadi seorang esports analyst yang hebat, sebetulnya tidak ada kualifikasi pendidikan tertentu. Pada dasarnya, untuk menjalani profesi ini, kita harus memiliki keahlian di bidang ini.

Hal itu mencakup, manajemen, pengetahuan tentang pengolahan data, pengetahuan yang mendalam tentang game, serta keterampilan komunikasi.

Analis biasanya ditempati oleh orang-orang yang telah berkecimpung di dalam esports sebelumnya. Entah saat itu ia merupakan seorang pemain ataupun shoutcaster. Mereka memiliki pengetahuan dasar tentang game, gameplay, sampai akhirnya mampu berpikir kritis dan menjadi seorang analis esports.

Namun, di luar negeri sudah ada beberapa sekolah atau lembaga yang menyediakan sekolah khusus bagi analis esports. Bahkan di Inggris sendiri, profesi ini banyak dicari. Beberapa orang menjadi relawan analis esports untuk komunitas esports kecil demi mendapatkan pengalaman menjadi analis.

Will “Frozen Dawn” Burgess, seorang pelatih dan analis League of Legends (LOL) dari Inggris, memberikan tips utama untuk menjadi analis esports profesional. Pertama, kita harus memahami motivasi kita, seberapa keras usaha, serta alokasi waktu dan tenaga. Langkah ini membantu kita untuk memahami situasi diri sendiri.

Kedua, fokus pada tujuan dan sasaran yang jelas. Bukan hanya tentang mekanisme pelatihan skill, tetapi juga untuk diri sendiri. Mulai dengan tujuan yang utama dan mencari cara untuk mencapai tujuan tersebut.

Will "Frozen Dawn" Burgess
Will “Frozen Dawn” Burgess, pelatih dan analis League of Legends (LOL).

Terakhir, kita harus mampu menerima kritikan, baik dari orang lain dan diri sendiri. Memiliki sikap reflektif artinya kita mampu menerima masukan dan merefleksikan kesalahan. Hal tersebut akan dilihat sebagai karakter baik yang dibutuhkan dalam tim.

Secara konsisten, lihat kembali pencapaian dari diri sendiri selama berusaha menjadi seorang analis. Lakukan yang terbaik dan pastikan tetap berusaha.

Will juga menyarankan untuk tidak putus sekolah atau universitas kecuali memang sudah memiliki posisi dan daya tawar yang cukup kuat. Pastikan memiliki rencana B, C, dan D jika gagal menjadi seorang analis esports.

Bagi Will, ini bukan tentang menyerah dengan mimpinya. Melainkan berusaha realistis untuk tetap dapat menjalani kehidupan selanjutnya. Will menyarankan untuk terus belajar dan jangan pernah berhenti belajar.

Profesi analis di Indonesia belum menjadi mainstream dan masih akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan. Selama esports di Indonesia semakin berkembang, analis esports akan menjadi profesi yang bonafit karena setiap tim esports hingga pengembang game juga akan membutuhkan seorang analis esports.

Tidak menutup kemungkinan profesi ini akan menjadi cukup populer di masa depan. Pengolahan data dan analisis akan menjadi senjata tim esports di masa depan.